Mengurutkan Blogroll Di Blogsome Secara Alfabet

WordPress sebagai engine blog telah menyediakan fasilitas blogroll untuk mengelola link. Pengelolaan blogroll ini dapat ditemui pada menu Links >> Link Categories >> Edit. Dari menu ini nanti bisa kita sesuaikan blogroll akan ditampilkan urut secara nama, id ataupun rating. Fasilitas ini juga dapat ditemui pada WordPress MU seperti halnya blogsome, blogthing ataupun wordpress.com.

Nah, pada suatu saat saya pernah ditanyakan sama salah seorang rekan bagaimana mengurutkan blogroll di Blogsome agar urut secara alfabet, sebab walaupun telah di perbaharui melalui menu yang tertulis di atas namun tetap saja tidak bisa urut secara alfabet. Setelah bongkar templates blogsome dan melihatnya ternyata ada cara untuk mengurutkan blogroll di blogsome secara alfabet.

1. Login ke dashboard dan silakan menuju ke menu Manage >> Files >> index.html.
2. Scroll down dan cari baris-baris ini {get_links category='-1' before='<li> after='</li>' between='' show_images='0' orderby='_updated' show_description='0' show_rating='0' limit='-1' show_updated='-1'}
3. Terlihat pada struktur template diatas bahwa blogroll di urutkan secara _update (yang menunjukkan update secara descending).
4. Untuk urut secara alfabet, lakukan perubahan orderby='_updated' dengan orderby='name', sehingga baris-baris diatas menjadi seperti ini: {get_links category='-1' before='<li>' after='</li>' between='' show_images='0' orderby='name' show_description='0' show_rating='0' limit='-1' show_updated='-1'}
5. Tekan tombol Update Template! dan lihat perubahannya pada halaman utama 🙂

Syntax-syntax Fungsi-fungsi dasar wordpress tentang themes dapat dibaca di Codex WordPress.

Pada dasarnya cara ini juga dapat diterapkan untuk hosting wordpress lainnya, jadi silakan dicoba sendiri. Disarankan untuk mencoba terlebih dahulu melalui menu Links pada dashboard, jika tidak bisa baru lakukan perubahan seperti cara di atas.

29 thoughts on “Mengurutkan Blogroll Di Blogsome Secara Alfabet

  1. kalo di wordpress.com dah otomatis tuh kayaknya, cuma kalo di blogsome.com belum pernah nyoba, juga di blogspot.com, thx anyway dah dikasih tau.

    aku taro di aneka tips di blog-nya kampung gajah ya….

  2. hahaha.. om dudi jadi pemerhati blogsome! ada apa2nya gag nih… ? didats sih udah gag perhatian lagi sama blogsome! cintah udah pindah ke wp…

    hihihi

  3. Hmm.. dari awal dulu langsung sadar dan langsung tak ganti nih..

    Iya nih, jadi curiga kenapa memperhatikan blogsome yah..

    *cek blogroll satu persatu*

  4. #3, #4: sebagai bentuk ketidakberdayaan masuk mtv akhirnya cumab bisa ngoprek blogsome aja deh :)). Seandainya bisa masuk mtv terus dapet tripod pasti gw gak bakalan ngoprek-ngoprek blogsome =)). Iya gak Her? ;))

  5. kosong :: Mengurutkan Blogroll Di Blogsome Secara Alfabet :: October :: 2005

  6. #6: sebenernya itu syntax fungsi-fungsi wordpress di themes, hanya saja karena WP MU pake smarty, syntax diatas jadi keliatan spt smarty 🙂

  7. wah.. thanks atas infonyah dude..
    ntar tak cobak deh..
    eh.. lebih enak manggil dude.. daripada dudi.. lebih mesra deh!

    *wink-wink ke dudi*

  8. tapi nek di cutenews piye carane bikin urut sesuai alfabet .. soalnya biasanya aku pake list links gt aku masukin lewat category aja (entry link dengan category link) … bongkar script e lebih dalam nehkaya nya .. hiks :((

  9. assalamu’alaykum..

    makasih atas tipsna untuk mengurutkan sesuai abdjad,oh iya saya mau tanya :
    “bagaimana cara membuat Link yang diurutkan berdasarkan Category?”

    saya sudah buat nama2 category linknya di bagian link category..tetapi pada saat saya mau pindahkan nama2 link ke categorynya..tidak bisa masuk..itu kenapa ya?

    terimah kasih sebelumnya…

    wassalam

  10. bagaimana mengubah tampilan supaya tulisan di blogsome..tidak tertulis semuanya ada tulisan ..read more… gitu . Nah klo tulisan read more di klik akan ke tulisan semuanya.

    ato kayak blog sampeyan khan ada tulisan read entry gitu
    gimana gubahnya yg di blogsome

  11. sy blogger pemula nih..mau nanya dikit boleh yaa..sy dapet kode shoutbox nih dari oggex.com..cuman sy bingung masangnya..bisa bantu gak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam