Benarkah Manado Tsunami?

Baru saja saya dapat kabar dari salah seorang rekan, dia bilang di Manado ada gempa. Benarkah?

Cross check ke Geofon dan Media Center, ternyata benar ada gempa di dekat Manado dengan data sebagai berikut:

Waktu Kejadian: 2007-01-21 11:27:44 GMT
Skala Gempa: 6.5 mb
Koordinat :1.28 N, 126.44 E
Kedalaman: 20 km
Lokasi: Northern Molucca Sea

Gempa Manado

Jika melihat dari jam kejadian, artinya gempa terjadi pada pukul 18:27:44 WIB. Geofon sendiri memberikan warna merah yang artinya peringatan akan terjadinya tsunami. Jika melihat kondisi peta yang disajikan, sepertinya gempa ini akan terasa sangat keras sekali di Manado dan ada kemungkinan (berpotensi) untuk terjadinya tsunami. Mudah-mudahan tidak sampai terjadi tsunami.


Ada yang berasal dari Sulawesi dan sekitarnya bisa konfirmasi hal ini? Mudah-mudahan tidak terjadi korban dalam jumlah besar. Duh, negoro kok isi’ne bencana terus sih ๐Ÿ™

16 thoughts on “Benarkah Manado Tsunami?

  1. kalau ada info yg akurat, tlg deh email kami di manado, sbab so takut 1/2 mati:((, tapi jgn biken resah

  2. itu satuan magnitude gempa. definisi m b yang saya maksud ada di sini. Kalo posting di atas jadi Megabyte karena plugin acronym replacer ๐Ÿ™‚

  3. yaa, emang benar pada saat kejadian saya berada di kota manado. memang saat itu gempa sangat dahyat.. kebetualan saya saat itu sedang melakukan hobby saya, memancing.. pada saat gempa mungkin sekitar 15 menit kira kira.. dan air laut mendadak surut jauh sekali.. saya dan kawan saya seketika meninggalkan peralatan pancing karena ketakutan akan tsunami.. ternyata air naik kbai dgn normal..

  4. Sedih rasanya mendengar Lagu Rasa Sayange telah diakui milik Malaysia dan penciptanya orang Malaysia. Batik bahkan Rendang, saya juga mendengar diakui penciptanya orang Malaysia. Boleh saja kita Bangsa Indonesia kesal bahkan marah, tapi perlu kita merenung dengan kepala dingin. Kenapa ya bisa begitu ? Kalau menurut saya kita harus introspeksi pada diri sendiri dan protes kepada Malaysia itu sah-sah saja. Saya sarankan agar Bangsa Indonesia, dimulai dari Pemerintah kita, mulai menghargai Hak Pencipta di Indonesia. Pemerintah harus melindungi Pencipta dari tangan pembajak dan memberi penghargaan kepada pencipta di Indonesia. Bagi Swasta yang ingin menjual produk dari Pencipta harus bagi hasil keuntungan dengan Si Pencipta. Sehingga orang Indonesia mempunyai semangat untuk mencipta yang sejauh ini saya rasakan tidak ada. Bahkan lebih parah Bangsa Indonesia lebih percaya produk luar negeri daripada produk dalam negeri. Akankah kita biarkan ? Membiarkan Bangsa ini kehilangan jatidiri-nya dan terpuruk. Ingat, anak cucu kita akan tetap sebagai Bangsa Indonesia dan akan menerima imbasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam