Dunia Hacker di MetroTV

Gak lama setelah saya di wawancara oleh Radio 68h, sekitar pukul 24.05 saya mendapat sms dari rekan dan saya disuruh melihat acara di MetroTV (waduh ternyata MetroTV belum punya situs :()

Akhirnya karena rasa penasaran, saya liat juga MetroTV dan ternyata topiknya adalah Dunia Hacker dan kebetulan yang menjadi nara sumber adalah Kennen Sufi (ini tambahan dari Idban, cuman saya gak liat pas nara sumbernya Kennen Sufi) dan Fernandus. Fernandus sendiri dalam acara tersebut tertulis sebagai Pengamat Komunitas Cyber/Hacker? (sorry saya agak lupa, kalo ada yang inget tolong di koreksi). Dari hasil googling dengan keyword fernandus pengamat saya cuman mendapatkan link tersebut dan itupun bukan official site beliau. Ada yang tau sapa beliau?. BTW, saya juga googling Kennen Sufi tapi gak mendapatkan informasi apapun tentang dia.


Wah, terus terang topik ini menarik sekali bagi saya, apalagi saya juga habis di wawancara. Namun yang membuat saya terkejut ketika Fernandus ditanyakan oleh pembawa acara apa itu phreaking ternyata dia gak bisa menjawab. Oh… My God…. bahkan ketika ditanya lebih lanjut apa beda cracking dan phreaking ternyata dia bilang itu sama saja. Waduh,…. terus terang saya malu melihat dia sebagai nara sumber tetapi tidak tahu perbedaan phreaking dan cracking. Seandainya Fernandus memang tidak tahu arti phreaking akan lebih baik jika ia mengatakan tidak tahu. Justru statement yang ia berikan dengan mengatakan phreaking dan cracking sama saja semakin menyesatkan pemahaman para pemirsa / penonton MetroTV. Mungkin link ini dapat membantu pemahaman apa itu phreaking. Sedangkan link ini dapat membantu pemahaman tentang cracking yang dimaksud pada pembicaraan itu.

Saya pikir hanya itu saja yang terlihat memalukan pada acara tersebut, namun justru tambah memalukan ketika ada live show langsung dari salah satu Warnet di Jawa Barat. Sang pembaca acara mengajak berbicara salah satu user dan berbicara tentang teknik hacking / cracking. Namun, apa yang terjadi? semua yang dijelaskan dan diterangkan oleh si user semuanya jauh sekali dari teknik hacking dan cracking. Ih, lagi-lagi saya sampai malu melihatnya. Bayangkan saja dia hanya menunjukkan kode-kode HTML pada sebuah situs dengan mengklik View Source (ih, mana masih pake browser IE lagi, jadi tambah malu2in aja :p) dan dia berkata bahwa untuk merubah isi suatu situs sangat gampang karena kita tinggal merubah semua kata-kata yang ada dalam kode tersebut? Oh…. God…. saya sampai geleng – geleng kepala. Kalo begini caranya definisi hacker akan melenceng jauh sekali dari aslinya.

Belum selesai dagelan itu dan ternyata masih berlanjut dengan cara merubah foto salah satu penyiar MetroTV yang ada di Friendster. Dia bilang begini: “gampang sekali untuk merubah foto ini, pertama kita save as, kemudian kita olah pake ini (photoshop) kemudian kita upload (sambil diperagakan oleh dia). Wahahahahaha, saya tertawa terbahak-bahak melihatnya. Eh, itu sih anak SD di Malang juga mengerti dan itu bukan teknik hacking / cracking. Sekarang pertanyaannya adalah gimana caranya mau upload foto itu kalo elo gak tau password dan username ftp friendster? oh… come on man…..

Itu baru sebagian kecil yang bisa saya komentarin. Yang lebih penting apakah si user tersebut mengetahui perbedaan hacking, cracking, script kiddies dan sejenisnya? Ini penting sekali agar para penonton MetroTV tidak dibodohi oleh pemberitaan seperti itu. Kok sepertinya MetroTV harus berhati-hati dalam memilih nara sumber nih. Setelah acara E-Life Style dengan pembawa acaranya KRMT Roy Suryo Notodiprojo yang sering di sindir banyak orang, eh sekarang muncul berita beginian.

Pada saat itu juga saya langsung sms dan mencoba telpon ke MetroTV, minimal saya bisa mengklarifikasi langsung kepada person yang bersangkutan, namun ternyata sms saya tidak tampil di tv, dan line telpon pun terlalu sibuk. Huh!, kayaknya saya harus kirim email ke MetroTV nih untuk bertanya dan minta kejelasan tentang nara sumber tersebut.

Ntar, gue kabarin deh kalo dapet balesan email dari MetroTV. Yang jelas, setelah tulisan ini gue susun gue langsung bikin email buat MetroTV.

Wah, terus kalo mau menghubungi / protes ke MetroTV gimana caranya ya? sialan juga nih

82 thoughts on “Dunia Hacker di MetroTV

  1. YAAAMPUUUUUNNN……….CAPEEEEEEEE DEEHH…. hari geneee….. nduss…. mendingan lo minum cucu yg banyak biar pinter kya gw…
    gak begoo lagi……

  2. dudi…
    bagi2 info ttg dunia hacker donk…
    gw mau ikut mendalamin nech…
    kirim email k gw.. ya….
    thanks dud….
    untuk semuanya…juga kalo da info ter update ttg dunia hacker bagi2 ya…..

  3. saya mau sedikit nebeng nih, saya bukan hacker, tapi mungkin nyempret2 dikitlah,saya phreaker, newbie sih. tapi saya punya tips buat internet gratis dengan cdma. tertarik? bisa email saya: just_killme@plasa.com

  4. sharing2…..saya mo sharing nih, tapi kalo tertarik lho, ya. g maksa kok, tapi nyesel kalo g dicoba, buka deh website ini: http://www.goobel.50webs.com semuanya tentang hack dirangkum tuntas di sini, cocok buat yang baru aja oprek2 komputer. tapi saya g maksa lho, kalo mau coba juga gpp, tapi jgn nyesel juga.

  5. Huaaaaaaaa huaaaa huaaaaaaaaaaaaaaaa, dia kira gampang kaleee……….
    MetroTv Sok tau tuhhhhhhhhhh……..
    Rame-rame Deface site nya MetroTv yuuukkkkkkkkkk

  6. biarin aje orang dia pingin masuk tv jga!!
    tpi klo loe bisa terangin daftarin aje diri kmu!!!
    kasian gitu2 diakan anak orang

  7. saya rasa ada benarnya juga… klo emang kurang ngerti mslah cracker / hacker!
    sbaiknya ga usah tampil jd nara sumber,
    tp ga mungkin juga kan kalo harus terangin Coding nya gmn?
    terlalu beresiko…. ‘tul kan?
    ya sudah biarkan, that’s not my business…?!!

  8. duh jadi bingung
    dude mo nambah amal ga….?? biar masuk surga..
    tolong koreksi gue klo salah.. cracker intinya positif demi kemajuan ilmu teknologi klo hacker cendrung merusak bener ga… itu gue kutip dari ono purbo waktu gue msi kuliah hehehe..
    jangan2 utk jadi nara sumber dia yg bayar ke metroTV lumyan numpang muka biar dikampung liat…

  9. Hi man, kita mo nanya nih, gimana caranya symbian os60 3rd di hp nokia 3250 bisa di oprek kayak linux os, langsung dari hp itu sendiri tanpa lewat pc, kalau ada yg tau tolong kirim ke email saya .thx 4 ur att.

  10. Gue bkn hacker tp gw tertarik juga ngebacanya,but I want to be, da yang mo ngajarin ga? kalo gue boleh komentar,
    Indonesia mah jangan dikasih tau yang tingi-tinggi ntar pada makin banyak yang ngebajak dah. makanya Metro TV nyari yang rada begoan dikit trus orang susah hehehehehehehehehe

  11. mas ajarin saya hack passwd friendster dunk…
    plizzz bgt mas,,,,
    buat orang seprti mas dedi gunardi klo cuman ngehack FS gampang dunk:)
    kirim caranya ke email saia ya mas,,,,
    tolong banget mas….
    munkkin dari situ saya bisa molai belajar hack…..:D
    email:tatak_couple@yahoo.com

  12. Sosok hacker itu misterius, jadi mustahil ada hacker diwawancarai, kecuali hacker gadungan atau mengaku-ngaku hacker.

    Seperti halnya dunia kriminal, kalau pun orangnya diwawancara, biasanya wajahnya disamarkan.

  13. aduh teman-teman ini belum mengerti dunia hacker,ya!seorang master hacker bila di dunia nyata itu tingkahnya bloon(untuk menutupi kepakarannya dalam bidang ahli terapan informatika komputer),itu semua adalah siasat!gimana paham ndak!

  14. 😐 gw cuma numpang lewat doang kok kayak na ada yg adu argument tentang hacker lumayan seru cuma bedul aja mending gw hunting software

  15. hehehehehehe ga boleh di ejekin jelek buruk ga ada baiknya tetep aja dia manusia whakakakakak

    metro top bgt dah sering² yah buat hiburan spt ini whakakakakakakakaka

  16. wkwokwowokw…..ya ini yg bikin indonesia makin bodoh ..
    orang gak tahu di jadiin nara sumber ..hasilnya yg nonton ikuta bodoh pula …

    Born as hacker ..die as hacker …
    regard

    [cgi-error]
    #hdteam crew

    kok nama blog nya kek gak asing …
    dudi gunardi brawijaya malang …

  17. halllloo.,bro.!!!

    whahahaha,,,!!orang indonesia sksJ.//
    gguubbraaakkk,.. mass..gun_kapan2 main ke cianjur.
    cita2 saya jadi musisi cuma kesamber petiR
    poNary jdi hacker,,whehehehehe,,,!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam