Nickname di Internet dan Dunia Nyata

Menarik membaca tulisan Indra tentang Nama Panggilan
. Dalam internet nama panggilan sering diistilahkan dengan Nickname, yaitu nama panggilan yang lazim ada di internet, nickname ini dapat ditemui dalam commenting system ataupun dalam komunitas mailing list yang tersebar di internet. Beberapa orang biasanya mempergunakan nama pendek dari nama lengkap di dunia nyata untuk nickname di internet, seperti misalnya saya terbiasa menggunakan nickname ‘dudi’ untuk bersosialisasi di internet dan nickname ini juga merupakan nama panggilan saya di dunia nyata.

Lalu apa yang membedakan antara nickname di dunia nyata dan dunia maya?

Dalam dunia nyata, nickname biasanya merupakan kependekan dari nama panggilan seperti yang saya contohkan di atas, namun ada pula nickname di dunia nyata merupakan plesetan dari nama asli atau terkadang karena karakter khas dari person yang bersangkutan, biasanya nickname ini diberikan oleh sekumpulan teman kepada diri kita sendiri.

Berbeda dengan nickname di dunia nyata, nickname dalam dunia maya biasanya diawali dengan person yang bersangkutan untuk mengenalkan nickname tersebut. Sebagai contoh anda dapat membuat sebuah alamat email palsu dengan nickname sesuka hati anda dan kemudian anda dapat bersosialisasi dengan banyak orang menggunakan nickname yang baru saja anda buat.

Lalu apa perbedaan keduanya? secara prinsip adalah sama, yang membedakan adalah nickname dalam dunia nyata biasanya diberikan oleh komunitas/person lain kepada diri kita sendiri, selain itu biasanya sang pemilik nickname telah diketahui orangnya dan tidak sulit untuk ditemui. Sedangkan dalam internet, nickname biasanya dikenalkan pertama kali oleh sang pemilik melalui beberapa media seperti misalnya milis, messenger, IRC atau bahkan melalui blog/shoutbox dan kemudian jika memang sang pemilik nickname memiliki kemampuan ataupun karakter yang khas maka nickname ini akan mudah dikenali dikemudian hari. Jika sudah begini, maka nickname itu nantinya akan menjadi trademark™ bagi pemiliknya.

Persamaan dari keduanya adalah jika nickname ini sudah tersebar ke banyak orang dan mudah dikenali artinya keberadaan/kehadiran anda sudah diakui oleh komunitas entah itu secara langsung ataupun tidak langsung. So, berbahagialah buat anda yang memiliki nickname, karena tidak mudah bagi banyak orang untuk memperoleh nickname dan diakui oleh banyak orang. Bagi saya ini adalah anugerah bisa diakui oleh sebuah komunitas karena pribadi kita sendiri.

Saya sendiri di internet selain menggunakan nickname ‘dudi’ juga mempergunakan nickname ‘jun3t’. Nickname ini saya kenalkan pada masa jadul, kala masih bergelut dengan IRC dan para gebetannya =)). Sedangkan dalam dunia nyata saya sendiri memiliki nickname junet, kartolo dan juga duche. Dua nickname terakhir yang saya tulis adalah pemberian dari rekan-rekan saya. Kenapa bisa dipanggil kartolo ataupun duche? wah bisa panjang ceritanya gak cukup kalo cerita di blog aja, mending kopdar kalo mau latar belakangnya sambil minum blue lagoon :p

Sampai saat ini saya memiliki 4 nickname yaitu dudi, junet/jun3t,kartolo dan duche. Dan ada banyak rekan saya yang memiliki nickname unik dan jauh dari nama aslinya, seperti :

* Dheche aka Teguh DC
* Komeng aka Haryadi
* Beton aka Totok
* Draon aka Indra
* Wandi, duh kok gak nduwe nickname sing unik seh?, misal’e opo ngono loh, gak diakui komunitas berarti nih ;))

Nah, nickname anda sendiri apa?

50 thoughts on “Nickname di Internet dan Dunia Nyata

  1. ah masak nick gw dibilang jauh dr nama asli, lha wong udah jelas-jelas itu nama belakang gw kok, cuman ditambahi beberapa hurup yg tdk mengubah bunyi supaya lebih panjang nulisnya. nickname yg unik juga sangat mempermudah kita waktu daptar layanan2 gratis di dunia maya, gak perlu bingung-bingung nyari akun yang belum dipakai oleh orang lain.

    – togog, boncos, warrock, dcoek –

  2. Puncak Abadi Para Dewa

  3. Nickname saya (sebagian aja =)))

    SinorNama Panggilan waktu kecil
    GILIG
    Ini nick sewaktu kuliah
    KOLOM(kenapa kolom? kalau ketemu aja deh ๐Ÿ˜€ karena panjang, jadi lebih enak sambil minum kopi)
    Ponjong
    Karna asli daerah Ponjong Gunungkidul Yogyakarta, nick sewaktu SMK di Muga Yogya
    Uddyn
    Jauhari

    Wis lah pokoe akeh :))

  4. Dalam internet nama panggilan sering diistilahkan dengan Nickname, yaitu nama panggilan yang lazim ada di internet

    Kalimat di atas agak kurang tepat. Sebab, dalam bahasa Inggris, kata ‘nickname’ itu berarti ‘nama panggilan’ secara umum. Tidak ada kekhususan dalam pemakaian internet saja. Sebelum internet ada pun saya pikir penggunaan ‘nickname’ merujuk arti ‘nama panggilan’ sudah ada (lihat di WIKIPEDIA).

  5. Sebagai anak pertama yang punya banyak adik, jadi biasa dipanggil Mas Eko, jadi di internet pake nick-nya maseko.

    Sepertinya bener kata wรƒยดng gragรƒยฉ, nickname itu bukan istilah yang lahir di internet, tapi memang dari English-nya.

  6. wakss… sedari taon 99 dah pake kurnia_1.. kalo ketemuan offline selalu ditanyain. “mas yang pake nick kurnia-satu ya?” he..he..

    hasil google cuman dudi sama dheche yg muncul di halaman pertama he..he… berarti termasuk saleb eh seleb internet dong =))

  7. #12: thanks koreksinya, emang bener kok kalo nickname itu dari english, tapi maksud saya nickname yang saya bahas disini itu konteksnya untuk internet. Kalo di irc pasti sering disebut nickname-nya apa?. Thanks koreksinya ๐Ÿ˜‰

    #20: bilang aja kalo gak punya nick :p

  8. istilah yang dimaksud mungkin handle kali ya. nickname memang benar secara harafiah adalah nama panggilan, tapi kalo di internet, baik di news group, mailing list maupun IRC, istilah yang dipakai untuk menggantikan nickname adalah handle.

  9. #23: gw malah baru denger kalo istilahnya adalah handle, ini tanya temen kalo di IRC doski terbiasa pake istilah ‘nick’. Thanks info-nya :).

  10. #23, #24
    “Handle” bukankah lebih umum dipakai untuk layanan registrasi (“NIC Handle”) ? seperti yang kita lihat kalau kita lakukan “whois”.

    Hmm, jadi ingat pertama kali mengarang nickname, awalnya untuk username Unix, gara – gara nama pengguna “syafrudin” nggak bisa (max 8 characters) sementara “din” tidak enak karena terlalu pendek. Ini sekaligus jadi pengalaman pertama mengubah nama pengguna di Unix.

  11. #31: Setau saya handle emang lebih sering dipake untuk NIC. Tapi apalah arti istilah, yang penting sama-sama ngerti maksudnya ๐Ÿ™‚

  12. Mas Junet, kayak nama seseorang yg dipanggil mbak junet di batu :p. bikin aja warnet namanya JU jadinya ntar ju.net wah emang juragan warnet dech :d

  13. ๐Ÿ˜‰ kenalken saya t4mp4h sedari tahun 94 seantero jagat nyata dan maya memanggil saya demikian, silahkan googling untuk lebih jelasnya.

  14. klo nickname aq da 2…
    1. St_Gir => Saint_Girl
    2.Rikyuchan => coz aq tu pengemar berat anime n manga.., so….. da dikit2 kejepun-an name na… ^__^

  15. namaq sbnrnya yofi tp d dunia maya q pk nama freax
    nickname menunjukkan jati dirimu, so jgn pk nickname smbrngan yac…!

  16. Halo Duche,
    Luar biasa! Gw seneng bisa ngelihat lo kreatif di dunia maya ๐Ÿ˜‰ Kayanya SMA dulu lo ga ada pikiran kaya gini ๐Ÿ˜€

    -ridarcdr-

  17. #48: anjrit! elo kemana aja dar, ini mah bukan kreatif tapi iseng. kalo sma dulu kan jaman-jamannya masa jahiliyah. elo tuh yang seharusnya punya? ๐Ÿ™‚

  18. wah…baru postingan ini yang sepertinya banyak mengundang komentar dari beragam warna dan seleb. goodjob dud…eh iya..WAMES kog gak dimasukin kedalam nickmu seh? ANSET juga nickmu khan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam