fixed-widthfluid-width

Planet Bukan Sembarang Planet
Category: Blogging

RSS adalah salah satu fitur yang saat ini banyak digunakan orang untuk mendapatkan informasi dengan cara cepat dan instant. Sudah banyak situs-situs besar yang menyediakan fasilitas RSS seperti halnya slashdot, freshmeat ataupun sourceforge telah menyediakan fasilitas ini. Tidak ketinggalan pula beberapa engine blog juga telah menyertakan fitur ini seperti halnya wordpress.

Blog sebagai media personal dengan ketersediaan RSS sangat memungkinkan bagi seseorang untuk mengambil informasi dari blog tanpa harus mengunjungi blog tersebut secara manual. Bahkan dengan banyaknya blog dan beragamnya karakter blog, maka sangat memungkinkan bagi seseorang untuk mengumpulkan semua RSS tiap-tiap blog dan dikumpulkan menjadi satu dengan menggunakan news aggregator sehingga semua informasi dari tiap-tiap blog terkumpul dalam satu tempat.

Tulisan saya kali ini tidak akan berbicara panjang lebar apa itu RSS dan kegunaannya namun akan berbicara tentang planet. Ya, sesuai judulnya planet yang saya maksud bukanlah planet seperti yang tertera pada wikipedia, namun planet yang dimaksudkan adalah sebuah news aggregator.

Planet adalah news aggregator yang berbasis web dan merupakan salah satu dari news aggregator yang tersedia cukup banyak di internet. Seperti yang tertulis pada official site planet dikatakan bahwa :

Planet is a flexible feed aggregator. It downloads news feeds published by web sites and aggregates their content together into a single combined feed, latest news first.

Pada awal tahap pembuatannya planet dikhususkan untuk GNOME dan Debian, namun setelah sukses banyak orang menggunakan planet untuk mengambil informasi dari berbagai situs ataupun blog. Sebagai contoh, blog saya ini terdaftar sebagai kontributor Planet Terasi yang dikelola oleh Ronny Haryanto. Planet Terasi sendiri seperti yang ditulis oleh Ronny adalah :

Planet Terasi is an aggregate blog of Indonesian blogs about blogging and technology in general.

AFAIK, Di Indonesia selain Planet Terasi masih ada news aggregator lainnya dari Kampung Gajah yang dikelola oleh Emil Juni, hanya saja news aggregator ini tidak mempergunakan planet sebagai enginenya melainkan menggunakan wordpress.

Masih banyak lagi news aggregator lainnya selain planet yang juga banyak dipergunakan orang seperti misalnya Feedreader atau Liferea, bahkan kita dapat memilih news aggregator yang freeware ataupun komersial.

Bagi saya pribadi, hadirnya planet sebagai salah satu news aggregator secara tidak langsung telah membantu banyak orang (khususnya saya) untuk saling bertukar informasi, berdiskusi dan bahkan untuk menambah jumlah teman :). Mungkin bagi sebagian orang layanan seperti ini terlihat norak, katarsis, trend sesaat dan tidak kompeten™ :-D.

Dibawah ini adalah news aggregator yang mempergunakan planet sebagai engine news aggregator dan jangan kaget jika planet ini sebagian besar adalah kumpulan dari berbagai blog yang katanya di bilang newbie™ :).

Jadi, tertarikkah anda untuk berada di sebuah planet? syarat minimalnya ya harus punya blog dulu dong :).

Lalu, mana blog anda? hah!!! hari gene gak punya blog??? =)) *quote from Budi Rahardjo on InfoLinux Magazine*

July 31, 2005 @ 4:01 pm

7 Comments

#1 Comment by andriansah :
On August 1, 2005 9:20 am Internet Explorer 5.5 Windows 98

Boleh gak blog gw masuk ke planet terasi??

#2 Comment by dudi :
On August 1, 2005 11:19 am Mozilla Firefox 1.0.6 Linux

#1: coba kontak Ronny aja. Silakan kunjungi blog Ronny disini atau tanya by email disini

#3 Comment by malangraya :
On August 1, 2005 2:23 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

cek in yuks… behahahha:))

#4 Comment by Indra Wahyudi :
On August 3, 2005 1:51 am Mozilla Firefox 1.0.4 Windows 98

:-":-":-"

fLy AwaY …

duh boleh tau blog yang lama gak?
masa dirahasiain seh :-D
Comment by dudi — April 19, 2005 @ 4:13 p04

blog yang lama apa alamatnya?
Comment by aa — April 19, 2005 @ 4:13 p04

#5 Comment by hmmm :
On August 3, 2005 2:11 am Mozilla Firefox 1.0.2 Windows XP

:-?perasaan di FS jg sudah ada RSS nya kok. sdh di bahas blom yah? 8-|

#6 Comment by dudi :
On August 3, 2005 10:47 am Mozilla Firefox 1.0.6 Linux

#4: lha itu kan komen gw di blog maya? emang dulu dia punya blog kok :-D. Ah, biasalah itu… ngapain juga gw tutup2in seperti halnya log chat AYU dan INDRA =)).

#7 Comment by teguh :
On March 16, 2008 10:30 am Mozilla Firefox 2.0.0.10 Fedora Linux

bisa bantu instalasi planet?

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.