Panel Hosting dan Unified Communication Berbasis FOSS

Kalo orang di akhir tahun biasanya memiliki resolusi untuk tahun selanjutnya. Saya justru punya tanggungan yang harus diselesaikan di awal tahun 2009.

Semuanya bermula gara-gara browsing sana-sini beberapa minggu yang lalu. Awal mulanya browsing mencari panel hosting yang open source, akhirnya dapet juga beberapa aplikasi panel hosting yang berbasis FOSS:

  1. gnupanel
  2. dtc
  3. ispconfig
  4. baifox
  5. vhcs
  6. web-cp
  7. openpanel
  8. ispcp
  9. syscp

Dari semua panel hosting, yang sudah saya coba baru gnupanel, dtc dan ispconfig. Yang lain belum sempat saya coba :D. Ini aja udah jadi tanggungan yang harus dicoba buat di awal tahun 2009.


Dari 3 panel hosting yang sudah dicoba, hanya gnupanel yang punya fitur ke database postgresql sementara ispconfig dan dtc gak punya. Sekilas saya lihat masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Dari semua panel yang sudah diuji, proses instalasi ispconfig memiliki dokumentasi paling lengkap, untuk gnupanel harus mengikuti seperti yang ada dalam forumnya, sedangkan proses instalasi dtc sudah diuji coba sama bobo dan berjalan dengan lancar.

Selain panel hosting, saya juga sempat browsing beberapa distro VoIP. Beberapa yang menarik distronya adalah:

  1. Druid
  2. Elastix
  3. AsteriskNOW
  4. Trixbox
  5. Unison

Kelima-limanya belum dicoba :D. Dari kelimanya hanya Unison yang memiliki aplikasi client terintegrasi. Aplikasinya dinamakan sebagai Unison Desktop. Coba lihat gambar-gambar di bawah ini:

Unison-1
E-mail and user presence

Unison-2
Calendar with personal group scheduling

Unison-3
Log of calls, with phone and voicemail access

Unison-4
Contacts with personal, department and company address book

Unison Desktop memiliki fitur email, messenger, VoIP, kontak dan kalendar. Tentu saja ini akan memudahkan pengguna karena tidak perlu berganti-ganti aplikasi dan cukup mengklik menu yang sudah tersedia.

Yang menarik, Unison menantang Google (Google Apps), Microsoft (Microsoft Echange) dan IBM (Lotus Notes) untuk mengeluarkan produk free unified communication seperti yang mereka rilis.

Hasil pencarian saya di internet tentang Unified Communication berbasis FOSS mentok di Unison. Ya! Unison memang bukan produk open source, tetapi hampir sebagian besar engine yang digunakan untuk menciptakan Unison adalah FOSS.

Sayangnya engine VoIP yang mereka gunakan bukanlah asterisk, mereka menggunakan produk mereka sendiri yang termasuk proprietary. Hal ini dijelaskan dalam FAQ mereka sebagai berikut:

Is the Unison PBX based on Asterisk?

No, the Unison PBX is not based on Asterisk. It was developed by Unison Technologies and is patented for its scalability.

BTW, ada yang tau Unified Communication berbasis FOSS selain yang saya sebut di atas? Saya butuh buat diperbandingkan nih.

Beugh.. kok banyak amat yang harus dicoba ya *tepok jidat*

ps: gambar diambil dari situs Unison

37 thoughts on “Panel Hosting dan Unified Communication Berbasis FOSS

  1. klo schedule awal 2009 padet seperti itu, berarti batal lagi untuk merencanakan ke penghulu di awal tahun 2009 ini kang? biyuh…. 😀

  2. untuk panel hosting,.. ispconfig harusnya bisa postgress dari hasil cari cari. pada script compile harus di tambahkan –with-pgsql suppaya phpnya sendiri support postgresql. ini sudah saya coba recompile pada ispconfig yang sudah berjalan dan belum mendapatkan hasil yang di harapkan,.. entah saya yang salah atau ‘not luck’? kyknya juragan lebih andesten deh 😀 *salim*

  3. #3: bobo.. compile php pake –with-pgsql itu cuma membuat php-nya support terkoneksi ke postgresql, tapi interface pengelolaan postgresql-nya dari ispconfig-nya sendiri belum ada.

    bisa sih sebenernya diakalin manual dengan dipasangin phppgadmin.

  4. Yak, itu resolusi 2009. Tapi kayaknya bisa molor jadi resolusi 2010 juga.

    Dan resolusi 2011 adalah ke KUA.

  5. #14: elu ban, di fesbuk udah teriak-teriak, eh disini juga *tendang idban*

    #15 & 17: apanya yang support mac? hehehe… pengelolaannya unison emang basis web kok

    #16: *jejek daru*

    #18: lebih mirip thunderbird malah zil, sebab dia modifikasi dari thunderbird. hebatnya, dia punya fitur calling dan messenger yang ms outlook pun gak punya.

  6. wah dud…bener jare bpk ranob tuas (#22)
    aku siap dukung wes…tp diikhlaskan dulu sing banyuwangi…yo aku paham seh lek koen angel nglalekno wong kinyis2e pancen angel dilalekno

  7. mas gnupanel nya mo aku install di debian lenny bisa g?
    tyuz klo bisa, tutorial bhs indonesianya dnk krm k e mel ku!
    thnk’s 4all

  8. Lek wes sukses nyobain UC yg FOSS kabarin yak.. ini barusan cubain M$ OCS.. connecting langsung ke PBX Mitel via media gateway.. sukses, sayang bayar lisensi 😀

  9. #30: zeanny, sorry saya gak bisa kirim tutorial bahasa indonesianya. anda liat aja di forumnya gnupanel, terus nanti coba terjemahkan sendiri pake google translate

    #31: kurnia_1: kalo aplikasi diatas dicobain connecting ke PBX sih belum dicoba, tapi kalo di install dan di test lewat softphone udah semua dan semuanya oke-oke aja tuh.

    yang menarik dari semua yang disebutkan di atas ya Unison. coba aja dulu 🙂

  10. Salam kenal semuanya ya? saya baru mau gabung nih, karena baru mau memulai instal aplikasi hosting…cuma masih pilah-pilah yang mana yang bagus..maklum masih newbie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam