BDP RSS Aggregator

Ada berapa banyak aggregator blog Indonesia yang anda ketahui? berikut ini adalah data aggregator Indonesia yang saya ketahui :

1. Planet Terasi
2. ID-Gmail Info
3. Bemo.or.id
4. Merdeka.or.id
5. ?

Apa masih ada aggregator lainnya yang anda ketahui?

Dari keempat aggregator itu hanya Planet Terasi yang menggunakan Planet. Sedangkan sisanya menggunakan feedwordpress (ini hasil ngintip ke direktori wp-content/plugins yang gak dikasih dummy index.html) ;)). Karena penasaran dengan fitur yang ditawarkan oleh feedwordpress akhirnya saya mencobanya dan ternyata feedwordpress memang cukup mudah dalam penggunaannya dan fiturnya terbilang lumayan, hanya saja yang sangat disayangkan feedwordpress masih membutuhkan campur tangan kita selaku maintainer untuk memperbaharui feed-feed tersebut. Kasusnya kurang lebih seperti yang disampaikan oleh Idban tentang update feed Id-Gmail.

Saya pernah kepikiran, sebenarnya kan masalah campur tangan ini bisa diakali dengan crontab? apalagi biasanya hampir semua web hosting menyediakan fasilitas crontab ini. Walaupun ada juga beberapa web hosting yang menonaktifkan fasilitas ini dengan alasan keamanan. Hanya saja penambahan crontab akan menyulitkan bagi sebagian orang dalam proses instalasinya yang belum mengenal syntax-syntax crontab.

Karena penasaran, saya cari-cari lagi plugin aggregator untuk wordpress yang tidak perlu campur tangan manusia ataupun crontab. Setelah saya berpusing-pusing ria mencari di internet, akhirnya Epat memberikan saya informasi tentang BDP RSS Aggregator dan ternyata sesuai dengan keinginan saya =)) *sigh, ngerti ngono aku takok awakmu sek pat baru golek*.

BDP RSS Aggregator mengklaim seperti yang tertulis dibawah ini:

collate RSS feeds and summarise to a page – updates regularly without the need for cron.

Wah ini persis seperti yang saya cari. Saya coba pasang disini ternyata sangat gampang sekali proses instalasinya. Hanya saja berbeda dengan feedwordpress, BDP RSS Aggregator tidak menggunakan tabel wp_posts untuk menyimpan seluruh feed yang telah disedot melainkan menggunakan tabel tersendiri. Ah, tapi ini sudah sesuai dengan kebutuhan saya kok :p

Mungkin bagi pengelola aggregator diatas khususnya yang menggunakan feedwordpress jika membaca tulisan ini mau mencoba BDP RSS Aggregator? :), anggap saja alternatif pilihan selain feedwordpress.

31 thoughts on “BDP RSS Aggregator

  1. Itu planet CSUI02 servernya ditaruh dimana iang? enak banget bisa maenan planet 😀

    Thanks for thelink, sementara masih maenin bdp buat di wordpress, masih belum pengen nyoba tools laen neh 🙂

  2. #5: Based on wordpress, dan gak perlu campur tangan orang untuk update, gak perlu utak-atik crontab. Cukup ngeset sedikit under web langsung jalan otomatis setiap bbrp menit/jam.

  3. emm anu … mau nambahin ada lagi aggregator di endonesya ini :p yaitu Expression (eh ini termasuk aggregat bukan yah :-?).

    BDP RSS Aggregator? hmm boleh dicoba juga nih. Thank’s info nya

  4. #8: hayah, lek sampeyan kera ngalam, sampeyan ae sing gawe, aku tak nderek ae =))

    #9: tanya ke Totok aja, aku sumbangsih jadi moderator aja wes 🙂

  5. Aggregator itu apa sih? bedanya kalau kita add RSS suatu site trus kita baca di Firefox kita apa?

    apakah seperti itu Aggregator??

    Mohon Petunjuk

  6. #12: Mungkin aggregator bisa dianggap sebagai katalog dari content beberapa blog yang menjadi anggotanya/kontributornya. Ya semacam komunitas gitu … CMIIW ;))

  7. hei PREN, mo nanya dnk AGREGATOR itu apa yah???#-o bs ksh ke email gak softny en tutorialnya. tlg ksh tau ceritanya dikit en POWERnya yach thankyu.cu

  8. Loenpia dot net » Berkenalan dengan Layanan Blog Aggregator

  9. Publisitas goBLOG :: MBU Dalam Perspektif Doel Geblek :: October :: 2005

  10. bedanya aggregator sama autoblog itu apa sih? apa cuma beda di etikanya aja?
    maksudnya kalo aggregator tampilannya sebagian aja (excerpt) dan nggak diaku sbg tulisan pemilik site, sedangkan autoblog copas abis secara otomatis. apa begitu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam