fixed-widthfluid-width

Kenapa Februari Hanya 28 Hari
Category: Informasi,Review
Tags:

Entah mengapa di akhir bulan Februari ini saya kepikiran tentang tahun kabisat dan juga mengapa bulan Februari 28 hari. Berbekal dengan google dan juga Wikipedia. Saya tidak berniat mencari hitung-hitungan teknis kenapa bisa 28 hari atau 29 hari tapi lebih cenderung untuk menjawab pertanyaan kenapa bulan februari sangat berbeda jumlah harinya dibandingkan bulan lainnya? dan akhirnya saya mendapatkan jawabannya.

Setelah menjelajah kesana kemari saya baru mengerti bahwa hampir sebagian besar nama bulan yang sering kita dengar berasal dari jaman Romawi, seperti bulan Juli yang sebenarnya asal muasalnya dari Julius Caesar, atau bulan Agustus yang sebelumnya bernama Sextilis namun diubah oleh Caesar Agustus menjadi August (Agustus) atau seperti Februari yang berawal dari nama salah satu Dewa pada jaman Romawi yaitu Februus.

Dalam sejarahnya dulu bulan Februari adalah 29 hari setiap tahunnya dan akan menjadi 30 hari ketika mengalami tahun kabisat. Kemudian dirubah menjadi 28 hari oleh Caesar Agustus dan hari itu dipindahkan pada bulan Agustus. Itu sebabnya pada bulan Juli dan Agustus semuanya berjumlah 31 hari.

Tahun Kabisat sendiri menurut kebanyakan orang adalah tahun yang habis dibagi 4. Misalkan seperti tahun 1992, 1996 atau 2004. Pembagian empat ini tidak berlaku jika tahun tersebut merupakan tahun yang angka dibelakangnya adalah memiliki dua nol seperti 2000, 1900 atau 1800. Untuk tahun yang memiliki dua angka nol dibelakang dapat dianggep sebagai tahun kabisat jika habis dibagi dengan angka 400 seperti misalnya tahun 2000.

Lalu kenapa setiap tahun kabisat hanya bulan Februari yang ditambahkan harinya? ini juga sempat saya pikirkan dan dulu saya sempat berpikir mungkin karena februari adalah paling sedikit jumlah harinya sehingga hari berlebih itu jatuh pada bulan februari :-D, namun ternyata menurut penjelasan dalam wikipedia semakin membuat saya paham kenapa kabisat jatuh pada bulan Februari.

Ah akhirnya pertanyaan saya tentang Februari ini bisa terjawab. Dan ternyata sudah ada yang melakukan tanya jawab tentang jumlah hari di Bulan Februari :">

February 28, 2006 @ 5:42 pm

35 Comments

#1 Comment by Indra Wahyudi :
On February 28, 2006 6:07 pm Mozilla Firefox 1.5 Windows XP

Memang bulan Frebuary adalah bulan yang penuh dengan kasih sayang, ada hari kelahiranku dan ada hari valentine :X:X:X:X

#2 Comment by Riky Kurniawan :
On February 28, 2006 11:32 pm Mozilla Firefox 1.5.0.1 Windows XP

Tp aneh ya untuk bulan yang ada 2 angka 0-nya dibelakang, kalo emang bisa dibagi 400 kenapa ga bisa habis kalo dibagi 4:-\

#3 Comment by ivo :
On March 1, 2006 8:17 am Mozilla Firefox 1.5.0.1 Windows 2000

Kenapa Februari yg diambil? Itu karena dulunya Februari adalah bulan terakhir.

Bukti:
September bulan ke 9, padahal septa artinya 7
Oktober bulan ke 10, padahal octa artinya 8

Maret dulunya adalah bulan pertama.
March/Mars/Ares/Aries adalah dewa perang.
Dia yang selalu memimpin barisan.

Itulah mengapa penanggalan zodiak klasik dimulai dengan Aries. Orang-orang jaman sekarang aja yang sok tau lalu memulainya dengan Aquarius bahkan Sagitarius.

Selain itu, musim semi juga dianggap sebagai permulaan segala sesuatu yang baru, termasuk tahun yang baru. Biasanya awal musim semi juga jatuh di bulan Maret.

Kembali ke topik, jadi jelas kan kenapa February yang harinya diambil? Karena February dulunya ada di paling belakang.

#4 Comment by dudi :
On March 1, 2006 8:37 am Mozilla Firefox 1.5.0.1 SuSE Linux

#3: ada benernya juga ya, tapi perbedaaan penanggalan zodiak yang dimulai dari aquarius ini mungkin karena ada perbedaan cara pandang antara kalendar roman dan kalendar gregorian.

Yang anda jelasin diatas itu sebenernya menganut kepada prinsip kalendar roman yang akhirnya dimodifikasi menjadi kalendar gregorian dan sejak itu bulan pertama menjadi januari

#5 Comment by Jauhari :
On March 1, 2006 8:49 am Mozilla Firefox 1.5.0.1 Windows XP

:d wah wah ada ada ajah

#6 Comment by didats :
On March 1, 2006 8:56 am Mozilla Firefox 1.5.0.1 Windows XP

ini baru dudi!

aku aja gak kepikiran untuk cari tau masalah itu… :D

#7 Comment by Azil Adi Permana Ph.D :
On March 1, 2006 10:50 am Mozilla Firefox 1.5.0.1 Windows XP

cuma mau kasih tau kalo blogs gua di MIT pindah, dari blogs.mit.edu/azil/ ke blogs.mit.edu/CS/Blogs/azil/.
Sekian, #-o

#8 Comment by Azil Adi Permana Ph.D :
On March 1, 2006 10:52 am Mozilla Firefox 1.5.0.1 Windows XP

btw, didat flirting ke dudi?? =))

#9 Comment by dheche :
On March 1, 2006 5:52 pm Mozilla Firefox 1.0.6 Fedora Linux

Btw, lalu kenapa tiba-tiba Dudi tertarik membahas kalender ? sedang menghitung hari atau … ? Jadi kapan nih, kasian tuh anak orang dianggurin gitu aja =))

#10 Comment by vnuz :
On March 1, 2006 7:35 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

Dud, enek siji pertanyaan… Kok gag enek bulan venus sih?? :d

Tumben iseng ngitung2 bulan, enek opo sih dud??? sekarang sudah jalan berapa bulan sih kandungan si V** ??

*hilang menjauh*

#11 Comment by dardian :
On March 2, 2006 2:29 pm Mozilla Firefox 1.5.0.1 Windows XP

:-? kapan bahas kalender jawa….sekalian perhitungan weton yak :p

#12 Comment by wandi :
On March 2, 2006 3:16 pm Mozilla Firefox 1.0.6 Windows XP

aku tau kenapa dudi perhatian ama hari. sebab, bagi orang yang rindu, waktu berjalan sangat lambat…

#13 Comment by yonky :
On March 2, 2006 8:09 pm Mozilla Firefox 1.0.2 Windows XP

lagi belajar kalender ya. :-?
emang banyak seh yg luput dari perhitungan kalender ma pasangannya, jadinya ya pusing sendiri. :p

#14 Comment by dheche :
On March 2, 2006 9:07 pm Mozilla Firefox 1.0.6 Fedora Linux

#12 Betul..betul ndi … anda cerdas :D
mungkin judul yg tepat unt posting ini adalah “Kenapa HANYA Februari yang terdiri dari 28 hari” :))

#15 Comment by dudi :
On March 3, 2006 1:03 am Mozilla Firefox 1.5.0.1 SuSE Linux

argghhh……… *tendang dheche dan wandi*

sana balik ke kandang kalian berdua..!!!

x(

#16 Comment by tengik16 :
On March 3, 2006 5:52 am Mozilla Firefox 1.0.7 Windows XP

ngamukan arek iki saiki, rek :-"
kon lagi onok masalah opo seh net?
kangen? ;))
>:D<

#17 Comment by roim :
On March 4, 2006 5:46 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

mmmm :-?
biasalah kalau dilanda rindu ya sensi …
atauuuu lagi dituntut tanggung jawab …

1 hari … 2 hari … mau 9 bulan waduuuhhhh

hueauehuaheahehaa =))

#18 Comment by keceng :
On March 5, 2006 12:42 pm Mozilla Firefox 1.5.0.1 Windows XP

Lagi dateng bulan kali :))=))kayaknya udah kebelet dapet momongan. :D menghitung hari :-w
*Kaburrrrrrrrrrrrrrr*

#19 Comment by Bobo :
On March 6, 2006 5:45 am Opera 8.51 Windows XP

mas lha samean kapan ?? *again*

“brb maen tantra”

#20 Comment by lea :
On March 6, 2006 10:38 am Mozilla Firefox 1.5.0.1 Windows XP

hi dudi :)
aku ajah ga kepikiran…

#21 Comment by WAHYU :
On March 6, 2006 8:44 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

:((HAI SEMUA YANG ADA DISITU:))=))8-|

#22 Comment by febry :
On March 15, 2006 3:10 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

duh…kenapa bulan february jadi bulan awal?khan ga enak jadi yang paling tua diantara temen Gue,,,kalo jd bln terakhir gw kan jd bs yang paling muda,,,he..he…:p

#23 Comment by erwinkiting :
On April 5, 2006 2:08 pm Netscape 7.1 Windows 2000

siapa orang yang pertama menciptakan hitungan milidetik,detik,menit,jam,hari,minggu,bulan,tahun,abad
kenapa satu tahun 365 atau 366 hari,kenapa tidak 400 hari,kenapa 1 menit=60 detik gak 100 detik kenapa ya????

#24 Comment by denden :
On April 26, 2006 10:18 am Mozilla Firefox 1.0.5 Windows 2000

#23
Tanya kenapa? :D

#25 Comment by ahmad hasan :
On April 26, 2006 1:18 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

@};-@};-@};-
karena ada aku yang lahir 28 februari 1985
jadi untuk bulan yang lain jangan pada rindu kedatangan aku
APAPUN TANGGALNYA
TETAP BERBUAT BAIK
PEACE AND LOVE @};-@};-

#26 Comment by dyno joy samiasdi :
On May 13, 2006 2:06 am Opera 8.01 Windows 98

minta kalender tahun 1985,please…

#27 Comment by dyno joy samiasdi :
On May 13, 2006 2:13 am Opera 8.01 Windows 98

minta kalender tahun 1985,please…:-s

#28 Comment by puguh :
On July 9, 2008 1:28 pm Mozilla Firefox 3.0b2 Windows XP

pusing dah mikirnya….. tuh…ada gadis tetangga yang baru pokoknya caem banget…dibajunya ada tulisan “februari dream”

#29 Comment by xxx :
On March 5, 2009 8:00 pm Mozilla Firefox 3.0.6 Windows XP

bisa tolong yg lebih ilmiah?

#30 Comment by xxx :
On March 5, 2009 8:00 pm Mozilla Firefox 3.0.6 Windows XP

kalo gak ilmiah gak ada artinya

#31 Comment by imel :
On September 3, 2010 9:04 pm Mozilla Firefox 3.6.8 Windows 7

kenapa nanti di akhir jaman nabi isa yang muncul?bukan nabi muhammad?

#32 Comment by Oom Donny :
On February 28, 2012 3:29 am Google Chrome 17.0.963.56 Windows 7

sayangnya di sini gak dibahas kenapa-kenapanya :(

#33 Comment by steven limz :
On October 25, 2012 7:23 pm Mozilla Firefox 16.0 Windows XP

=)) :))=))8-|:p

#34 Comment by steven limz :
On October 25, 2012 7:23 pm Mozilla Firefox 16.0 Windows XP

=))

#35 Comment by bunga :
On April 11, 2014 8:16 pm Mozilla Firefox 28.0 Windows XP

apa sih jawabannya sya pingin tahi karena ini adalah PR saya tolong jawab ngapa plissssssssss

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.