fixed-widthfluid-width

Takengon, Keindahan Tersembunyi di Propinsi NAD
Category: Informasi,Umum
Tags: , ,

Sabang adalah daerah yang paling sering dikunjungi oleh para pendatang jika berada di Nanggroe Aceh Darussalam. Namun, masih banyak pendatang yang tidak sadar bahwa Aceh masih menyimpan banyak keindahan lain yang belum diketahui orang.

Keindahan itu seperti tersembunyi, karena terletak di wilayah tengah propinsi Aceh. Membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam perjalanan darat dari Banda Aceh menuju ke Takengon.


Melihat keindahan Takengon dari salah satu bukit


Tugu Pantan Terong, puncak tertinggi di Takengon


Pantan Terong

Ya! Takengon adalah Ibukota Kabupaten Aceh Tengah, sebuah wilayah yang terkenal dengan obyek wisata Danau Laut Tawar dan bomnya.


Danau Laut Tawar menjelang maghrib


Bersantai di Pinggir Danau Laut Tawar

Didalam danau laut tawar tersimpan pula ikan depik yang menjadi santapan masyarakat Takengon sehari-hari. Memancing dan bercocok tanam sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.


Memancing ikan depik?

Berbicara tentang Takengon akan menghabiskan banyak waktu. Karena takengon adalah salah satu wilayah di Aceh yang bisa dibilang berbeda dengan wilayah lainnya. Salah seorang wartawan Kompas sempat menuliskan tentang pernak-pernik Takengon. Mungkin anda ingin menikmati Kopi Gayo yang terkenal itu atau sekedar melihat pacuan kuda tradisional khas Aceh Tengah? Takengonlah tempat paling cocok untuk itu semua.


Danau Laut Tawar dari sisi lain

Rendra pun menyempatkan hadir di Takengon setelah melakukan konser bersama Iwan Fals di Banda Aceh.

Rasanya sulit bagi saya untuk menceritakan keindahan Takengon. Silakan nikmati foto keindahan Takengon atau foto-foto dibawah ini :)


Takengon dari Pantan Terong


Serasa terbang diatas kota Takengon :-D


Memasak dipinggir danau, ditemani angin semilir

Duh, kalo aja Abe baca ini. Kira-kira dia ngiler gak yah untuk jalan-jalan ke Takengon? :-D

Terima kasih kepada Wibi dan Iep dari FFI Aceh yang telah mengajak saya berkunjung ke Takengon di pertengahan Agustus 2006. Kapan kita journey lagi? ;)

April 27, 2007 @ 6:32 pm

92 Comments

#1 Comment by s!d!k :
On May 28, 2008 5:38 pm Internet Explorer 7.0 Windows XP

takengon memang kurang diketahui oleh orang-orang banyak. padahal takengon merupakan tempat wisata yang indah
y…… bsa di bilang mirip danau toba.
he.he..
so thanx y udah mempublikasiin kota dingin tercinta..
semangat…

#2 Comment by angga :
On June 21, 2008 10:11 pm Mozilla Firefox 1.0.6 Windows XP

jah…… nengon foto ni kenake ulak ke takengon hoby fotography bang??? aku pe sekulah foto di bandung. arake rencana ke bandung? ike ara hubungi aku bang!! kedang nguk hunting urum2 i bandung.081321733033

#3 Comment by ade lutju :
On June 21, 2008 10:13 pm Mozilla Firefox 1.0.6 Windows XP

wah keren juga kampuang ang… bekolah kami nak kesana… kapan2 tapi jauah banah tu do.insyallah yo da………

#4 Comment by ipak :
On July 30, 2008 8:21 pm Mozilla Firefox 2.0.0.9 Windows XP

takengon sangat indah,sangat mempesona udara’a dingin menyejukan

i love takengonnn…

#5 Comment by aRYa LP :
On August 7, 2008 3:36 pm Mozilla Firefox 2.0 Windows XP

Duh takingen hana keber ha?? Mukale di aQ urum k0 w0y,urum pante meNye, p0les(he..he..he..rujak@ itu loh nggak nahan :-) ),kapan nie nonton motor cross lagi di blang bebangka?? jalan2 ke bener meriah juga asyiK lh0…!!! Apa Lagi Liat pemaNdaNgaN dari paNtaN ter0Ng….duh peNgeN de…ada yaNg peNgEn aRya jadi guide@??hubuNgi aja 085277645358,paZti di ladeNiN de…tapi Arya tiNggal di medaN, Tapi kal0 pgN cRita2 tNtg TakengoN Nggak masaLah k0q..di tuNggu ya pertaNyaaN seputaR takeNg0N@…

#6 Comment by Budi sastra ibrahi :
On August 9, 2008 1:18 am Mozilla Firefox 2.0.0.16 Windows XP

Suderengku si ara itanoh gayo,enti lupen ken edet sedenge.Enti i emah edet ni urang asing.delenge nenggeri si kulalui tapi gere ara edet si belangi lagu edet ni urang GAYO.aku mungenal sudere si mera kensudere???? ini no ku,081585394868.kunanten salam ari kam bewene.

wassalam : wen reremal

#7 Comment by aRYa LP :
On September 4, 2008 3:12 pm Mozilla Firefox 2.0 Windows XP

ha! bud!, Lam keNal aja… pasT! e betuL pedeh s! per!N bud! a ya… b!eR kUS! Pe Qte belUh, Nt! sawah lupeN eDet aSl!N te N!… Edet Gay0 N! Le s! paL!Ng belaNg!….saLam Q K!N Tak!NgeN b0h sudeRe,baR!sahaN s! mubaCa c0mmeNtS Q N!, & mEt puAsa aja ya... m0h0N maaf Lah!R & BaTh!N, m!NaL a!dz!N waL FA!dz!N b0h suDErE Q beweNe…. :)

#8 Comment by family :
On December 10, 2008 9:04 am Internet Explorer 7.0 Windows Vista

as……………
takengon adalah kota yang sanyat indah n sjuk.aq bngga jdi org takengon.aq rndu kota t4 tinggal ku.mdah2an jka aq plg ke sna ntinya aq sdah mjadi org yg sukseeeees.ammmmmmmmminnnnnnnnnn.
trima kasih buat org yg tlah ksh phto ni.
thank gayo.takengon is the best!!!!!!!!!!!

#9 Comment by gustina masita :
On December 11, 2008 10:06 am Mozilla Firefox 2.0.0.16 Windows XP

asalammualaikum,,,,???
pa kabar takengon ku sayang??
makasih atas informasi buat takengon,,
aku rindu tanoh gayo,,
hub aku di 085262481392
ku tunggu khabarmu

#10 Comment by yaya :
On December 17, 2008 8:30 am Internet Explorer 6.0 Windows XP

takengon…
kota yang paling indah didunia,,,
disana terdapat sejuta kenangan yang takkan ku lupa dr dalam hatiku…

kelak,,,

takengon selohen aku ulak ge???

bgi tmand2 dr takengon boleh kan kite mujadi pong???

add ku fs ku boh ceriaslalu_1909@gayo.dream

atau hub 081269030057
oc

#11 Comment by Alfi Syahrin :
On December 19, 2008 3:49 pm Internet Explorer 7.0 Windows XP

Tanoh Gayoku Sayang..
Aku Mukale.

Terima Kasih buat teman2 yg telah mempublikasikan Tanoh Gayo.

Saya Putra Gayo yg tinggal di Kaltim, Buat teman2 yang mau bercerita tentang gayo atau jalan2 ke Kaltim jgn lupa mampir ke rumahku ya!
Hub. 081347770854

“Gayo terus maju”

#12 Comment by aotar :
On December 31, 2008 7:41 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

mukale di aku ken takengen.wen ari kenawat

#13 Comment by haris :
On January 22, 2009 4:04 pm Mozilla Firefox 3.0.5 Ubuntu Linux

saya sudah membuktikan kalo takengon bener-bener indah. keren……
sayangnya jalan dari banda aceh ke takengon kurang terkondisi dengan baik.

#14 Comment by rudy :
On March 11, 2009 4:22 pm Mozilla Firefox 3.0.7 Windows XP

takengon keren bgt deh, gw pgin bgt kesana lagi, tenks ya takengon

#15 Comment by emma :
On March 27, 2009 1:27 pm Mozilla Firefox 2.0.0.9 Windows XP

takengon….? sahan si gare beteh takengo gitu lo!!!!!!!!!!!!!!!!! keindahan alam,a keren abizzzzzzzzzzzzz.

#16 Comment by emma :
On March 27, 2009 1:27 pm Mozilla Firefox 2.0.0.9 Windows XP

denem

#17 Comment by Wen Ari blang kolak :
On March 28, 2009 7:12 pm Mozilla Firefox 3.0.6 Windows XP

Nge lime belas tahun gere pernah ku takingen…ehm denem pedi….ok, sa ku jakarta kontak-kontak aku i 02194187357

#18 Comment by wen ari bener meriah :
On May 18, 2009 7:36 pm Mozilla Firefox 2.0.0.18 Windows XP

hallo wen2 ari takingen si ara i jogja.. kune kbr kam.. aq nge lemem i jogja tp gre ara demu sara peh rom pong2 ari gayo ni.. isihen ke alamat kos kam.. aq pgen crak2 rom jema gayo.. ike ara si mera kontek2 aq boh.. 0856 4383 5082. aq tgl i jalan timoho dkat balikota.. dediang i one boh…

WEN ARIGA

#19 Comment by ady :
On June 17, 2009 4:14 pm Mozilla Firefox 3.0.11 Windows XP

Danau laut tawar memeng begitu indah,dulu waktu aku diaceh banyak banget kenangan yang terlukis disana..alamnya yang sejuk ditemani semilir angin kuukir sebuah cerita cinta bersama seorang wanita yang bernama DANI, sayang Tuhan tidak menyatukannku dengannya..saat aku harus pulang kejawa hanya kenangan yang terbawa sampai kesini
DANI ANDAI KAU BACA SEMUA INI KENANGAN DI TANAH GAYO TAKAN PERNAH TERLUPA
GAYO MEMANG INDAH…………

#20 Comment by aqlima geubrina :
On June 24, 2009 1:56 pm Mozilla Firefox 3.0.1 Windows XP

duhhhh jd pengen k takengon lg..
:)
mas, ijin yaaaa mau pake link K FB qu.. se x an wat promosi aceh yg kaya neeeyyy dgn keindahan alam a…

#21 Comment by jenny dark :
On July 18, 2009 4:09 pm Mozilla Firefox 3.0.11 Windows XP

hei ponk,ike ku takingen enti lupen ku rawe boh…

#22 Comment by redi :
On July 27, 2009 12:05 am Mozilla Firefox 3.0.10 Windows XP

Slm…Takengon adalah sebuah kota yang amat bersejarah bagiku, di kota itu karirku pertama ikut MTQ XXIX tingkat Provinsi Aceh, wlo belum berhasil namun itulah kisah & pengalamanku. Klo dulu kwan2 bilang di Takengon dingin aku sich gak percaya ja, wah ternyata gila coy, bayangin ja 2 jam baru nyampe kulit rasanya uda kayak batu,hehehe,kayak di Eropa ja. lebaY,,,, wah… banyak kIsaH dech,,, jalan2 mantan pacar ampe jatuh cinta pada seseorang,,,%% sorry ya gaK bakalan gua kasih tau, soalnya cinta terlarang(aku sayang kamu),,,,,gere bete… bek coga2222>?/@,takengon it’s veryyyyy cooooooollllllllll,ummmmmmmmuchhh75x. peac be unto u

#23 Comment by jey :
On August 10, 2009 12:00 am Mozilla Firefox 3.5 Windows XP

Mang bener sih…… kota takengon kota yang sangat menyenangkan, apalagi pemuda & pemudinya masih mau kompak seperti dulu, yang senang berkumpul bersama menjaga lingkungannya, tapi sayang, seiring dengan berkembangnya jaman, samakin jauh jg dari adat yang dulu, dah gak kompak lagi,pa lagi yang kuliah keluar kota,kebanyakan yang sombong2, dah kebanyakan yang sok gaul, sanking gaulnya tuch, lupa deh dengan lingkungannya……… Coba ja masih kompak kayak dulu, kan bisa kita bangun kota kita yang indah itu,,,,,,,( pesan buat mahasiswa yang kuliah di luar nich, dimanapun, jgn lupa sama TAROK JEPANG cey…………….. )

#24 Comment by wien :
On August 19, 2009 5:26 pm Mozilla Firefox 3.0.13 Windows XP

i love takengon n i miss takengon!!!!!!kampung halaman ku tercinta

#25 Comment by Iwan Noer Poetra :
On August 27, 2009 10:33 am Mozilla Firefox 2.0.0.7 Windows XP

Takengon tanah kelahiran ku negeri gajah putih yang fenomenal dengan beragam kebudayaan dan adat istiadatnya juga berbagai kenindahan alamnya terutama danau lut tawar dengan pantai menye dan loyang koro serta legenda peteri ijo dan peteri pukes,disamping itu juga wisatawan2 yang pernah ke takengon tidak akan pernah lupa akan kopi gayonya bagi kami putra gayo yang telah lam merantau selalu akan rindu dengan cecah agur, depik kering juga rebusan taruk jepang teman2 yang punya waktu saran saya kinjungilah takengon…. pasati menyenangkan..dan akan kembali lagi selamat datang di takengon yang sejuk……….

#26 Comment by arif :
On September 10, 2009 3:04 pm Mozilla Firefox 3.0.10 Windows Vista

Dengan keindahan alam yang begitu mempesona , telah seharusnya semua pihak untuk mempromosikan tanoh gayo dijadikan sebagai daerah tujuan wisata.
tapi jangan hanya sebatas statement, yang penting kepada pihak yang berkompeten ( pemda ) agar menyiapkan prasarana / sarana yang memadai untuk daerah tujuan wisata.
semoga suatu saat bisa terwujud,
wassaalm

#27 Comment by arif :
On September 10, 2009 3:09 pm Mozilla Firefox 3.0.10 Windows Vista

Luar biasa, keindahan alam tanoh gayo ini, telah sepantasnya semua pihak untuk menjual potensi wisata ini dengan suatu kemasan yang menarik sehingga benar benar dapat diandalkan sebagai daerah tujuan wisata yang akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
semoga.

#28 Comment by ano :
On October 17, 2009 12:42 pm Internet Explorer 7.0 Windows XP

enak bangt kayanya kalu gw ke takengon rasa nya btah ,seprtinya dingin bnget ,mlebihi di puncak bogor
kbtulan gw orng jawa tulen tapi istriku kturunan aceh tngah,ya…sring dngr crita di gayo kyanya enak bnget baru crita aj enak pa lgi k takengon,kpan aku bisa k sana ,salam buat keluarga di takengon dri kluarga zaenab prumnas klender jakarta

#29 Comment by ano jakrta :
On October 17, 2009 12:51 pm Internet Explorer 7.0 Windows XP

hari sbtu tgl17/10/09
di gambir akan di adkan pesta kesenian adat gayo (didong)aku mau dtng k sana sama istri & kluarga salam untuk smua rakyat aceh tengah semoga damai sejahtra slalu.
aku lgi makan pngat kpedesan niii…..
huaaaaa………..

#30 Comment by gilang kintawar :
On October 29, 2009 2:43 am Mozilla Firefox 3.5.4 Windows Server 2003

makasi ya bg…
dengan fhoto2 ini aq bisa ngilangin rasa kangen aq sama kota kelahiran aq…

klo bsa di perbanyak lg…
makasih banyak…

#31 Comment by WIN ARIGA :
On November 23, 2009 7:07 pm Mozilla Firefox 3.1b3 Windows XP

WAH… jadi pingin pulang kmpubg nich……….

#32 Comment by wen ari rongka :
On December 14, 2009 12:48 pm Mozilla Firefox 3.5 Windows XP

kota dingin yang memukau hmmm depek’bawal’perezz masam jaeng ooo ine….mukaledi ken kota takengon..ke gere ninget kuliah i negeri ni jemani mera ulak pe renye….pong2 sahen si male kuliah or dediang ku padang/bukittinggi hub no ni boh 0852 6337 0516 kati dele urang gayo isennnini hana ngenal i urang gayo pe nge lagu ngenal jarum one jempung.KAMI MAHASISWA GAYO ARI PADANG DOOR ONE MUKALLE KEN KO TANOH GAYO KU SAYANG…BUGE TERKENAL MI KO I MATA NI DUNIE….ken edet orm syari’at lagu zat orm sipet si gere pas i pisahannnnn I LOVE YOU LAND GAYOKU…MAJU JAYA MI KO I MISS YOU…ahey wiw resam gayo ku..

#33 Comment by paisal :
On January 8, 2010 9:01 pm Opera Mini/Mobile 4.0

aku cinta takengon.tkengon kota indah,cakep

#34 Comment by mmo :
On January 22, 2010 9:45 pm Mozilla Firefox 3.0.17 Windows XP

saya selalu ingin berkunjung ke aceh tengah apalagi takengon, tempat begitu indah, ingin saya bisa ke sana lagi,dan kalo bisa sich tinggal di sana dan bekerja di sana

#35 Comment by Bunyamin :
On March 14, 2010 11:58 pm Opera Mini/Mobile 4.2.14320

Duh. . . .Jan pada lebay. .Q nak takengon. .Jan cuma muji2 pi beri perubuhan y lbi baik. .

#36 Comment by AMRI :
On March 21, 2010 8:52 am Mozilla Firefox 3.5.3 Windows XP

memang indah kota takengon yan aku juga banyak punya kenangan dgn takengon sangat menyenangkan

#37 Comment by pujiah afif :
On July 31, 2010 9:12 pm Mozilla Firefox 3.6.3 Windows XP

takengon, kapan ya aku bisa kembali kesana bertemu kedua orang tuaku dan saudaraku yang sangat aku cintai? pasti banyak perubahan dengan kota takengon soalnya dah lama ni gak pulang kampung, aku harus hidup dengan suamiku di tanjung pinang kepulauan riau. takengon….. aku kangen nih……

#38 Comment by Kopi-Aceh :
On May 18, 2011 10:11 pm Mozilla Firefox 3.6.17 Windows XP

Kopi…Kopi..Kopinya Uenak bgt Gan

#39 Comment by Kopi-Aceh :
On May 18, 2011 10:12 pm Mozilla Firefox 3.6.17 Windows XP

Kopinya…Kopinya Uenak

#40 Comment by ada deh :
On August 6, 2011 12:22 pm Mozilla Firefox 3.5.3 Windows XP

aneh deh fotonya lagi dimana cacat!!!!!!!!!!!

#41 Comment by Bunglon :
On December 17, 2014 10:12 am Opera Mini/Mobile 4.1.15082

Ga bagus aceh tengah/takengon ga eksotik bagusan samosir sumut. 10 kali lebih bagus sabang dengan pulau2 eksotik nya dan pantai2 lepas nya

#42 Comment by Iwan :
On July 4, 2017 2:45 pm Mozilla Firefox 54.0 Windows 7

kini berwisata ke Takengon sudah gampang, bisa terbang menggunakan Wings Air dari Medan ataupun dari Jakarta via Kuala Namu, Medan. pesawatnya terbang setiap hari KNO-TXE-PP.
di Takengon bisa mengunjungi beberapa objek wisata ataupun hanya sekedar mau menikmati Kopi GAYO

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.