Takengon, Keindahan Tersembunyi di Propinsi NAD

Sabang adalah daerah yang paling sering dikunjungi oleh para pendatang jika berada di Nanggroe Aceh Darussalam. Namun, masih banyak pendatang yang tidak sadar bahwa Aceh masih menyimpan banyak keindahan lain yang belum diketahui orang.

Keindahan itu seperti tersembunyi, karena terletak di wilayah tengah propinsi Aceh. Membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam perjalanan darat dari Banda Aceh menuju ke Takengon.




Melihat keindahan Takengon dari salah satu bukit


Tugu Pantan Terong, puncak tertinggi di Takengon


Pantan Terong

Ya! Takengon adalah Ibukota Kabupaten Aceh Tengah, sebuah wilayah yang terkenal dengan obyek wisata Danau Laut Tawar dan bomnya.


Danau Laut Tawar menjelang maghrib


Bersantai di Pinggir Danau Laut Tawar

Didalam danau laut tawar tersimpan pula ikan depik yang menjadi santapan masyarakat Takengon sehari-hari. Memancing dan bercocok tanam sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.


Memancing ikan depik?

Berbicara tentang Takengon akan menghabiskan banyak waktu. Karena takengon adalah salah satu wilayah di Aceh yang bisa dibilang berbeda dengan wilayah lainnya. Salah seorang wartawan Kompas sempat menuliskan tentang pernak-pernik Takengon. Mungkin anda ingin menikmati Kopi Gayo yang terkenal itu atau sekedar melihat pacuan kuda tradisional khas Aceh Tengah? Takengonlah tempat paling cocok untuk itu semua.


Danau Laut Tawar dari sisi lain

Rendra pun menyempatkan hadir di Takengon setelah melakukan konser bersama Iwan Fals di Banda Aceh.


Rasanya sulit bagi saya untuk menceritakan keindahan Takengon. Silakan nikmati foto keindahan Takengon atau foto-foto dibawah ini 🙂


Takengon dari Pantan Terong


Serasa terbang diatas kota Takengon 😀


Memasak dipinggir danau, ditemani angin semilir

Duh, kalo aja Abe baca ini. Kira-kira dia ngiler gak yah untuk jalan-jalan ke Takengon? 😀

Terima kasih kepada Wibi dan Iep dari FFI Aceh yang telah mengajak saya berkunjung ke Takengon di pertengahan Agustus 2006. Kapan kita journey lagi? 😉

92 thoughts on “Takengon, Keindahan Tersembunyi di Propinsi NAD

  1. Dudi banyak sekali “membual” tentang keindahan Aceh dan sekitarnya kepadaku, disamping beberapa “rutinitas wajib” di posko AP Banda.
    Hmmm … sebagai seorang manusia biasa, wajar jika akhirnya aku “termehek-mehek” untuk segera bertugas ke sana…

    *bersiaplah menggelar tikar untukku dud, kita menerawang, merenung, berimajinasi, dan bertukar “saleg” bersama dibawah sinar rembulan*

  2. #3. Inget banget kok rud, sangat-sangat ingat. Masih terekam sempurna di ingatanku. Acara Trekking di RCTI kan? Memandu sang Host yang bernama Cindy kan ? boncengan pake motor? Kaos biru ? Celana jeans item ? sepatu adidas ?

  3. rencana agustus mendatang di taman nasional gunung leuser dud……….sesuai request mas hn….ada undangan rafting disana………….ayooooooo anak anak buruan daftarrrrrr….;))

  4. #7. Hayooo tape diem. PR nya sudah dikerjakan apa belum? kalo sudah dikerjakan ayo sana cuci kaki tidur, besok masuk pagi!

    pe tape … gelem liquid seng tak tawarno wingenane a ? Liquid by Tjokro™

  5. Sayang itu foto superman terbangnya malah nutupin background yg bagus 😀
    Mhh, promosi terus … supaya makin banyak orang yg terjerumus … mmhhh, wes talah net, konco-koncomu kui ojo mbok ajak mblangsak, cukup awakmu ae lah … hehehehehe

  6. Tembakau Takengon ada dicoba, Dud?
    Hmmm… gw dulu pake itu buat terapi sendiri lepas dari cimeng… Harum, segar lagi… Beda sama tembakau lain.

    Takengon memang bagus. Meski kebanyakan lebih kenal dengan Sabang dengan lautnya atau kawasan Aceh Barat dengan cewe mata biru…

    *gak heran Salman betah di Teunom hohoho…*

    Eh, bukannya di Takengon juga segar-segar buat cuci mata, Dud? 😛

  7. #2: kutunggu awakmu mrene on, ‘saleg’ sudah menantikan dirimu ;))

    #7: propinsi syariat islam bos, gak boleh ada gituan 😀

    #13: aku gak terjerumus che, tapi dijorokin. kekeke.. sekarang waktunya ngejorokin orang lain, biar bisa tau rasanya kalo terjerembab =))

    #14: waktu ke takengon gak sempet cuci mata lex, kayaknya boleh juga tuh coba tembakau takengon sekaligus coba yang kau tulis ;))

  8. Ada tempat buat pasang repeater 2m band gak lo?
    Kayak di Penanjakan, Bromo.
    Waktunya YD3MXY checking-net 😀

  9. Pilau dengan penuh pohon Ganjanya gak brani ampil potonya, apa belum pernah nemu? kalo belum pernah nemu tak anter nyok!

  10. Mas..mas…buat aku seh Takengon emang indah..tapi kategorinya masih ‘biasa’…Keindahan perjalanan dari Bireun ke Takengon juga agak terganggu dengan aktivitas penggundulan hutan..Beda banget dengan perjalanan keliling Sabang sampe Nol KM NKRI..Wuih Hutannya..bener2 hutan deh…Eh, tapi kabarnya si Aceh Tengah ini mo lepas dari NAD..jadi propinsi sendiri, propinsi ALA..Dukung gak tuh Mas?

  11. sejak kapan mas bisa terbang…
    ajirin aku donk biar bisa terbang juga mudah2han jadi pembela kebenaran di hutan…:))

  12. woy urang gayo i jewe enti dewe dor entat nisen sitekek boh gelah dewe karna besotot???????????????????????????????????
    ojo gelot waeeeeeeee yoooooooooo wong gayo di jeteng!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13. Ya.. Tepat Sekali!, Takengon sangat indah. beberapa yang khas disana seperti Udaranya (16-25 derajat celcius), Kopi Gayo-nya yang sangat nikmat dan merupakan kopi organic terbaik di dunia ( http://www.kopigayo.blogspot.com ) dan masyarakatanya yang bersahabat, ikan depiknya yang merupakan ikan endemik di Danau Laut Tawar, pokoknya tiada duanya deh…

    Beberapa Menteri (saat itu) yang sempat singgah di Takengon dan Saya lihat sendiri seperti:

    1. Hari Sabarno (Mendagri) mengatakan “Keindahaan Kota Takengon seperti kota-kota lain dibelahan eropa”

    2. Susilo Bambang Yudhoyono (Menkopolkam) bilang “Kota Takengon Sangat Indah dan Masyarakatnya Penuh Pesona”,

    dan Memang harus diakui sangat indah..

    Saya pernah ke beberapa kota2 lain yang berada didataran tinggi seperti Batu/Malang-Jatim, Bukit Tinggi-Sumbar, Berastagi-Sumut, Bogor-Jawa Barat dan Liwa-Lampung dan beberapa kota lainnya di Pulau Sumatera dan Jawa, tapi masih lebih indah Kota Takengon. Takengon adalah Kota di atas Awan tepatnya berada di 1800 m dpl, Takengon Kota Yang Berada dipinggir Danau Laut Tawar yang diKelilingi Pegunungan.

    Ga Percaya? Datang Aja Sendiri.

    Atau Kunjungi http://www.gayolinge.com http://www.acehtoday.com/gayo/ atau http://www.acehtengahkab.go.id

    Takingen…oh.takingen…aku mukale ken ko…

    Salam

    Noereol
    http://www.noe-roel.blogspot.com

  14. wahhh, ternyata Takengon itu tampak asik yah…hehe sekedar cari2x info dulu, soalnya mo kesana 2 minggu lagi Dinas luarkota, hmmm dari Takengon ke beutong ada jalan ga yah?

  15. Memang benar Takengon sangat indah, 1 (satu) tahun lalu saya kesana.. nyesel lo kalo rekan 2 ke Aceh ngak mampir ke takengon. Perjalanan dari Banda Aceh 7-8 jam ckup melelahkan juga sih perlu kehati-hatian dalam mengendarai kendaraan pribadi karena disekeliling perjalanan kita terdapat jurang yang cukup terjal dan selama perjalanan terdapat tikungan yg sangat tajam, Hmm…tapi semua akan terbalas bila sudah melihat keindahan alamnya, udaranya yang sejuk dan danau laut tawar membuat kita berlama 2 memandangnya, karena terletak di daratan tinggi, kota ini mmg sangat berbeda dengan kota2 di prov NAD di pesisir pantai timur dan barat aceh. Yang jelas jelas terkena musibah sunami. Memang belum banyak wisatawan yg berkunjung ke sana karena belum tersedianya fasilitas 2 wisata yang telah di kelola dgn profesional, tetapi saya yakin 10 tahun kedepan kota takengon lebih dikenal.. ingin rasanya saya kembali berkunjung kesana.He he he.. Maju terus takengon.

  16. Saya mempunyai seorang teman yang pernah membuat pencitraan takengon dilihan dari berbagai sudut> Ternyata takengon terlihat seperti sebuah mata yg jernih jika di lihat dari atas dan hanya dari derajat tertentu.
    Wonderfulllllllll……….

  17. wahhhh…..
    thats nice dud’s…
    so good damn beauty full’

    skalian nebeng tulisan gwa ( amatir ) wkt kmaren d blang kolak, Takengon .
    skitar sbulan kmren…

    Alam Gayo berbuah kopi
    seberang danau Lut Tawar
    berkeliling bukitbukit
    hadaphadapan dengan Bintang

    burung bernyanyi di pagi hari
    jangkrik bernyanyi di malam hari
    kodok bernyanyi”””
    rintik hujan bernyanyi””
    alam semesta senantiasa bernyanyi
    melagukan kidung rindu ;
    “tentang negri di awan”

    thank u brur;
    blognya rameee…
    salam
    arya krishna

  18. bang, masih ada gak foto2 takengon beresolusi besar?

    wah indah banget ya takengon, palagi diliat dari pantan terong,

  19. #37: masih banyak sekali foto-foto takengon yang beresolusi besar. mau? mohon maaf saya gak bisa upload. silakan datang ke posko airputih banda aceh kalo tertarik dengan fotonya 🙂

  20. saya sebagai putra daerah gayo yang berdomisili di cirebon jawa barat. mengucap kan terima kasih atas publikasi teman-taman wartawan atas ke indahan kota takengan, semoga tidak bosan datang ke takengon.

  21. Ass.
    Memang benar Takengon itu sangat indah.Papa aku org Takengon asli dan saudara2 aku tinggal disana.
    Aku juga ga bosan2 pergi kesana…sekadar jln2 atau nengok nenek dan saudara.Thnks ya dah kasih foto2nya ke publik.Aku pun punya foto2 tempat wisata di Takengon.Pernah kah lihat batu menangis? Letaknya jauh sekali, ada dibukit berbatu..aku sudah kesana.Adakah yg mau ke Takengon lg, hubungi aku malla 0813 88 182 444, Insyaallah akan aku temui dan bisa bermalam di rumah ku di Takengon.
    Mksh…Wss

  22. bener deh kota takengon tuh indaaahhhh benget.ayooo sapa yang belum pernah ke takengon
    coba deh lihat keindahan nya pa lagi di puncak gunung keren abizzz.tambah kangen ma takengon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam