Siemens S45 dan GPRS

Siemens S45
Gambar disamping ini adalah gambar Siemens S45 yang selama ini gue pergunakan untuk akses internet dengan menggunakan GPRS. Memang jauh dari HP model baru apalagi dengan P910i Sony Ericsson ataupun O2 XDA II Mini :-D, tapi minimal HP ini masih memiliki fungsionalitas tinggi buat gue kok :)).

Berbekal kabel data serial dan Siemens S45, gue bisa terkoneksi ke internet di linux Ubuntu dan Slackware 10.1 menggunakan wvdial dengan konfigurasi /etc/wvdial.conf seperti dibawah ini :


[Dialer Defaults]
Modem = /dev/ttyS0
Baud = 57600
Init1 = at+cgdcont=1,"ip","satelindogprs.com"
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
ISDN = 0
Modem Type = Analog Modem
Phone = *99***1#
Username =""
Password =""

Sementara untuk di Windows XP gue gak mempergunakan driver dari Siemens namun cukup dengan konfigurasi dial up networking sebagai berikut :

Nomor Dial : *99***1#
username: kosongkan
password: kosongkan
Driver: Standar 33600 bps Modem (default Windows)
Tambahkan juga syntax AT+CGDCONT=1,"IP","satelindogprs.com" melalui Start menu > Settings > Control Panel > Phone and Modem Options > Modems > Properties > Advanced > Extra Initialization Commands.

Jika gue lagi gak berada di depan PC maka gue masih dapat melakukan browsing di internet walaupun hanya berbasis WAP dengan cara mengunjungi google terlebih dahulu kemudian melakukan pencarian dengan kata kunci yang tepat. Sebagai contoh, blog inipun juga dapat diakses dengan WAP melalui google terlebih dahulu dengan kata kunci “dudi gurnadi”. Bahkan untuk mengecek aktifitas para junker kampung gajah juga dapat gue lakukan dengan berkunjung ke http://pocket.gmailwireless.com/ Yah, untuk kondisi kepepet lagi di jalan, kedua hal itu udah cukup kok buat gue :p

Yang sangat disesalkan adalah HP buluk ini tidak dapat terkoneksi ke internet berbarengan dengan charging baterai. Jadi koneksi internet maksimal sekitar 4-5 jam setelah itu harus di isi ulang lagi baterainya. Kalo mau dipaksa agar bisa terkoneksi terus menerus bisa dilakukan dengan cara melakukan tweaking ke kabel data yang gue punya. Huhuhuhuhu… gue gak bisa elektronik neh :p

64 thoughts on “Siemens S45 dan GPRS

  1. Mau tanya, kalo saya pakai siemens S65, bisa nggak untuk akses internet via pc? caranya bagaimana dan kabel datanya pakai yang jenis apa agar stabil??
    Terimakasih.

  2. katanya kabel data usb motorola c650,c380,c651 sama dngan punya camera digital, bener gak sih??? tolong dunk

  3. alo,
    ku mau mnta tlg kasih tau gimna&di link mana bisa dapt driver motorola c380/c381.
    plis bgt bantuannya y
    thank b4

    plis kirim ke emailku y

    makacih bgt

  4. DIJUAL TIPS INTERNET GRATIS HANYA 100RIBU. MAU BROWSING 24JAM NONSTOP PAGISIANGSOREMALEM , G MASALAH. KAMI JAMIN TANPA PULSA SAMA SEKALI YANG TERTARIK BISA CALL/ SMS : 085642132515 TIDAK MELAYANI RESPON VIA EMAIL ATAU YM!! 100RIBU DAPAT 4TRIK: ESIA, FLEXI, THREE DAN XL!!

  5. hai semua…
    slama ini gw browsing pk samsg x700…sejauh ini oke2 aja bisa sambil ngcas lagi…speednya 460,8 kbps…. eh kalo s45 speednya brapa ya…? ada yg lebih ngbut lagi ga ya… pake HP apaan tuh…..
    tolong dong infonya ya…? email pls.

    thx a lot.

  6. wedew..tolongin donk… ?!
    gimana cara setting WAP di Hp siemens c55…
    udah gerot ni cari info nya ….
    thank U .

  7. huy,,,,
    ada driver buat k310i biar bisa jadi modem untuk xp…

    tolong balas ke e-mail aja yach,,,

    thank’s b4….

  8. mas tolongin aku dong. Aku baru beli hp siemen S45 ( akhirnya cita-citaku tercapai juga ), dan cita-citaku berikutnya pengen tu hp buat modem internet di PC . Please buatkan aku tutorialnya cara instalasi dan setting hp dari awal sampai akhir ( bisa konek buat browsing internet di PC )
    catatang : aku awan tentang hp dan komputer.
    pake kabel data apa juga?
    Tolong ya mas, please banget.
    Nanti tak kasih bonus DOA supaya ilmunya berguna dan dapat pahala, amien.

  9. kalo sie S65 bisa juga gak buat modem….?
    kasih tau donk caranya, coz drivernya gak ada…
    mumpung XL lagi promosi..
    yg sekarang gua pake cdma nokia jadul3115i lumayan si pake smart yg juga lgi promosi…
    buat bandingin iritan pake yg mana…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam