Fenomena Kopdar di Kalangan Blogger

Jauh sebelum mengenal internet saya pernah bermain-main dengan radio amatir. Masih radio amatir gelap sih, karena cuma bermodalkan callsign orang tua. Awal mula saya ngebreak hanya dengan teman kampus, namun selanjutnya saya memiliki banyak teman dari berbagai tempat. Mulai dari teman yang ngocol sampe yang asik diajak ngoprek radio paket. Semuanya ada.

Dulu waktu ngebreak saya juga sering kopdar dengan teman-teman. Kenapa namanya kopdar saya sendiri gak tau, yang penting asik aja ngumpul sama temen-temen. Kalo saya pikir-pikir melihat fenomena kopdar yang sekarang ini ramai dilakukan para blogger mengingatkan saya pada JADUL kala maen break-break’an.

Dalam break-break’an intensitas komunikasi terjadi lewat percakapan lisan, sedangkan dalam IRC komunikasi terjadi di sebuah channel ataupun private message. Sementara untuk blog intensitas komunikasi terjadi lewat fasilitas commenting system.

Menurut saya, kehadiran blog dengan commenting systemnya membuat pemilik blog merasakan kedekatan dengan pengunjung blognya. Apalagi jika komentar ini dilakukan saling bergantian di masing-masing blog. Hal tersebut mengakibatkan intensitas komunikasi akan semakin sering dan pada akhirnya timbul kecocokan satu sama lain.

Nah, dari kecocokan inilah kemudian berkembang menjadi sebuah komunitas baru entah itu milis ataupun aggregator. Ketika komunitas semakin solid, biasanya akan dibarengi keinginan untuk bertemu satu sama lain dan terjadilah kopdar.

Lalu apa yang dicari dan didapatkan dari kopdar? banyak! Dibawah ini yang saya rasakan dan saya ketahui:

1. Nambah teman. Kalo kata peribahasa cari lawan itu gampang tapi cari teman itu susah. Nah, kopdar ini dijamin pasti akan nambah koleksi temen anda.
3. Nambah relasi. Ini pasti, semakin banyak temen semakin bertambah relasi. Siapa tahu kalo lagi ada proyek bisa saling ngasih. Ini cocok buat tipe orang yang seabrek-abrek garapannya πŸ˜‰ j/k.
4. Dapet jodoh/pacar. Buat yang masih jomblo sapa tau aja bisa dapet gebetan baru dari kopdar. Gak haram hukumnya kok dapet gebetan dari kopdar :)). Eh, ini udah contoh nyatanya belum ya di kampung gajah?
5. Udah gak tau mau ngapain lagi di internet™. Bingung mau ngapain lagi di internet akhirnya ya mending ikutan kopdar aja.
6. Dapet kerjaan. Yang lagi butuh kerja sapa tau aja nanti dapet tawaran kerjaan. Contoh nyatanya si didats yang ngalamin ya? CMIIW.
7. Having fun. Kalo orang-orang yang stress sama kerjaan pasti butuh ketawa, jadi wajar aja kalo ikutan kopdar.
8. Penasaran. Rasa penasaran untuk tahu karakter person secara fisik bisa jadi nambah rasa keingintahuan kita. Misalnya “Ah, masak iya sih si A jenggotan?
9. Dan masih banyak lagi yang gak sempat terpikirkan oleh Saya. Ada ide?

Kopdar beberapa bulan belakangan yang pernah saya lakukan:

1. Ketemuan sama Idban ‘bandar hentai anime’ Secandri waktu dia ke Malang barengan sama Dhika dan Vnuzday, sempet ngerampok koleksi animenya Idban.
2. Waktu ID-Gmail Jawa Timur ke Taman Safari saya gak ikutan, tapi waktu makan malam saya sempet ketemuan sama Bunda Endhoot, Benny, Dian Ina, Budi Rejected, Bhagonk, Arief & Pika, Doni dan Vnuzday.
3. Beberapa rekan dari Tim Air Putih bergiliran dateng ke Malang seperti misalnya Lia, Iqe, Rahma, Mamik, Roim, Henkie, Indah.
4. Dengan Andry, Vnuzday dan Indra di Kafe Plankplunk ditemani pula oleh Full Eclipse™. Sayang si Netbeans™ gak bisa nemenin ya Ndry? =))
5. Bertemu dengan komunitas blogmal.com dalam acara halalbihalal.

Jadi, kapan kita kopdar? ;;)

19 thoughts on “Fenomena Kopdar di Kalangan Blogger

  1. Hwalahhhh…. kamu dulu sempat main break-break’an?? jaman tahun berapa tuh.. pasti masih pake intercom.

    Denger-denger, setelah tanggal 20 ini punya banyak waktu longgar ya..
    kopdar lagi yuk…

  2. Fungsi blog, selain arena katarsis, memang bisa jadi personal branding.

    Jadi gw ga peduli ama Google Ad-Sense, mending dapet proyek dari orang yang membaca blog.
    Anggap saja, semacam baca ‘resume’ gaya baru.

    Kopdar terjadi sesudahnya, buat memastikan pekerjaan.

    Jadi, kapan tuh SMS Gateway bisa digarap ? Gw garap pake Eclipse yah yah yah yah .. πŸ˜€

  3. wah klo ngomongin kopdar ini orang emang demen ama yang namanya kopdar dari break irc ym blog beuh seabrek :p, wah untuk sms gateway nya maap om gwa blom dapet :-s

  4. “3. Dapet jodoh/pacar. Buat yang masih jomblo sapa tau aja bisa dapet gebetan baru dari kopdar. Gak haram hukumnya kok dapet gebetan dari kopdar :)). Eh, ini udah contoh nyatanya belum ya di kampung gajah?”

    udaaaaaaaahhhhhhhh… (tapi bukan aku…hihihi, belum deng) kamu pasti nomail ya???!!!

  5. he..he ayuk…
    aku sendiri blom pernah tau dimensi (panjang x lebar) dudi. Sama dhika juga baru sekali. Dheche, cuman ketemu sekali dalam keremangan malam ketika ngoprek radio paket πŸ˜€

    Tapi kalo dah punya buntut kayaknya susah ikutan kopdar #-o

  6. tambah:
    1. dapat selingkuhan. dudi bisa cerita lebih banyak soal ini.
    2. dengan kopdar, nambah popularitas.
    3. juga tarung/duel. terbukti pada gimen, kopdar buat duel.

    btw, dudi dapet pacar dolo juga dari kopdar ya?

  7. hahahahahaha

    rencana ne seh duel tapi nyatane malah nakam²

    :((
    sek eling ae awakmu ndhiii….
    arek e sakiki urip ndhek malang lhoo

  8. ayo gathering maneh yukkkk :p
    tapi syaratnya boleh bawa pasangan tapi ga boleh bawa pacar, nah loh bingung kan ?? :p
    gimana ?? setujuhhh ?? :d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam