Sony Ericsson T610, GPRS dan IRDA pada Fedora Core 3.0

Saat ini kebutuhan akses internet yang murah, meriah dan cepat bagi sebagian kalangan pecandu internet (seperti saya) di Indonesia adalah kebutuhan yang mutlak. Mahalnya harga bandwidth di Indonesia dan juga mahalnya infrastruktur internet di Indonesia mungkin menjadi salah satu penyebab kenapa jumlah pengguna internet di Indonesia masih jauh dibawah rata-rata.

Namun saat ini dengan bermunculannya operator telpon selular yang mengeluarkan paket internet bisa menjadi salah satu solusi untuk berinternet dengan murah meriah. Matrix sebagai salah satu produk dari Indosat/Satelindo, telah lebih dahulu memperkenalkan akses internet menggunakan GPRS dengan tarif flat 25.000 / bulan. Namun saat ini tarif tersebut telah berganti menjadi 200.000 / bulan.

Bagi sebagian kalangan mungkin tarif 200.000 / bulan tergolong mahal, namun bagi yang maniak internet (lagi-lagi seperti saya) harga tersebut tergantikan dengan koneksi internet yang 24 jam terus menerus tanpa henti dan tidak dibayang-bayangi oleh pulsa yang melonjak jadi mahal. Artinya apa? bagi saya pribadi artinya adalah saya bisa mendownload dari internet file sebesar apapun tanpa ada ketakutan pulsa yang membengkak. Arti lainnya adalah saya bisa berkomunikasi dengan teman-teman saya melalui yahoo messenger online selama 24 jam. Dan yang lebih terpenting adalah saya dapat mengecek email kapan saja dan dimana saja saya mau.

Oke, stop talking basa-basi :D. Sekarang kita beralih ke masalah teknis. Sebenarnya artikel ini merupakan bentuk dokumentasi saya waktu mengkonfigurasi PC milik rekan saya Haryadi di kantornya Pelangi Network untuk terkoneksi dengan Sony Ericsson T610, GPRS dan IRDA pada Fedora Core 3.0. Sekarang kita mulai tahap-tahap yang sudah saya lakukan waktu melakukan proses instalasi.

* Colokkan Kabel IRDA pada port USB yang ada pada pc
* Booting linux dan biarkan proses booting berjalan secara normal
* Login ke linuxbox dengan menggunakan priveleged root
* Ketikkan sebagai berikut pada terminal anda:

[root@anu:~] dmesg

Cari baris-baris yang kurang lebih seperti dibawah ini:

drivers/usb/serial/usb-serial.c: USB Serial support registered for PL-2303
pl2303 2-2:1.0: PL-2303 converter detected
usb 2-2: PL-2303 converter now attached to ttyUSB0
usbcore: registered new driver pl2303
drivers/usb/serial/pl2303.c: Prolific PL2303 USB to serial adaptor driver

* Terlihat bahwa ternyata Devices Infrared yang dimiliki telah mendukung linux
* Untuk itu diperlukan beberapa cara agar meload driver infrared ini, cara yang saya lakukan adalah mengetikkan beberapa syntax seperti dibawah ini:

modprobe pl2303
modprobe irda
echo 9600 > /proc/sys/net/irda/max_baud_rate
modprobe irtty-sir
modprobe ma600-sir
modprobe ircomm-tty
irattach /dev/usb/ttyUSB0 -s

* Untuk memudahkan, saya menyimpan syntax-syntax tersebut ke dalam sebuah file bernama ‘rc.gprs’ dan saya letakkan pada direktori /etc/rc.d/. Selanjutnya saya mengetikkan berikut pada command prompt:

[root@anu:~] chmod 755 /etc/rc.d/rc.gprs
[root@anu:~] echo "/etc/rc.d/rc.gprs" >> /etc/rc.d/rc.local
[root@anu:~] /etc/rc.d/rc.gprs


* Selanjutnya adalah membuat koneksi dial up dengan wvdial dengan mengisi /etc/wvdial.conf sbb:

[Dialer Defaults]
Modem = /dev/ttyUSB0
Baud = 9600
Init1 = AT+cgdcont=1,"ip","satelindogprs.com"
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
ISDN = 0
Modem Type = Analog Modem
Phone = *99***1#
Username = ""
Password = ""

* Jika sudah yakin semuanya terisi dengan benar, jangan lupa tambahkan Nameserver satelindo pada file /etc/resolv.conf:

search mylinux.net
nameserver 202.152.162.250
nameserver 202.152.162.66

* Selanjutnya adalah mengetest koneksi internet dengan mengetikkan ‘wvdial’ (tanpa kutip) pada command prompt. kemudian cobalah untuk membuka sebuah situs web. Jika berhasil membuka, maka proses instalasi gprs dengan infrared sudah berhasil πŸ™‚

24 thoughts on “Sony Ericsson T610, GPRS dan IRDA pada Fedora Core 3.0

  1. telah tersedia suatu komunitas untuk manusia-manusia kwesel seperti anda. Silahkan kunjungi di http://komunitaskwesel.blogsome.com dan kami juga mengharapkan sumbangsih anda untuk menjadi anggota serta menyumbang beberapa imajinasi atau pemikiran Anda.

    “Imagination is important than knowledge” adalah motto kami, sama seperti anda kan !! πŸ˜‰

  2. jadi inget, dulu kalo udah bisa or ada waktu ke warnet buat internetan walau hanya satu jam seneng bgt. skarang karena disini gampang access nya jadi malah gak bisa lepas dr net =))

  3. #3: warnet masih jadi andalan di Indonesia, sebab harga bandwidth masih mahal πŸ™

    #4: iya bener rt/rw net, ini juga solusi untuk dapet bandwidth dengan harga murah

    #5: praktek apa? dokter bekne praktek :p

  4. fedora core 3 emang sakti πŸ˜€

    gak sia-sia make bocahnya tettnang ini πŸ˜‰

    eh.. tapi gw make windows nih.. ahh.. pasti kedetek dah.. :p

  5. aduh aduh aku baru pertama kali membaca ini, cara bikin blog gimana sih, terus cara dapat pake internet gratis itu gimana seperti yang di jelaskan, yang saya tahu cuman pake punya kantor aja, masalahnya udah aku yang make tiap bulan aku dikasi gaji lagi , itu yang aku tahu, kayaknya orang orang disini ebat ebat yaa, pingin seh aku seperti kalian, tapi takutnya nanti kalo aku mau seperti kalian aku harus njalani kehidupan seperti kalian dulu dong , terus akunya pake apa kalo aku harus ngikutin kalian, kasihan deh ibuku bikin aku kalo harus ngikutin kalian, kalo tahu gitu kan ibuku tak suruh bikin kalian aja dulu, nyambung gak??:((:((#- ngomong ngomongbisa gak htm nya di press kayak php itu yaa, makasih yaa, please jawab ya mas ganteng, ke cvts2001@yahoo.com, sejujurnya mas memang ganteng, yang mpunya web ini maksudku, kalo mas mau jawab ke email ku, aku kasih deh terimakasih, thanks yaa, penonton juga bisa jawab, byeeee;););)artinya ting ting ting gitu

  6. MAs…tutorial yang bagus :d. MAs saya mau nanya nih, klo settingan gprs matrix untuk linux dgn kernel 2.6 menggunakan SE T68i dan kabel serial to usb gmn yah caranya. Aku dah googling tapi rata2 pake Bluetooth and Irda, jadinya ga isa2 sampai sekarang. Aku br pke linux sbulan ini dgn distro Suse, pas pkai wvdialconf..modem hp-nya ga berhasil ke-detect. Moga2 mas isa bantu

  7. Waduh…udah ikutin step2 diatas..tapi pas wvdialconf kok hp/modemnya ga kedetect segh?? bingung neh??? dah dicoba berulang kali ….salahnya dimana neh?

  8. salam kenal, saya pecandu internet, setelah membaca step-step diatas banyak sekali pertannyaan yang ingin saya ajukan, maklum karena saya baru pemula di dunia internet dan belum mahir dalam bidang komputer, yang saya ingin tanyakan adalah gimana caranya bayar bulanan tersebut apakah lewat atm, cash, atau lewat pulsa, apakah bisa kalo kita connect nya lewat kabel data atau blue tooth, apakah bisa kalau operasi sistem komputer saya xp, mohon di berikan penjelasan yang sejelas jelasnya,,,,,:-\#-o

  9. Aku dulu juga pake Matrix di SE T610. Sedang OS yang aku pake Mandrake 10.0 caranya lebih gampang. karena aku pake bluetooth sebagai media koneksi. tinggal di konfigurasi di kppp aja sudah bisa internetan.

  10. mau tanya, cara ngeset chatting dalnet di gprs bagaimana caranya ? saya menggunakan fedora core 3 LTSP, chatnya menggunakan Xchat. Kalau pake gprs pasti dalnet ga bisa connect. TQ atas jawabannya

  11. Saya telah baca ‘Tentang Saya’ & ‘CV’ dari Pak Dudi yg mana saya salut dan patut acungkan jempol. Wow…apalagi membaca Artikel SE T610 GPRS spt diatas kelihatan sekali mas Dudi menguasai benar database maupun command baik HP maupun Linux n Windows. Kebetulan sekali saya juga persis pemakai T610 GPRS tapi dg OS WinXP – SP2. Kalau bisa mas Dudi tolong juga donk bgm klo AT Command nya T610 GPRS + kartu Xplor untuk pemakai OS Windows spt saya ini.

    Terima kasih sebelumnya,
    Jerry.-

  12. oya sonyericson yang bisa akses internet dan bisa menjebol browsing ada ngak yah?????tolong bagi yang tau

  13. lam kenal mas dudi..
    ok bgt tuh artikelnya.
    saya jg pake sony ericcson t610,tapi ga tau cara setting gprs nya,kartu pake xl bebas,trus kalo pake win xp gmana setting ke pc nya ya?perlu apa aja mas?mohon penjelasan ya..thanks ya sebelumnya

  14. aq maw tanya, infra merahnya sony ericsson t610 di bagian mana?

    knapa kok gak bisa terima kiriman gambar/nada, menggunakan bluetooth,apa hp saya bermasalah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam