fixed-widthfluid-width

Smartphone <> Smart People
Category: Opini,Teknoblogia
Tags: ,
tidak semua pengguna smartphone itu ternyata smart people. buktinya hoax di smart phone masih berseliweran

Itu salah satu status di twitter saya. Sebelum saya posting itu, Desta sudah lebih dulu mengeluh soal broadcast messages di blackberry messenger

Sebenarnya sudah ada yang pernah menuliskan topik sejenis ini. Perhatikan posting itu ditulis tanggal 28 Mei 2003. Berarti sejak 7 tahun yang lalu hingga sekarang masih banyak pengguna smartphone yang bukan smart people :).

Definisi smart people diatas mungkin lebih pasnya seperti yang dikutip dari forumponsel, yaitu “orang yang memiliki kemauan untuk mempelajari” atau “keinginan untuk selalu tahu caranya”.

Salah seorang kawan berujar di twitternya, bahwa antara smartphone dan smart people tidak ada relevansinya. Menurut saya, jika tagline itu diterjemahkan secara harfiah, maka tidak akan ada artinya. Tapi jika melihat fenomena seperti yang dikeluhkan Desta, maka tagline ini ada benarnya.

Dari kasus di atas, lalu apa bisa disimpulkan kalau semua pengguna blackberry itu bukanlah smart people? Wah bisa-bisa saya dihujat sama pengguna blackberry kalau berani keluarkan statemen seperti itu :p.

Seperti yang sudah saya tulis di atas bahwa TIDAK SEMUA pengguna smartphone itu smart people, itu berarti ada beberapa yang smart namun ada juga yang tidak :D.

Menurut saya, yang tidak termasuk dalam golongan “smart people” adalah orang-orang yang memforward/membroadcast hoax-hoax itu. Kalau menurut kawan saya, orang-orang itu termasuk dalam golongan orang-orang yang tidak mau menggunakan nalar sehatnya :)).

Jadi, jika anda pengguna smartphone akan lebih baik jika anda menjadi smart people. Salah satu syarat menjadi smart people adalah dengan tidak memforward hoax :).

Kalau gak tau informasi yang anda terima itu benar atau tidak, lebih baik jangan diteruskan ke yang lain dan tanya terlebih dahulu ke yang lebih mengerti.

Nah, pertanyaannya sekarang. Anda masuk kategori yang mana? :D

Update:

Ada beberapa referensi yang patut dibaca:

  1. Kenapa orang membuat hoax
  2. Bagaimana hoax dibuat dan bagaimana membedakannya


*ngedumel gak penting*

September 23, 2010 @ 1:49 pm

19 Comments

#1 Comment by wandi :
On September 23, 2010 2:27 pm Mozilla Firefox 3.0.18 Mac OS X 10

dgk: smart friend.

#2 Comment by dheche :
On September 23, 2010 5:26 pm Google Chrome 6.0.476.0 Linux

Abis kalo gak ikutan ngeforward hoax ntar dibilang gak eksis … hihihihihi

Smartphone+koneksi unlimited justru membuat orang yg tdk smart tadi makin males.

Lha gimana, wong unt broadcast tinggal ngandelin jempol (gak perlu mikir pulsa kan?)

Btw, tagline “Smart Phone for Smart People” justru ada benernya. Ya gini ini kalo yg make smartphone bukan smart people :)

#3 Comment by Bagas :
On September 23, 2010 9:04 pm Mozilla Firefox 3.6.6 Windows XP

Pengen punya smartphone tapi gak pernah keturutan.

*komen gak penting*

#4 Comment by Indra :
On September 23, 2010 10:38 pm Mozilla Firefox 3.6.8 Mac OS X 10

mantab sekali jika smart people menggunakan smart phone yang memakai kartu smart … upss, maaf sebut merk

#5 Comment by ridho :
On September 27, 2010 7:46 am Google Chrome 5.0.307.1 Windows XP

mau eksis…jangan broadcast plisssss… :D

#6 Comment by penthol :
On September 29, 2010 3:04 pm Mozilla Firefox 3.0.19 Mac OS X 10

Eiiits, pengguna stupidPhone juga belum tentu stupid. palingan cuma bokek.

#7 Comment by dudi :
On September 29, 2010 3:12 pm Mozilla Firefox 3.6.10 Fedora Linux

#6: nyindir aku yo… tak kaplok loh engkok…

#8 Comment by sewa komputer :
On October 1, 2010 7:53 am Mozilla Firefox 3.6.8 Windows XP

kalo belum jadi smart people, jangan beli smart iphone! haha..

#9 Comment by Epat :
On October 6, 2010 12:13 pm Mozilla Firefox 3.6.10 Windows XP

smart people iku seng gak meden-medeni!
hahaha
*baru tau klo blog ini masih update :D *

#10 Comment by tinta art paper :
On December 3, 2010 3:51 pm Mozilla Firefox 3.5.15 Windows XP

tapi yang tidak memakai smartphone kan tidak berarti tidak smart kan?

#11 Comment by tinta art paper :
On December 3, 2010 3:52 pm Mozilla Firefox 3.5.15 Windows XP

menurut saya yang pakai smartphone belum tentu smart dan yang tidak memakai smartphone belum tentu tidak smart.

#12 Comment by slaksmi :
On December 7, 2010 5:56 am Mozilla Firefox 3.6.12 Windows XP

nggak pernah kirim hoax. boro-boro hoax, masuk grup BB aja terbatas.

so i am included to? :-)

#13 Comment by arief :
On January 3, 2011 7:52 am Mozilla Firefox 3.6.13 Windows XP

smart phone sama smart people sama aja kan…sama2 manusia yang handle…hehhe….
dgk is smart..

#14 Comment by Vertical Blind :
On August 2, 2013 1:12 pm Mozilla Firefox 4.0.1 Windows 7

Setuju sekali! Smartphone harus digunakan dengan pintar.

#15 Comment by obat asam urat :
On August 4, 2013 10:44 pm Google Chrome 28.0.1500.95 Windows 7

seharusnya begitu, tapi sekarang kebanyakan smartphone cuma di gunakan untuk gaya saja

#16 Comment by obat diabetes alami :
On August 4, 2013 10:45 pm Google Chrome 28.0.1500.95 Windows 7

smartphone akan berguna kalau kita memang mau menggunakannya dengan benar

#17 Comment by Obat Tradisional Luka Ginjal :
On October 29, 2013 3:02 pm Google Chrome 30.0.1599.101 Windows XP

Makasih Info yang sangat bermanfaat

#18 Comment by smartphone android :
On November 15, 2013 12:15 pm Mozilla Firefox 14.0.1 Windows XP

semoga selalu up to date blog nya mas, kita tunggu looh :)

#19 Comment by gaya modern :
On June 27, 2016 1:53 am Google Chrome 43.0.2357.124 Windows NT

makasih info nya sangat bermanfaat

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.