Perhitungan IP Address

Gara-gara berkunjung ke blognya Avudz dan lihat beberapa tutorial perhitungan IP Address cara cepat, mengingatkan posting saya di milis BaLUNg tahun 2002. Ubek-ubek arsip milis, akhirnya ketemu juga.

Supaya lebih terarsip dan lebih mudah dipahami, saya rapikan kembali posting tersebut menjadi sebuah contoh perhitungan IP Address. Kalau ada kesalahan perhitungan ataupun kesalahan lainnya mohon dikoreksi melalui kolom komentar.

Untuk mendapatkan network dan broadcast dari suatu IP Address seperti yang disampaikan pada contoh nomor 3 didalam file, akan lebih mudah jika menggunakan perhitungan cepat yang ditulis oleh Avudz.

Tutorial ini disusun berdasarkan tutorial yang ada di Linux Journal. Referensi tutorial diberikan oleh Kurniawan waktu di milis BaLUNg dulu. Jadul banget yak 😀


Tapi bener kata Avudz, ada banyak cara untuk melakukan perhitungan cepat. BTW, elu mau ikutan CCNA ya Vudz? Kok mulai ngoprek-ngoprek perhitungan IP lagi. Hehehe.

24 thoughts on “Perhitungan IP Address

  1. kalo mengingat perhitungan IP kok jadi ingat perhitungan IP kala ngikutin seminar pak ono jaman dulu tentang VOIP…eh terus ada yang ketiban pulung dapat doorprize Motherboard Elite…:D

  2. owalah…. matematika maneh. itung-itungan maneh…
    yang aku inget hanya 2 pangkat n (0-7) dst. sampe ketemu angka 256.
    tapi itung2an inilah yang akhirnya sangat membantu dalam mengejar rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam