Motorola E398

E398
Habis bawa HP Via, katanya tidak bisa buat copy data ke komputer, terus saya coba di komputer pribadi dan ternyata berjalan normal. Kemudian oprek-oprek sedikit untuk mencoba GPRS-nya agar jalan di Linux dan ternyata tidak ada masalah.

Motorola E398, ternyata tidak terlalu sulit untuk dikoneksikan ke internet. Untuk sistem operasi Windows, Motorola menyertakan driver default serta sebuah aplikasi yang namanya Mobile Phone Tools. Sementara dalam boxnya tidak disertakan driver ataupun aplikasi untuk sistem operasi linux :(, akhirnya saya mencoba manual dengan menggunakan wvdial seperti pada Siemens S45 saya dan ternyata terdeteksi dengan baik.

HP ini berhasil di deteksi dengan baik oleh linux Slackware ataupun Ubuntu dibantu dengan hotplug, jadi seharusnya HP ini juga mudah di deteksi dengan baik oleh distro lainnya selama mengaktifkan hotplug. Sementara koneksi kabel data menggunakan USB

Dari hasil percobaan koneksi ternyata lebih cepat dari Siemens S45 yang saya miliki. Terus terang percobaan ini masih mengandalkan perasaan :), tapi kemungkinan besar perbedaan kecepatan ini dikarenakan class GPRS yang berbeda antara Motorola E398 dan Siemens. Tidak berbeda jauh dengan Siemens S45, Motorola E398 tidak bisa digunakan koneksi internet sambil melakukan charging baterai, jadi harus di isi penuh terlebih dahulu :(.

Saya sendiri belum coba untuk transfer data melalui linux, tapi sepertinya bisa sebab HP berhasil dideteksi dengan baik.

Ah. sekarang tinggal copy data Via ke CD kemudian mengembalikan HP ini ke sang pemilik aslinya 🙂

271 thoughts on “Motorola E398

  1. aku udah pegang e398 lmyn lama, tp fitur blm maksimal. aku feeling ini hp canggih tp gw bisa buat ini hp otimal. bisa kasih info buat jd roker, selain dibawa ke dealer motorola?
    setelah upgrade apalagi yg bisa dimasimalkan?
    mr dudi can you help me? tq

  2. saya menggunakan hp tipe E398, ada yg bisa batuin saya g! gmna sih cara menginstall aplikasi dan games java dari PC ke HP. :((

    thank.. :-s

  3. :((:((:((
    bete bgt neeeh..sinyal E398 gue ancur bo..
    sinyal penuh tapi susah bwt terima tlp or dialing..tolong ya mas kenapa seh?

  4. aq butuh driver usb bwat meng-koneksi-kan motorola c350 ke PC ku,dah cari2 di internet gak nemu2, gmna yah… aq pke winXP, tolong yach…plissssss..

  5. dah 3 hari berturut2 mencari program PST 7.1.1 and MP 4r2-for-all tapi sampai sekarang ini pun saya belum berhasil untuk mendownloadnya.
    dengan segala rasa hormat saya meminta tolong, agar kira dikirimkan softwere trsebut ke alamat e-mail saya.
    Trima’s Sebesar2nya

  6. #-o gw baru pake motorola rokr 3 bln yang lalu. dolo gw suka koleksi sms dari some one special, pas da ganti hp ga bisa lagi koleksi sms. ada yang tahu tidak solusi supaya rokr bisa nampung sms lebih banyak. or smsnya bisa disimpan di minisd.

    thanks a lot ya bro……..
    salam buat

  7. salam sejahtera…
    aku mau minta bantuan teman teman,aku punya L7 kemarin waktu mau isi themes di counter mereka ngga bisa katanya sih takut trouble trus karena ngga bisa aku punya keinginan sendiri untuk install tapi belum terlalu mahir aku minta tolong buat teman teman yang bisa bantu aku
    trima kasih yah bantuannya

  8. aloooowwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww.spa aj deh tolongin aku “cra masukin skin baru untuk rokr E1.gw udah coba pake p2kman tapi ga kedetek di software itu.gimana nih?”pleeease!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!……kirim ke “kaitoo_kid@plasa.com”

  9. toooooollllllllloooooooooonnnnnnnnnggggggg aku donkszzzz cra masukin skin baru untuk rokr E1.gw udah coba pake p2kman tapi ga kedetek di software itu.gimana nih?

    kirim ke “KAITOO_KID@plasa.com” yach…pleaaase!!!!!!!!!!

  10. wah…maab berat nih gw mo minta tolong sama kalian dan ga punya waktu banyak buat cari nih, tolong yah kasih linknya(url) nya aja klo kalian memang lg berbaik hati boleh kirimin ke email gw…:d muakakakakakakakasih buanyayayayayak

  11. wah…maab berat nih gw mo minta tolong sama kalian ,driver motorola c381/ c380 dan ga punya waktu banyak buat cari nih, tolong yah kasih linknya(URL) nya aja klo kalian memang lg berbaik hati boleh kirimin ke email laboraz_ade@yahoo.com gw… muakakakakakakakasih buanyayayayayak

  12. bro kalo ngubah themes n skin d motorola e398 gmn caranya.
    aku udah coba pake p2k commander n p2k tool tapi hp gw gak ke deteck alias disconnect.
    tolong brow

  13. HP saya saya upgrade salah firmware mati total.gmn caranya memulihkan.mengingat bootloader sudah tidak bs lagi.
    apa harus ganti chip IC Flashnya?ato gmn?
    makasih…

  14. :d tolong dong yang punya driver motorola C651, dibagi dong ! aku sdh lama nyari tapi gak ketemu. boleh dong dibagi kalo ada yang udah punya, please kirim ke fhoead@yahoo.co.id . makasih atas perhatiannya.

  15. che lu dapat salam dari diding …..salam sayang die bilang =)) 😕 btw diding cewe pa cowo seh hehehehehehhe

  16. najis dah just, masa gue harus sayang2an sama diding. plis deh, padahal ada wanita lain yang bisa narik perhatian buat gue :”>

  17. klo download driver USB motorola bisa kan ? CD saya hilang , trus saya coba buat download aja … tapu belom saya cari … klo ada yg tau kasih tau linknya ya ? 😉

  18. #-o:( Toloooooooooooooooong!! buat yang tau alamat buat nge download usb driver c 381 kasih tau dong, email ke aku ya pleaseeeeeeeee bgt!!

Comments are closed.