fixed-widthfluid-width

CERT Indonesia?
Category: Opini,Teknoblogia
Tags: ,

Jika Malaysia punya MyCERT, Australia punya AusCERT dan bahkan hampir diseluruh penjuru dunia ini masing-masing negara memiliki CERT, lalu Indonesia punya apa?

Jika memang benar berita di detik tentang dibentuknya ID-SIRTII, mudah-mudahan segera terealisasi sehingga peristiwa seperti Ambalat terdahulu bisa di eliminir, atau bahkan seperti beredarnya virus Rontokbro bisa di informasikan dengan cepat, atau bahkan nanti bisa mengeliminir banyaknya situs pemerintahan yang di deface, atau bahkan mengurangi angka penipuan credit card yang dilakukan oleh para carder.

Atau bahkan…. ah terlalu banyak atau nih, mending kita lihat perkembangannya dulu deh.

BTW, terus apa bedanya ID-CERT yang tidak pernah terdengar beritanya dan ID-SIRTII yang baru mau akan dibentuk? waduh bingung saya. Ada yang bisa kasih penjelasan?

November 26, 2005 @ 3:40 am

15 Comments

#1 Comment by idban :
On November 26, 2005 6:09 am Mozilla Firefox 1.0.7 Windows Server 2003

tanya kenapa?
eh tanya om andika coba dud

#2 Comment by Budi Rahardjo :
On November 26, 2005 9:23 am Mozilla Firefox 1.0.7 Windows XP

Sebetulnya sudah ada ID-CERT semenjak (akhir) 1997. Namun, sama dengan kegiatan lain yang bersifat voluntir di Indonesia, tidak banyak yang membantu. Yah, sama seperti kegiatan pengelolaan domain pada awal dulu. Gak ada yang mau. Nanti setelah jalan, baru rebutan. Kita lihat saja deh.

Informasi ada di http://www.cert.or.id
Milis: diskusi -di- cert.or.id
Saat ini yang aktif terus adalah Andika dan saya. Mau bantu? Tapi jangan tanya bisa bantu apa. he he he. Langsung bantu saja.

— budi

#3 Comment by andika :
On November 26, 2005 12:11 pm Mozilla Firefox 1.5 Windows XP

Keterbatasan SDM: semua volunteer. Saat ini tinggal 2 yang (masih mencoba bertahan) aktif: BR & AT. Mungkin pak Budi Rahardjo bisa memberikan penjelasan yang lebih lengkap.

#4 Comment by Indra Wahyudi :
On November 26, 2005 3:46 pm Mozilla Firefox 1.0.6 Windows XP

Salah satu Pembicara dalam seminar workshop ID-SIRTII yang di gelar di Jakarta pada tanggal 23-11-05 =D>

Great people
Great man
Great talent
Great personality
Great skill
Great relationship
Great patner
Great brother
Great friend
Great teacher
Great master
Great profile
Great ....

Last but not least Akhlak still low ^:)^

#5 Comment by vnuzday :
On November 26, 2005 4:36 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

#4
“Last but not least Akhlak still low”

=))=))=))

#6 Comment by dudi :
On November 26, 2005 10:14 pm Mozilla Firefox 1.0.7 Windows XP

#2, #3: sebenernya dari nama ID-SIRTII dan ID-CERT memiliki kesamaan, jadi sepertinya secara fungsionalitas pun keliatannya nanti akan sama. Saya pribadi melihat kalo ID-CERT dikembangkan oleh komunitas sedangkan ID-SIRTII dikembangkan oleh pemerintah? mudah-mudahan nantinya gak terjadi tabrakan kepentingan aja. Makanya tulisan diatas saya bertanya kenapa bisa ada dua lembaga sejenis?

#7 Comment by wandi :
On November 26, 2005 10:16 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

bagaimana ya? emang membingungkan sih.semoga ujung-ujungnya tidak merugikan para pengguna internet di indonesia. awam seperti saya mah, bisanya cuman bingung…

#8 Comment by dheche :
On November 27, 2005 2:19 am Mozilla Firefox 1.0.7 Fedora Linux

Belakangan ini emang “dualisme” udah jadi Tren Sesaat™. Nggak hanya di dunia maya (iix vs openixp, idnic vs id-nic, isoc-id, dsb) tapi juga di dunia nyata kita sering nemu parpol dg dualisme kepengurusan, bahkan skr kita punya dua presiden ? (uppsss)

#9 Comment by Budi Rahardjo :
On November 27, 2005 9:17 am Flock 0.4 Windows XP

Yah begitulah. Sebetulnya dulu juga sudah ada ID-FIRST, yang kagak ada kabarnya lagi. Saya sih orang yang bekerja saja, meskipun bisa saja nanti-nanti hasilnya diklaim orang lain. :(( Yang penting sekarang itu adalah membuktikan kerja dahulu.

Budi (lagi pakai topi ID-CERT), yang lagi cari orang-orang yang punya dedikasi dan integritas tinggi.

#10 Comment by achmadi :
On November 27, 2005 3:45 pm Mozilla Firefox 1.5 Windows XP

moga2 institusi tersebut dapat menjadi bibit untuk perkembangan dunia IT yang jauh lebih baik dan bebas dari gontok-gontokan… :p

amiiin…..

#11 Comment by Jauhari :
On November 28, 2005 8:04 am Mozilla Firefox 1.5 Windows XP

Saya takutnya nanti kalau udah UUD(Ujung ujungnya Duit) udah mulai keliatan, pihak pihak X mulai unjuk gigi, ini yang harus kita hindari, jadi sedari awal kita harus bisa RAPATKAN barisan untuk hadapi golongan UUD.

Maju terus mas Budi Raharja :)

#12 Comment by -jie- :
On January 7, 2006 1:49 am Mozilla Firefox 0.7 Windows 2000

opini ini bisa bikin site id-cert jd (paling tidak) ada gambarnya. salut!

#13 Pingback by NAISENODNI » Blog Archive » ID-SIRTII dan privasi :
On February 6, 2006 4:46 pm WordPress MU

[…] Setelah beberapa kali membaca berita dan postingan blog seputar ID-SIRTII, saya memutuskan untuk mencari-tahu bagaimana perkembangan ID-SIRTII, saya memperoleh beberapa informasi yang menarik. […]

#14 Pingback by NAISENODNI » Blog Archive » ID-SIRTII dan apa yang mereka (akan) lakukan :
On February 6, 2006 5:05 pm WordPress MU

[…] Setelah beberapa kali membaca berita dan postingan blog seputar ID-SIRTII, saya memutuskan untuk mencari-tahu bagaimana perkembangan ID-SIRTII, saya memperoleh beberapa informasi yang menarik. […]

#15 Comment by Ahmad :
On December 20, 2012 7:38 am Mozilla Firefox 17.0 Windows XP

Hehehe, coba cek web ID-CERT yang sekarang, masih di link yang sama…maaf baru diupdate karena sekarang baru ketemu “modelnya” bagaimana CERT komunitas bisa hidup…soal tabrakan kewenangan seperti yang dikhawatirkan, hingga saat ini tidak terjadi, walaupun sudah ada 4 CERT di Indonesia , ternyata dunia IT Security itu masih terlalu luas untuk kita ber-4…Yang jelas, ada sinergi diantara kita…Dan yang terpenting, kita tetap kerja dan kerja terus, dan masih perlu dukungan dari para voluntir dan sponsor (karena kita ga didanai penuh dr pemerintah)…Cheers, AKA

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.