GMyclient – Aplikasi Pengelola Database MySQL

MySQL pada saat ini telah mencapai versi 4.x. Berbeda dengan kebanyakan database yang ada di Windows, MySQL adalah sebuah database yang tidak memiliki interface khusus untuk pengelolaan secara build in. Semua pengelolaan database MySQL berdasarkan pada command-command yang berbasiskan console. Mungkin akan rumit jika kita harus mulai mengenal semua command dasar MySQL dengan basis console. Atas dasar hal tersebut sampai dengan saat ini bermunculan aplikasi pengelolaan database MySQL yang berbasis GUI, entah itu berupa opensource ataupun produk komersil.


Aplikasi MySQL-client berbasis GUI di Windows yang cukup terkenal adalah MySQL-Front. Berbeda dengan aplikasi sejenisnya MySQL-Front adalah freeware dengan fitur yang lumayan banyak dan bagus. MySQL-Front sendiri dibangun dengan menggunakan Borland Delphi. Untuk di linux aplikasi yang mirip dengan MySQL-Front dapat kita ketahui jika kita berkunjung ke http://www.mysql.com dan masuk pada section contrib. Disitu terlihat banyaknya aplikasi MySQL-client yang berbasis GUI. Yang opensource dan memiliki fitur powerful adalah MySQLCC dan gmyclient. Nama gmyclient sendiri sebenarnya merupakan akronim dari Gnome Mysql Client, jadi sebenarnya gmyclient masih bergantung pada paket-paket dasar yang ada pada gnome. Dari keduanya, aku secara pribadi memilih gmyclient, sebab lebih kecil ukurannya, enteng, powerful, interface-nya mirip dengan MySQL-Front dan berbasis pada gtk (karena aku pake gnome :p), sedangkan MySQLCC berbasis pada qt (lebih cocok jika GUI-nya menggunakan KDE).

Saat artikel ini ditulis gmyclient telah mencapai versi 0.3. Versi 0.3 ini terakhir kali dikeluarkan pada Bulan April 2002. Seperti yang dijanjikan oleh developernya bahwa gmyclient sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan. Developernya juga mengatakan bahwa gmyclient di masa mendatang tidak akan bergantung pada paket-paket dari gnome dan akan support pada sistem operasi windows dan linux. Tapi entah apa sebabnya sudah hampir lebih dari satu tahun belum pernah ada kabar dari developernya mengenai pengembangannya, bahkan sampai saat ini tidak tersedia gmyclient dalam versi CVS. Isi situsnya sendiri yang beralamat di http://gmyclient.sourceforge.net tidak pernah diupdate sejak per tanggal 5 Desember 2002. Apakah project ini sudah tidak dilanjutkan?

Dari hasil installasi gmyclient yang telah aku lakukan dengan format rpm ternyata tidak mengalami kesulitan. Kalaupun ada ketergantungan maka hanyalah library MySQL. Setelah aku eksplorasi, ternyata fitur yang tersedia di gmyclient membuat aku harus mengakui bahwa fiturnya lumayan lengkap dan cukup membantu dalam pengelolaan MySQL. Beberapa fitur yang tersedia dalam gmyclient versi 0.8 antara lain :

* Multi koneksi database server
* Database Explorer
* Membuat dan Menghapus database
* membuat, menghapus dan menambahkan tabel dengan shorcut keyboard
* Melihat dan Editing database
* Membuat dan menghapus index ataupun key
* Filter tabel data global
* Copy dan paste tabel serta data tabel
* Kustomisasi tampilan
* Melihat dan printing hasil query
* Manajemen multi user
* SQL Editor dengan syntax highlighting dan automatic completion
* Tampilan status server
* Tampilan variabel server
* Export data ke CSV, HTML dan Mysqldump
* Import Data
* Support multibahasa meliputi Jerman, Spanyol dan Inggris

Dengan fitur seperti itu rasanya pengelolaan database MySQL tidak akan terasa rumit dan kita tidak akan dipusingkan lagi dengan beberapa command dasar MySQL. Bagi aku pribadi dengan fitur seperti itu sudah lebih dari cukup, entah kalo untuk seorang Database Analyst ataupun System Analyst :). Jika memang kurang puas dengan fitur yang ditawarkan atau ingin yang berbasiskan pada qt, mungkin bisa mencoba MySQLCC.

Dengan menggunakan gmyclient keinginan anda untuk mengeksplorasi dan mengelola database MySQL akan cepat dan mudah, semudah anda mengelola MySQL dengan menggunakan MySQL-Front. Jika kamu tertarik ingin menggunakan gmyclient silahkan download source code atapun paket binary-nya di http://gmyclient.sourceforge.net/download.php.

19 thoughts on “GMyclient – Aplikasi Pengelola Database MySQL

  1. Assalakum mas Dudi mas saya da artikel atau untuk mendownload aplikasi visual basic dengan mysql ada endak ya ..mas
    tolong dong kasih tahi

  2. Ass. Maaf mas, saya mau tanya bagaiamana cara koneksi database SQL server dengan Visual Basic 6.0? saya orang baru dalam dunia inforatika yang ingin belajar pemrograman database. step yang sudah saya lakukan SBB :

  3. Ass,mas. Saya mau tanya mas, gimana koneksi Aplikasi database visual basic 2005 dan SQL server minimal antara dua komputer, satu client, satu server. Trus saya coba latihan membuat aplikasi database tapi untuk penjualan,pembelian,dan retur gak jalan,error. Boleh gak mas minta source dan cara pengerjaanya di VB 2005 kalau boleh. Dan bagaimana membuat database dan relasinya pada SQL server 2000. Terima kasih atas perhatiaanya

  4. hallo….ada yg mau aq tanya neh….klo mis kita buat aplikasi delphi + mysql….klo kita jalankan programnya di tempat lain (yg blm ada mysql nya) kan ga bisa jalan….file2 apa aja yg disertakan ke program kita?

    thx atas bantuannya

  5. Tolong dong dikirim form menggunakan VB dan mysql yang lengkap dengan perintah insert, delete, update, save dan cancel.
    Terima Kasih….

  6. Gini niy, saya mo nanya tentang macam-macam SQL command pada Visual Basic 6.0
    Mohon dibalas.Makasih bgt sebelumnya

  7. Mas Saya Juga Mau tanya juga bagaimana caranya melakukan pencarian data lewat data base MyAql menggunakan VB. Karena Kalo Jika kita menginputkan data yang sama dengan secara otomatis program akan error untuk itu saya membutuhkan bantuan Mas
    Terima Kasih…..

  8. mas….saya minta tolng banget kirimkan contoh-contoh VB menggunakan database MySQL…
    dipakai untuk Client-Server ..MySQL pada komputer server(OS:Windows)..di akses oleh client..
    misalnya : program penjadwalan akademik..tolong secepatnya disediakan untuk di download selengkap-lengkapnya ya mas…
    Tolong Bangeeeet…please..
    makasih Bnayak ya Mas….

  9. bos aq ambil tugas akhir ,

    judul na aplikasi penjualan service/part motor

    pake vb and mysql, tyuz ma pembimbingku suruh kasi alikasi tambahan yang baru, aplikasi yang bgz apa ya? sesuai judulku itu

  10. mohon bantuannya
    kok gak bisa download source code atapun paket binary-nya

    mas….saya minta tolng banget kirimin contoh-contoh VB menggunakan database MySQL menggunakan windows
    Database name : Penjualan dibuat dgn MYSQL
    1. Table Name : Barang
    Detail : kdbrg, nmbrg, harga, stock
    2. Table Name : Supplier
    Detail : Kdspl, nmspl, almt
    3. Table Name : Transaksi (table master)
    Detail : noinv, kdspl, kdbrg, harga, jml, total
    4. Table Name : TempTrans (table detail)
    Detail : no, noinv, kdbrg, kdspl, gtotal
    terima kasih.

  11. buaagus….
    mas, mysql katae bisa menyimpan data dalam format spatial..
    klu mas punya ilmu tentang itu, di share dong

    tq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam