fixed-widthfluid-width

Syariat Islam Di Aceh
Category: Umum
Tags:

Tulisan ini tidak bermaksud untuk SARA, namun tulisan ini merupakan pengalaman dari apa yang saya lihat, rasakan dan alami selama satu bulan berada di Banda Aceh, bisa jadi tulisan ini kurang pas bagi sebagian orang :)

Sejak Maret 2001 telah diberlakukan hukum syariat Islam di Aceh dan sudah ada contoh kasus yang berakhir di hukum cambuk seperti salah satunya adalah kasus penjudi. Baru-baru ini pun, detik.com juga memberitakan bahwa ketika grup musik peterpan manggung di Stadion Harapan Bangsa ternyata tempat penonton pria dipisahkan dengan penonton wanita oleh sebuah pembatas. Namun nyatanya, pembatas tersebut dapat dilewati dengan mudah oleh pria atau wanita , sehingga tetap saja akhirnya wanita dan pria bercampur menjadi satu. Mengutip dari detik.com ternyata banyak pula penonton wanita yang menggunakan baju ketat walaupun berbusana muslim. Akhir dari konser ini ada empat wanita di giring ke kantor polisi karena tidak mengenakan jilbab. Bagaimana kelanjutannya dengan kisah empat wanita itu saya sendiri juga kurang tahu pasti.

Melihat kondisi itu, lalu saya membandingkan dengan kehidupan sehari-hari yang saya alami di Banda Aceh dan ternyata memang ada beberapa hal yang terlihat setelah hampir satu bulan saya berada di Tanah Rencong ini :

  1. Hampir sebagian besar wanita Aceh ketika di tempat umum ataupun berkendaraan selalu menggunakan jilbab atau minimal kerudung dan biasanya menggunakan baju lengan panjang. Hal ini berbeda dengan sebagian besar bule-bule wanita NGO yang tidak berkerudung ataupun berjilbab walaupun berada di tempat umum. Biasanya, ketika sudah sampai tempat tujuan kerudung atau jilbab tersebut akan dilepas walaupun disitu ada pria yang bukan muhrimnya.
  2. Jarang sekali saya melihat pria menggunakan celana pendek (celana hawaii) di tempat umum, mungkin di Jakarta jamak yah liat pemandangan seperti ini. Bahkan saya tidak pernah liat yang bertelanjang dada. Ah ini sih kebangetan telanjang dada di tempat umum, cuma saya juga belum pernah liat ada petani yang bertelanjang dada lagi mencangkul, abis belum sempet jalan-jalan ke sawah sih :-D.
  3. Ketika berada di pantai Lhoknga tidak ada satu pun bule wanita yang berani menggunakan bikini atau pakaian terbuka, namun beberapa pria entah lokal atau bule berani bertelanjang dada untuk menikmati berenang di pantai. Kekekeke, gak tau kalo ada Polisi Wilayatul Hisbah ditangkep gak tuh.
  4. Sangat sulit untuk menemukan minuman beralkohol di aceh walaupun kadar alkoholnya kecil. Jangan pernah berharap anda bisa mendapatkan Anker Bir atau Bir Bintang dengan mudah di Aceh. Ditempat-tempat tertentu anda bisa mendapatkannya seperti misalnya di Cafe Country Steak yang sebagian besar pengunjungnya adalah bule. Sayangnya yang boleh memesan bir hanya orang bule, orang lokal ataupun orang Indonesia jangan berharap bisa pesan bir tersebut.
  5. Beberapa tempat rekreasi untuk umum seperti pantai Ujong Bate ditutup pintu masuknya (entah oleh siapa ditutupnya) bahkan dipalang dengan sebuah pagar kawat sehingga tidak ada orang yang dapat menikmati keindahan pantai tersebut. Mungkin pantai Ujong Bate ditutup karena sering dijadikan ajang berbuat mesum. Ini masih tebakan saya loh, sebab ada peringatan sejenis di Pantai Lhoknga yang bunyinya kurang lebih adalah Dilarang berbuat mesum di pantai ini. Ketika saya mengunjungi Pantai Ujong Bate, ternyata tetap saja ada beberapa orang yang nekat menerobos pagar tersebut untuk menikmati keindahan sunset, termasuk saya dengan beberapa rekan, namun tidak untuk tujuan mesum dong ah, plis deh :p.


Jujur saya terkadang gregetan dengan beberapa aturan diatas, namun karena ini adalah sebuah hukum yang sudah diterapkan maka saya harus mematuhinya. Saya tidak akan mungkin ngotot untuk berkata bahwa saya adalah bule hanya untuk melanggar peraturan kan? Plis deh, masa iya gue kayak bule :p, jadi seperti orang bilang rasanya saya lebih pas untuk mengikuti sebuah peribahasa Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung.

Sekarang ini saya jadi ingin tahu lebih lanjut, apakah memang hukum syariat Islam diterapkan karena Aceh menyandang status Serambi Mekkah? Atau karena memang keinginan semua warganya? Atau sebenarnya masih ada perbedaan cara pandang di masyarakat lokal Aceh tentang implementasi hukum Syariat Islam ini? Saya masih belum mendapatkan jawabannya.

Sekarang ini lebih baik saya cari jalan aman dengan menutup aurat ketika berada di tempat umum dan meniadakan jatah gliyeng-gliyeng;)

March 9, 2006 @ 2:40 am

58 Comments

#1 Comment by chuck :
On August 1, 2010 2:58 pm Mozilla Firefox 3.0.15 Windows XP

kenapa kita harus ikut-ikutan cara Arab, orang para TKW dari Indonesia yang saudara kita aja banyak yang dianiaya dan dilecehakan di negara sana. Semua itu tergantung manusianya aja.
Semua orang di muka bumi ini sama aja, kalo yang dasarnya jahat ya tetep aja jahat, kalo yang cabul ya tetep aja cabul, kalo yang serakah ya tetep aja serakah, kalo yang dasarnya licik ya tetep aja licik. tak peduli dia tinggal dan hidup di mana dan memakai peraturan macam apa. Mulailah berpikir realistis dan bersikap jujur dalam memahami diri sendiri dan kehidupan ini.

#2 Comment by ek manok :
On October 8, 2010 12:15 am Mozilla Firefox 3.6.3 Windows XP

aceh dikenal daerah syariat islam dan hukumnya di atur dalam qanun … SAYANGNYA PENRAPAN HUKUMAN HANYA UNTUK KAUM MISKIN (LEMAH) untuk kaum PNS, militer dan pemilik uang lebih hukum tidak berlaku, bukti banyak di aceh, gubernur irwandi awalnya sebelum jadi aceh 1 memperjuangkan syari’at islam, sekarang meperjuangkan pundi kekayaan pribadi dan kelompoknya.

#3 Comment by aulia :
On November 4, 2010 8:05 pm Google Chrome 7.0.517.41 Windows XP

assalamualaikum… gini mass.. saya sbg anak aceh nih.. mo kasih tau 3 poin penting kalo mo keliling k aceh.

  1. kalo mass liat orang di aceh yang gak pake baju, mass salah liat, yg mass liat tu pasti kucing..ato kalo gak manusia reinkarnasi dari hewan karna cuma hewan yang gak tau cara pake pakaian.
  2. kalo mass liat yang pake pakaian ketat… tu bukan orang islam yang sebenarnya.. tapi le’lap = gak jelas islamnya.
  3. kalo mass mo liat orang aceh yang “asli” islam.. jangan ke pantai,ato ke tempat rekreasi laennya. tapi coba ke meulaboh aceh selatan…

selamat membuktikan….assalamualikum.

#4 Comment by agusrwidodo :
On November 14, 2010 3:51 pm Internet Explorer 8.0 Windows 7

assalamu’alaikum wr wb

mas dudi mohon izin berkomentar di blog anda

menurut hemat saya menerapkan syariat islam di aceh merupakan sebuah keputusan yang sangat strategis dan smart.

syariat islam bukanlah keinginan masyarakat aceh atau bukan, syariat islam adalah keinginan Allah agar umatnya dapat meraih masa depan yang lebih baik dan sejahtera.

sebagai seorang muslim kita harus ikut, menjaga dan melindungi jangan sampai penerapan syariat islam di aceh gagal.

walaupun syariat islam tujuannya sangat mulia yaitu membawa misi rahmatan lil alamin, namun banyak fihak-fihak yang tidak senang dan ingin menggagalkan penerapan syariat islam dengan berbagai cara, opini maupun fitnah.

seperti kita ketahui syariat islam sudah berabad-abad hilang didekonstruksi penjajah, sehingga selama itu juga umat muslim kehilangan pemahaman terhadap filosofi dan kerangka kerja syariat islam, saya berharap hal ini bisa dimaklumi kalau dalam pelaksanaannya masih kurang pas, jadi jangan terlalu dijadikan polemik.

saya sangat berharap seiring dengan perjalanan waktu dan seiring dengan perbaikan-perbaikan pemahaman terhadap syariat islam melaui learning by doing, saya sangat yakin syariat islam akan mampu merubah umat islam disegala bidang secara dramatik dan signifikan menjadi umat sangat produktive dan kompetitive, yang segera mampu bersaing dengan umat-umat yang lain, dan aceh bisa-bisa dalam waktu tidak lama lagi menjadi pusat kebangkitan islam yang ke 2

ayo saudara-saudaraku di aceh maju terus we are support you.

mohon ma’af kalau ada yang tidak berkenan

wassalamu’alaikum wr wb

#5 Comment by nazry :
On January 14, 2011 7:23 pm Mozilla Firefox 3.6.13 Windows Vista

as salam…

saya rakyat malaysia…

ingin tahu, bagaimana saya bisa dicambuk di aceh?
apakah laman web bagi majlis agama islam aceh?
bolehkah rakyat luar ingin dihukum di acheh?

terima kasih..

#6 Comment by sentot :
On July 1, 2011 7:15 pm Google Chrome 12.0.742.112 Windows 7

Koq Cut Nyak Dien memakai Burqa ya ?
Apa boleh wanita memimpin pria dalam berperang ?

#7 Comment by sentot :
On July 1, 2011 7:16 pm Google Chrome 12.0.742.112 Windows 7

koreksi …
Koq Cut Nyak Dien tidak memakai Burqa ya ?
Apa boleh wanita memimpin pria dalam berperang ?

#8 Comment by sentot :
On July 1, 2011 7:18 pm Google Chrome 12.0.742.112 Windows 7

Penerapan hukum syariah dalam hukum publik di Indonesia bertentangan dengan UUD 45 …

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.