fixed-widthfluid-width

Maag Di Bulan Puasa
Category: Informasi,Tips

Sakit maag (maag dalam bahasa Belanda berarti lambung) adalah gangguan pada lambung yang menimbulkan rasa tidak enak, biasanya di ulu hati, disertai perut kembung, nyeri, dan bahkan sampai mual. Terjadinya gangguan pada lambung disebabkan tidak terkontrolnya produksi asam lambung. Tidak jarang, asam lambung naik sampai ke mulut sehingga mulut terasa asam.

Bulan Ramadhan sudah memasuki hari ke-24, namun mendadak maag saya kumat semalam. Hal ini disebabkan pada saat saya berbuka langsung makan makanan pedas, padahal biasanya saya berbuka cukup dengan air dan makanan kecil seadanya. Penyakit maag ini sudah saya alami sejak saya SMA, biasanya akan muncul pada saat saya telat makan kemudian makan yang pedas-pedas.

Nah, kemarin malam sejak pukul 19.00 perut saya sudah terasa nyeri dan saya sudah merasa bahwa maag ini kambuh, untuk itu saya cepat-cepat menenggak Mylanta salah satu obat maag *masih untung saya gak nenggak alkohol =))*, namun ternyata bukannya maag menghilang namun justru tambah menggila. Alhasil sejak pukul 19.00 sampai dengan pukul 02.00 WIB saya hanya bisa meringis menahan nyeri.

Pada dasarnya gejala penyakit maag yang saya derita itu :

  • Perut terasa nyeri seperti ada luka.
  • Sering bersendawa *glegekan kalo bahasa kerennya*
  • Keluar keringat dingin
  • Suhu badan naik
  • Muka pucat menahan nyeri

Jika penyakit ini sudah menyerang, bisa dipastikan saya akan sulit tidur. Gimana mau tidur, lha wong nyeri diperut ini rasanya gak ketulungan. Dalam kondisi seperti ini posisi duduk yang paling nyaman menurut saya adalah jongkok atau duduk sambil memegang perut. Sedangkan jika diajak tidur atau rebahan, perut rasanya seperti dikocok-kocok oleh nyeri yang hebat.

Penyebab sakit maag menurut A Gani SpPD-KGH dalam Republika ada beberapa sebab, seperti yang tertulis sebagai berikut :

…penyakit maag terjadi karena dua hal, yaitu gangguan fungsional kerja dari lambung yang tidak baik dan terdapat gangguan struktur anatomi. Gangguan fungsional berhubungan dengan adanya gerakan dari lambung yang berkaitan dengan sistem syaraf di lambung atau hal-hal yang bersifat psikologis. Gangguan struktur anatomi bisa berupa luka, erosi, atau bisa juga tumor.

Dalam harian Republika disebutkan pula bahwa hal yang mempengaruhi timbulnya maag adalah pola makan yang tidak teratur sehingga mengakibatkan lambung sulit beradaptasi. Bila hal ini berlangsung terus-menerus, akan terjadi kelebihan asam dan akan mengiritasi dinding mukosa lambung. Rasa nyeri dan mual pun muncul. Selain itu tertulis di Harian Republika bahwa penyakit maag juga bisa disebabkan karena stres. *hayah, aku iki stres opo maneh sih?*

Selain pola makan tak teratur, penyakit maag juga bisa disebabkan oleh stres. Hal ini dimungkinkan karena sistem persyarafan di otak berhubungan dengan lambung, sehingga bila seseorang mengalami stres maka bisa muncul kelainan pada lambung. ”Dalam hal ini, terjadi ketidakseimbangan’, tuturnya. Perlu Anda tahu, stres bisa menyebabkan terjadinya perubahan hormonal di dalam tubuh. Nah selanjutnya, perubahan itu akan merangsang sel-sel di dalam lambung yang kemudian memproduksi asam secara berlebihan. Asam yang berlebihan ini membuat lambung terasa nyeri, nyeri, dan kembung. Lama-kelamaan, hal ini dapat menimbulkan luka pada dinding lambung

Oh iya hampir lupa, selain minum Mylanta sayapun juga minum airputih dalam jumlah cukup banyak dan juga minum air peppermint. Tapi saya belum mencoba ramuan tradisional seperti yang tertulis disini, sepertinya patut dicoba juga tuh ;)).

Hiks, kok munculnya pas bulan puasa ya :(. Sepertinya saya harus membaca tips berpuasa bagi penderita maag atau menyesuaikan lagi pola berpuasa saya seperti yang dilansir Pikiran Rakyat. Dan mohon maaf hari ini saya tidak berpuasa, karena rasa nyeri masih terasa di lambung saya.

Tetap Semangat! *biar punya maag, tapi tetep ngeblog =))*

Sumber tulisan:

KELUHAN SAKIT PERUT DAN PENYEMBUHANNYA
Penyakit pun Bisa Diprogram
Hati-hati dengan penyakit maag
Bila Penderita Maag Harus Berpuasa
Waspadai Penyakit Maag
Ramuan Tradisional
Pola Berpuasa Bagi Penderita ”Maag”

October 26, 2005 @ 11:12 am

10 Comments

#1 Comment by didats :
On October 26, 2005 1:41 pm Mozilla Firefox 1.0.7 Windows XP

lebih baik mencegah daripada mengobati…
didats juga tuh ada penyakit maag.

tapi lumayan, udah gag sering kumat…
makan teratur… itu aja sih… ;)

#2 Comment by Indra Wahyudi :
On October 26, 2005 2:04 pm Mozilla Firefox 1.0.7 Windows XP

Bwahahah .. akhir-nya bolong juga puasanya >:D<.

Sedangkan jika diajak tidur atau rebahan, perut rasanya seperti dikocok-kocok oleh nyeri yang hebat.

untung perut yang di kocok2, bukan anu … heheh.

Btw … moga cepet sembuh abanx, jaga kesehatan.

#3 Comment by dheche :
On October 26, 2005 5:47 pm Mozilla Firefox 1.0.6 Fedora Linux

… Hal ini disebabkan pada saat saya berbuka langsung makan makanan pedas, padahal biasanya saya berbuka cukup dengan air dan makanan kecil seadanya. Penyakit maag ini sudah saya alami sejak saya SMA, biasanya akan muncul pada saat saya telat makan kemudian makan yang pedas-pedas.

Nah udah tau kalo buka langsung makan yg pedes2 bakalan kena maag, lha kok ngeyel … ck ck ck ck
Puasa tuh buat ngelatih nahan napsu, termasuk napsu makan yg pedes-pedes … =))

Smoga cepet sembuh aja dah (makanya buka puasa tuh pake asep rokok aje :P )

#4 Comment by loper :
On October 26, 2005 6:28 pm Mozilla Firefox 1.0.7 Windows Server 2003

makanya jangan lupa minum promag tiap sebelum tidur, sesudah sahur dan sesudah buka puasa #-o #-o =))

#5 Comment by hehheh :
On January 24, 2006 5:32 pm Internet Explorer 5.0 Windows 98

om… minta peletnya donk…..

gw butuh bgt ni..

#6 Comment by Nos :
On October 3, 2006 2:23 pm Mozilla Firefox 1.5.0.7 Windows XP

Nyang ane tau ni, biasannya orang yang sering kena penyakit maag itu kebanyakan orang Sunda, coba aza ente perhatiin kalo ade orang sunda ngobrol ama sesamenye, kebanyakan mereka kalo ngomong suka ada kata itu mah,ini mah, ujung-ujungnya jadi dech penyakitmah-nya
he…he…he…iye kali? :p

#7 Comment by dhede-viya :
On October 30, 2006 5:41 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

:((#-o:-?duh kecian,tapi mo gimana lagi penyakit maag itu mang kadang susah diduga kapan datangnya. so, jaga body and jangan makan sembarangan ya!!! salam kenal

#8 Comment by sri :
On June 14, 2007 10:49 am Opera 9.10 Windows XP

saya kata dokter menderita asam lambung yang gejalannya terasa sesak dikit, badan terasa sakit dan sering masuk anging.
apakah itu benar sakit asam lambung.

#9 Comment by perdana :
On July 12, 2007 11:17 am Internet Explorer 6.0 Windows XP

allow…pak saya punya penyakit maag udah 3th kok ndak sembuh² sih….
saya udh berobat ke dokter beberpaa kali ndka menunjukan hasil….katanya klo kunyit bisa menutup luka pada dinding lambung kita yaaa…..makasih…tolong pencerahannya…..bye

#10 Comment by kardiman :
On July 15, 2007 5:29 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

Aku kemarin sakit maag salama 2 hr, rasanya mak nyuus setengah hidup, baru kali ini aku ngerasain yg namanya sakit maag, semalaman gak bisa tidur digangguin ma si penyakit maag. aku pingin tanya apa obat tradisional buat skit maag ? trims ya rekan2.

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.