fixed-widthfluid-width

Script mail2sms u/ situs pribadi [Only For Satelindo Number]
Category: Tips

Buat temen-temen yang nomer hp-nya menggunakan provider Satelindo (mentari, mentari+ ataupun matrix), ternyata Satelindo menyediakan fitur mail2sms. Mail2sms sebenernya adalah fitur Satelindo yang bisa melakukan pengiriman email via sms ataupun sebaliknya. Dengan sedikit percobaan, maka fasilitas ini bisa dipampang disitus pribadi dan semua pengunjung situs bisa mengirim sms kepada Anda sebagai sang pemilik nomor. Perlu dicatat bahwa ini legal!. Gimana caranya ? ikutin langkah dibawah ini dah….

Pertama
Daftarkan nomor hp yang anda miliki di http://vcom.satelindogsm.com/filter/register.jsp. Selanjutnya anda akan mendapatkan password/key yang dikirimkan ke hp anda. Catat baik-baik password tersebut. Jika anda sudah menerima password, maka secara default anda telah memiliki sebuah alamat email berupa nmrhp_anda@satelindogsm.com (contoh punyaku: 08155508301@satelindogsm.com).

Kedua
Loginlah dengan menggunakan nomer hp dan password anda pada http://vcom.satelindogsm.com/filter/login.jsp. Anda akan dibawa ke sebuah menu untuk mengelola account anda. Pada tahap ini anda diminta untuk mengisi tiga alamat email yang anda ijinkan untuk bisa menggunakan fitur mail2sms. Isikanlah tiga alamat email tersebut. Misalkan saja Anda mengijinkan gue@yahoo.com. Simpan konfigurasi tersebut dan logout-lah

Ketiga
Pada tahap ini, cobalah buka email gue@yahoo.com dan kirimkan email kepada nmrhp_anda@satelindogsm.com. Yang perlu anda isikan hanyalah alamat email tujuan (misalkan 08155508301@satelindogsm.com), subject dan body message (optional). Misalkan sebagai berikut :

From: gue@yahoo.com <– email yang sudah anda ijinkan pada account anda
To: 08155508301@satelindogsm.com
Subject: tes sms
Body messages: sms buat hp pribadi.

Selanjutnya kirimkan email tsb. Jika email tsb terkirim dengan sukses, maka tidak lama kemudian hp anda akan berbunyi karena menerima sms :). Simple bukan?

Keempat
Pertanyaannya sekarang…. bagaimana untuk menyajikan fitur ini disitus pribadi? Jawabannya adalah gunakan PHP dengan fungsi mail. Simpel kan?….

Setelah membaca manual php tentang fungsi mail dijelaskan sbb:

mail(“to”,”subject”,”body”,”add_header”);

to
alamat email yang dituju (isikan dengan alamat nmrhp_anda@satelindogsm.com)

subject
isikan subject email yang ingin anda kirimkan.

body
Isikan dengan body messages yang ingin anda kirimkan

add_header

Isikan dengan nama situs anda dan alamat email yang anda ijinkan untuk menggunakan fasilitas mail2sms (dalam hal ini adalah alamat email gue@yahoo.com)

Contoh:
mail(“08155508301@satelindogsm.com”,”tes sms”,”percobaan kirim sms dari situs”,”From: Situsku <gue@yahoo.com>>”);

note:
add_header harus dituliskan lengkap dengan From: NAMA <EMAIL@DOMAIN.COM>. Hal ini disebabkan ada beberapa hostingan yang mengharuskan bahwa mail terkirim dengan header FROM:.

Secara default, jika email yang anda kirimkan lebih dari 160 karakter, maka email akan dikirimkan secara beberapa kali (per tahap) ke hp anda. Gunakan javascript jika ingin membatasi maksimal karakter yang diketik hanya 160 karakter (bisa mencontoh dari form sms milik 1rstwap.com).

Untuk listing source code sederhana yang udah aku coba silahkan lihat di http://dgk.impalaunibraw.org/html/mail2sms.html, silahkan kembangkan lagi sesuai kebutuhan yak :p

BTW, baru sempet kepikiran kayaknya fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk monitoring server dengan menggunakan bash scripting, mail, cat dan crontab. Nah sapa yang mau buat tutorialnya? :p

December 16, 2004 @ 3:03 pm

9 Comments

#1 Comment by Thomas :
On September 21, 2005 3:31 pm Mozilla Firefox 1.0.1 Windows XP

lumayan bagus menunya;)

#2 Comment by Ade :
On September 21, 2005 3:35 pm Mozilla Firefox 1.0.1 Windows XP

cukup cantik tp lebih cantik diriku=))

#3 Comment by supri :
On February 1, 2006 8:27 am Internet Explorer 6.0 Windows ME

mas link listing source nya ko ga bis dibuka?:(

#4 Comment by dudi :
On February 1, 2006 4:44 pm Mozilla Firefox 1.5 SuSE Linux

iya emang udah gak aktip, sebab layanan ini juga udah gak berlaku maneh :)

#5 Comment by sherly :
On February 20, 2006 5:05 pm Internet Explorer 5.5 Windows ME

Wa boleh juga ada situs di Hp enak gt lo bisa kirim email sewaktu-waktu ada keperluan penting bisa langsung ke hp gak perlu lagi cari warnet tapi biayanya besar gak ya he he he:)

#6 Comment by Aes el-Barca :
On April 13, 2006 11:31 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

Bagaimana caranya bertukar link dengan website anda ?:d

#7 Comment by elan :
On May 11, 2007 8:22 am Mozilla Firefox 1.0.4 Windows 98

bagus

#8 Comment by melia :
On September 7, 2007 2:42 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

Wa………keren juga tuch!!!.
lumayan… nambah ilmu pengetahuan nech!!!

#9 Comment by mbah gendeng :
On June 18, 2008 2:25 am Mozilla Firefox 2.0.0.14 Windows XP

bisa d coba tuh

thanks

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.