Roy dan Baladanya, Sebuah Kisah Masa Lalu

BSR
Tanggal 20 Desember 2006, Penerbit Mizan mengirimkan email ke saya untuk membuat sebuah endorsment (komentar singkat) tentang buku Balada Si Roy. Kebetulan arsip emailnya masih saya simpan :

From: Melvi Yendra <melvi_yendra[at]yahoo[dot]com>
Subject: Mohon Endorsment Tentang Balada Si Roy
Date: Wed, 20 Dec 2006 21:10:52 -0800 (PST)

Salam kenal.

Saya Melvi Yendra, editor di Penerbit Mizan.
Sehubungan dengan penerbitan kembali buku Balada Si Roy (BSR), saya butuh komentar singkat (endorsment) yang menarik dan bagus tentang buku BALADA SI ROY (BSR) dari Anda semua. Alamat e-mail Anda saya dapatkan dari situs Rumah Dunia. Saya sudah izin Mas Gong untuk urusan ini.

Kalau tidak keberatan, mohon dibuat komentar semenarik mungkin tentang BSR dengan format sbb:

Komentar Anda tidak lebih dari 10 kata.
Tulis nama lengkap Anda disertai profesi Anda sekarang.

4 komentar terbaik akan kami muat di kaver BSR 2.

Terima kasih.

Salam,

Melvi Yendra




Saat itu, saya memberikan dua buah komentar singkat yang bisa dipilih oleh si penerbit.

Buku ini mengajari kita tentang petualangan, cinta dan arti kehidupan.

atau yang ini, yang kebetulan dibantu Wandi untuk membuatnya :

Balada si Roy adalah balada yang Indonesia banget. Sebuah sisi lain kehidupan anak bangsa yang inspiratif.

ternyata yang diterima adalah usulan yang pertama :).

BSR

Wow! Ini sebuah kehormatan bagi saya.

Roy! Roy Boy Harris lengkapnya, sosok imajiner dalam buku BSR yang dekat dengan saya pada kisaran tahun 1991-1994. Tahun tersebut adalah masa ketika saya masih berstatus SMP dan kemudian beranjak ke SMA.

Gola Gong dengan Roy-nya seolah membius saya untuk belajar melihat sekeliling, belajar mengenal hidup tanpa harus bergantung pada siapapun. Roy dengan ransel dan perjalanannya membuat saya bermimpi bahwa suatu saat harus bisa mengelilingi tempat-tempat indah di Indonesia. Sebuah keinginan yang masih belum tercapai hingga saat ini :(.

Buku ini hanyalah cetakan ulang dari buku Roy yang terdahulu. Bagi saya, tidak ada cerita baru didalamnya. Dalam buku ini Gola Gong menceritakan alasan mengapa ‘mematikan’ tokoh Roy pada buku kesepuluh.

Menurutnya hal itu terpaksa dilakukan mengingat banyak pembaca mengambil sisi negatif yang dilakukan Roy. Sejak buku kesepuluh itulah Roy hilang dalam perjalanan hidup saya, namun jalan ceritanya masih menggoreskan kenangan manis *uhuk uhuk* buat saya hingga saat ini.

Masih teringat di kepala saya, tahun 1993 waktu masih kelas dua SMA, berbekal duit 200 ribu saya melakukan perjalanan dari Jakarta – Yogyakarta – Solo – Gunung Lawu – Solo – Surabaya – Jember – Banyuwangi – Pulau Bali – Malang dan kembali ke Jakarta.

Hampir satu bulan saya menghabiskan waktu di jalan. Terminal, stasiun, truk, kantor polisi atau bahkan kantor Kodim menjadi tempat yang sering saya kunjungi untuk menumpang istirahat di malam hari. Terkadang harus berurusan dengan preman-preman nakal minta duit.

Modal nekat! Semua itu terinspirasi hanya karena ulah Roy di buku BSR! Saya melakukan hal itu bersama dengan teman-teman SMA, sementara Roy melakukannya seorang diri. Sosok yang sepertinya heroik dan membumi banget, khas Indonesia ;))

Sekarang, ketika menulis posting ini saya teringat kembali dengan masa-masa itu. Kangen untuk naik gunung, kangen untuk naik truk Jakarta – Cirebon, kangen untuk bolos sekolah, kangen untuk tidur di kelas, kangen untuk mbambung jalan-jalan ke berbagai tempat, kangen naik sepeda motor Malang – Bandung – Jakarta atau bahkan sekedar godain cewek sambil memanggul ransel :(.

Ah Roy… Kapan kita angkat ransel dan jalan-jalan lagi? *lirik Gege*

50 thoughts on “Roy dan Baladanya, Sebuah Kisah Masa Lalu

  1. … Kangen untuk naik gunung…

    Untuk memetik bunga eidelweis yang konon kata orang tidak akan pernah layu Dud ?? Yang konon kata orang hanya jadi kering Dud ??
    *pilih ganja apa eidelweis ??*

  2. Memang bang Dudi ini ‘Roy Banget’ gitu lho. Apalagi ditambah dengan bumbu ‘petualangan cinta’ bukan cuman ‘petualangan koma cinta’.

  3. ck ck ck…
    cerita jaman sma sampean sangar ngono mas…
    btw,sampean mau ganti nama jadi ROy tah? *tuing tuing…ngacir πŸ˜€

  4. …..buku ini mengajari kita tentang petualangan, cinta dan arti kehidupan…
    :::
    komentare mengandung umpan cek cewe2 podo terharu …bos mbek anak buah (draon) koq podo ae … style romantis padahal kaspo tok ….behahahahaha…
    ndang dirabi ae beh… ojok digawe ae anak’e uwong iku ..
    -ampunn-

  5. Wah, saya baru lihat covenya. bagus banget. saya jdi ingat, Melvy pernah bilang mau gnti cover. Cover awal, nggak bagus untuk didisplay. Buku ini memang cuma cetak ulang biasa. 5 buku di gabunng jadi dua buku. Oh, ya. Saya nerbitin buku baru. lebih keren. Judulnya LABIRIN LAZUARDI. Nanbti 10 Juni, pukul 16.00 wIB, di PAMERAN BUKU JAKARTA, stand TIGA SERANGKAI. Ada beda buku. Ditunggu, ya. Kita ngobrol2. (GG/www.rumhdunia.net)

  6. ;; First –> hore dapet nomor 12 sesuai tanggal lahir πŸ˜€

    ;; 2nd –> eh pake IE loh =))

    ;; 3rd –> coba tebak ngisi comment dari mana ;;)

    ;; 4th –> hmm…naek gunung yukkk *gunung apa yak*

  7. Kemarin aku liyat di GRAMEDIA MEDAN buku BSR ini dipampang dietalase paling depan. Sayang aku gag tau ada endorsement dari Pakar IT, aku pasti langsung beli. ^_^

  8. Wah gaya kali pun… endorsementnya dipasang… Tapi saya ga beli, karena saya udah punya buku yg cetakan lamanya.
    Hehe…

    Ternyata masa remaja kita diinspirasi oleh tokoh yang sama. Walopun saya lebih banyak dipengaruhi oleh tokoh2 tololnya Astrid Lindgren.

    Anyway, bbrp bulan yg lalu, saya baca lagi Gola Gong. Aneh, spiritnya udah ga sama. Nilai-nilai duniakah yg berubah? Atau, nilai-nilai saya yg berubah? Terlalu lama di Aceh mungkin? Hehehe…

  9. Koq para peng-endors-nya bidang IT semua seeh… kenapa ya ? ada kaitannya dengan konten BRS gak ?

    Salam Kenal πŸ˜€

  10. pertamanya aku kira juga hii roooyyy…eh ternyata balada si roy asli…wah hebat koen dud…sosok itu pancen koen banget…turu nang kodim mergo gak oleh penginapan…ngenger nang penjara hanya krn kepengen…huebat…

  11. benar-benar sebuah kejutan besar..
    sahabat sepetualangan.. dari smp, sma.. kita pisah pas doeche kabur ke malang..
    hahahaha..

    tapi petualangan ga pernah terhenti..
    di manapun kita bakal ketemu..

    salute to you brother..!

  12. 1. hacker
    2. guru/trainer
    3. konsultan IT international
    4. direktur
    5. sys admin
    6. blogger
    7. playboy
    8. ditinggal kawin 2 kali

    kini, nambah lagi jadi endorser buku dahsyat.

    apalagi yang kau cari dude?

  13. woooo,,,asik juga ya curhat yg muda muda, ( dihhh ngerasa tua hahaha,..) BSR di jaman gue dah ada dan bener gue juga salah satu pelakon hidupnya,,artinya ya inspirasi si roy udah gue jalanin asik ya ,,kangen deh waktu jaman di bawah tahun 90 an alias 87 sampe 90 …i love mountain , water , street , and the people for the last love…

  14. telah terbit dan beredar di situs-situs kesayangan anda: Balada si Roy edisi agustus 2007, Polemik cinta Indonesia Raya.
    Semoga menambah khasanah pustaka persada nusantara.

  15. salam kenal !!!
    saya penggemar berat gola gong but saya punya kendala dalam mendapatkan buku “balada si roy 1-10 …
    bisa bantu saya mbak ???
    saya pengen memiliki lengkp semuanya tapi tidak tahu ada jual dmana ???

    terima kasih mbak …

  16. wheeeeee… setelah praktisi IT, hacker, pencinta alam. sekarang ada profesi baru : reviewer buku! kekekke..

    btw, gw baru ngeh lu tulis di blog gw soal si roy, sementara gw ngomong soal gola gong wakakkakaka…
    lupa gw dud. udah lama banged jaman sd-smp paling gw baca..
    lupa gw kl balada si roy itu yang bikin gola gong :p

  17. I missed many things from this boy

    Salute, Wis Pinter, ngganteng, jago maen gitar, suarane nayamul, climber handal, organisatoris juga, kadit tidem, nawak-i, setia, sugih pisan (sumpah dunyone ebes e akeh)

    Mek siji kurang e..(sensored)

  18. :p set dah bang dudi tambah ganteng aja hehehehehhee kiraen cerita tentang Um Roy suryo… set dah rindu alam mau metik kembang perawan di mana mas doy hehehehehhehehrhe

  19. mas gola gong…….
    aq dah baca BSR vedrsi baru jilid 2,,, tapi sekarang kok susuh cari lanjutannya yang 3dan 4, apa g dicetak lagi
    padang

  20. Di tahun 1980 saya dan 4 orang teman satu SMAN 12 Jakarta sudah melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bali dengan menumpang truk, masing masing anak hanya berbekal uang tidak sampai 5000 rupiah (saat harga rokok Gudang Garam filter masih 25 perak sebatang)dan pakaian yang hanya melekat ditubuh kami masing masing tidak lebih dari itu.
    Banyak kejadian yang tidak mudah kami lupakan hingga saat ini, seperti dikejar-kejar polisi di daerah Tabanan Bali karena mencoret-coret tembok pertokoan dengan tulisan nama sekolah kami tentunya, berkelahi dengan sopir dan kenek truk karena kami dituduh bajing luncat (mungkin kami numpang truk mereka tanpa permisi lagi, tidur diemperan toko, digoda PSK didaerah Alas roban, mencuri kue lapis legit di daerah Blitar, sampai dikepung tentara saat malam tahun baru 1981 di Bandung, ditampar, ditendang tapi setelah itu kami diberi makan.

    Semua itu adalah kenangan yang sangat manis buat kami sekarang….

    Buat Bambang S. (Kepala Lembaga Pemasyarakatan di daerah Jateng), Muhammad Husen (Kabag di Perusahaan Telekomunikasi Bandung), Buat Dani (pengusaha percetakan daerah Kota, dan Buat Doni petani sukses di daerah Arjawinangun Cirebon, kini setelah hampir 29 tahun perjalanan kita dulu, kapan kita tapak tilas mengenang masa-masa sekolah kita dulu.

    Wiwi W
    Depkeu Jakarta

  21. wuih…..inspiratif bangedt
    gw jg ikutan berpetualang
    tapi gw baru nyampe sukabumi-bandung he…he…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam