Fenomena Negatif Akibat Perkembangan Teknologi Digital

Jauh sebelum internet muncul, pada awal abad 19 sudah ada suatu teknologi yang seringkali disebut sebagai telegraf. Telegraf adalah suatu mekanisme yang menghubungkan dua perangkat untuk melakukan pengiriman data melalui media elektromagnetik seperti radio atau kabel. Tentu saja kemunculan telegraf pada saat itu merupakan hasil dari ilmu pengetahuan.

Perkembangan ilmu pengetahuan dalam hal pertukaran data itu berlanjut pada tahun 1957, Uni Soviet meluncurkan satelit Sputnik ke luar angkasa. Hal ini memicu Amerika Serikat pada tahun 1958 meluncurkan satelit juga ke luar angkasa dengan sasarannya adalah teknologi komputer. Satelit luar angkasa tersebut bertujuan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan serta teknologi di Amerika Serikat.

Pada tahun 1962 terbentuklah sebuah tim kecil yang bernama “Members and Affiliates of the Intergalactic Computer Network” di dalam DARPA. DARPA adalah sebuah divisi riset di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang melakukan pengembangan tentang jaringan komputer. Hal ini berlanjut terus hingga tahun 1969.


Jaringan komputer tersebut berkembang dari yang awal mulanya hanya 4 unit komputer di tempat terpisah, lalu bertambah menjadi 111 unit pada tahun 1977 lalu menjadi ribuan komputer pada tahun 1982. Hal ini membuat Departemen Pertahanan Amerika Serikat melakukan pemisahan jaringan komputer untuk umum dan untuk jaringan internal militer. Dalam kurun waktu tersebut, berbagai macam protokol untuk melakukan pertukaran data/informasi diciptakan. Teknologi web, email, ftp semuanya tercipta dengan tujuan positif untuk saling berbagi informasi.

Dalam perkembangannya pada saat ini, internet, sebagai teknologi yang dikembangkan dari ilmu pengetahuan mengalami transformasi yang luar biasa dan bahkan juga digunakan untuk hal-hal ataupun kepentingan yang bersifat negatif. Hal-hal negatif ini bahkan sudah menjadi sebuah fenomena yang terus berkelanjutan dan sulit dibendung. Beberapa fenomena negatif yang sekarang ada di internet sekarang adalah

  • Hoax atau informasi palsu yang disebarluaskan untuk mempengaruhi orang banyak melalui berbagai macam kanal di internet.
  • Melakukan penipuan agar si pelaku mendapatkan keuntungan dari korban yang sudah diincar
  • Penyebaran budaya asing melalui berbagai layanan dan aplikasi meliputi dalam bidang ipoleksosbud (ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya)
  • Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, fenomena negatif dari internet (yang sebenarnya internet sendiri merupakan perkembangan ilmu pengetahuan), antara lain:
    1. Pornografi
    2. Kekejaman dan Kesadisan
    3. Perjudian
    4. Penculikan
    5. Hacking
    6. Money Laundry
    7. Pencurian atau penyanderaan data
    8. Provokasi/fitnah
    9. Bullying

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam