fixed-widthfluid-width

Perbedaan Programmer Otodidak dan Lulusan Informatika
Category: Opini,Review,Teknoblogia
Tags:

Pernahkah anda punya rekan yang bisa pemrograman komputer tapi tidak berlatar belakang informatika/sejenisnya? Saya punya. Mulai dari programmer yang copy paste source code sampai dengan yang mampu bikin class sendiri juga ada. Disisi lain saya juga memiliki teman dengan latar belakang informatika namun kemampuan codingnya sama seperti rekan saya yang otodidak, bahkan ada yang mengaku lulusan informatika namun tidak mampu melakukan coding program.

Saya punya teman, pintar, logic programmingnya oke, menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman selain itu proses codingnya juga cepat. Kalo disuruh misalnya “Gue butuh program bla.. bla.. bla.., elo bisa buat?” dia langsung jawab “Bisa!”. Tapi, giliran disuruh bikin ER Diagram ataupun DFD dia bingung harus mulai darimana.

Lalu timbul pertanyaan saya, kenapa masih ada lulusan informatika bisa dikalahkan oleh orang-orang otodidak dalam pemrograman? sebegitu mudahkah menjadi seorang programmer? apakah hanya dengan mengetahui logika pemrograman dan syntax-nya maka sudah menjadi seorang programmer? Lalu apa yang membedakan programmer lulusan teknik informatika dan yang otodidak?

Berdasarkan pengalaman saya bertemu dengan programmer otodidak, hampir sebagian besar mengerti pemrograman namun tidak diawali dengan belajar teori-teori dasar pemrograman. Biasanya hal itu akan dipelajari sambil berjalan seiring dengan mencoba beberapa baris kode. Sedangkan dalam dunia pendidikan, AFAIK, sebelum coding diharuskan mengerti terlebih dahulu teori-teori dasar seperti misalnya DFD, ER Diagram, bit, Byte dan lain sebagainya, baru nanti akan melangkah ke pemrogramannya.

Jika anda programmer terlepas apapun latar belakangnya tentu pernah mengalami hal-hal seperti dibawah ini :

  • Penggunaan beberapa fungsi-fungsi sejenis yang terkadang membingungkan dalam penggunaannya. Seperti misalnya kapan harus menggunakan str_replace dan kapan menggunakan ereg_replace atau kenapa harus strstr daripada preg_match() dalam PHP?
  • Jika berhubungan dengan field-field database pernahkah penentuan type field berdasarkan alasan yang jelas? Seperti misalnya kenapa harus bigint daripada int atau langsung comot yang paling besar? *mysql style*
  • Kenapa harus ADO daripada DAO untuk melakukan koneksi ke database *Lha, masih pake VB 6.0? =))*

Jujur, untuk hal-hal seperti itu kadang saya harus buka buku lagi, ya maklumlah namanya juga programmer pemula dan otodidak pula *ngeles*.

Berkaca dari contoh kasus diatas, lalu apa yang seharusnya membedakan antara programmer otodidak dan programmer berlatar belakang informatika?

Menurut saya yang memiliki latar belakang informatika harus bisa mengungguli yang otodidak dengan menguasai teori-teori dasar ini. Kemampuan seperti menyusun ER Diagram, DFD, bit, Byte, alokasi memori dan hal-hal lainnya harus bisa dikuasai oleh yang berlatar belakang informatika. Bahkan akan lebih bagus jika programmer berlatar belakang informatika mampu menguasai itu semua namun dapat menjelaskannya dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang lain. Bukan tidak mungkin programmer otodidak akan mempelajari hal seperti itu mengingat resources pemrograman sangat banyak beredar di internet. Ini tantangan yang akan dialami oleh lulusan informatika khususnya para programmer.

December 16, 2005 @ 3:23 pm

396 Comments

#1 Comment by pembaca setia :
On May 18, 2014 8:26 am Mozilla Firefox 29.0 Windows XP

pengen juga blajar pmrogramn, asal jngn yg lebih k matematiknya aja, soalnya pusing deh kalo saya mesti blajar matematik lagi.

#2 Comment by azzie :
On June 4, 2014 7:57 am Mozilla Firefox 29.0 Windows 7

tidak ada yg salah jika ingin jd programer, siapa aja jg bisa, dan ga harus dari lulusan IT.
Sama dengan hobi, ketika mereka melakukan ngoding (salah satu pekerjaan programer) dan berhasil maka itu adalah Kepuasan.
Bagi lulusan S1-IT, menjadi programer hanya optional tentu saja mereka tidak ingin hanya menjadi programer yg kemampuannya dapat disaingi oleh seorang otodidak maupun diploma (karena pendidikan yg diperoleh berbeda). Lulusan IT mampu memberikan saran selayaknya konsultan yang dapat memerintahkan seorang programer untuk mendukung ide-idenya.
Sekian

#3 Comment by Doyan M :
On June 12, 2014 9:15 pm Mozilla Firefox 29.0 Windows 7

Yang penting program yg digunakan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan konsumen dan minim bug. Mau otodidak atau lulusan kuliahan konsumen ngga memikirkan

#4 Comment by anto :
On July 22, 2014 8:51 am Mozilla Firefox 30.0 Windows XP

kalau saya belajar otodidak karena tidak ada biaya untuk ikut kursus.. pusingnya minta ampun saat belajar..tapi yahh enjoy aja

#5 Comment by Kevin Jeremy :
On August 26, 2014 9:39 am Mozilla Firefox 32.0 Windows 8

hahaha semuanya benar tapi tergantung sama yang di atas.. mau otodidak ato Berfakultas lebih pinter, sedangkan yang di DROP OUT dari universitas aja bisa menguasai keuangan dunia. contoh bill gates, steve jobs dll..

#6 Comment by ridam :
On October 12, 2014 11:58 am Google Chrome 37.0.2062.120 Linux

Menarik. Yang terpenting bukan otodidak atau melalui sekolahnya, tapi seberapa manfaat ilmu itu bagi orang banyak.

#7 Comment by sai :
On October 22, 2014 2:18 pm Mozilla Firefox 31.0 Windows 7

Otodidak ataupun lulusan informatika selama dia bisa menggunakan keahliannya untuk kepentingan orang lain dan bisa bermanfaat bagi banyak orang maka dia bisa dikatakan sebagai seorang Programmer. tidak masalah dibilang copas master program orang, yang penting ada kemauan, dari pada diam

#8 Comment by lidien :
On November 12, 2014 4:33 pm Google Chrome 31.0.1650.63 Windows 7

Ngoding itu seperti membuat rumah..dari mengaplikasikan semen pasir air. Membuat rumah itu seperti ngoding , install kompiler menulis script dan debuging..sama sama KULI bukan AH. :D pekerjaan dan HOBI aja deh.. Kuli bangunan juga bisa ngoding loh

#9 Comment by yoga :
On December 2, 2014 7:02 am Android Browser Android 4.1.2

Kalo menurut saya tergantung mahasiswa TI,apakah mau kalah sama programmer otodidak atau terinspirasi untuk menaklukan tantangan tersebut.

#10 Comment by kuil :
On December 3, 2014 10:09 am Mozilla Firefox 34.0 Windows 7

Yang kesian ya saya, udah capek2 lulus kuliah Ilmu Komunikasi, eh malah nyemplung jadi tukang bikin web app & mobile app #nggakmaudisebutprogrammer

#11 Comment by Natalis :
On December 4, 2014 9:53 am Mozilla Firefox 23.0 Windows 7

Sekedar info..
Saya sedang mencari seorang programer untuk aplikasi SIMRS. Jika ada yang berminat bisa menghubungi 0821 6032 9322, pin bb 51AA3677.

Terima kasih,

#12 Comment by sodri prayitno :
On December 18, 2014 5:22 am Mozilla Firefox 30.0 Windows XP

Seorang progremer handal bermula dari niat dan rasa ingin tau yang tinggi tentang dunia program, seorang programer Otodidak bisa mengalahkan programer Lulusan Informatika, juga sebaliknya Programer Lulusan Informatika bisa mengalahkan proramer otodidak, Temen saya punya temen bukan lulusan iformatika tapi dia bisa jadi staff IT di Bank karena dia menguasi jaringan dan pemrograman. semua orang pasti bisa asal dia berusaha dengan sungguh-sungguh……..

#13 Comment by Syahrul Nawir :
On December 18, 2014 10:22 pm Mozilla Firefox 34.0 Windows 7

seru nih…

#14 Comment by motecare :
On January 13, 2015 9:15 am Google Chrome 39.0.2171.59 Android 4.2.2

Maaf ini menurut pendapat saya yang belajar secara otodidak juga. Semasa kecil saya merasa sebuah alat bisa di terka secara berurutan cara kerjanya, baru kemudian saya menyadari ini adalah kemampuan saya menguasai algoritma. Bagaimanapun seorang pelajar mempelajari semua syntax bahasa pemrograman jika tidak menguasai algoritma ia tidak akan mampu membuat sebuah program atau aplikasi komputer, kecuali mungkin copas atau modifikasi karya orang lain.
Menurut saya kemampuan seseorang dalam memahami algoritma adalah bawaan sejak lahir, seperti turunan keluarga pemahat tanpa belajar di sekolah senipun secara alamiah ia akan mampu membuat patung bahkan dengan aliran original yang dia ciptakan sendiri tanpa dipengaruhi aliran lain. Perbedaan dengan hasil sekolahan semua istilah yang ada di ilmu tersebut mereka kuasai, tapi saya rasa itu tidaklah penting yang penting adalah karya nyata atau hasil.
Sekerasnya-kerasnya orang punya keinginan untuk mejadi seorang programmer jika tidak ada tertulis dalam peta genetiknya ia tidak akan menguasainya. Seorang yang dilahirkan sebagai seorang programmer jika terlintas dalam pikirannya sebuah algoritma maka ia akan langsung dapat membuat program yang dimaksud dengan pilihan syntax yang sesuai.

#15 Comment by Heru Hartanto :
On January 17, 2015 11:11 am Android Browser Android 4.2.1

Boleh ikut nimbrung nih? Sy generasi orang tua para penulis di sini. Ceritanya,

Waktu sy nyusun skripsi tahun 1981 dengan judul model sumulasi hidrologi, sy dihadapkan masalah pengolahan data yg sangat kompleks dan berulang-ulang. Jd harus dg komputer. Sy tdk pernah pegang komputer. Nyari ke mana ngolah data sulit krn yg punya baru beberapa instansi saat itu. Bahasa yg ada cuma fortran, cobol dsb. Yg cocok u sy fortran. Jadilah sy belajar otodidak. Sambil cari tempat nebeng olah data. Ke PTN tempat sy belajar masih pake kartu plong, ke IBM gak bs, akhirnya dpt di pusdatik Deptan. Ternyata sy bs bikin program olah data simulasi. Saat itu sy bangga.
U bs belajar otodidak terus terang sy dari buku khusus yg dirancang untuk belajar otodidak. Setiap syntax diberi contoh penggunaaannya. Kalo tidak mungkin sy kesulitan dan coding sy akan panjang sekali. Dgn menguasai seluruh syntax sy bisa perpendek program dan lebih simpel.

Suatu saat di tahun 1985 sy pernah diminta untuk membuatkan program untuk membalik matrik (matematika) ukuran besar. Wao, sy kesulitan. Akhirnya sy dapat jiplakan dari buku fortran.

Kesimpulan. Kalau kita dihadapkan pada masalah yg harus diselesaikan dg program komputer, kita akan bekerja sambil belajar. Walaupun kita sangat mampu buat program tapi tidak pernah hadapi masalah, kita tidak akan pernah tahu kehebatan kita. So, computer programmer selayaknya bekerjasama dengan pemilik masalah, dijembatani seorang atau beberapa sistem analis. Syukur si programmer sudah mampu jadi SA.
Bisa juga seorang CP jadi freelacer buat program game, misalnya.
Dalam dunia bisnis, masih banyak dibutuhkan CP dan SA yang mampu membuat program terintegrasi antar sistem produksi, sumberdaya manusia, keuangan, pemasaran, riset dan perkantoran. Serta masih nbanyak lagi kombinasi berbagai subsistem. Banyak perusahan besar bumn maupun bums yang belum berhasil menuntaskan masalah ini. Mereka biasanya menerapkan kombinasi beberapa aplikasi karena tidak semua kebutuhan bisa dicukupi dari salah satu vendor spt SAP, Cognos dst.
Semangat kawan2, majukan IT indonesia kita. Tirulah, modifikasilah, spt yg dilakukan bangsa Jepang dan China yang membuat sistem komputer nasional mereka, sehingga tidak semua arus data dan informasi melewati backbonenya amerika. Negara dan bangsa indonesia jangan sampai nampak telanjang bulat dari negara tetangga.Yang lemah dari kita akan mudah jadi ‘serangan’ mereka.
Salam dari Malang.

#16 Comment by nafan :
On January 28, 2015 6:40 am Google Chrome 39.0.2171.95 Windows 7

terlepas dari otodidak atau lulusan sarjana, yang akan jadi programmer yang benar2 ahli adalah mereka yang benar2 punya passion dan bakat disitu. :)

#17 Comment by rian :
On March 16, 2015 3:31 pm Google Chrome 41.0.2272.89 Windows 7

hai ane alhamdulillah sudah bsa jadi programer, ana 18 tahun, lulusan tahun kemarin, ana sekarang jdi programer di andhana.com , itupun otodidak sejak sma, kalian yg punya title kalah sama saya yg berusia 18 tahun tapi sudah jdi programer, mungkin kalian 4 tahun lagi bru bsa jdi programer hihihi, sabar ya, dan mungkin 4 tahun lagi ane lebih pinter dari kalian yg bertitle karna kemungkinan saya sudah membuat banyak program hihihihi, intinya ana mau sumpel mulut org yg bertitle yg dengan sombongnya berkata lebih baik mereka dari pada programer otodidak, kesombongan bakal menghancurkan mu kelak nak :) karna ga ada yg tau kita akan menjadi apa, seperti halnya saya lulusan smk teknik jaringan, sekarang malah jdi programer :) dan lulusan teknik jaringan di kelas saya rata2 kerja jadi kuli dan karyawan di indomaret, saya pengen nasehatin, di dunia kerja ga akan dalam satu kelas perkuliahan semua nya bakal jadi programer, mungkin hanya 20% nya. hahaahah. kelak kau akan menyesal yg telah berkata sombong

#18 Comment by parid :
On March 29, 2015 9:44 am Android Browser Android 4.2.2

Apa sudah bisa dikatakan programmer klw madih pakai aplikasi programmer..kayaknya lebih tepat operator deh…hehehe

#19 Comment by Irfan :
On April 6, 2015 1:23 pm Android Browser Android 4.4.2

Jangan di samain dengan belajar bwa mobil,main gitar atau apalah,,, emangnya baca dan menulis bisa otodidak???

#20 Comment by alim :
On April 16, 2015 1:30 am Mozilla Firefox 29.0 Windows 7

hahah belum baca semua :D.
monggo mampir lur
http://baca-kan.blogspot.com/

#21 Comment by Satrio Wiseso :
On April 19, 2015 10:06 am Google Chrome 42.0.2311.108 Android 4.2.2

Gileee, “Posted by dudi on December 16, 2005” sampe sekarang April 2015 masih rame …

#22 Comment by Pandeka Online :
On May 3, 2015 3:20 pm Mozilla Firefox 37.0 Windows 7

Programmer cok! :3

#23 Comment by raden :
On June 1, 2015 8:15 pm Google Chrome 43.0.2357.81 Windows 8

Bedanya Otodidak Dan Yang Tidak Otodidak atau Apalah Tema Di Atas: kesimpulanya Cuma Sederhana
(Otodidak): Dia Belajar karna Ingin Betul-Betul Menguasai Program Yang ia Pelajari Alias Tekun…
(Non Otodidak)Proses Kesungguhan Belajarnya Tidak 100% Dari Hati-Mudah Menyerah Jika Mendapatkan Tugas Yang sulit.Berbeda Dengan Yang Otodidak Pantang Menyerah Sebelum Bohlam Tercipta..Einstein Dong..hehe..

#24 Comment by Rumah Murah :
On June 4, 2015 3:25 pm Mozilla Firefox 38.0 Windows NT

hehe menarik ulasannya

#25 Comment by irul :
On June 22, 2015 6:41 am Google Chrome 43.0.2357.124 Windows Vista

dari beberapa perusahaan besar yang saya tahu,
untuk beberapa posisi yang sulit (diatas normal) … mereka tidak melihat atau mengharuskan posisi tersebut diisi oleh orang sarjana atau pendidikan tinggi, beberapa orang yang dipilih nyata-nyata adalah orang2 otodidak …
namun begitu … kemampuan mereka memang jauh lebih unggul dari yg bertitel.

intinya … semuanya yg lebih unggul adalah berkat kemauan, pengalaman, dan kreativitas masing2 orang …

karenanya bagi yg telah mendapatkan pendidikan formal, masih harus otodidak juga untuk lebih meluaskan kemampuannya, karena dunia kerja jauh lebih luas daripada yang didapatkan di kampus.

#26 Comment by chimpling :
On July 3, 2015 9:06 pm Mozilla Firefox 38.0 Windows NT

bener mas, pendidikan formal atau otodidak hanyalah cara untuk mencapainya. man jadda wajada …Insya Allah.

#27 Comment by riko :
On July 6, 2015 12:53 am Google Chrome 43.0.2357.125 Windows 7

selama belajarnya relatif “mudah”(hambatannya cm kemauan) pasti banyak yg otodidak. kan ada bidang2 yg ga bisa modal kemauan aja, tp emg mesti ada fasilitas2 khusus. misal fisika quantum….saya ragu klo ada yg bikin penilitian fisika quantum otodidak dan ga akan keluar banyak uang entah kantong pribadi ato sponnsor(klo otodidak kynya ga ada sponsor yg percaya)

#28 Comment by Feri :
On July 31, 2015 11:14 am Google Chrome 44.0.2403.125 Windows 7

Sebetulnya ini simple menurut saya kenapa bisa seperti itu atau tidak seperti itu? manusia punya kesempatan berbeda-beda ada yang baik dan ada yang kurang baik kemudian manusia diberikan tingkatan kecerdasan berbeda-beda. dgn pernyataan ini sdh bisa disimpulkan Programmer otodidak dan Programmer lulusan IT salah satunya termasuk manusia yang punya kesempatan baik dan kecerdasan ataupun sebaliknya. untuk menentukan harus ada pengujian pada setiap individu sebagai dasar pembuktian untuk menjawab judul diatas.

#29 Comment by adam :
On August 21, 2015 10:04 am Google Chrome 33.0.1750.117 Windows 7

walau programer otodidak tp kalo hasil karyanya luar biasa, tak pantas disebut kuli . dia disebut pakar jika memang sgt bermutu, tanpa melihat background.

#30 Comment by UnknownAdmin :
On September 26, 2015 4:31 pm Google Chrome 23.0.1262.0 Windows 7

sumpah gua gak ngerti.. ulasan lebih sederhana gan

#31 Comment by njir :
On September 30, 2015 12:50 am Mozilla Firefox 36.0 Windows 7

Sedih gua bacanya… :(

#32 Comment by Rian Haditama Putra (@Riyanhape) :
On October 7, 2015 8:50 am Google Chrome 45.0.2454.101 Windows 7

wah gan ane ini programerotodidak, nah ane gawe sebagai web designer (developer) , disuruh bos kuliah, nah pas ane kuliah gmana ya jelasinnya,,

ya gitu gada yg setara sama gua, masalah programing nanya ke gua semua bahkan dosennya minta tolong jelasin ke temen-temen kan ngeselin. ya jadi bener yg berpendapat, kepintaran ga dilihat dari “latar belakang” karna title pun untuk para otodidak bisa dibeli, “bakat” berperan penting dalam hal ini

#33 Comment by KamuBisa-iO :
On October 9, 2015 12:12 am Mozilla Firefox 42.0 Windows 7

mau Otodidak atau Lulusan Informatika yang penting dapat bermanfaat/ kemaslahatan

#34 Comment by choki :
On November 12, 2015 12:41 am Google Chrome 46.0.2490.80 Windows NT

Semua memang ada yang terlahir dengan bakat tertentu, kayak dalam olah raga atau musik dan bidang2 lainnya ada yang memang terlahir sudah berbakat dibidang itu, ada yang pengen banget tapi kemampuan tetap aja kurang. Tapi kalau mas Dudi kayaknya perpaduan keduanya, bakat iya kemampuan juga iya plus pendidikan juga iya hahahaha. kalau boleh silahkan untuk lihat Hotel murah di sini mas Dudi hehe http://idhotelmurah.blogspot.com/2015/11/9-hotel-murah-di-medan-bertarif-100-300.html

#35 Comment by Mahrizal :
On January 28, 2016 11:33 am Google Chrome 47.0.2526.111 Windows 8

Bagi saya yang otaknya pas2 an belajar pemrograman dibutuhkan kerja keras
ngoding siang malam baru bisa menjadi programmer
tapi bener sih yang pertama itu kuasai algoritma

#36 Comment by Caraspot :
On May 2, 2016 3:07 pm Mozilla Firefox 45.0 Windows 7

makasih gan

#37 Comment by alfian :
On June 16, 2016 4:47 am Google Chrome 48.0.2564.82

Ini sama aja membandingkan orang yg jurusan sastra inggris dgn orang yg lgsg terjun jd tki di inggris.. Kira2 lebih jago mn bahasa inggrisnya?

#38 Comment by angga :
On July 6, 2016 12:32 am Android Browser

Lah dipikirnya kuliah Ti blajarnya ngoding doang, ya jlas lah lbih pinter yg otodidak krna memang dia focus ke ngoding doang tanpa di bebani tugas” dr dosen.
gw jg dah krasa mles neh kuliah bnyak matkul yg bikin pembelajaran ngoding jd tersendat.

#39 Comment by Eugenius :
On July 23, 2016 7:28 pm J2ME/MIDP Browser

Saya newbie nih.. minta tolong ya. Umur saya baru 14 tahun baru bisa HTML dan mau lanjut PHP. Menurut anda sekalian langkah programer dari awal bagaimana ? Mulai belajar dari mana ? Terus mau lanjut belajar apa ? Minta tolong jawab ya..

#40 Comment by Fadillah Klarisman :
On July 28, 2016 1:06 am Google Chrome 51.0.2704.81 Android 5.0

Saya bisa maklumi itu karna setiap individu memiliki kekurangan dn kelebihan nya masing2

#41 Comment by Fadillah Klarisman :
On July 28, 2016 1:07 am Google Chrome 51.0.2704.81 Android 5.0

Salam programer :-)

#42 Comment by xsan :
On August 9, 2016 11:08 am Google Chrome 52.0.2743.116 Windows 7

jangan kira kalau udah kuliah itu hebat

elo banyak mata kuliah yang harus diselesaiin,

seperti PPKN, Bahasa Indonesia, Agama

yang otodidak, gak perlu pusinging itu… wkwkwk

#43 Comment by Dx :
On August 15, 2016 10:21 pm Google Chrome 52.0.2743.116 Windows 7

setiap manusia mempunyai jalan masing masing, kita gak bisa menentukan hebatan mana otodidak sama lulusan IT karena kita sendiri tidak tahu jika belum pernah mencoba menjalani otodidak dan lulusan IT

#44 Comment by gombloh :
On September 6, 2016 11:21 pm Google Chrome 52.0.2743.98 Android 4.4.2

lanjut wes….

#45 Comment by Resa :
On September 15, 2016 8:26 pm Google Chrome 51.0.2704.81 Android 5.1.1

Mungkin kawan anda lulusan matematika komputasi…soalnya Teknik informatika dan Ilmu Komputer adalah anak penurunan dari m.komputasi

#46 Comment by Ridwan :
On October 13, 2016 6:57 pm Mozilla Firefox 48.0 Windows 7

Artikelnya sangat menarik .Kebetulan Sy juga Programmer Otodidak Gak kuliah IT.malahan SMU saya Lulusan MAN (IPS) . Memang butuh kerja keras untuk mnjdi programmer .dan alhmdllh skrg sy bekerja di Perushaan swasta , menurut saya mau lulus IT/ Tidak Semua tergantung situasi dan kondisi .

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.