Transfer E-Banking Mandiri Bermasalah

Lima hari yang lalu saya melakukan transfer dana ke rekening Mandiri Yayasan Tunas Cendekia. Nah, agar proses transfer berjalan cepat, maka saya gunakan fasilitas E-Banking Mandiri.

FYI, E-Banking Mandiri sudah saya pergunakan selama 6 (enam) bulan terakhir. Biasanya sih saya pergunakan untuk beli pulsa, cek saldo ataupun juga transfer ke rekening Mandiri lainnya. Selama kurun waktu 6 (enam) bulan saya belum pernah mengalami masalah dengan layanan ini.


Tanggal 16 Februari 2008 sekitar pukul 7.12 WIB saya mencoba melakukan transfer dana ke rekening Yayasan Tunas Cendekia. Namun sistem E-banking Mandiri mengatakan bahwa transaksi saya gagal.

Karena dianggap gagal, maka saya coba lagi pada pukul 7.16 WIB dan ternyata masih juga tetap gagal.

Karena saya ingin selesaikan secepatnya, maka saya coba sekali lagi pada pukul 7.21 WIB dan lagi-lagi masih tetap GAGAL! 🙁

Akhirnya, karena tidak bisa, maka saya batalkan niat untuk transfer. Saya mencoba transfer lagi pukul 7.57 WIB dan ternyata berhasil. Seluruh proses transaksi saya rangkum dari menu histori transaksi di E-Banking Mandiri dan terlihat seperti gambar dibawah ini.

E-Banking Mandiri

Setelah berhasil melakukan transfer, kemudian saya kirimkan email ke Yayasan Tunas Cendekia yang memberitahu kalau saya sudah transfer. Email saya dijawab oleh Yudhis selaku pengurus Yayasan melalui sms. Sampai disini saya masih belum sadar kalau E-Banking Mandiri bermasalah.

Semalam, tanggal 20 Februari 2008 sekitar pukul 20.08 WIB, handphone saya berbunyi mendapat nomor telpon dari Jakarta (021) 25506700. Setelah diangkat, ternyata terdengar suara wanita dan langsung menanyakan apakah betul nomor handphone ini terdaftar atas nama saya. Saya jawab “ya”, kemudian dia memperkenalkan diri kalau berasal Call Mandiri. Selanjutnya dia memastikan kembali ke saya, apakah saya sempat melakukan transfer ke rekening Yayasan Tunas Cendekia beberapa hari yang lalu. kembali saya katakan “Ya”.

Secara singkat dan padat dia menjelaskan bahwa dari total empat transaksi terakhir yang saya lakukan melalui e-banking mandiri -dimana tiga transaksi dinyatakan gagal dan satu transaksi berhasil seperti terlihat pada gambar diatas- ternyata sebenarnya keempat transaksi tersebut dinyatakan berhasil oleh sistem, hanya saja tertulis gagal. Singkatnya ia menjelaskan walaupun sistem E-Banking menyatakan bahwa transaksi gagal, namun dalam realisasinya uang saya tertransfer. Apa imbasnya? tentu saja ini mengakibatkan jumlah uang yang ada di rekening saya berkurang sebesar 3 juta rupiah.

Semalam Call Mandiri menyatakan ke saya bahwa hal itu akan diurus hari ini, ternyata sampai dengan tulisan ini saya posting, jumlah transfer berlebih ini belum diproses oleh Bank Mandiri. Justru saya dapat konfirmasi yang sama dari Call Mandiri dengan orang yang berbeda. Menurut pihak Call Mandiri hal ini baru bisa diperbaiki maksimal 5 hari kerja.

Sepertinya saya harus bersabar menunggu 3 juta saya kembali lagi ke rekening selama lima hari. *sigh*

Terkait sama kasus diatas, Maha Guru Hacker Didien a.k.a Pataka sang wakil ketua ID-SIRTII sempat memberitahu saya bahwa salah satu masalah E-banking Mandiri adalah availability, khususnya pada jam-jam sibuk. Untuk itu ada beberapa tips yang layak dilakukan sebelum melakukan transaksi e-banking Mandiri. Antara lain :

1. Pada saat menggunakan E-Banking Mandiri usahakan tidak pada saat jam-jam sibuk perbankan.
2. Kurangi penggunaan pada saat jam pulang kantor, karena ada kemungkinan pada saat jam pulang kantor trafficnya cukup tinggi untuk tutup buku atau sejenisnya.
3. Cek saldo sebelum melakukan transaksi dan cek lagi setelah melakukan transaksi, kemudian bandingkan nilai yang terjadi pada transaksi dengan selisih saldo pengecekan awal dan saldo pengecekan akhir. Seharusnya sama.
4. Jangan lupa berdoa, berdoa penting biar tidak terjadi timeout. Karena bisa saja timeout mengakibatkan transaksi tertulis batal, tapi sebenarnya sudah berhasil disisi server :p

Semoga ada pihak E-Banking Mandiri yang baca hal ini dan meresponnya sehingga besok rekening saya sudah kembali normal 😀

Update:

Hari ini, 23 Februari 2008 pukul 19:09 WIB saya cek ke E-Banking Mandiri dan ternyata sudah kembali normal. Hanya saja, saya tetap kena potong biaya 1000 rupiah untuk per transaksi yang gagal. Ini berarti saya kena potong 3000 rupiah atas 3 (tiga) transaksi yang gagal dan jumlah 3000 rupiah ini tidak dikembalikan ke rekening saya.

Refund E-Banking Mandiri

Mau komplain 3000 rupiah ke mandiri kok rasanya lucu karena nominalnya kecil, tapi sebenarnya bukan masalah nominal 3000 rupiah, hanya saja ini menunjukkan kalau sistem E-Banking Mandiri masih kacau. Ah sudahlah… 😛

45 thoughts on “Transfer E-Banking Mandiri Bermasalah

  1. om… om … kalo uang nya yang 3 juta kembali…. sebagiannya buat traktir makan makan aja yaw… gmn ?
    ditunggu konfirmasi waktu dan tempat nya… yu mari..

  2. Yap. saya beberapa kali mendapati situs bankmandiri down pada jam-jam sibuk. saya biasanya melakukan transaksi jam 9 malam ke atas.

    semoga uangnya cepat kembali 🙂

  3. mungkin harus mawas diri yo, coba direnungkan uang tersebut uang dingin…., panas…., ato panas….?
    😀

  4. Ini ceritanya nyumabang ke Yayasan tho? Udaaah… direlakan saja 🙂

    Lain kalo mau test, tolong pakai destination ke nomor rekening saya yah…. =)

  5. waduh jadi mikir ulang untuk pake e-banking Mandiri, meskipun di MBO gak ada kalo pake rekening Mandiri harus numpang di ATM bank tetangga, btw tengkyu infonya…

  6. Mas, akan saya cek ke bagian keuangan mengenai hal ini mas. Maaf juga kalau ternyata kurang koordinasi seputar jumlahnya.

    Jika belum mendapat tanggapan dari mandiri tolong kabarkan saya agar segera kami transfer kembali 3 jutanya

  7. #11: Mas Yudhis tenang aja.

    Ini murni kesalahan sistem e-banking mandiri. jadi biarkan mereka yang bekerja dulu. toh jeda waktunya cukup lama 5 (lima ) hari. Sorry loh mas kalo jadi ngerepotin sampeyan 🙂

  8. @dudi :

    kalau aku boleh saran sih sebelum klit tanda send (or submit whatevah) sebaiknya ucapkan Bismillah. Setelah transfer dan berhasil ucapkan Alhamdulillah. Yah, seperti itulah adanya..

    *betulkan letak sorban*

  9. om kl duid na uda balik buat beli ganja ya ;;)
    kl g gt beli jack daniel’s deh…..
    untung waktu aku transfer g pernah ada masalah
    jadi na aman deh ;;)
    yg sabar aja ya om….

  10. sekedar sharing,
    saya pernah mengalami kejadian yang hampir sama seperti yang mas Dudi alami. Waktu itu saya menggunakan layanan Niaga Ponsel Akses untuk melakukan pembayaran tagihan kartu kredit. Konfirmasi yang saya terima menyatakan proses tidak berhasil, namun dananya ternyata sudah terbayar dari rekening saya.
    Proses pengembalian dana makan waktu yang tidak sedikit, waktu itu hampir 1 bulan. Beruntung kalau dana mas Dudi bisa kembali dalam waktu 5 hari. Yang pasti memang kita harus selalu berhati-hati 🙂

    sekalian minta ijin nge-link kesini ya mas…

  11. Mas Dudi, terimakasih banyak untuk sharing pengalamannya.

    Kebetulan istri saya akan membuat rekening Bank Mandiri berikut dengan fasilitas eBankingnya.
    Berkat posting ini, kami jadi bisa menghindari masalah yang telah dialami sampeyan (saya baru tahu ada masalah seperti ini)

    Sekali lagi terimakasih.

  12. kok nyasar ke mas Yudhis yo, coba nang rekeningku ngono langsung macak Lupa Ingatan aku … mbaleknone nek wes mbunga ae .. hahahaha

  13. waduh abang yg 1 ini dah mulai investasi di bank mandiri rekk
    masak segede itu dianggap zakat…
    masak bank mandiri termasuk bankir miskin hehehehe

  14. wah mas, lg masalah tuh di mandirinya langsung tlp aja mas CS nya, btw bisa kembali kok asal data2nya lengkap dan jelas huehehehehehe (serius banget ya comentnya) 😛

  15. bener tuh dud..diikutin aja saran dari mbak V3..
    siapa tau duit kembali..csnya juga katut..
    tombo ati dud…

    btw, trus keamanan konsumen dimana neh mas dudi?jgn sampe teknologi yang niatnya ngebantu eh jadi ngribetin..dtunggu lho sarannya..

  16. Mas Dud!
    Betul sekali apa yang mas sampaikan itu, buktinya saya juga mengalami hal yang lain neh..sudah lebih 1 th saya menggunakan internet banking mandiri belum pernah ada masalah untuk login,namun pada bulan April 2008 ini setiap saya login masukan User Id dan PIN belum pernah berhasil padahal kita sudah input datanya dg benar namun system tetap saja menolak, code error yg keluar kira2 seperti ini mas![sistem tidak dapat melayani permintaan anda (IB006)].

  17. percaya ato gak.. aku pernah dapet transferan gak tau dari mana asalnya sebesar Rp 12.000.000 dari bank mandiri. Udah hampir sebulan gak ada yg protes … yawda.. rejeki yg tak disangka – sangka.. bank mandiri gimana neh???? cek mutasi rekening aja selalu gak bisa???? tanya kenapa???? :))

  18. Wach barusan saya juga mengalami kek gini nich, Sistem tidak dapat melayani permintaan Anda.(IB006). Searching di Google malah ketemu web ini 😛

  19. Yup…hari ini saya mau login ke internet bankingnya…gak bisa…buka form loginnya aja lama banget..payah nih…
    ada yang tau..Siapa sih Konsultan yang Buat Internet Banking nya Bank mandiri ??? udah di bayar mahal kerjaannya gak bener…

  20. podo iku om, aku yo tau. cuman bukan transfer duit, tuku pulsa gawe hpku dewe
    berhubung pulsane melbu nang hpku dewe yo wes ngak tak permasalahno. sering kok ngon iku. Mandiri mbok yo ageh dibenerno jarene bang paling bagus tahun 2007, 2008.

  21. Account Internet Bankingnya saya malah hilang, dan saya diminta untuk menghapus yang lama kemudian memperbaharui lagi. Prosesnya makan waktu lumayan lama kira-kira dua mingguan lebih. Pendaftarannya tidak bisa memakai ATM seperti dulu lagi, harus lewat CS dan prosedur manual lainnya.

    Syukur tadi siang sudah keluar Acces ID dan Password yang baru. Sudah coba transaksi dan berhasil tetapi masih muncul kode Time Out padahal Trasaksi Server terindikasi berhasil.

    Ada apa kira-kira dengan Bank Mandiri??

  22. Thank you mas infonya.. Aku dah berbulan2 urus internet banking dan sms banking. Tepatnya bulan mei 2012 kedua-nya bermasalah. Barusan aku urus lagi (mgkn ini kali yg ke 7 atau 8 bolak-balik ke bank mandiri), internet banking dah bisa. Barusan tes bayar kartu halo. Skrg tinggal sms banking nya yg blm bs.

  23. Sy baru-baru ini bermasalah dengan internet banking mandiri, sy transfer 2x dengan total nominal 8jt dan dinyatakan transaksi gagal tp rekening sy ter-debit. Sudah komplain sih ke bank mandiri lewat mandiri call dan kantor cabang tp sy hrs menunggu max 14 hr kerja untuk proses tsb. Benar-benar marah atas kejadian ini, sy butuh transfer dana itu cepat tp malah ada kejadian begini dan yg bisa dilakukan hanya menunggu!!

  24. saya juga baru transfer dana lewat internet banking dari mandiri ke rek bni 4jt 250rb, saldo saya sudah terdebet tapi dana belum masuk ke rek tujuan, saya lapor ke call mandiri katanya harus ke cabang mandiri, yaudah saya datangi cabang mandiri dan di proses selama 20 hari kerja, wow lama sekali padahal dana tersebut sudah di butuhkan, saya transfer waktu itu tgl 6 desember 2013 sekitar jam 3 sorean. mudah2an ada pihak dari bank mandiri yg baca komentar ini.

  25. Sekedar sharing.
    Pada tanggal 03-02-2014 saya melakukan transaksi transfer ke rek mandiri dengan menggunakan ATM Bersama.
    Transaksi dinyatakan gagal karena No Rek tujuan udah ditutup, tetapi saldo di rek saya udah berkurang.
    Lalu saya tanyakan kepada teman saya dan ternyata Rek Teman saya (Tujuan) Emang udah ditutup.
    Sudah saya laporkan ke call mandiri dan kantor cabang mandiri, sampai saat ini uang tersebut belom kembali ke rek saya.
    Tanya kenapa transaksi gagal kok malah Saldo berkurang??
    Apakah ada Tuyul di mesin ATM tersebut..
    Heee…..

  26. hal sama yang baru saya alami pak
    tanggal 21-10-2014 saya melakukan transfer ke BCA via mobile banking mandiri,kronologis nya persis seperti yang bapak post
    bahkan sapai 3 kali transaksi,saya tidak merima laporan transaksi tersebut telah sukses sedangkan sistem mendebit saldo saya
    yang jadi masalah saya, pihak penerima menyatakan belum menerima transfer dari saya
    saya jadi bingung tampa tau musti gimana cari solusi nya

  27. hal ini pernah saya alami dari rek BRI juga
    jangan2 sistem yang mereka gunakan dapat mencuri saldo nasabah,dengan alibi perbaikan sisem atau pengumpulan data.bisa gawat kalau sistem teknologi bank mencuri uang nasabah nya

  28. kalau saya transfer dari BRI ke Mandiri, dan saya ingin refund, saya harus menghubungi pihak mana ya? mohon info dan bantuannya. TQ

  29. sama gan, tadi ane mau bayar tagihan firstmedia, malah disuruh hubungi 14000, dalem ati ane! gila nih yah bank! masa transaksi internetbanking, gak bisa! katanya profit mandiri triluinan :D hahahhaa! masa internet bankingnya kacau! kikikikik!

  30. saya juga pernah mengalami hal itu..transfer lewat mandiri e-banking 2 kali berturut2 gagal dan satu kali berhasil..tapi anehnya yg 2 kali gagal itu saldonya ikut berkurang juga..skrg belum ada tindak lanjut dari mandiri…
    pake BRI internet banking juga pernah mengalami, tp bedanya kalo BRI ada tindak lanjut..dan alhamdulilah setelah di urus ke cabang BRI terdekat saldonya dikembalikan lagi selama 4-5 hari kerja…
    lalu bagaimana dgn mandiri???

  31. Iyaaaa beneran parah nih mandiri. Saya juga melakukan transfer ke rekening BCA melalui Mandiri Mobile. Status transaksi nya gagal, tetapi pas cek saldo ternyata terpotong. Sampai saat ini pun belum ada konfirmasi apa-apa dari pihak Mandiri. waah payah sekali nih mandiri, payaaaah!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam