Smartphone != Smart People

tidak semua pengguna smartphone itu ternyata smart people. buktinya hoax di smart phone masih berseliweran

Itu salah satu status di twitter saya. Sebelum saya posting itu, Desta sudah lebih dulu mengeluh soal broadcast messages di blackberry messenger

Sebenarnya sudah ada yang pernah menuliskan topik sejenis ini. Perhatikan posting itu ditulis tanggal 28 Mei 2003. Berarti sejak 7 tahun yang lalu hingga sekarang masih banyak pengguna smartphone yang bukan smart people :).

Definisi smart people diatas mungkin lebih pasnya seperti yang dikutip dari forumponsel, yaitu “orang yang memiliki kemauan untuk mempelajari” atau “keinginan untuk selalu tahu caranya”.

Salah seorang kawan berujar di twitternya, bahwa antara smartphone dan smart people tidak ada relevansinya. Menurut saya, jika tagline itu diterjemahkan secara harfiah, maka tidak akan ada artinya. Tapi jika melihat fenomena seperti yang dikeluhkan Desta, maka tagline ini ada benarnya.


Dari kasus di atas, lalu apa bisa disimpulkan kalau semua pengguna blackberry itu bukanlah smart people? Wah bisa-bisa saya dihujat sama pengguna blackberry kalau berani keluarkan statemen seperti itu :p.

Seperti yang sudah saya tulis di atas bahwa TIDAK SEMUA pengguna smartphone itu smart people, itu berarti ada beberapa yang smart namun ada juga yang tidak :D. Menurut saya, yang tidak termasuk dalam golongan “smart people” adalah orang-orang yang memforward/membroadcast hoax-hoax itu. Kalau menurut kawan saya, orang-orang itu termasuk dalam golongan orang-orang yang tidak mau menggunakan nalar sehatnya :)).

Jadi, jika anda pengguna smartphone akan lebih baik jika anda menjadi smart people. Salah satu syarat menjadi smart people adalah dengan tidak memforward hoax :).

Kalau gak tau informasi yang anda terima itu benar atau tidak, lebih baik jangan diteruskan ke yang lain dan tanya terlebih dahulu ke yang lebih mengerti.

Nah, pertanyaannya sekarang. Anda masuk kategori yang mana? 😀

Update:

Ada beberapa referensi yang patut dibaca:

  1. Kenapa orang membuat hoax
  2. Bagaimana hoax dibuat dan bagaimana membedakannya

*ngedumel gak penting*

19 thoughts on “Smartphone != Smart People

  1. Abis kalo gak ikutan ngeforward hoax ntar dibilang gak eksis … hihihihihi

    Smartphone+koneksi unlimited justru membuat orang yg tdk smart tadi makin males.

    Lha gimana, wong unt broadcast tinggal ngandelin jempol (gak perlu mikir pulsa kan?)

    Btw, tagline “Smart Phone for Smart People” justru ada benernya. Ya gini ini kalo yg make smartphone bukan smart people :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam