Kenapa Februari Hanya 28 Hari

Entah mengapa di akhir bulan Februari ini saya kepikiran tentang tahun kabisat dan juga mengapa bulan Februari 28 hari. Berbekal dengan google dan juga Wikipedia. Saya tidak berniat mencari hitung-hitungan teknis kenapa bisa 28 hari atau 29 hari tapi lebih cenderung untuk menjawab pertanyaan kenapa bulan februari sangat berbeda jumlah harinya dibandingkan bulan lainnya? dan akhirnya saya mendapatkan jawabannya.

Setelah menjelajah kesana kemari saya baru mengerti bahwa hampir sebagian besar nama bulan yang sering kita dengar berasal dari jaman Romawi, seperti bulan Juli yang sebenarnya asal muasalnya dari Julius Caesar, atau bulan Agustus yang sebelumnya bernama Sextilis namun diubah oleh Caesar Agustus menjadi August (Agustus) atau seperti Februari yang berawal dari nama salah satu Dewa pada jaman Romawi yaitu Februus.

Dalam sejarahnya dulu bulan Februari adalah 29 hari setiap tahunnya dan akan menjadi 30 hari ketika mengalami tahun kabisat. Kemudian dirubah menjadi 28 hari oleh Caesar Agustus dan hari itu dipindahkan pada bulan Agustus. Itu sebabnya pada bulan Juli dan Agustus semuanya berjumlah 31 hari.

Tahun Kabisat sendiri menurut kebanyakan orang adalah tahun yang habis dibagi 4. Misalkan seperti tahun 1992, 1996 atau 2004. Pembagian empat ini tidak berlaku jika tahun tersebut merupakan tahun yang angka dibelakangnya adalah memiliki dua nol seperti 2000, 1900 atau 1800. Untuk tahun yang memiliki dua angka nol dibelakang dapat dianggep sebagai tahun kabisat jika habis dibagi dengan angka 400 seperti misalnya tahun 2000.

Lalu kenapa setiap tahun kabisat hanya bulan Februari yang ditambahkan harinya? ini juga sempat saya pikirkan dan dulu saya sempat berpikir mungkin karena februari adalah paling sedikit jumlah harinya sehingga hari berlebih itu jatuh pada bulan februari :-D, namun ternyata menurut penjelasan dalam wikipedia semakin membuat saya paham kenapa kabisat jatuh pada bulan Februari.

Ah akhirnya pertanyaan saya tentang Februari ini bisa terjawab. Dan ternyata sudah ada yang melakukan tanya jawab tentang jumlah hari di Bulan Februari :”>

36 thoughts on “Kenapa Februari Hanya 28 Hari

  1. Kenapa Februari yg diambil? Itu karena dulunya Februari adalah bulan terakhir.

    Bukti:
    September bulan ke 9, padahal septa artinya 7
    Oktober bulan ke 10, padahal octa artinya 8

    Maret dulunya adalah bulan pertama.
    March/Mars/Ares/Aries adalah dewa perang.
    Dia yang selalu memimpin barisan.

    Itulah mengapa penanggalan zodiak klasik dimulai dengan Aries. Orang-orang jaman sekarang aja yang sok tau lalu memulainya dengan Aquarius bahkan Sagitarius.

    Selain itu, musim semi juga dianggap sebagai permulaan segala sesuatu yang baru, termasuk tahun yang baru. Biasanya awal musim semi juga jatuh di bulan Maret.

    Kembali ke topik, jadi jelas kan kenapa February yang harinya diambil? Karena February dulunya ada di paling belakang.

  2. #3: ada benernya juga ya, tapi perbedaaan penanggalan zodiak yang dimulai dari aquarius ini mungkin karena ada perbedaan cara pandang antara kalendar roman dan kalendar gregorian.

    Yang anda jelasin diatas itu sebenernya menganut kepada prinsip kalendar roman yang akhirnya dimodifikasi menjadi kalendar gregorian dan sejak itu bulan pertama menjadi januari

  3. Btw, lalu kenapa tiba-tiba Dudi tertarik membahas kalender ? sedang menghitung hari atau … ? Jadi kapan nih, kasian tuh anak orang dianggurin gitu aja =))

  4. Dud, enek siji pertanyaan… Kok gag enek bulan venus sih?? :d

    Tumben iseng ngitung2 bulan, enek opo sih dud??? sekarang sudah jalan berapa bulan sih kandungan si V** ??

    *hilang menjauh*

  5. lagi belajar kalender ya. 😕
    emang banyak seh yg luput dari perhitungan kalender ma pasangannya, jadinya ya pusing sendiri. :p

  6. #12 Betul..betul ndi … anda cerdas 😀
    mungkin judul yg tepat unt posting ini adalah “Kenapa HANYA Februari yang terdiri dari 28 hari” :))

  7. mmmm 😕
    biasalah kalau dilanda rindu ya sensi …
    atauuuu lagi dituntut tanggung jawab …

    1 hari … 2 hari … mau 9 bulan waduuuhhhh

    hueauehuaheahehaa =))

  8. duh…kenapa bulan february jadi bulan awal?khan ga enak jadi yang paling tua diantara temen Gue,,,kalo jd bln terakhir gw kan jd bs yang paling muda,,,he..he…:p

  9. siapa orang yang pertama menciptakan hitungan milidetik,detik,menit,jam,hari,minggu,bulan,tahun,abad
    kenapa satu tahun 365 atau 366 hari,kenapa tidak 400 hari,kenapa 1 menit=60 detik gak 100 detik kenapa ya????

  10. @};-@};-@};-
    karena ada aku yang lahir 28 februari 1985
    jadi untuk bulan yang lain jangan pada rindu kedatangan aku
    APAPUN TANGGALNYA
    TETAP BERBUAT BAIK
    PEACE AND LOVE @};-@};-

  11. pusing dah mikirnya….. tuh…ada gadis tetangga yang baru pokoknya caem banget…dibajunya ada tulisan “februari dream”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam