fixed-widthfluid-width

Fenomena Menarik Aceh
Category: Free/Open Source,Teknoblogia,Umum
Tags:

Saat saya menulis ini, ada dua hal yang terlintas di pikiran saya tentang Aceh. Yang pertama tentang Irwandi Yusuf mantan Senior Representatif GAM yang tadi pagi baru saja dilantik menjadi Gubernur NAD dan yang masalah kedua adalah efek dari MoU antara Microsoft dengan Menkominfo Sofyan Djalil.

Permasalahan pertama yang menarik bagi saya adalah saat pagi tadi Irwandi Yusuf dilantik menjadi Gubernur NAD, malam harinya Metro TV menayangkan acara K!ck Andy dengan tema Dari Gerilya ke Kursi Gubernur. Bintang tamunya ya Irwandi Yusuf dan Sofjan Dawood. Yang lebih menarik lagi, pemilik Metro TV ya orang aceh juga. Siapa lagi kalo bukan Surya Paloh. Kok sepertinya acara K!ck Andy dengan bintang tamu Irwandi Yusuf memang sengaja dipasang malam hari setelah pelantikan Gubernur NAD. Apa misinya? yang lebih ngerti ya si Surya Paloh dong =)). Yah, mudah-mudahan bukan sebuah move politik

Permasalahan kedua yang juga menarik adalah ramainya berbagai milis IT dan media dalam beberapa minggu ini melakukan pembahasan MoU antara Microsoft dan Sofyan Djalil Menkominfo. Hampir sebagian besar orang tau kalo Pak Sofyan Djalil adalah putra asli Nanggroe Aceh Darussalam. Saat ini mungkin bisa dibilang kalo Pak Sodyan Djalil sedang jadi sasaran tembak banyak orang terkait dengan MoU yang ditandatangani. Belum usai masalah MoU, tiba-tiba pada tanggal 2 Februari 2007 Pak Kusmayanto Kadiman Menristek menyatakan statement di kompas online bahwa Aceh akan menjadi propinsi pertama jajaki Open Source . Di milis technomedia (butuh login) pada tanggal 5 Februari 2007 Pak Kusmayanto Kadiman menegaskan kembali dengan menulis sebagai berikut :

Sempat jumpa dengan Plt Gubernur dan Gubernur terpilih (tapi belum dilantik). Kedua pejabat memberi dukungan dan langsung memberikan kata sepakat untuk membangun sistem tata pemerintahan yang berbasis OSS. Sesudah Gub terpilih dilantik saya akan ke Aceh lagi untuk menindaklanjuti gagasan ini.

Nah, pertanyaannya sekarang adalah, kira-kira apa yang dirasakan Pak Sofyan Djalil ketika melihat tanah kelahirannya sendiri ternyata akan mencoba mengimplementasikan open source, sementara Beliau sudah kadung tanda tangan MoU dengan microsoft ;). Ya yang lebih ngerti ya Pak Sofyan Djalil dong =)).

Dari dua permasalahan itu yang lebih menarik bagi saya adalah yang nomor 2. Hal ini seperti lebih mengerucutkan permasalahan IGOS yang rencananya menjadi program nasional tapi tak kunjung ada hasil sampai saat ini dan kemudian ternyata Aceh bersedia menjadi “laboratorium” [baca: ajang uji coba] pertama IGOS. Dengan kata lain, kasus di nomor 2 seolah-olah lebih menyempitkan lagi implementasi OSS di level propinsi. Seandainya implementasi OSS di Aceh berhasil, maka bukan tidak mungkin implementasi OSS di Indonesia (IGOS) juga berhasil jika diterapkan dengan strategi yang sama.

Sebuah tantangan terbuka nih. Err, maksud saya itu ya tantangan buat Aceh, buat Menristek, buat Menkominfo dan tentunya buat Komunitas Open Source Indonesia, khususnya KPLI Aceh.

Gimana nih pak ketua, gimbal, alex, awenx, ali, dll? berani gak? masa cuman jadi obrolan warung kopi aja ;)

February 9, 2007 @ 4:05 am

28 Comments

#1 Comment by abe :
On February 9, 2007 9:36 am Mozilla Firefox 1.5.0.9 Windows XP

Kalau menurutku Dude..
Pak Kusmayanto TEPAT sekali menerapkan project IGOS di ACEH.
Kenapa? Karena kita tahu saat ini dunia sedang “menyorot” Aceh. Semua hal-hal yang dilakukan di Aceh akan cepat sekali diketahui publik. Dimana hal ini akan menguntungkan Program IGOS sendiri dari sisi publikasi. Program IGOS akan cepat ter-sounding baik didalem maupun diluar. Be-JITU Dude.. ^_^

Niwe, daku resepsi tanggal minggu, 11-Feb-2007 ini. Kalau memang ada rencana maen ke Medan dateng yah..!!!

#2 Comment by Irwin :
On February 9, 2007 10:47 am Mozilla Firefox 2.0 Linux

Mumpung masih bersih, Aceh harus di manfaatkan sebaik baiknya :)kalo propinsi lain Pemdanya dah kayak preman pasar, mikirin duit melulu x(

#3 Comment by awenx :
On February 9, 2007 12:47 pm Mozilla Firefox 1.5.0.9 Windows XP

iya bos, komunitas yg ada masih kurang klop dan butuh rapetin barisan lg nih! mumpung pintu lg di buka, Tantangan yang luar biasa dan butuh sedikit ugal-ugalan (nekat). thanks bos!!

#4 Comment by Epat :
On February 9, 2007 1:42 pm Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

Cyber province di proptotipe kan di aceh, dan sekarang implementasi OSS juga seperti… :-?
halah….
*maaf saya bukan orang IT dan saya tidak mau kemiTI ;))

#5 Comment by rudy :
On February 9, 2007 2:43 pm Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

Ayo Semangat – Semangat !!

*Mode provokasi On

#6 Trackback by Blog Vavai :
On February 10, 2007 12:14 pm Unknown browser

Judul Posting untuk Blog ? Pilih yang Menarik dan Jelas…

Kemarin sempat tersenyum membaca judul posting Dudi Gurnadi di Blog-nya. Judul postingnya : Fenomena Menarik Aceh.  Ini berarti Fenomena Menarik Provinsi Aceh atau Fenomena yang menarik-narik Aceh ? Hehehe, just kidding. Pikir saya, Dudi bermaksud men…

#7 Comment by Junkerz side B :
On February 11, 2007 3:22 pm Mozilla Firefox 1.5.0.6 Windows XP

halah…artikelnya rada2 mirip juga..
untung baru baca artikel ini…jadi ga dianggap nyontek..:p

http://mfahmia2705.blogspot.com/2007/02/opini-terpilihnya-irwandi-sebagai.html
:p

#8 Comment by Indra Wahyudi :
On February 12, 2007 8:14 pm Mozilla Firefox 2.0.0.1 Ubuntu Linux

Dapat proyek lagi donk Dud™ ??

#9 Comment by tengik16 :
On February 13, 2007 2:23 am Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows Vista

owh ngono toh. dadi wis mulai krasan nang aceh kethoke :-?

net aku mulih sek yo :-p

#10 Comment by Indra Wahyudi :
On February 14, 2007 5:07 pm Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

Test spam

#11 Comment by Jauhari :
On February 15, 2007 5:26 pm Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

Komen :D

#12 Comment by venus :
On February 17, 2007 12:07 am Mozilla Firefox 1.5.0.9 Windows XP

mas, numpang tanya. perasaan saya pernah nyasar ke sini. yang ada dagelan suroboyoan itu bukan ya? kalo gak salah ada yg tentang kucing yg mati diperes. kok sekarang ilang archive dagelannya?
opo aku sing salah yo? makasih mas

