Firefox dan Plugin Deteksi Browser

Setiap kali saya browsing menggunakan browser Firefox dan komentar pada setiap blog yang memasang plugin deteksi browser selalu tidak terdeteksi distribusi linux yang saya gunakan, padahal jika saya menggunakan distribusi linux seperti Ubuntu ataupun Fedora bisa terdeteksi. Karena penasaran tadi siang saya iseng-iseng membaca ulang source code plugin deteksi browser dan ternyata terlihat beberapa baris source code yang digunakan untuk mendeteksi distribusi linux:


.......
} elseif (preg_match('#Slackware#i', $ua)) {
$os_code = "slackware";
$os_name = "Slackware Linux";
.......

Plugin ini mengambil data komentar dari database, sedangkan data yang tersimpan dalam database merupakan data header useragent masing-masing browser. Untuk meyakinkan saya, akhirnya saya melihat menu Help > About Mozilla Firefox pada browser firefox, kemudian saya melihat tulisan ini:

Mozilla/5.0 (X11; U; Linux i686; en-US; rv:1.7.10) Gecko/20050719 Firefox/1.0.6 (Dropline GNOME)

Ternyata ini adalah header useragent yang dikirimkan oleh browser setiap kali posting komentar. Terlihat bahwa header useragent firefox yang saya punya tidak memiliki nama distribusi Slackware, hmm pantas saja script yang dibuat oleh Priyadi ini tidak bisa membaca distribusi linux yang saya gunakan. Akhirnya saya merubah header useragent ini dengan cara sebagai berikut :

1. Buka file /usr/lib/firefox/defaults/pref/firefox.js dengan editor kesukaan anda
2. Cari baris pref("general.useragent.vendorComment", "Dropline GNOME");
3. Lakukan perubahan string "Dropline GNOME" dengan "Slackware 10.1 Packages"
4. Simpan dan buka kembali browser Firefox dan cek kembali melalui Menu Help > About Mozilla Firefox. Jika sudah terlihat seperti dibawah ini:

Mozilla/5.0 (X11; U; Linux i686; en-US; rv:1.7.10) Gecko/20050719 Firefox/1.0.6 (Slackware 10.1 Packages)

artinya header useragent sudah berubah dan silakan coba posting pada salah satu blog yang memasang plugin deteksi browser.

Cara diatas saya lakukan agar header useragent firefox untuk seluruh user juga berubah, namun jika hanya ingin berlaku untuk satu orang user dapat dilakukan dengan mengetikkan pada address bar firefox sebagai berikut:

about:config

kemudian cari baris:

general.useragent.vendorComment default string Dropline GNOME

Klik dua kali dan masukkan header useragent seperti langkah diatas pada point 3, kemudian klik tombol OK.

Hehe, cuman iseng aja, sepertinya cara ini udah beberapa kali dipake orang yang mau nunjukin versi firefox gila-gilaan :)). Ah, tapi tujuan saya beda kok, tujuan saya biar tiap kali komentar terdeteksi distribusi linux yang saya pake 😉

Hidup Slackware! *loh*

ps: cara diatas saya praktekkan untuk distribusi linux Slackware 10.1, namun gak menutup kemungkinan juga bisa dilakukan untuk distribusi lainnya.

13 thoughts on “Firefox dan Plugin Deteksi Browser

  1. nice post, tapi sayang kalau nanti diupdate balik lagi ke dropline gak tuh?
    kalau iya, mending om pri yang update pluginnya.

    hayo tebak saya pakai apa?
    *siap siap njawab: pakai celana*

  2. #1: kalo sebagai ngeditnya sebagai root, keliatannya dia akan kembali sebagai Dropline, tapi kalo sebagai user biasa sepertinya akan tetap tersimpan sebab kan tersimpan di home direktori. Eh, belum coba sih :)), masih logika aja ;)).

    pake…. slackware™

  3. Terima kasih atas tipsnya. Tapi di Deer Park Alpha, aku ndak lihat opsi untuk OSnya. Hmm, muter-2 dulu ah… rusak yah rusak, install lagi 😉 (I know what I’m doing)

  4. #4: Dropline itu bukan distribusi linux, jadi gak cocok kalo buat masuk di source code priyadi. Tapi kalo atas usul #3, deer park emang belum masuk source code priyadi, mungkin karena masih versi alpha.

  5. Sebenarnya sih tertulisnya di Deer Park Aplha 2 sebagai versi 1.0+, tapi sepertinya tanda “+” tidak dicantumkan script.

  6. #!/Dudi/Gurnadi » Account Wordpress.Com untuk Pengguna Firefox

  7. mau tanya mas…di mozilla ada gak yah addon mail. kaya di opera kan ada operamail..thunderbird itu ky outlook kan.? bearti emg gak ada yah yg langsung di browser ??

  8. mas komp saya terbatas untuk download data,selalu gak bisa.kayaknya sich diprotected oleh bag.IT saya.gimana caranya ya mas

  9. Selamat Pagi …
    Saya mau tanya tentang bagaimana cara
    membuat plguin dan cara memasukkan ke dalam browser firefox

    Terima kasih.

  10. Selamat Pagi …
    Saya mau tanya tentang bagaimana cara
    membuat plguin dan cara memasukkan ke dalam browser firefox
    oh ya kalau menggunakan debian dan fedora bagaimana dan kalau menggunakan windows bagaimana?

    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam