Pengakuan Atas Hak Cipta Aplikasi

SISDA JATIM
Saya pernah membuat sebuah aplikasi GIS dengan menggunakan Visual Basic 6.0 dan Map Objects 2.2 dan aplikasi itu dinamakan SISDA JATIM. Kebetulan aplikasi itu merupakan produk dari paket pekerjaan yang ditenderkan oleh Departemen Kimpraswil dan kebetulan kantor saya yang lama yang memenangkan tendernya.

SISDA JATIM disusun oleh sebuah tim yang beranggotakan 5 orang dimana terdiri dari 2 programmer, 2 gis engineer dan 1 orang designer. Sebagai sebuah aplikasi GIS tentunya SISDA JATIM memiliki kemampuan untuk menampilkan peta sekaligus database. Kali ini saya tidak bermaksud untuk membahas fitur-fitur yang ada pada SISDA JATIM, namun mengenai pencuri aplikasi ini ;).

Konsep awal SISDA JATIM disusun adalah membangun sebuah perangkat lunak guna menginvetarisir infrastruktur sumber daya air di propinsi Jawa Timur beserta basis datanya dalam format GIS. Selain itu aplikasi yang dibangun nantinya akan memiliki fitur edit data, input data, hapus data dan peta serta cetak peta. Pada akhirnya nanti aplikasi ini akan didistribusikan ke seluruh Dinas Pengairan serta Balai PSDA di Propinsi Jawa Timur.

Sebenarnya sudah ada aplikasi GIS lainnya yang dapat melakukan itu seperti halnya ArcView, MapInfo, ArcGis, AutoCad dan aplikasi lainnya. Hanya saja aplikasi yang saya bangun beserta tim jauh lebih sederhana dengan tujuan untuk mempermudah pengguna (dalam hal ini SDM yang tersedia di Dinas Pengairan dan juga Balai PSDA) dalam menggunakannya. Bahkan sebelum SISDA JATIM didistribusikan telah diadakan pelatihan pengoperasian SISDA JATIM untuk operator dimasing-masing Dinas dan Balai PSDA.

Sekitar empat hari yang lalu saya dapat kabar dari rekan saya Toni dan dia bilang ada seseorang mengaku sebagai developer GIS dan sering melakukan presentasi/jualan aplikasi GIS dengan mendemokan SISDA JATIM. Tiap kali presentasi/jualan orang tersebut mengakui SISDA JATIM sebagai salah satu HASIL KARYANYA. Rekan saya Toni kebetulan tahu betul bahwa SISDA JATIM sebenarnya dibuat oleh saya, oleh sebab itu ketika sang si developer menjelaskan panjang lebar tentang SISDA JATIM, Toni hanya berkomentar “lha wong SISDA JATIM itu loh yang buat teman saya Mas”, dan tentu saja si developer kaget (dan tentu saja malu) mendengar jawaban itu =)).

Terus terang pada waktu SISDA JATIM disusun saya tidak mengurusi masalah lisensi, trade mark ™ ataupun hak cipta. Satu-satunya yang saya ingat adalah pada waktu proses instalasi SISDA JATIM sudah ada peringatan untuk tidak mendistribusikan ulang ataupun masalah hak cipta sang pembuat, walaupun peringatan itu tidak didasari oleh dasar hukum yang kuat. Bahkan dalam salah satu menu di SISDA JATIM, kalau tidak salah ingat nama developer tertera jelas dalam menu ‘tim pengembang’ (saya dan tim).

Berkaca dari kejadian di atas saya jadi geleng-geleng kepala, semudah itukah orang mengakui hasil karya orang lain? Sebenarnya saya tidak ambil pusing jika memang SISDA JATIM dijadikan demo untuk jualan produk aplikasi GIS. Namun saya masih tidak habis pikir masih ada orang yang mengakui hasil karya orang lain sebagai hasil karyanya sendiri. Eh, kok saya jadi inget film Pirates Of Silicon Valley ya? :)). Mbok ya akui bahwa itu hasil karya orang lain dan bilang saja bahwa anda juga mampu untuk membuat aplikasi sejenis itu. Beres kan?

Nah, untuk hal yang seperti itu jika ditinjau dari kacamata open source, lisensi dan hukum gimana ya?

ps: marketing yo marketing rek, tapi mbok yo ojok Marketing ;))

22 thoughts on “Pengakuan Atas Hak Cipta Aplikasi

  1. Hmmm … kalo kasus seperti ini seh langsung aja dijadikan perkara pidana/perdata (mana yah yg bener) aja. Dan sekedar informasi saja (sumber: Iqbal, biar gak disangka MARKETING) Mahasiswa Arsitek UNIBRAW juga terkena kasus serupa yaitu menjiplak TA anak ITS. Kabarnya sih perkara ini ditindak lanjuti secara serius.

    C’mon … Keep Punchin’™ :d

  2. wah keren sumber daya air. saya lulusan teknik SDA masalahnya, banyak temen2x yg jadi konsultan soal ini juga.

    kategori infonya apa aja? debit/saluran irigasi? terus apalagi?

    skrg statusnya gimana? apa dijual/dilensinya aplikasinya atau gimana, siapa tau ada yg tertarik hehe 🙂

  3. sepertinya bukan ini saja yang bernasib sama.

    aplikasi saya juga pernah dijadikan bahan presentasi dengan oknum lain yang notabene bukan termasuk “group” kami (we do cross selling, saling “claim” produk tapi masih dalam satu “group”).

    saya kuatir, jangan2 ini akibat oknum yang sama ?

  4. #4: enda, sampe sekarang gue masih pegang source code program ini, dan kalo emang ada yang tertarik mau beli program ini bisa aja, tapi gue cuman jual binary, support dan pelatihannya aja. Sementara source code masih gue pegang sebab pake activeX mapobjects yang orisinil dari esri.com. Data yang ditampilkan bisa apa saja tergantung kebutuhan pengguna. Mau bantu jualin? hehehe, dengan senang hati gue mau dah :))

    #5: sama sekali gak satu group dan saya gak kenal sama sekali dengan person tsb. Saya juga gak tau darimana dia dapet cd demo tersebut.

    #6: gak perlu lah disamperin. Emang kayak jaman jahiliyah dulu waktu di IRC seperti kelakuan kamu apa?

  5. #4: waks, gue kelupaan nda. Itu peta dasarnya hanya untuk jawa timur aja dan kebetulan petanya meliputi daerah irigasi, daerah rawan banjir, stasiun kualitas air, waduk/embung, sungai, bendung, stasiun hujan dan batas administrasi daerah, tapi masih banyak lagi laennya. Gue gak begitu apal. Nah, masing-masing peta dasar itu tergantung informasinya yang mau ditampilin apa aja.

  6. seingatku kalo itu produk sebuah konsultan yang di hire sama sebuah departemen mestinya hak cipta jadi miliknya departemen tsb. Ya bisa aja yang ngerjain ditampilin di kredit, tapi biasanya perusahaan and orang2 yang tercantum dalam kontrak. Kalo dudi kecantum gak seh namanya dalam kontrak dan jadi ahli pengembangan softwarenya 🙂

    Tapi emang orang itu kayaknya gak tau malu, masih mending kamu dud udah pake windows bajakan tapi gak ngaku2 kalo kamu yang bikin windows.. =))

  7. #12: kalo baca disini, disini dan ini bisa jadi gak sepenuhnya itu milik departemen, tapi mbuh wes lha wong gak paham tentang hukum kok :p. Memang aku gak tercantum dalam kontrak, tapi karena dalam kantor sendiri masih ruwet (baca: gak paham) hal begituan, jadi aku pegang aja source codenya + nambahin kredit =)).

    Huehuehue, ngaku sebagai developer windows? lha wong PHP aja sek gak mudeng kok :-D. Yah, biar bajakan tapi berusaha untuk hilang pelan-pelan dengan dual boot 😀

  8. Ngeselin juga sich … makanya kalo jual software … gak usah semua sourcecodenya dikasih…..:d

    Tapi kalo saya sih di kasih aja source codenya . tapi kebetulan sampai sekarang orang gak ngerti2.. soalnya kursusnya muahal…. sudah kursus pun belum tentu ngerti …hehehehehe =))

    Soalnya softwarenya gak bisa dibajak … dan databasenya sekitar 100GB….

    Gue bilang … kotak-katik loooe sampai botak !!

  9. hoi, garapan gis di ika akhirnya diborong sama tim survei pengukuran skalian, coz biaya survei gis-nya biar ngirit. hayah gak taunya yang garap yo konco lawas wong itn. ~o)

    cayo! dont give up 2 sell ur brain! hayya cincaylaa.. $-)
    *loe yg makan ati, gw yang ngambil bati hahaha*

    **bcanda koq suer**8-}

  10. STOPPP PEMBAJAKAN

    Pak, sy lg penelitian bikin aplikasi sms untuk Sistem Informasi Kesesuaian Lahan yang dibangun menggunakan Arcview 3.3. aplikasi SMS sya dibuat mengunakan VB.6.
    yang saya tanyakan, bagaimana script untuk memanggil data dari Database Arc view ke VB 6 nya???
    tolong dibantu yah…soalnya mepet banget.
    terima kasih banyak

  11. Mas, saya punya CD Sisda. gak pernah direken ketika diterima tahun 2005. Sekarang mau saya lengkapi, cuma kesulitan instal karena laptopku pake vista. Bisa bantu gak ???
    Info : aku anik mutammima (pengairan 98) sekarang di Dinas pengairan Kabupaten Mojokerto, istri dari Fauzy Nasruddin (P96) tau kan ???
    Makasih ya??

  12. alow mas, sorry neh ikutan nimbrung diforumnya mas, saya sangat tertarik dengan software aplikasi yang dibuat sama mas, kebetulan saya jg sedang ngerjain skripsi tentang software aplikasi untuk gis, cuman saya mengalami kesulitan dalam pembuatan flowchart software aplikasinya, kira2 apa dl yang harus ditentukan, mohon pencerahan dari master2 gis disini

    terima kasih

  13. mas,numpang tanya dong.
    kalo source code agar mapobject memberi warna yg berbeda sesuai database gmn y?(seperti yg ada digambar atas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam