Kedatangan Ubuntu Linux

Kemarin tanggal 2 Agustus 2005 paket Ubuntu Linux pesanan saya datang sekitar siang hari pukul 11.00 WIB. Paket Ubuntu ini datang dengan jumlah 10 unit, dimana tiap-tiap unit terdiri dari dua buah CD, yaitu CD installer dan juga LiveCD Ubuntu. Sebenarnya saya pesan sudah sejak lama, namun entah mengapa baru datang kemarin. Bahkan beberapa blogger seperti Jay dan Amal sudah mengulas tentang kedatangan paket Ubuntu ini beberapa minggu yang lalu.

Yang menarik dari kedatangan paket Ubuntu ini adalah saya tidak dikenai charge/biaya sama sekali. Jika blogger lainnya terkena biaya antara 3000 hingga 7500 rupiah (bahkan Jay kena kena 200 ribu rupiah?, coba baca email ini), maka saya sendiri tidak mendapatkan biaya sama sekali. Jika blogger lainnya diharuskan untuk mengambil paket tersebut dikantor pos, sementara saya menerima paket tersebut di rumah. Entah apa sebabnya bisa seperti itu saya sendiri kurang mengerti, kemungkinan besar kebijakan kantor pos masing-masing daerah berbeda untuk hal ini, atau bisa jadi karena paket saya datang terlambat dan sudah banyak orang lain sebelum saya di Kota Malang yang memesan CD Ubuntu ini sehingga pihak kantor pos menilai bahwa paket ini tidak perlu dikenakan biaya.

Beralih mengenai distro Ubuntu, sejak awal saya sebenarnya adalah pengguna distro Redhat (yang kemudian berganti menjadi Fedora), namun saat tulisan ini disusun saya sudah mulai beralih ke distro Slackware dengan menggunakan Dropline Gnome, bahkan saat ini saya tengah melakukan updating paket Dropline Gnome dengan mempergunakan koneksi GPRS Matrix. Saya sendiri pernah mempergunakan distro Ubuntu ini pada komputer network monitoring di warnet Plankplunk. dengan menggunakan Desktop Gnome.

Ubuntu adalah salah satu distro linux yang mudah untuk di install, terbebas dari virus, cocok untuk berbagai laptop, komputer desktop ataupun server. Ubuntu adalah distribusi linux yang dikembangkan oleh komunitas dan ada support layanan untuk yang komersial, selain itu juga tersedia update paket-paket keamanan dengan gratis. Versi terbaru Ubuntu akan di rilis setiap enam bulan sekali. Begitulah salah satu bentuk promosi Ubuntu yang tertulis di sampul CD.

Ubuntu adalah distro yang dikembangkan dari Debian. Yang menarik dari Ubuntu adalah synaptic atau Ubuntu Packages Manager. Dengan menggunakan kedua aplikasi ini segala proses instalasi, upgrade ataupun menghapus aplikasi terlihat semakin mudah. Hal itu bisa terjadi karena dibantu dengan aplikasi apt dan juga repository Ubuntu yang selalu berisikan aplikasi-aplikasi terbaru. Hanya saja jika anda pengguna dial up jangan berharap banyak untuk menggunakan aplikasi ini, sebab aplikasi ini akan berjalan dengan normal jika PC anda terkoneksi ke internet secara terus menerus.

Terbatasnya kapasitas harddisk yang saya miliki membuat saya harus menahan keinginan untuk menginstall Ubuntu sekarang ini. Yang jelas saya pasti akan install Ubuntu di PC pribadi saya, namun tetap saja Slackware dan Dropline Gnome adalah prioritas utama saya :-D.

Arti harfiah Ubuntu sendiri seperti yang tertulis pada sampul CD adalah sebagai berikut :

Ubuntu is an ancient African word that means humanity towards others. It embodies the spirit of open source software, which is built by the best software practitioners for the benefit of all humanity.

Bahkan slogan utama Ubuntu adalah :

Linux For Human Beings

Hal lain yang menarik dari Ubuntu dan tertulis dalam sampul CD yang saya terima adalah :

You are legally entitled and encouraged to copy, share and redistribute this CD for yourself and your friend. Share the spirit of Ubuntu!

Berkaitan dengan tulisan tersebut saya berencana mendistribusikan sepuluh unit CD ini ke rekan-rekan di Malang. Sementara ini lima unit CD sudah terdistribusi ke beberapa rekan saya yaitu Sofwan, Ittok, Toni, Samsul dan saya sendiri, sehingga sampai saat ini masih tersisa lima unit CD di tangan saya.

Bagi rekan-rekan di Malang yang tertarik untuk mendapatkan CD ini bisa langsung kontak saya melalui email atau juga melalui SMS.

19 thoughts on “Kedatangan Ubuntu Linux

  1. huhuhu, pada sial tuh hihih gua dateng juga ga kenak charge tapi emang lama juga :D, btw seperti yang dudi bilang easy to use 😉

  2. doh… jadi pengen install ubuntu juga :-l

    padahal baru donlot & belajar openbsd dengan dibantu arjuna
    Hi Arjuna(tm)

    *lirik ke kanan, loh.. links blog gua udah gak ada? padahal udah bayar dan udah gak di suspend*

  3. #3: kan tinggal ngeklik doang 😀
    #4: punya kamu itu Ubuntu versi berapa sih? punyaku yang versi 5.0.4 Hoary
    #5: waks, elo sekarang jalan ama arjuna? *curiga*, link elo perasaan dulu udah ada, tapi keapus paling gara-gara gak terima url punya homo =))

  4. hihih 😀 kk coba pake SLAX nih asik ya ternyata dari pada UBUNTU linux Live CD nya 200 Mega trus klo mo Install Full 550 mega gitu deh :”> asik kan kk

  5. Mas, bisa kopi CD-nya nggak ?? Saya juga udah pesen lama tapi tetep aja belum dikirim.. Dah 2 bulan tuh saya pesen kayaknya… Saya harus kontak kemana & bayar berapa ?? Soalnya saya dah lam nyari Cd tapi bingung soale gak pernah dapet :((
    Ato misal dapet harga belinya mahal :d

  6. Priyadi’s Place » Blog Archive » Ubuntu Linux, Bea Cukai, dan Kantor Pos

  7. Paket saya (masing2 5 cd) langsung dianter ke rumah oleh pak pos. Di-charge 3000 perak. Gak apa deh.. :d

  8. kirimin saya cd installernya ubuntu donk. saya penasaran banget + pengin yang baru-baru dari ubuntu. alamat saya jl. manggar no 55 miagan mojogung jombang 61482. please…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam