wp_get_links() di WordPress 2.1

Saat ini engine blog saya sudah menggunakan wordpress versi 2.1. Sebelum menggunakan versi 2.1, saya menggunakan versi 2.0.7 dan tidak ada permasalahan berarti. Namun, ketika di upgrade menjadi versi 2.1 muncul permasalahan menu yang tidak tampil pada sidebar.

Menu yang tidak tampil pada sidebar adalah menu personal links, afiliasi, blogroll, troll dan ketertarikan. Terus terang ini membuat saya curiga. Langkah pertama yang saya lakukan adalah melakukan pengecekan pada file sidebar.php yang ada pada themes. Setelah saya cek, ternyata semua menu tersebut ditampilkan dengan menggunakan fungsi wp_get_links().

Seperti telah dijelaskan pada Codex WordPress.Org, format pemanggilan wp_get_links() adalah sebagai berikut :

<?php wp_get_links(1); ?>

angka 1 menunjukkan id kategori link yang bersangkutan, id ini berbeda untuk setiap link yang kita tambahkan. Pada wordpress 2.0.X id ini terletak pada tabel wp_linkcategories, namun sejak versi 2.1 tabel wp_linkcategories dihilangkan dan kategori link dijadikan satu dengan kategori posting pada tabel wp_categories. Hal ini mengakibatkan terjadinya perubahan id kategori link. Perubahan id ini menyebabkan tidak tampilnya menu di sebelah kanan yang dipanggil menggunakan fungsi wp_get_links(N);.


Beberapa hal yang menjadi kata kunci untuk menampilkan kembali menu disamping kanan pada wordpress 2.1 adalah :

  1. 1. Menyesuaikan kembali id kategori link untuk masing-masing wp_get_links(N) dengan melihat id kategori link (cat_id) pada tabel wp_categories dalam database MySQL.
  2. 2. fungsi wp_get_links pada wordpress 2.0.X adalah wp_get_links(N), dimana N menunjukkan id kategori link, sedangkan pada versi 2.1 berupa wp_get_links('args'), dimana args bisa berupa category, before, after dan lain sebagainya.
  3. 3. Secara default pada WordPress 2.0.X fungsi wp_get_links(N) akan menampilkan <li> dan </li>, sedangkan pada versi 2.1 tidak ditampilkan lagi (lihat source file bookmark-template.php yang ada dalam direktori wp-includes khususnya pada fungsi wp_get_links).
  4. 4. Mengubah fungsi wp_get_links(N) pada berkas sidebar.php menjadi <?php wp_get_links('category=N&before=<li>&after=</li>'); ?>. Nilai N diperoleh dari id kategori link (cat_id) yang ada dalam tabel wp_categories
  5. 5. Jika tidak ingin menggunakan fungsi wp_get_links(), maka dapat menggunakan fungsi wp_list_bookmarks('args') seperti panduan dari recommended web tools.

Selamat mencoba!

21 thoughts on “wp_get_links() di WordPress 2.1

  1. Mas, menemukan masalah yang sama seperti saya tidak?

    Setelah kita Login, trus katakan kita browse blog kita (http://dgk.or.id/archives/2007/01/25/wp_get_links-di-wordpress-21/)
    ternyata ada kata yang NYANGKUT πŸ˜€ dan perlu pembenahan, khan biasanya themenya tombol/tautan edit aktif (karna sudah login tadi) kemudian kita klik tautan tersebut khan menuju kehalaman edit dan kita edit seperlunya. Trus kita save, lha di WordPress 2.1 saya setelah tekan SAVE keluar halaman 404 (error document not found) padahal kalau tak liat di URL browser masih pada posisi (http://dgk.or.id/wp-admin/post.php)

    Kemudian saya refresh, baru muncul halaman sebenarnya, seingat saya setelah edit dan kita save tadi, akan kembali ke halaman tautan asli kita tadi to? (http://dgk.or.id/archives/2007/01/25/wp_get_links-di-wordpress-21/)

    Kenapa ya? apa ini cuma di BLOG saya?
    Saya update dari versi 2.0.x

    Suwun… coba ditest mas πŸ™‚

    *kedawan mas komenku? Edit wae nek kedawan =))

  2. eh ada lagi, napa ya waktu klik “Submit” di form komentar hbs loading kok gak langsung muncul komentarku??? setelah direfresh baru dia muncul…:-?:-?

  3. #1,3: saya belum pernah ngalami, disini saya coba lancar-lancar aja tuh.

    #5: solusi instant, tapi gak ‘rapi’ ‘sesuai tatanan’ wordpress. wong iki tujuan’ne memanfaatkan fungsi wp_get_links() milik wordpress kok =))

  4. sopo yoh gelem upgrade wp ku?
    maaf, saya bukan orang IT dan saya tidak mau dituduh kemiTI walaupun teman-teman saya banyak orang IT. ( eh sopo yoh konco-koncoku? kekeke, halah…)

  5. Thanks Mas, buat infonya, aku baru mau upgrade, tapi lagi dalam tahap nyari2 info dulu tentang masalah2 yang mungkin muncul di 2.1 ini. πŸ™‚

  6. #15: sorry ternyata saya yang salah :), seharusnya seperti dibawah ini:

    <?php wp_get_links('category=16&before=<li>&after=</li>'); ?>

    thanks atas pertanyaannya, sekaligus sebagai koreksi atas tulisan saya πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam