Lowongan Helpdesk OSS & Program Manager OSRC

Sekedar meneruskan informasi dari kawan. Kalau ada yang berminat silakan langsung hubungi alamat di bawah

Yayasan AirPutih adalah organisasi yang turut mendorong penggunaan perangkat lunak yang bebas dan terbuka. Karena kami percaya bahwa masyarakat semakin mudah dan terbuka dalam memperoleh akses informasi dengan menggunakan perangkat lunak yang bebas dan terbuka (Free and Open Source Software).

Free and Open Source Software (FOSS) atau Piranti Lunak Sumber Terbuka dan Bebas masih merupakan hal yang asing bagi sebagian besar pengguna komputer di Indonesia. Pengenalan dan pembiasaan harus selalu dilakukan. Termasuk melalui pendidikan dan pelatihan. Hal tersebut yang mendasari AirPutih untuk membuat sebuah tempat pelatihan. Ide itu bersambut dan meluas sehingga lahirlah Open Source Resource Center (OSRC). Bukan sekedar training center melainkan juga direncanakan menjadi pusat kolaborasi dan pengembangan open source.

Untuk menghindarkan Indonesia dari ketergantungan pada perangkat lunak yang mahal dan tertutup. Selain itu, juga memudahkan dan menggairahkan penggunaan perangkat lunak open source di Indonesia. Yayasan AirPutih akan melanjutkan implementasi penggunaan perangkat lunak open source di Aceh dan Yogyakarta, dua provinsi yang dirancang sebagai pilot area untuk mengimplementasikan IGOS.


Pada sektor pelayanan publik, tantangan yang harus dihadapi adalah sistem birokrasi pemerintahan yang berbelit; Minimnya awearness dan pengetahuan tentang HaKI dari pimpinan kantor dan staf; minimnya pengetahuan tentang teknologi komputer para pimpinan kantor dan staf. Perlu adanya helpdesk yang profesional di NAD dan Yogyakarta.

Sesuai dengan penjelasan diatas, saat ini Yayasan AirPutih membutuhkan:

  1. Program Manajer OSRC (satu orang), yang bertanggung jawab dalam membangun, menata, mengelola dan menjalankan Open Source Resource Center
  2. Program Manajer Helpdesk OSS (satu orang), yang bertanggung jawab dalam membangun, menata, mengelola dan menjalankan Helpdesk di NAD dan Yogyakarta.

kedua posisi tersebut harus memenuhi kualifikasi sebagai berikut:

  • Memiliki integritas dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
  • Kemampuan dalam bahasa inggris, baik percakapan maupun penulisan.
  • Komunikatif dan mampu beradaptasi dengan tim kerja.
  • Kemampuan melakukan penulisan modul serta memahami ketentuan EYD
  • Mau berproses mengembangkan kapasitas diri terkait dengan kerja-kerja lembaga.
  • Memiliki komitmen turut aktif mendorong penggunaan perangkat lunak bebas dan terbuka.

Kirimkan CV selambat-lambatnya tanggal 17 Maret 2010 ke:

Sekretariat Yayasan AirPutih
Jl. KH. Abdullah Syafi’i No. 55
Casablanca – Tebet, Jakarta Selatan.
Telepon : 021-8310455
email ke: info[at]airputih[dot]or[dot]id

9 thoughts on “Lowongan Helpdesk OSS & Program Manager OSRC

  1. soal nasionalisme dan patriotisme sekarang ini memang mengalami kemunduran, tapi kita masih bisa berharap ada orang yang terpanggil untuk membngkitkan persoalan ini, mudah-mudahan DPR, lembaga hukum seperti Susno Duaji kalau-kalau benar-benar terbukti ia tidak bersalah adalah salah satu segelintir butir pasir dilaut yang tetap konsisten memperjuangkan nasionalisme dan patriotisme bisa menyelamatkan bangsa ini dari krisis nasionalisme kebangsaan Insyallah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam