fixed-widthfluid-width

Laskar Pelangi dan Rumah Pelangi
Category: Opini,Umum
Tags:

Perhatikan dua buku di bawah ini:

Laskar Pelangi Depan 1  Rumah Pelangi Depan 1

Beberapa gambar lainnya seperti di bawah ini:

Laskar Pelangi Depan 2  Rumah Pelangi Depan 2

Gambar di atas adalah sampul depannya, sedangkan yang dibawah ini adalah sampul belakangnya:

Laskar Pelangi Belakang  Rumah Pelangi Belakang

Bisakah anda lihat perbedaannya? Jika masih belum bisa membedakan, silakan klik masing-masing gambar untuk memperbesar dan lihat perbedaannya.

Gambar yang sebelah kiri adalah Buku dengan judul Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata. Laskar Pelangi adalah buku yang memiliki penjualan terbaik di Indonesia. Sedangkan yang sebelah kanan? Yang sebelah kanan adalah buku berjudul Rumah Pelangi karangan Samsikin Abu Daldiri.

Buku Laskar Pelangi diterbitkan oleh Klub Sastra bentang, sedangkan buku Rumah Pelangi diterbitkan oleh ARTI.

Entah kenapa ketika saya melihat cover dan judul buku Rumah Pelangi, saya langsung teringat Laskar Pelangi. Pewarnaan dan pemilihan huruf sampul depan Rumah Pelangi (serta judulnya) seperti mengikuti sampul depan Laskar Pelangi. Apakah ini hanya perasaan saya saja? Anda yang telah melihat foto-foto diatas tentunya bisa menyimpulkan sendiri :).

Bagaimana review buku berjudul Rumah Pelangi? entahlah, saya sendiri belum membacanya, apalagi membelinya :D.

Entah apa maksud si penerbit Rumah Pelangi memilih cover yang sangat-sangat mirip dengan Laskar Pelangi. Mungkin berharap agar bisa mendulang kesuksesan yang sama seperti Laskar Pelangi :))

Mudah-mudahan saja ini bukan cara Penerbit ARTI untuk “mengelabui” para pembeli/pembaca agar sulit membedakan antara Rumah Pelangi dan Laskar Pelangi.

BTW, Wuland menuliskan tentang hal ini juga.

Kalau seperti ini bisa dianggap melanggar hak cipta gak ya?

Update:

Sastra Belitong menegaskan kejadian diatas dengan gamblang sebagai berikut :

Saat ini juga telah beredar novel/memoar dengan judul dan tampilan cover (font, warna, dll) sangat mirip dengan judul dan cover Laskar Pelangi. Kembali kami tegaskan bahwa karya yang meniru tampilan Laskar Pelangi tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan Andrea Hirata, Manajemen, maupun penerbit Laskar Pelangi.

May 26, 2008 @ 10:51 am

54 Comments

#1 Comment by maulana agus :
On January 26, 2009 8:54 am Mozilla Firefox 3.0.5 Windows Vista

DASAR TU TUKANG NYONTEK. NYONTEK YA MBOK YANG PROFESIONAL TOH, BIAR GAK KETAHUAN NYONTEKNYA! IBARATNYA SAMPEAN YANG NYONTEK ITU KOK SEMBUNYI DI BALIK TIANG LISTRIK,GUOBLOK TENAN! GAK PUNYA MALU. MUNGKIN ISI BUKUNYA HASIL CONTEKAN SEMUA, DI-COPY, LALU PASTE, SAMPE KE JUDUL DAN COVERNYA. AWAS ADA NIATNYA TUH, TUK COPY ISI DOMPETNYA MAS ANDREA HIRATA

#2 Comment by meicy :
On March 6, 2009 11:36 am Opera 9.50 Windows XP

Ondeh…. sarupo bana cover bukunyo.Kalau sakali mancaliak, awak bisa takicuah.Tapi awak haragoi juo lah usahanyo walaupun maniru karya urang. mudah-mudahan bukunyo tu salaku Laskar Pelangi pulo.

#3 Comment by ismael :
On October 21, 2009 8:48 pm Mozilla Firefox 3.5.2 Windows XP

kyknya menjiplak nih tapi yg mana ya…?

#4 Comment by miniatur kapal :
On April 30, 2011 10:01 am Mozilla Firefox 3.6.16 Windows XP

wah gak kreatif itu penjiplak, plagiat, covernya aja njiplak apalagi isinya,

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.