fixed-widthfluid-width

Aplikasi GIS di Linux
Category: Free/Open Source,Linux
Tags:

ArcInfo, MapInfo ataupun ArcView adalah aplikasi GIS (Geographic Information System) yang cukup sering dipergunakan oleh Engineer. Aplikasi ini berjalan pada sistem operasi Windows 9x/NT/2000/ME/XP. Pada prinsipnya keluaran dari aplikasi ini adalah sebuah data digital yang dapat dipergunakan untuk keperluan lebih lanjut seperti perencanaan, evaluasi ataupun analisis. Lalu bagaimana di Linux? adakah aplikasi sejenis….?

Jawabannya adalah…. ADA !

Geographic Resources Analysis Support System yang lebih sering disebut dengan GRASS adalah Sistem Informasi Geografis yang dipergunakan untuk manajemen data, prosesing image, memproduksi grafik, model spasial dan juga untuk visualisasi bermacam-macam tipe data. Aplikasi ini dibawah lisensi GNU/GPL.

Aplikasi ini pada awalnya dikembangkan oleh U.S. Army Construction Engineering Research Laboratories (USA-CERL, 1982-1995), dimana USA-CERL adalah cabang dari US Army Corp of Engineers. Pertama kali dikembangkan, aplikasi ini digunakan untuk perencanaan tata guna lahan dan juga perencanaan lingkungan oleh militer. Selanjutnya GRASS berkembang menjadi sebuah aplikasi yang powerful dan digunakan untuk berbagai kepentingan riset ilmu pengetahuan. GRASS saat ini dipergunakan oleh kalangan akademik dan juga para pebisnis diseluruh dunia. Beberapa diantaranya yang menggunakan GRASS adalah NASA, NOAA, USDA, the National Park Service, the U.S. Census Bureau, USGS, dan juga beberapa perusahaan konsultan lingkungan ataupun engineer.

GRASS memungkinkan penggunanya untuk menganalisis, menyimpan, mengupdate, membuat pemodelan dan menampilkan data secara cepat dan mudah. Meskipun pada awalnya aplikasi ini dipergunakan untuk perencanaan tata guna lahan namun tidak menutup kemungkinan aplikasi ini dipergunakan untuk kepentingan engineering lainnya seperti hidrologi, geologi, fisika, statistik, sensor remote atapun yang lainnya.

Sejalan dengan perkembangan dan popularitas GRASS yang semakin meningkat, maka Tim Pengembangan GRASS juga berkembang menjadi sebuah Tim Multi-Nasional yang terdiri dari berbagai Negara. Tim Pengembang saat ini sedang mengembangkan versi GRASS terbaru. Saat artikel ini ditulis versi terbaru GRASS (stable) adalah 5.0.2 sedangkan versi Beta/CVS-nya adalah 5.1. Selain itu Tim Pengembang GRASS juga membuat beberapa manual dan juga dokumentasi mengenai aplikasi ini. Boleh dibilang untuk masalah manual, tutorial dan dokumentasi GRASS memilikinya secara lengkap (TOP BANGET dah untuk masalah yang satu ini).

GRASS berjalan dengan menggunakan standard input data berdasarkan apa yang diketikkan (Command Line Input/Command Line Interface or What You See Is What You Type :P~), namun beberapa command juga memiliki GUI (Graphical User Interface) yang berbasiskan Tcl/Tk. Versi 5.0.2 untuk beberapa command di GRASS masih berbasis Command Line Input, sedangkan pada versi 5.1 hampir semua commandnya telah memiliki GUI. GRASS juga berjalan pada platform Windows NT/2000 dengan menggunakan Cygwin (masih dalam tahap experiment). GRASS juga memungkinkan penggunaan shell script sehingga user ataupun programmer dapat membuat sebuah aplikasi baru dan mengkoneksikan GRASS dengan aplikasi tersebut.

GRASS sangat ideal dipergunakan kalangan engineer untuk perencanaan tata guna lahan. Seperti aplikasi GIS lainnya, GRASS juga mampu untuk menampilkan/memanipulasi data vector seperti jalan, batas daerah dan yang lain. GRASS juga dapat digunakan untuk menghasilkan sebuah peta digital yang dapat di update sewaktu-waktu. Fitur lain yang tersedia dalam GRASS adalah dapat menggunakan raster, cell ataupun data. Fitur ini sangat penting dalam analisis dan design data spasial. Disamping itu, aplikasi ini juga mampu untuk membuka dan menyimpan peta/data pada berbagai aplikasi proprietary GIS lainnya seperti ARC/Info dan Idrisi (Proses Export/Import hasil output).

Arsitektur Prosesor dan Sistem Operasi yang didukung oleh GRASS

Arsitektur:

Intel x86, Motorola PPC, SGI MIPS, Sun SPARC, Alpha AXP, HP PA-RISC, CRAY, dll.

Sistem Operasi:

Linux/Intel, Linux/PowerPC, Solaris/SPARC, Solaris/i86, SGI IRIX, HP UX, Mac OS X (Darwin), IBM AIX, BSD-Unix variants, FreeBSD, CRAY Unicos, iPAQ/Linux handhelds dan unix clone lainnya (32/64bit), termasuk juga Windows NT/Cygnus.

GRASS ditulis dengan menggunakan Bahasa C disertai dengan dokumentasi C-API termasuk JAVA interface. Sementara untuk GUI menggunakan Tcl/Tk.

Source code dan paket binary GRASS dapat didownload di http://grass.itc.it/download.html.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai GRASS silahkan kunjungi Official Site-nya di http://grass.itc.it/.

March 1, 2005 @ 9:40 pm

20 Comments

#1 Comment by Gempur SR :
On March 9, 2005 10:03 am Mozilla Firefox 1.0.1 Windows XP

Agak canggung juga kalo pake GRASS ini,
apa lagi yang terbiasa GUI :D

Dah coba GIS Knoppix Mas …

#2 Comment by dudi :
On March 9, 2005 4:03 pm Mozilla Firefox 1.0.1 Windows XP

1: Kalo yang terbiasa dengan arcInfo mungkin akan terbiasa dengan interface grass. sebab sama-asma menggunakan CLI (Command Line Interface).

GIS Knoppix sebenernya saya udah download sejak lama, cuman sayangnya saya belum jelajahin semua fitur-fiturnya. Masih belum ada waktu nih.

Dulu sempet kepikiran, gis knoppix ini di install di harddisk, kemudian peta dasarnya diganti dengan peta yang kita mau, kemudian di remastering ulang.

Nah dengan cara begitu kita bisa presentasi tentang webgis hanya bermodalkan satu buah cd aja. Sayangnya sampe sekarang masih belum ada waktu untuk merealisasikannya :))

Ntar deh seandainya ada waktu dan sempat iseng remastering knoppix saya kabarin (tapi gak janji ya :p)

#3 Comment by jauhari :
On June 10, 2005 7:56 am Mozilla Firefox 1.0.4 Windows XP

no comment for a moment

#4 Comment by ADI :
On August 7, 2005 9:36 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

PENGEN BELAJAR GIS DARI AWAL MAKLUM BARU PEMULA
:):d;):-\

#5 Comment by GISSMALLWORLD :
On August 21, 2005 10:49 am Mozilla Firefox 1.0.4 Windows 2000

Pakai aja GIS GE SMALLWORLD. bisa di windows dan bisa juga di Unix/LINUX

Buat satu aplikasi .. bisa jalan di berbagai platform

menggunakan scripting dengan editor GNU Emacs

#6 Comment by samy saiba :
On December 17, 2005 9:53 pm Mozilla Firefox 1.0.7 Windows 2000

apa ada kursus GIS…..?
dimana….?
besarnya biaya…?
programnya apa saja…?

#7 Comment by Asep Hadiyana :
On December 28, 2005 8:20 pm Mozilla Firefox 1.0.4 Fedora Linux

Mas/Kang dudi, menarik juga GRASS ini saya udah coba yang di knoppixnya, tapi ada masalah waktu pindah di Fedora core 4, pusing nginstallnya..
Kalo boleh bisa kasih tips nginstall di fedora gmn?
Kebetulan, Tugas Akhir saya juga mo pake GRASS.
Thanx sebelumnya

#8 Comment by fitri :
On August 12, 2006 11:14 am Internet Explorer 6.0 Windows XP

Pengen belajar GIS pake GRASS, dimana?Ada yang bisa bantu???? Btw aku dikit-dikit dah bisa ArcView, tapi kan itu under windows???? apa GRASS mirip-mirip ArcView juga???

#9 Comment by hari :
On September 13, 2006 4:08 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

Mas, Informasi kursus Arcview nya dong… Klo bisa yang dijakarta or di bandung gitu. Tx

#10 Comment by dame :
On September 13, 2006 4:42 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

thans untuk informasinya, semoga tetap maju dan mengembangkan GIS di indonesia

#11 Comment by malingjbg :
On February 20, 2007 10:51 am Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

good

#12 Comment by hendra :
On April 18, 2007 2:55 pm Mozilla Firefox 2.0.0.3 Windows XP

bisa ngak buat maping kesenian. Kami pingin sentra-sentra seni di Indonesia

#13 Comment by Riezma :
On June 6, 2007 6:10 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

Ada tempat kursus program arcview atau MapInfo di jakarta gak? mhn infonya. Tq

#14 Comment by techoest P99 :
On June 7, 2007 8:07 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

sam, aku ora ngerti blas opo iku GIS…arcview…Map..dkk opo mane grass wes ora ngerti blas, lha samean biyen pas di bantaran gak tau ngajari aku…….ayas di ajari bokep tok….

#15 Comment by bayu_kr :
On July 11, 2007 1:17 pm Mozilla Firefox 2.0.0.3 Ubuntu Linux

dulu aku pernah coba GRASS di windows pake cygwin, sekarang mau coba di Linux,, selain GRASS ada juga aplikasi GIS lain seperti QGIS, JUMP, dan MapWindow.

#16 Comment by tanu :
On July 18, 2007 8:31 am Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

Ada yang tahu GeoSky…and dimana bisa didapat..??

thanx
tanu

#17 Comment by tanu :
On July 18, 2007 8:32 am Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

ada yang tahu Geosky….and di mana bisa didapat..???

#18 Comment by sagung :
On July 28, 2007 12:17 am Mozilla Firefox 2.0.0.4 Windows XP

Aplikasi GIS yang bisa disambungkan ke JAVA ada Pak? Apa namanya? download dimana?

#19 Comment by juhanz :
On August 8, 2007 2:41 am Internet Explorer 6.0 Windows XP

bleh bantu saya..apa pula kepentingan GIS dalam pendidikan??

#20 Comment by sutira :
On February 26, 2008 2:35 pm Mozilla Firefox 2.0.0.6 SuSE Linux

saya dulu pakai mapinfo…pas coba GRASS …jadi bingung…CLI bro…..

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.