fixed-widthfluid-width

Instalasi Driver Nvidia di Fedora Core 3
Category: Linux,Tutorial

Jika anda pernah melakukan instalasi driver nvidia pada distro redhat 9, fedora core 1 dan fedora 2 tentu anda akan berkomentar bahwa instalasi driver nvidia tidaklah rumit.

Lalu Bagaimana dengan di Fedora Core 3 apakah semudah pada distro sebelumnya?, Jawabannya ada pada lanjutan tulisan ini.

Secara teori seharusnya di Fedora Core 3 akan lebih mudah atau minimal tingkat kesulitannya setara pada versi distro sebelumnya. Namun pada kenyataannya TIDAK ! [Catatan: Ketika anda membaca artikel ini diasumsikan anda sudah mengerti proses instalasi driver nvidia -baca artikel saya tentang instalasi driver nvidia di linux-]

Proses instalasi tidaklah berbeda seperti artikel yang saya tulis sebelumnya (silahkan baca di arsip artikel). Namun ternyata setelah linuxbox di reboot ternyata tidak mau masuk ke init 5 (GUI).

Usut punya usut kenapa hal seperti ini bisa terjadi karena bentroknya Red Hat Graphical Boot (RHGB) screen dan modul nvidia. Selain itu pada saat proses instalasi driver nvidia pun disebutkan bahwa module rivafb sudah include ke dalam kernel dan di load secara otomatis tiap kali booting. Dan dituliskan bahwa driver/module nvidia tidak akan bekerja dengan baik (konflik) jika module rivafb juga di load.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar driver nvidia berjalan sempurna, antara lain :

  1. Kompile ulang kernel tanpa module/driver rivafb
  2. Modprobe secara manual modul nvidia dan letakkan pada /etc/rc.d/rc.local, sehingga tiap kali booting driver ini akan di load. Hanya saja sayangnya ini kurang rapi karena tiap kali booting akan ditampilkan satu baris stdout dari modprobe nvidia
  3. Buka script /etc/rc.d/rc.sysinit dan tambahkan pada baris-baris terakhir sbb : load_module nvidia Cara ini hampir sama seperti pada cara kedua hanya saja tidak akan ditampilkan satu baris stdout (terlihat lebih rapi)
  4. Jika anda memiliki koneksi internet yang baik, lakukan langsung updating dengan menggunakan yum dengan mengetikkan sbb pada console : yum install nvidia-glx kernel-module-nvidia-(uname -r)

Dari ketiga cara di atas, saya menggunakan cara nomor 3 and as always it works for me :p. Dari hasil googling ternyata saya juga menemukan beberapa trik yang diterapkan orang lain untuk menyelesaikan kasus ini dengan cara sebagai berikut :

  1. Pada saat booting, editlah parameter pada grub dengan menekan tombol “e”, selanjutnya hilangkan parameter ‘rhgb’ dan lanjutkan proses booting
  2. Masuk pada mode teks (init 3)
  3. Ketik ‘modprobe nvidia’ (tanpa kutip) untuk meload modul nvidia
  4. Ketik ‘cp -a /dev/nvidia* /etc/udev/devices/’ (tanpa kutip)
  5. Masuk pada mode GUI (init 5)
  6. Coba reboot dan pastikan sekarang bisa langsung masuk init 5
  7. Jika tidak berhasil pastikan semua prosedur sudah benar dari awal dan coba kembali

Referensi: http://www.fedorafaq.org/
http://www.nvnews.net/vbulletin/showthread.php?t=40622

January 4, 2005 @ 10:23 pm

2 Comments

#1 Comment by debz :
On March 28, 2007 7:38 pm Mozilla Firefox 1.5.0.9 Windows XP

kenapa sih stlh saya instal fedora core 3 yang terjadi adalah GRUB, sudah berulang kali diinstall pun tetap begitu, apa solusinya?

#2 Comment by dudi :
On March 29, 2007 8:10 am Mozilla Firefox 1.5.0.10 Fedora Linux

#1: maksudnya yang terjadi adalah GRUB itu gimana ya?

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.