Internet di Banda Aceh

Tiga bulan pasca tsunami di Aceh sangat sulit untuk mendapatkan akses internet. Kalo sekarang? mendapatkan akses internet dari satu kantor ke kantor lain di Banda Aceh bukanlah hal yang sulit.

Salah satu faktor penyebab internet berkembang dengan cepat di Banda Aceh karena banyaknya NGO asing.. Tau sendiri lah, kalo sebagian besar NGO asing tentunya terbiasa bekerja dengan email dan instant messenger.

Sekitar 3 hari yang lalu bersama dengan Anjar saya iseng-iseng melakukan scanning Wireless 2.4 GHz dengan menggunakan NetStumbler.

Coba lihat gambar dibawah ini:

Hotspot Banda Aceh

Itu baru sebagian kecil wilayah yang terdeteksi, kemungkinan besar hotspot ini akan bertambah banyak jika mendatangi lokasi kantor NGO asing. Bisa dibayangkan gak? Banda Aceh itu cuma kota kecil yang memiliki luas kurang lebih 61,36 km² namun saat ini banyak sekali hotspot yang saling berdekatan. Tentunya ini bisa menimbulkan masalah baru. Coba aja liat gambar diatas ada berapa channel yang sama?

Sepertinya pembebasan lisensi penggunaan radio pada frekwensi 2.4 GHz mengakibatkan siapapun dapat menggunakannya dan sering sekali disisi pengguna tidak menyadari bahwa channel pada frekwensi 2.4 GHz itu sangatlah terbatas. Akibatnya ya seperti terlihat pada gambar di atas itu. Salah satu contoh konkret yang saya dengar langsung yaitu BPDE sebagai salah satu lembaga pemerintahan di Banda Aceh yang mengelola internet pun mengeluh karena kecilnya signal point to point dari Pendopo ke Kantor BPDE, padahal jarak dari Pendopo ke Kantor BPDE kurang lebih hanya 4-6 km LOS (Line Of Sight).

Nah, kalo udah terlalu crowded begini sepertinya memang perlu ada sebuah komunitas pengguna 2.4 GHz di Banda Aceh. Perlu ada kesepakatan-kesepakatan penggunaan channel, daya pancar dan lain-lain. AirPutih bersama beberapa NGO lokal dan NGO asing membuat sebuah komunitas yang bertujuan untuk itu, namun memang belum semua NGO dapat bergabung dalam komunitas ini.

Yah, mudah-mudahan maraknya 2.4 GHz ini tidak akan sampai menimbulkan masalah baru di Banda Aceh. Masa’ hal seperti ini harus menunggu Balmon Postel turun tangan dulu sih ;)).

31 thoughts on “Internet di Banda Aceh

  1. Setelah membaca posting ini, saya jadi penasaran ingin merasakan bagaimana browsing internet di Aceh.

    Beberapa bulan sebelum tsunami, saya sempat berinternet di Aceh. Speednya benar-benar lambat sekali. Butuh waktu lebih dari sepuluh menit untuk membuka e-mail.

    Kebetulan saat ini rumah nenek saya di Aceh disewa oleh NGO asing. Jadi, saya rasa saat pulang nanti, saya sama sekali tidak akan bermasalah dengan internet lagi πŸ™‚

  2. gw di ceritain indra,
    katanya hotspot juga ada di warung kopi pinggir jalan ya? anjrit!

    eh, buset, itu netstumbler… banyak amat hotspotnya… πŸ˜€

  3. #2: bisa aja iang, tapi belum tentu semua NGO itu mau duduk bareng untuk mikir begituan πŸ™‚

    #3: masa iya elo mau surabaya dapet bencana dulu ben πŸ˜€

    #5,7: yah minimal bisa buat ngejunk di kampung lah :p

    #9: yoi, sambil nyeruput kopi aceh dan ditemani internet. Serasa di starbucks dats =))

  4. Bisa internetan kapan saja dan dimana saja, Gratis khan??
    kayaknya wishlistmu sudah ada yang terpenuhi Dud. πŸ™‚

    BTW: Theme Skin e komputermu kok gag brubah-ubah dud??:d

  5. lho..??? jadi pake scanning wireless yang bocor nih ceritanya??
    dih! aku sama si alex gimbal juga punya niat kayak gitu, sampe bela2in donlod2 ebook for dummies yang ada hubungannya sama wireless =))

    eh iya… bikin komunitas itu lagi direncanain, dud. di mabes malah udah beli2 antena kaleng segala :p

  6. #!/Dudi/Gurnadi » Masalah Keamanan Jaringan Internet Pasca Bencana

  7. sayank, rumah beni ga begitu dekat sama hotspot, jadi kalo mo gratis kudu ke kampus.

    Kira-kira kapan air putih pasang hot spot di daerah kuta alam sama kampung kramat ?!

    Beni tunggu yach

  8. gini aja biar gampang :-?, pemerintah gak mampu(sdm,biaya,tenaga)/gak bersedia memfasilitasi internet murah :((x(, sementara masyarakat butuh informasi (internet):d,ngapain kita yg repot mikirin jalur lintas 2,4ghz yg ada #-o,mestinya kita bersyukur donk, masalahnya sekarang sosialisasi internet murah di banda aceh gak kedengar ampe ke dasar (baik dr segi cara pemakaian n tmpt ato lokasi hotspot) oleh masyarakat, yg manfaatin cuma ngo,pemerintah,kampus. Masyarakatnya apa boleh pakai?????????????. Akhirnya tergambar, kita tau ada tapi ndak boleh ambil. Saya ada dengar, kalo saja sosialisasi ini dijalankan sungguh2, dikhawatirkan isp n para warnetnya bakalan tutup.=))=))=))=)). Ini mkn yg jadi alasan mereka utk ttp merahasiakan keberadaan internet di banda aceh……….. Siapa salah????? siapa yang mampu mikir solusinya???????? Nihil KPDE bisa mengatasi ini, wong masalah sendiri aja gak bisa diurus (-SDM,-TENAGA SKILL,KORUPSI ANGGARAN YG GAK KECIL,GAK KERJA KALO GAK ADA ANGGARAN,SERVER MAHAL JD BESI TUA, dll lah pokoknya=)):)):dx(:((#-o

  9. #20: Setau saya sudah ada beberapa titik publik yang bisa dipergunakan untuk internet gratisan. Kebetulan itu dipelopori oleh konsorsium pengguna 2,4 GHz di Banda Aceh. Coba deh sekali-kali scanning pake netstumbler dan kalo ada bts pake SSID airputih silakan dicoba. Mudah2an bisa terkoneksi ke internet πŸ™‚

  10. kakak2 … kok aku track google…gak ada yang jual parabola direct TV – doank ya…second juga gak masalah….harganya katanya sekitar 200-300an (baru )…ada info gak bisa email ke excardon@gmail.com

  11. hot spot itu apaan sih??
    2,4 kok sepertinya ndak di atur gitu, apa emang iya?.. gimana dengan pemerintah?.. gimana ya..?. gimana..?

  12. info inet g r a t i s gsm dan cdma(bukan fren). still work 100%. call /sms pasti dibales :085642132515 no email, no YM, call/sms biar komunikasi lancar. email tidak akan dibalas. nah lo!!! hanya 100ribu!! dapat 4trik : esia, flexi, xl sama three

  13. ah nggak usah bicara yg muluk2 dulu deh,internetan pake jaringan bpde banyak yang di blok, kalo situs yg gituan sih gue sabodoh mau di blok, nih ….download software juga di blok, katanya internet sarana informasi tanpa batas, bulsyeet. dud…. bilangin ama yg ngeblok, kita2 juga pengen pintar kayak dudi. trims lho mas

  14. hi..
    fren, mau nanya nih..
    bisa g ya netstumbler dijalankan di windows vista?
    sy sudah coba tp kok katanya akses is deniad trus ya?
    kira-kira letak kesalahannya dmna y?
    please dijwb yah…

  15. sampai sekarang masih juga tuh ngenetnya cuma dah agak kurang krn ngo dah pada pulkam.
    lagian kalau pada pake antena yg db agak besaran masih bisa ngedownload dg cepat 150mb bisa dlm waktu 1 jamkan dah lumayan tuh kencengnya.asalkan jangn wajan ngk bagus fokusnya tuk jarak 2-3 km.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam