Dunia Hacker di MetroTV

Gak lama setelah saya di wawancara oleh Radio 68h, sekitar pukul 24.05 saya mendapat sms dari rekan dan saya disuruh melihat acara di MetroTV (waduh ternyata MetroTV belum punya situs :()

Akhirnya karena rasa penasaran, saya liat juga MetroTV dan ternyata topiknya adalah Dunia Hacker dan kebetulan yang menjadi nara sumber adalah Kennen Sufi (ini tambahan dari Idban, cuman saya gak liat pas nara sumbernya Kennen Sufi) dan Fernandus. Fernandus sendiri dalam acara tersebut tertulis sebagai Pengamat Komunitas Cyber/Hacker? (sorry saya agak lupa, kalo ada yang inget tolong di koreksi). Dari hasil googling dengan keyword fernandus pengamat saya cuman mendapatkan link tersebut dan itupun bukan official site beliau. Ada yang tau sapa beliau?. BTW, saya juga googling Kennen Sufi tapi gak mendapatkan informasi apapun tentang dia.


Wah, terus terang topik ini menarik sekali bagi saya, apalagi saya juga habis di wawancara. Namun yang membuat saya terkejut ketika Fernandus ditanyakan oleh pembawa acara apa itu phreaking ternyata dia gak bisa menjawab. Oh… My God…. bahkan ketika ditanya lebih lanjut apa beda cracking dan phreaking ternyata dia bilang itu sama saja. Waduh,…. terus terang saya malu melihat dia sebagai nara sumber tetapi tidak tahu perbedaan phreaking dan cracking. Seandainya Fernandus memang tidak tahu arti phreaking akan lebih baik jika ia mengatakan tidak tahu. Justru statement yang ia berikan dengan mengatakan phreaking dan cracking sama saja semakin menyesatkan pemahaman para pemirsa / penonton MetroTV. Mungkin link ini dapat membantu pemahaman apa itu phreaking. Sedangkan link ini dapat membantu pemahaman tentang cracking yang dimaksud pada pembicaraan itu.

Saya pikir hanya itu saja yang terlihat memalukan pada acara tersebut, namun justru tambah memalukan ketika ada live show langsung dari salah satu Warnet di Jawa Barat. Sang pembaca acara mengajak berbicara salah satu user dan berbicara tentang teknik hacking / cracking. Namun, apa yang terjadi? semua yang dijelaskan dan diterangkan oleh si user semuanya jauh sekali dari teknik hacking dan cracking. Ih, lagi-lagi saya sampai malu melihatnya. Bayangkan saja dia hanya menunjukkan kode-kode HTML pada sebuah situs dengan mengklik View Source (ih, mana masih pake browser IE lagi, jadi tambah malu2in aja :p) dan dia berkata bahwa untuk merubah isi suatu situs sangat gampang karena kita tinggal merubah semua kata-kata yang ada dalam kode tersebut? Oh…. God…. saya sampai geleng – geleng kepala. Kalo begini caranya definisi hacker akan melenceng jauh sekali dari aslinya.

Belum selesai dagelan itu dan ternyata masih berlanjut dengan cara merubah foto salah satu penyiar MetroTV yang ada di Friendster. Dia bilang begini: “gampang sekali untuk merubah foto ini, pertama kita save as, kemudian kita olah pake ini (photoshop) kemudian kita upload (sambil diperagakan oleh dia). Wahahahahaha, saya tertawa terbahak-bahak melihatnya. Eh, itu sih anak SD di Malang juga mengerti dan itu bukan teknik hacking / cracking. Sekarang pertanyaannya adalah gimana caranya mau upload foto itu kalo elo gak tau password dan username ftp friendster? oh… come on man…..

Itu baru sebagian kecil yang bisa saya komentarin. Yang lebih penting apakah si user tersebut mengetahui perbedaan hacking, cracking, script kiddies dan sejenisnya? Ini penting sekali agar para penonton MetroTV tidak dibodohi oleh pemberitaan seperti itu. Kok sepertinya MetroTV harus berhati-hati dalam memilih nara sumber nih. Setelah acara E-Life Style dengan pembawa acaranya KRMT Roy Suryo Notodiprojo yang sering di sindir banyak orang, eh sekarang muncul berita beginian.

Pada saat itu juga saya langsung sms dan mencoba telpon ke MetroTV, minimal saya bisa mengklarifikasi langsung kepada person yang bersangkutan, namun ternyata sms saya tidak tampil di tv, dan line telpon pun terlalu sibuk. Huh!, kayaknya saya harus kirim email ke MetroTV nih untuk bertanya dan minta kejelasan tentang nara sumber tersebut.

Ntar, gue kabarin deh kalo dapet balesan email dari MetroTV. Yang jelas, setelah tulisan ini gue susun gue langsung bikin email buat MetroTV.

Wah, terus kalo mau menghubungi / protes ke MetroTV gimana caranya ya? sialan juga nih

82 thoughts on “Dunia Hacker di MetroTV

  1. Gila juga tuh orang asal nyablak aja, aku pas liat acara itu abis dikasih tau ama tehjie..woah..betul2 gak seru dan tambah gemes aja. Ah bodo bener Metro TV nyari nara sumber kayak gitu, mending waktunya buat sinetron ajah!! Lebih bodo nara sumbernya tuh daripada anak2 operator warnet depan kantor gue…busyet!!

  2. yah, maklum lah, namanya juga dunia hacker bisa dikatakan terselubung (underground). Dari cara kerjanya aja kan musti tetep tersembunyi, jadi kalo ada yang sampe masuk tipi barangkali namanya bukan hacker lagi, tapi pengamat security internet, atau org yang baru tertarik pengen tau lebih banyak dunia hacking, yah.. dari situ kan bisa dikira-kira fernandus itu masuk kategori yang mana. 🙂

  3. wah, apanya ya?
    Itu trackback gue diatas lancar-lancar aja.

    Priyadi trackback ke tulisan gue yang sebelumnya lancar, gempur trackback ke tulisan gue sebelumnya juga lancar. tapi kok elo gak bisa ya?

    Wah, kayaknya emang kudu migrasi ke wordpress kali ya? :)).

  4. mau dong no telponnya sandra ….. hahahahahahhaha … ps buat maxell nek kape ngisi komen melek sik matane le …. bwedhies .. asal ngablak ae

  5. #11: iya, kemarin aku juga kelupaan minta nomer telponnya sandra. BTW, perasaan sandra itu ada di tulisan sebelumnya ya? kok nyasarnya kesini ya?

    Hahakz….

  6. makin bangga aja jadi temen dudi. makin ngetop, kalah deh yang laen… udah siap jadi host acara IT di TV dud? hi dud!

  7. Dudi : akibat lank link lunk 😛 sampe di link ke 2 baru komen, soal e liat ada maxell .. hahahaha

    *menunggu Dude masuk ke Metro Tv* .. Hi Dude???

  8. Lha iyah itu, gimana nih narasumber yang dipakai oleh Metro tuh, lha wong orang yang lagi dalam keadaan normal aja gak ngerti sama penjelasannya, apa lagi kami-kami yang di care.NET (sekali lagi maap) lagi mendem malah gak paham apa apa, malahan Si Narasumber tuh keliatan wajahnya penyok semua, bener gak ??? Ato mungkin cuma mata gue dan temen2 aja salah melihat. hehehe
    kalo disuruh jadi narasumber masalah Jomblo siap gak nih ?? 😛

  9. #17: maaf, saya tidak akan melayani kata-kata yang dikirimkan oleh email gratisan, jadi percuma saja dan tidak ada gunanya???.

    Hahakz…..

  10. gue stuju, kayaknya dudi lebih pantes deh jadi narasumber (pakar multimedia) drpd RS ato si ‘Ndus itu. lebih kompeten getu lohhh…

    Hi Dude??? 😛

  11. #19: kata-kata anda terlihat bahwa anda tidak berpendidikan dan lebih mengutamakan emosi untuk berdiskusi. apalagi anda menggunakan email gratisan. Sepertinya anda tidak suka dengan apa saja yang saya kerjakan.™

    Salam hangat dari Purwantoro™

  12. Wah, untung gwe gak punya saluran ke metro TV, entar kalo ku liat acara kayak gituan, ku bisa kut-ikutan goblok, wuahahahaha=))=))=))

  13. GUBLOKKKKK…………………..
    itu Narasumber….apa..narapidana…sih……:))

  14. waduhh.. gue ga nonton tuh ihaihwihwaihhiwhwihawhiihw.. ketawa aja deh 😀 .. view source ? tuker poto ep es? astaga… =))

  15. hacker please deh g dapet tugas kul yang judulnya positif and negatif seorang hacker duh nyarinya ma nyimpulinnya susah banget nih dah yg mo bantuin gak?????:-\:-<:-s:-s

  16. =))=))=))=))
    emang hacker itu kayak gitu ta????……….=))=))=))
    coba ngehack para dosen dosen killer…:#-o#-o#-o#-o

  17. hacker =)) paan sih tuch#-o
    bisa ngebadain gak seh mana hacker mana crecker dan mana tukang masak =))
    ada saran neh
    dari pada lo lo pade jadi penguntit dunia maya mendinggan lo lo pade jadi tukang masak atau apa ke
    =))geli bgt gw ngedengernya

  18. Boleh aja hecker kalo ang di heckerin kalangan tertentu…
    males ahhh…ngomongin gituan…
    mendingan nanya ma metro neh… kok gak mau nayangin mentri yang ngeluarin KepMen tentang Asuransi TKI ???? dulu metro pernah tuh jadi pahlawan sewaktu nanain tentang asuransi ma pak jacob (mentri naker nang dulu)

  19. emangnya lagu serieus apa??? =))=))=))=))=))=))=))=))=))=))=))=))=))=))=))=))=))=))=))=))=))fernandus….fernandus….kasihan banget lu jadi orang…..jadi bahantertawaan semua orang di seluruh dunia

  20. hahhh… klo Metro TV mah ketauan… x( Emang dr dulu isi acaranya gak bener. Biarpun ngakunya TV berita… beritanya jg gak selalu bisa dipercaya. Saya juga sudah malas nonton tuh TV. Mana pembawa acaranya banyak yg kurang sopan pas wawancara… sok tau…:p

  21. 😕 Nddus, saluttttt…lo dapat kibulin media top, artinya si ndus dapat meyakinkan bagaimana dia jadi narasumber…salut…mtro tv di hack..alias dibodo-bodoin…..=))=))

  22. mas……thank’s atas tulisan nya,,,,saya hanya pengen tanya,,,,nih!!!

    antara unix dan linux yang mana paling bagus untuk hacking

    trus boleh saya tau tentang cara2 phreaking…

    atas pencerahannya saya ucapkan terimakasih

  23. man thanks buat tulisannya
    gue mo nanya nih
    emang bedanya phreaking ama cracking ntu apa sih?
    thanks man….

  24. hello
    gue baru nih,, di dunia hacking cuma
    ada yang bisa gak yah hacking in password seseorang di friendster atau pengen ngerubah password seseorang ..
    kalo ada yang bisa tolong bantu oke
    tenang nanti ada bayarannya deh yah,,,,

  25. Sepertinya tulisan Eric Steven Raymond “How To Become A Hacker” masih up-to-date dan perlu disebarluasin lagi ya? Kasihan image hacker rusak karena komentar orang yg sok tau!

  26. Apa yah hacker(pengaman), cracker(perusak) ? Hacker, cracker sama IT(Informasi Teknologi) hampir sama kok, cuma beda sifat,… TERGANTUNG ORANGNYA SIH GUA BILANG, OBRAK ABRIK WEB Bisa gunain PHP, SQL or HTML,.. tinggal dipil2x. Sama kreatif orangnyanya juga kalo jago ga bisa kreatif biasaanya mate code di tengah jalan dan itu banyak sekali kejadiannya.,,, wkakakkakk. Sobek2x nih dasar NDeso

  27. wekekeke,:) Ceritanya empat mata pindah di Metro TV?! Fernandus bintangnya ne? wkwkwkwk……..!!!

  28. wah, tukul bisa dapet patner baru nih! tema-nya “what’s d’different of hack and crack”.

  29. trus,,,g’ mn cara mudah ato tempat yang menyediakan untuk mempelajari tenteng hacking….saya kepingin belajar nih…tapi saya g’ mau itu dianggap cracking..karna banyak orang yang memanggap hacker adalah cracker……
    saya di jogja..tolong beritahu tempat ato kumpulan hacker’s….
    saya sangat tertarik dengan dunia hacking
    please di blz komentarku ini….
    sampai kepingin belajar itu saya sampai mempelajari web id,,seperti web yang saya tampilkan ini….apa ini merupakan awal yang baik…???????????????????????

  30. emang acara itu msh ada yah? kalo msh ada mending di ganti acara film kartun deh.. =)) entar juga ngakaknya juga sama.. =)) =))

    buat mas adjie_kabier setau saya kumpulan hacker di jogja tuh namanya Jogja Family Code. sitenya http://www.yogyafree.net.

    Metro TV vs Tukul =))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam