fixed-widthfluid-width

SMS Lelang
Category: Opini,Teknoblogia,Umum
Tags: ,

Hari ini pukul 16:30 WIB saya mendapat SMS dengan isi sebagai berikut :

DILELANG!!! 3 Honda SupraFit. Harga maksimum Rp500.000. Pemenang adlh penawar dgn harga unik & termurah. Ketik REG LL kirim ke 9600. Tarif Rp.1000/sms

SMS ini tidak dikirim dari nomor tertentu, namun sendernya tertulis berasal dari SMSlelang. Iseng-iseng saya lakukan pencarian di google dengan kata kunci smslelang 9600, ternyata mengarah ke situs Telkom Flexi dan ternyata sudah ada situs resmi SMS Lelang.

Di halaman depannya terpampang tawaran menarik seperti sms yang saya terima, hanya kali ini berbeda hadiahnya. Isinya kurang lebih seperti ini:

DILELANG !!!

2 buah Handphone 3G Sony Ericsson K610i Baru dengan harga maksimal Rp. 250 ribu! (untuk 2 orang pemenang)

Penawar TERMURAH dan UNIK* pemenangnya.

Menariknya pada halaman terbawah ada sedikit penjelasan mengenai kata UNIK* yang dimaksud. UNIK yang dimaksud ternyata adalah harga penawaran yang kita ajukan tidak disamai oleh penawar yang lain.

* UNIK : Harga penawaran tidak ada yang menyamai. (Hanya ada satu orang yg menawar pada harga tersebut).

Sekarang kita coba berasumsi yuk :). Kita ambil contoh lelang Honda Suprafit yang berharga 500.000 rupiah.

Kalau kita mau dapatkan hadiah tersebut tanpa proses lelang, kita cukup kirim SMS sebanyak 500.000 kali yang artinya kita akan menghabiskan duit sebesar 500.000.000 rupiah (500.000 * 1000). Wow! banyak juga ternyata yah :-D.

Artinya, kalau panitia SMSlelang berhasil menjaring 500.000 orang untuk mengirimkan SMS ke 9600, maka panitia akan mendapatkan uang sebesar 500.000.000 rupiah. Kemudian panitia akan mengambil 30.000.000 rupiah untuk beli 3 motor HondaSuprafit baru (asumsi satu buah motor Honda SupraFit baru berkisar di angka 10.000.000).

Berarti dari 500.000.000 dikurangi dengan 30.000.000 yang akhirnya akan tersisa 470.000.000. 470.000.000 rupiah ini akan dikelola lagi untuk pembayaran sms gateway dan tetek bengek lainnya. Yang jelas masih untung besarlah buat panitia :-D. Jangan-jangan itu motor Honda SupraFitnya belum/tidak ada, motor baru akan dibeli oleh panitia jika quota pengirim smsnya sudah dinilai cukup untuk meraup keuntungan. *sumpah! kalo yang ini saya negatif thinking* =))

Sementara buat pengirim SMS apa untungnya? Menurut saya sih gak ada sama sekali :-D Itu sebabnya saya tidak menggubris tawaran lelang ini, walaupun harga lelangnya terbilang murah dari harga rata-rata pasaran motor Honda SupraFit terbaru. *kok enak!*

Yang membuat saya gak habis pikir, kenapa SMS ini bisa masuk ke handphone saya dengan sender dari SMSLelang (tanpa nomor)? *ingat jaman sms massal dari presiden*

February 6, 2007 @ 5:10 pm

27 Comments

#1 Comment by Epat :
On February 6, 2007 5:50 pm Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

Super lelang!
High Quality Jomblo

sender:
3728

#2 Comment by aespe :
On February 6, 2007 6:45 pm Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows Server 2003

itu 1000 perak baru register doang ya, blom ngirim buat penawarannya… minimal 3000 perak dong, per orang, klo pake unreg juga.. :d

tajir surajir penyelenggarannya… ck ck ck..

pintar !

#3 Comment by vnz :
On February 6, 2007 7:13 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

SMS seperti itu sekarang sudah menjamur, penyedianya saja yang harus kreatif dalam mengusung tema.

*jadi ingat iklan di tipi*
“sms yang kamu terima langsung dari hapeku lo” =))

#4 Comment by Budi Putra :
On February 6, 2007 7:16 pm Mozilla Firefox 1.5.0.9 Windows XP

Gile! Operator hobi “menghajar” pengguna ponsel dengan spam! Saya juga udah jengkel terima spam — hampir tiap hari — dari Indosat Matrix dan Esia! x(

Soal ini sempat saya posting juga di blog saya: Spam di Ponsel Bikin Jengkel.

#5 Comment by Momo :
On February 6, 2007 8:10 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

=)) telkom dilawan.
Ngomong soal sms. Tidak semua spam dari operator. Sekarang banyak sms gateway yang menyediakan layanan itu dan coverage ke Indonesia. misal http://sms.bigfoot.com atau http://www.clickatell.com jadi berhati²-lah dgn spam atau iming² hadiah dari sms.
Klo mau bikin dewe nich alamat utuk SMS HEADER nya
http://www.gsmfavorites.com/documents/sms/pdutext/
Gunakan Henpon anda dengan “Jempol” yang baik dan benar.

#6 Comment by opet :
On February 7, 2007 1:26 am Internet Explorer 6.0 Windows XP

bang sms siapa ini bang ….

hehueheuhe..
makin banyak cara untuk meraup duit ancene…

#7 Comment by Hedi :
On February 7, 2007 3:58 am Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

Makin lama makin terbukti bahwa operator ponsel berbisnis hanky panky, tipuan murahan. Kalau tidak berpikir panjang seperti sampeyan, pasti sudah ketipu #-o

#8 Comment by dudi :
On February 7, 2007 7:29 am Mozilla Firefox 1.5.0.9 Fedora Linux

#5: mas imo, justru karena itu saya jadi heran. SMS dari provider manapun yang masuk ke HP saya, pasti akan masuk ke provider simcardku (mentari). Nah, misalkan sms ini dikirim dari provider lain tanpa sender number, kok bisa provider indosat/mentari mengijinkan sms ini masuk? INI PASTI KONSPIRASI ! hehehehe :-D.

Tapi ya gitu, bisnis kadang-kadang emang sering bikin jengkel buat end user seperti kita ini :)

#9 Comment by ananta :
On February 7, 2007 7:43 am Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

kalau bisnis tipu2 seperti ini subur, berarti ‘korban’ nya pasti banyak dong, bahkan berani iklan di tv

banyak orang yang kelebihan pulsa dan boros, atau emang gampang ditipu :p?

tapi, jangankan yang mengiming-imingi hadiah, sms chat di jaktv aja laku (kok bisa ya :-)

#10 Comment by daud :
On February 7, 2007 9:07 am Mozilla Firefox 1.0.4 Fedora Linux

#5: Sok tau loe. Dari GSM spec mana bisa set alphanumeric sender! :p

#11 Comment by Braja :
On February 7, 2007 12:13 pm Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

Saya pernah dapetin SMS seperti ini di kartu Halo
gue, yg lucunya isi SMS nya yang menyatakan saya mendapatkan uang sebesar 10 jt/bl dan bebas pemakaian kartu halo selama 1 tahun, yang lebih lucu lagi dia pake SMS iklannya Telkomsel, setelah dikonfirmasi ke Halo sendiri, dia nyatakan bahwa itu penipuan.
Kalau dilihat seperti ini, kayaknya ada join antara pegawai pada Halo/Telkomsel dgn Penipu tersebut.
Aneh Khan, kok Hal;o/Telkomsel ngak tau kalau SMS Iklannya dpake utk penipuan
=)) x(

#12 Comment by Momo :
On February 7, 2007 2:51 pm Mozilla Firefox 2.0 Windows XP

#8: Betul, cuman klo ada monitoring konten pa header berati gak ada privasi lagi dong :(

halah padahal biyen web e Mas Dudi sing anuneanu sendere yo “ANUNEANU” mosok ongko =))

#13 Comment by Bakul Website Eceran dan Ketengan :
On February 7, 2007 6:55 pm Mozilla Firefox 2.0.0.1 Mac OS X Mach

aku juga negatip thinking kok, bisa aja cara orang cari duit sekarang ya…

#14 Comment by mxll :
On February 7, 2007 8:34 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

*kok enak!â„¢*

#15 Comment by wandi :
On February 9, 2007 2:13 am Mozilla Firefox 2.0 Ubuntu Linux

yy imo: ayo bikin lagi sms gratisan
dude: makin cihui aja…

#16 Comment by cls :
On February 9, 2007 4:09 pm Mozilla Firefox 2.0 Windows XP

awas…!!! judi lho…

#17 Comment by Jauhari :
On February 15, 2007 5:28 pm Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

SPAM?