#13 Comment by dudi :
On February 18, 2007 12:27 am Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

coba liat ini atau ini

#14 Comment by paman tyo :
On February 18, 2007 1:58 pm Mozilla Firefox 1.5.0.9 Windows XP

Ndak masalah. Jangan diperuncing. Siapa tahu Pak Menteri bilang, “Lha itu kan kesepakatan atas nama Jakarta, bukan atas nama *kampung halaman* saya…” :D

Nah, pertanyaannya sekarang adalah, kira-kira apa yang dirasakan Pak Sofyan Djalil ketika melihat tanah kelahirannya sendiri ternyata akan mencoba mengimplementasikan open source, sementara Beliau sudah kadung tanda tangan MoU dengan microsoft ;). Ya yang lebih ngerti ya Pak Sofyan Djalil dong =)).

#15 Comment by chuck noer :
On February 21, 2007 3:32 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

terlepas bgmn aceh ndisik, tp aku salut krn pasca tsunami di aceh bnyk hotspot loh, dibanding kota2 lain,saiki nang cafe cilik ae onok hotspot rek,.., kalaupun nantinya Open Source dibumikan di Aceh.hebat lah..
selagi Bang Irwandi Yusuf msh penuh semangat..kreu seumangat bang, bek tuwoe ngon loen..

#16 Comment by bimoseptyop :
On February 24, 2007 12:24 am Internet Explorer 6.0 Windows XP

aneh

tes tes

http://bimoseptyop.blogspot.com

#17 Comment by viruz_66 :
On February 25, 2007 2:36 pm Mozilla Firefox 1.5.0.9 Windows XP

Tragis………….
di tempat gw gawe,
di rumah gw,
di warnet di kampung gw,
di…………dll………( Banyak banget deh )
pakenye OS Bajakan ( Gw aj punya CD nya )
gw pengen pake IGOS/ Linux ato Open Source laen,
mao kerja susah.( ada aplikasi/ software yang susah dicari )
nasib…………….
pake punya Bill Gates yang ori,
mahal, securitynye memble………..
bentar bugs, bentar spam, bentar virus……
ampun deh……………

#18 Comment by ayubcharter :
On April 8, 2007 10:23 pm Internet Explorer 7.0 Windows XP

Aceh emang unik dengan Percobaan yang luar biasa, dari percobaan perang,pembantaian, kuburan massal, penipuan, Operasi Militer, Tsunami, PILKADA yang Unik, Gubernur Terpilih yang Unik Sekarang OSS, Aceh juga yang pertama jadi percobaan. Setelah percobaan selesai…, kira-kira menguntungkan? Aceh berontak dulu untuk ambil untungnya ya?.
Buktinya?, Pesawat Terbang RI 1 RI 2 (Seulawah 1 seulawah 2). Udah dipake sama sukarno, Bangkainya yang dibalikin,itupun cuma 1!.Ga percaya? Datang ke Banda Aceh, lihat dilapangan Blang Padang.
Lihat lagi, Hasil Migas? Setelah ada pemberontakan baru ada perubahan sedikit.
Emang Aceh itu ladang percobaan bagi Indonesia.
Bukan Saya tidak Setuju dengan dengan OSS pertama dilakukan di ACEH, tapi…Jangan Lupakan Aceh!
Sory… Semua!
Sekali lagi, maksud saya adalah jangan sekedar percobaan itu saja di Aceh. kalau bisa kalu OSS sudah maju diindonesia, Kalau ada Proyek,Konferensi Tentang Open Source, Riset-riset tentang TI khusunya yang mengenai Open Source, Jangan Lupakan Aceh!.
ini Kritikan Buat Pemerintah, bukan buat seseorang atau pribadi!.
Agar pemerintah bisa belajar dari pengalamanya yang dulu terhadap Aceh!.
Makanya Aceh diera 60-an s/d 2000-An, banyak ketinggalan-ketinggalan di berbagai sektor.
Sekarang beri kesempatan untuk Aceh untuk bersaing Secara terbuka dan sportif dengan Provinsi lain diindonesia.

#19 Comment by nufeth :
On April 9, 2007 4:58 pm Mozilla Firefox 1.5.0.7 Fedora Linux

Ayo bangkit Generasi Aceh..
Seindah Tarian Seudati, Semanis Ranup dimakan
“ileume Beulee adad beuna”

#20 Comment by nufeth :
On April 9, 2007 5:03 pm Mozilla Firefox 1.5.0.7 Fedora Linux

Ayo bangkit Generasi Aceh..
Seindah Tarian Seudati, Semanis Ranup dimakan
Sekuat tenaga kita bangkit, mengejar ketertinggalan
“ileume Beulee adab beuna”

tq komandan

#21 Comment by Derry Fauzi :
On July 26, 2007 5:31 pm Mozilla Firefox 2.0.0.5 Windows XP

Mantap, mari kita bangun kembali aceh tercinta..

#22 Comment by Agam :
On August 15, 2007 3:04 am Mozilla Firefox 2.0.0.6 Windows XP

Wah..mantap memang komentar dan ajakan dari saudara dudi, saya selaku orang aceh mau aja….tapi saya bukan developer Open source, saya hanya user linux.

note; jangan jadikan aceh sebagai project perut saja…………..!!!!!
vote : hancurkan korupsi….!!!!

#23 Comment by li :
On September 4, 2007 12:36 pm Mozilla Firefox 2.0.0.6 Windows XP

korupsi ! Kapan akan bersi,
tidak akan perna berakhir selama, tidak di mulai dari diri sendiri, ace yang sudah porak poranda, But, masi saja masyarakanya belum sadar ingant NKRI akan tetap utu, maka tolong untuk yang masi punya jiwa Indonesia yang tau betapa berat nya perjuangan para pendahulu, dulu. RAPAT KAN BARISAN SINGSINGKAN LENGAN BAJU MARI BERSAMA BERADA DI GARIS DEPAN GUNA UNTUK MEMPESATUKAN NKRI.
Ingan Kata Jendral Sudirman ” Kalau Kita Ingin Menang Kita Harus Kuat,Kalau Ingin Kuat Kita Harus Bersatu” Merdeka

#24 Comment by Gaara no Suna :
On November 29, 2007 10:09 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

AYO BANGKIT ACEHHHH………

#25 Comment by mudabentara :
On July 30, 2008 12:32 pm Mozilla Firefox 2.0.0.16 Windows XP

yaa…. begitu lah aceh kami ….the earth epicentrum .

#26 Comment by Lingkar Mahasiswa Peduli Pendidikan Aceh :
On September 14, 2008 4:26 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

Sebenarnya Aceh itu biasa aja. Ga ada yang lebih kok. Memang dibanding provinsi lain, Aceh masih bisa menjadi teladan, dalam hal moril. Tapi bukan berarti Aceh itu bebas dari hal-hal yang juga dialami ( terjadi ) di Prov. lain.
Satu yang perlu dicatat, Aceh itu negeri yang paling susah diintervensi. Mungkin itu sedikit kelebihannya.

#27 Comment by masbejo :
On January 20, 2010 8:21 am Internet Explorer 8.0 Windows XP

aceh kok berhenti juga berjuangnya,kasian para pang limanya,mati sia sia,tunduk juga sama rayuan nya sby dan kala,rugi juga doaku tuk kemerdekaan aceh ,ternyata mlempem

#28 Comment by masbejo :
On January 20, 2010 8:33 am Internet Explorer 8.0 Windows XP

ya mungkin pak hasan tiro dah tua ya,makanya teman teman di aceh kalo berjuang itu jangan demi pak tiro .demi rakyat aceh lah,agar rakyat aceh bisa hidup makmur,gitu,bersama nkri ,nggak bakalan kamu makmur,negara indonesia itu dah rusak,aklak para pimpinanya.aku ini orang ,jawa,tapi ndukung perjuanganmu.

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.