fixed-widthfluid-width

Iwan Fals dan Slank dalam Konser “Solidaritas Untuk Aceh” di Malang
Category: Renungan

Kamis, 17 Februari 2005 selang 3 hari setelah pesan cinta untuk Roy Suryo, Slank dan Iwan Fals melakukan tour konser yang disponsori oleh A-Mild. Konser ini berlokasi di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang

Konser ini sebenarnya merupakan promosi yang selama ini sering dilakukan oleh A-Mild dalam bentuk rangkaian tour musik ke berbagai kota. Hanya saja kali ini A-Mild mengusung tragedi tsunami Aceh dan Sumatera Utara dalam rangkaian tour musiknya, itu sebabnya rangkaian konser kali ini bertajuk Solidaritas Untuk Aceh dengan tema khusus di Kota Malang Bersatu Dalam Damai. Kota Malang sendiri merupakan kota kelima [saya agak lupa pastinya Malang berada pada urutan ke berapa?] yang dikunjungi.

Yang menarik dari rangkaian konser kali ini adalah A-Mild menyumbangkan seluruh hasil penjualan tiket untuk tragedi tsunami di Aceh dan Sumatera Selatan. Iwan Fals dan Kaka Slank dalam konser ini mengungkapkan, bahwa sampai dengan saat ini (saat tulisan ini saya buat) Kota Malang mencatat pemasukan terbesar untuk sumbangan ke Aceh sebesar 130.000.000 Rupiah. Itu artinya jika dirata-rata dengan harga tiket sebesar 20.000 Rupiah maka jumlah penonton konser kurang lebihnya adalah 6500 orang bahkan bisa jadi lebih banyak dari hitungan saya ini smile. Wow, sebuah nominal rupiah yang cukup besar untuk saudara-saudara kita di Aceh, walaupun jumlah tersebut masih tidak seberapa jika dibandingkan dengan kerusakan yang dialami oleh Aceh dan sekitarnya.

Saya pribadi sebenarnya bukanlah fans fanatik dari Slank, itu sebabnya (hampir) tidak semua lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Slank saya hapal diluar kepala. Kehadiran Saya dalam konser kali ini lebih didasari karena adanya keikutsertaan Iwan Fals. Ya, Saya adalah salah satu penggemar Iwan Fals. Saya mulai menyukai Bang Iwan sejak saya bersekolah di bangku SMP, jadi dapat dipastikan (hampir) semua lagu-lagu Bang Iwan saya hapal semua lirik lagunya.

Saya tidak akan berbicara banyak tentang isi konser, yang jelas konser ini diawali oleh grup musik Slank yang menghentak di awal dengan beberapa lagu dari album terbarunya yang berjudul Plur. Ada beberapa hal menarik yang mungkin perlu Saya sampaikan sehubungan dengan konser ini. Beberapa yang sempat saya catat dan berkelebat dalam otak Saya adalah:

  • Konser ini seluruh penjualan tiketnya disumbangkan untuk tragedi tsunami Aceh dan Sumatera Utara (seperti yang telah saya jelaskan diatas), bahkan terdiri dari rangkaian tour diberbagai kota, selama ini yang Saya tahu konser seperti ini hanya berlangsung di satu tempat dan selesai begitu saja
  • Iwan Fals dan Slank dapat dikatakan memiliki segmen penggemar yang jelas-jelas berbeda, namun kenyataannya di lapangan semua dapat berbaur dan menikmati konser ini. Terbukti tidak ada kerusuhan ataupun tawuran yang ditimbulkan oleh konser ini
  • Khusus untuk Iwan Fals, pada saat ia berada di panggung, semua logo-logo A-Mild entah itu yang berfungsi sebagai alas panggung, header panggung ataupun background panggung semuanya dilepaskan, sehingga panggung bersih sama sekali dari atribut sponsor. Sepertinya Iwan Fals memegang komitmen bahwa panggung adalah miliknya, sama seperti konsistensinya yang tidak pernah menjadi bintang iklan sekalipun
  • Kharisma Iwan Fals yang besar terlihat pada saat ia berada di panggung. Hal ini dibuktikan dengan bernyanyi namun hanya bermodalkan gitar biasa dan harmonika, selain itu semua lagu-lagu yang dinyanyikan adalah ciptaan terbarunya yang berkisah tentang tragedi Aceh, otomatis hampir sebagian besar (atau semua?) penonton tidak mengenal lagu tersebut, namun pada kenyataannya semua penonton dapat duduk (DUDUK DILAPANGAN BOLA!) dengan tenang dan manis mendengarkan Iwan Fals bernyanyi. Hal ini semakin menunjukkan bahwa ia memang pantas untuk menjadi legenda di blantika musik Indonesia. Rasanya belum ada tokoh musik di Indonesia yang berani bernyanyi di hadapan ribuan orang dengan bermodalkan lagu baru, gitar biasa, harmonika dan seorang diri!, sebab bisa jadi bukan didengarkan oleh penonton tetapi akan dilempar sandal ataupun botol
  • Penonton yang hampir sebagian besar berdomisili di Malang juga menunjukkan karakter khas mereka yang menunjukkan AREMA. Yel-yel yang biasanya diteriakkan dalam setiap pertandingan sepakbola terkadang terdengar saling bersahut-sahutan yang akhirnya semakin menambah semarak suasana konser, bahkan Bang Iwan dan Slank sampai jingkrak-jingkrak ketika penonton meneriakkan yel-yel AREMA. Yel-yel tersebut diteriakkan tanpa ada iringan musik dari SLANK sama sekali loh!, “Hoiiii, Singo Edan” kata Bang Iwan. “Ya inilah Malang Bang, selamat datang di Malang Bang..” Saya membatin
  • Konser ini mengingatkan saya pada waktu Jamrud juga melakukan rangkaian konser dan salah satunya berlokasi di Kota Malang. Pasca rangkaian konser saya sempat melihat Jamrud di wawancara oleh MTV Asia dan ditanyakan seperti ini “Dari rangkaian konser yang kalian lakukan, Kota manakah yang paling berkesan”, dan saya masih ingat betul Jamrud mengatakan Malanglah kota yang paling berkesan. Kenapa berkesan? “Karena pada waktu di Malang semua penonton bisa enjoy dengan lagu-lagu yang kita nyanyikan bahkan bisa loncat-loncat, seru dan tanpa kerusuhan dari awal sampai dengan akhir padahal ruangannya tidak terlalu besar

Mungkinkah rangkaian tour konser ini dijadikan kompetisi sejak awal dilakukan?, yang Saya maksud kompetisi adalah dilombakan untuk penentuan penonton terbaik dan jumlah terbesar penyumbang dalam rangkaian tour konser, kompetisi ini tidak perlu menghadiahkan apapun untuk pemenangnya, namun cukup diumumkan nama kota pemenangnya saja. Ide ini sepertinya ‘bisa’ mendidik para penonton di kota lain agar meminimalisir timbulnya kerusuhan dalam konser-konser musik dan yang lebih khusus lagi bisa mengangkat nominal rupiah secara signifikan untuk disumbangkan ke Aceh dan Sumatera Utara.

Jika memang akhirnya dijadikan ajang kompetisi, mungkin Malang akan menjadi salah satu saingan terberat bagi kota-kota lainnya. Untuk itu berbanggalah Malang smile, sebab konser ini bisa terlaksana dengan memecahkan rekor sumbangan terbesar (walaupun baru beberapa rangkaian kota), tanpa ada kerusuhan dan yang terpenting adalah…….. PEACE MAN.

Ah…. kapan ya konser seperti ini datang lagi ke Kota Malang?

01.00 WIB, 18 Februari 2005, koneksi internet lagi ngadat sad

February 18, 2005 @ 12:10 am

32 Comments

#1 Comment by Pangeran Cinta :
On February 19, 2005 3:02 am Mozilla Firefox 1.0.1 Windows XP

:wink: duh yang habis nonton bang iwan + slank … sampek ujan2 dibelain berangkat. kayaknya puas abis yah … hihih :smile: .. puas mana sama nonton bokep kah ??? :tongue:
nb : iri aku gak iso melok ndelok :crying: duh … pas kerjo ikz .. :((

#2 Comment by KRMT Boy Suryo :
On February 19, 2005 7:02 am Mozilla Firefox 1.0.1 Windows XP

Anda ingin liat review saya nonton konser Iwan Fals di internet…..? Seperti apa kata abang saya,… Gunakan Firefox! hehe…

#3 Comment by Aremania :
On April 13, 2005 8:20 pm Internet Explorer 6.0 Windows 98

konser Iwan &Slank gile bener.Aku salut puol

#4 Comment by kamal :
On October 20, 2005 10:12 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

Asik…asik…asik…..banget….!
aku tunggu Bang Iwan fals + slank konser lagi….usul: gak pake RUSUH…..;)

#5 Comment by arif taufiq :
On March 7, 2006 3:51 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

aq ndukung banget ma arema aq doain semoga sukses n ber hasil,semua yang di malang selalu dukung u,arema maju terus rek,maju terus n jangan ragu-ragu

#6 Comment by arif taufiq :
On March 7, 2006 3:57 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

halo yang di mbareng aq,seris ma u ,aq nggak pernah bisa lupain senyummu, ku selalu terbayang manis paras wajah mu. ku slalu merindukanmu.Ku harap kau mengerti tentang apa yang ku rasakan saat ini.Di setiap langkahku ku slalu terbayang.

#7 Comment by pejuang cinta :
On March 7, 2006 4:02 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

hai ren u ga’marahkan kalo aq maen_rumahmu,kayaknya u marah kalo aq ke situ.

#8 Comment by eruswandi :
On March 20, 2006 12:02 am Mozilla Firefox 1.0.7 Windows XP

;) pokonya gua salut banget ama bang Iwan dan slank. kalau teman-teman didunia maya punya alamat email Kaka slank atau managemen slank kirim ke email gua:erus_wandi@yahoo.co.uk.

terimakasih, damai sepanjang masa, peace ah…

#9 Comment by stevy :
On July 29, 2006 10:16 pm Mozilla Firefox 1.0.6 Windows XP

:)halo bang iwan,kapan bang iwan & salnkers bisa konser di ambon?

#10 Comment by godag :
On August 10, 2006 4:39 am Mozilla Firefox 1.5 Linux

bro, ada yang punya lirik & kord gitarnya lagunya slank yang judulnya solidaritas ga? kalo ada yang punya kirimin dong bro… thank’s…

#11 Comment by akbar :
On September 21, 2006 9:44 am Internet Explorer 6.0 Windows XP

::p
konser slank di jogja tgl 19 kemarin asyik bgt………
tapi kapan slank maen lg k lombok?

#12 Comment by akbar :
On September 21, 2006 9:48 am Internet Explorer 6.0 Windows XP

buat cewek” yang ngaku slanker chat aja ma ak
bless_kissme@yahoo.com
haha…………….

#13 Comment by michael prawito :
On October 5, 2006 4:23 pm Mozilla Firefox 1.0.4 Windows 98

bang iwan tidak seperti dulu lagi. kurang greng

#14 Comment by Bambeng :
On October 12, 2006 8:09 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

Gue pengen minta personil slank beri gue alamat E-mail yang

#15 Comment by ilyas :
On October 16, 2006 12:00 pm Mozilla Firefox 1.0 Windows XP

bang iwan maju terus.
orang indonesia bersatulah
yang suka ama bang iwan mari kita bersatu

#16 Comment by bambeng :
On October 19, 2006 8:56 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

tolong kasih alamat email kk dong…:-<

#17 Comment by bambeng :
On October 19, 2006 9:02 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

oh iya salam untuk bang iwan.jangan lupa balas email lagi yach ke hi_tabah@yahoo.co.id

#18 Comment by muflih :
On January 26, 2007 11:15 am Internet Explorer 6.0 Windows XP

oi & slank ok bgt.

#19 Comment by LieN HeRlYn4 :
On January 29, 2007 10:26 am Internet Explorer 6.0 Windows XP

Hy SLANKer semuanya…….

OI & SLANK OK BGT…….

MINTA alamat email Personil SLANK dunk…

bwt semua SLANKer….PEACe…..!!!

& kapan SLANK koser ke cheRbonD lagi????

see u……..

#20 Comment by LiEn HeRlYna :
On January 29, 2007 10:42 am Mozilla 1.8 Windows XP

…..hy SLANkers semuanya…….

#21 Comment by ismail :
On February 2, 2007 2:37 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

;)salam sejahtera dan sukses selalu untuk bang iwan dan slank kami dari penggemar berat kalian untuk itu kami komunitas pencinta bang iwan dan slank untuk dapat menggelar konser untuk kami di p.siantar- sumatra utara indonesia tolong please

#22 Comment by Jacko :
On February 11, 2007 10:04 pm Nokia 7610

Loe udah dpt alamat imelnya manajement slank…Gw ada nie.Alamat imel manajement iwan falspun ada.

#23 Comment by onte :
On March 4, 2007 11:49 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

Salam oi,moga2kita anak2 oi dan slanker bersatu terus tanpa ada ribut-ribut lagi deh”inget pesen gw “KITA KAN BER-AGAMA,PUNYA TUHAN SETIDAKNYA PUNYA CINTA”OKE

#24 Comment by onte :
On March 4, 2007 11:52 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

buat friend yg tau situs iwan fals yang baru tolong ksh tau donk kirim aj ke onte_cool@yahoo.com makasih

#25 Comment by kgslow 1970 :
On March 11, 2007 5:00 pm Mozilla Firefox 1.5.0.1 Windows XP

gw cuma pengen bilang oi bersatulah

#26 Comment by ivan andriansyah :
On April 8, 2007 4:21 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

bang Iwan, saya punya ide cerita nyata yang mungkin bisa diimplementasikan berbentuk lagu oleh bang Iwan. jika bang Iwan berkenan mohon kirim khabar ke email saya, terima kasih.

#27 Comment by maul :
On April 12, 2007 12:47 am Mozilla Firefox 2.0 Windows XP

bro…..minta alamat situsnya iwan fals dunk…., gua udah nyari dimana2 cuman kagak ketemu..
please tulung kasih tau ke email gua ya….?
xz_bittle@yahoo.com tulungin gua ya….?

#28 Comment by rojik :
On August 8, 2007 1:21 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

salut untuk mas iwan, dari dulu sampe sekarang memang gak ada yang bisa gantkan mas iwan…

#29 Comment by dim :
On January 23, 2009 12:50 pm Mozilla Firefox 3.0.3 Windows Vista

salam oi buat mas iwan fals dan lagu-lagu yang di bawakanya,kalau boleh tau apa alamat email iwan fals,aku mau kirim pesan kepadanya ah mau donk ngobrol ama mas iwan.saya ada dua blog klo ingin di liat boleh kok.www.swirtanayafals.blogspot.com dan http://www.swirtanaya.blogspot.com

sekali lagi salam oiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii……selamanya!!!!!!!!!

#30 Comment by gunawan dan jamal :
On June 10, 2009 6:54 pm Mozilla Firefox 3.0.10 Windows XP

KAWASAN ANTI OI
SLANK KER MAJU TERUS

#31 Comment by Aank :
On June 16, 2009 9:39 pm Mozilla Firefox 3.5b99 Windows XP

Aku Slankers Sejati
&
Aku JUga OI Selamanya

Salam JAyA To Bg Iwan & Bim2 CS

#32 Comment by bagolcus :
On June 21, 2009 11:44 am Mozilla Firefox 3.0.3 Windows XP

SALUTE BUAT BANG IWAN AND SLANK………

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.