#18 Comment by cachak :
On February 15, 2007 7:34 pm Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

jadi inget waktu ngerjakan skripsi temenku, dengan cara ngerubah suatu nomor menjadi 7 bit maka jadi lah sendernya sesuai dengan yang kita inginkan asalkan operatornya mengijinkan hihihi..
gelap…coding lagi ahh..

#19 Comment by Yugi :
On April 22, 2007 2:37 pm Camino 1.0 Mac OS X

Hmmm…kayaknya gw mau ikutan ngomong boleh? Menurut gw, ini sih bukan penipuan. Dalam arti kata, betul ada motor atau handphone yang dibagikan, betul ada operatornya dan betul ada penawarnya. Cuma, memang kalau dihitung-hitung, si operator lelang mengantongi keuntungan yang lumayan besar. Kemarin saya sempat ikut yang lelang hp (barunya sekitar 4jt), dan harga lelang ditutup dengan harga 500rb. Yang ikutan ternyata nggak sebanyak itu koq…hanya awalnya 300-500 orang. Nah, kalo kali 1000, mereka berarti cuma mengantongi 500rb. Ditambah kalo ikutan terus lelangnya, sekitar 100 orang, rata-rata mengirim 10-20 kali sms, berarti anggap rata-rata 15 kali, 15rb per orang, dikali. Berarti, total penghasilannya 15rbx500 orang, jadi sekitar 7,5jt, plus 500rb dari pemenang, jadi total 8jt. Beli handphone baru 4jt, jadi sisanya 4jt lagi…quite reasonable lah… Yang ikut juga untung (kalo menang ya…) beli handphone baru harga 515 rb….

#20 Comment by vei :
On May 14, 2007 1:12 pm Mozilla Firefox 1.0 RedHat Linux

wah bener bgt mana ada panitia yang mo rugi coz n pastinya disokong ma operator telepon karena
panitia untung operator telepon juga untung he..he

#21 Comment by ester :
On May 21, 2007 1:14 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

kalo ngerasa penipuan ya gak usah ikut’an , tapi kalo ngadu peruntungan ayo.. dicoba..
tapi aq sendiri gak mo ikutan.. yang kaya operatornya.. di konsumen habis pulsanya.. hehehe…mana pulsaku selalu minim.

#22 Comment by argagelwei :
On June 13, 2007 8:07 pm Mozilla Firefox 2.0 Windows XP

ihhhhhhh……..nazissssss lhooo, tu tipun tww, tww gaaa

#23 Comment by ardi :
On July 3, 2007 10:53 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

yaaaaah, capek deh!!!!, bolak balik nglamar kerjaan gak terima, aku juga jadi pingin punya usaha gituan, gemanaya cara memilki sms getway!, tolong ya kirimkan keemailku : parak_liku@yahoo.co.id

#24 Comment by rosyid :
On February 5, 2008 2:45 pm Mozilla Firefox 1.0.2 Linux

mas mas… sebenere kami juga butuh model sms an yang kayak gituan, tapi bukan untuk hal yg menipu, tapi untuk mengumpulkan dana dari anggota2 organisasi, biar nggak minta2 gitu maksudnya, mohon ada yang bisa bantu saya gimana cara ngebuatnya yah… :D

#25 Comment by rosyid :
On February 5, 2008 2:47 pm Mozilla Firefox 1.0.2 Linux

maaf untuk informasi lebih lanjut kirim di rosyid_koeasa@yahoo.com thanks

#26 Comment by Ayi Machmudin :
On February 14, 2008 10:44 pm Internet Explorer 6.0 Windows 2000

MARI BERGABUNG BERSAMA KAMI MENUJU SUKSES

#27 Comment by whyyoey :
On February 20, 2010 10:39 am Mozilla Firefox 3.6 Windows XP

semua saling mmbtuhkan ,,

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.