Perkebunan Ganja, Mungkinkah?

Ganja!Gambar disamping ini gue ambil dari blog Awenx. Tau gak ini pohon apa? kalo buat Mamad, mungkin pohon ini udah gak aneh lagi kali ya :-D. Ya ini pohon ganja yang tumbuh dibelakang salah satu kontrakan rumah di Banda Aceh. Jangan salah, pohon ini gak ditanam oleh siapapun, tapi tumbuh dengan sendirinya. Banda Aceh itu subur bro!

Waktu diskusi ringan diwarung kopi dengan beberapa rekan KPLI Aceh gue dapat penjelasan yang cukup memuaskan. Ternyata ganja itu bervariasi penggunaannya di Aceh. Bisa digunakan sebagai bumbu sayur, bumbu gule kambing, campuran kopi, rokok atau bahkan dijadikan dodol! Gue sendiri gak pernah pake ganja, karena sejak SMA gue udah komit untuk gak mau pake lagi. :p


Nah, dari diskusi ringan waktu itu sempat juga tercetus ide gila. Kenapa gak bikin perkebunan ganja aja di Aceh yang direstui oleh Pemda setempat dan dikontrol penanamannya? memungkinkan atau enggak sih? tentunya harus ada studi terlebih dahulu untuk membuktikan keabsahan ide gila ini dong 😀

Berangkat dari diskusi gila itu kemudian gue iseng-iseng searching di google dan mendapatkan bahwa dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997 disebutkan bahwa ganja termasuk sebagai narkotika.

narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan

Sementara yang dimaksud dengan narkotika dalam Undang-Undang tersebut terdiri dari tiga golongan yaitu golongan opiat (heroin, morfin, madat dan lain-lain), golongan kanabis (ganja, hashish) dan golongan koka (kokain, crack).

Apakah benar ganja itu narkotika seperti penjabaran diatas? Terus terang hal ini membuat gue penasaran untuk mencari beberapa referensi di internet.

Setelah gue coba cari referensi, ternyata ganja itu tidak sepenuhnya narkotika kok.

Salah satu sebab ganja digolongkan sebagai narkotika adalah karena ganja mengandung zat yang memabukkan yaitu zat Tetra Hydro Cannabinol (THC). Zat ini bisa bikin para penggunanya jadi ‘mabuk’ alias mengalami rasa senang yang luar biasa tanpa sesuatu sebab. Sementara status ganja itu haram atau halal dari sudut pandang agama Islam sendiri masih diragukan dan diserahkan sepenuhnya kepada penggunanya.

Dari situs Anti.or.id disebutkan bahwa ganja masih digolongkan lagi berdasarkan kekuatannya dengan nama yang bervariasi yaitu hemp, chasra, bhang, dagga, dinsemilla, ganja, cimeng.

Justru yang menarik gue baca ada di Wikipedia. Ternyata ganja itu juga dibedakan penggunaannya di luar negeri. Kalo untuk penggunaan terlarang, maka ganja ini disebut dengan Cannabis, sedangkan kalo untuk industri disebut dengan Hemp. Walaupun tidak dapat dipungkiri kalo keduanya berasal dari spesies yang sama.

Gue juga lakukan pencarian ke berbagai web tentang cannabis dan hemp, dan kemudian gue nyasar ke Hemp Nation. Hemp Nation adalah salah satu situs yang menerangkan ganja untuk keperluan industri. Ternyata yang membedakan Hemp dan Cannabis adalah pada kadar THC yang dimiliki. Hemp memiliki kadar THC lebih rendah daripada Cannabis.

Dari berbagai referensi itu gue bisa menyimpulkan bahwa ide gila untuk bikin kebun ganja di Aceh itu sebenernya bisa aja dilakukan. Tentunya harus merevisi undang-undang yang sudah ada agar bisa membedakan mana ganja industri dan mana ganja narkotika. Tergantung pemerintah kita berani gak melakukannya? :-D.


Pernah gak kebayang kalo suatu saat dari ganja itu bisa dihasilkan cat, deterjen, kertas, tekstil dan masih banyak lagi. Hehehe, Mbah Bino pernah bilang ke gue, kalo sampe ada kebun ganja di Indonesia bisa-bisa gini:

  1. Ngecat rumah pake cat dasar dari ganja. Setelah kering cat-nya, kemudian catnya dijilatin sama para pemabok udah gitu pada giting!
  2. Dijadiin kertas. Pemabok beli kertas, terus itu kertas disobek-sobek, kemudian dimakan dan akhirnya giting!
  3. Dijadiin deterjen. Habis cuci-cuci baju terus airnya disimpen, udah gitu diminum dan akhirnya giting!

Kalo kita cuman liat dari sisi negatifnya aja tentu bener apa kata Mbah Bino.

Bukan, gue bukan bermaksud menghina Mbah Bino, tapi apa yang Mbah Bino sampaikan itu sangat mungkin terjadi di Indonesia. Lah, lem Aica Aibon aja bisa dibuat untuk mabuk :(. Masa iya kita cuman bisa liat dari sisi negatifnya aja. Padahal masih banyak sisi positif lain dari ganja yang bisa di eksplorasi 😉

So, buat Awenx, Gimbal dan Alex. Jadi kapan KPLI Aceh bikin kebun ganja? =))

Update:
S P, salah satu pembaca blog mengirimkan FAQ tentang Hemp dan Cannabis. FAQ ini bisa membuka mata kita bahwa Cannabis itu tidaklah sama dengan Hemp. Sementara definisi ganja di Indonesia lebih cenderung ke arti harfiah dari Cannabis, sedangkan Hemp cenderung terlupakan.

170 thoughts on “Perkebunan Ganja, Mungkinkah?

  1. ….adakah yang tahu dimana wadah perkoempoelan pedjoeang2 cannabinol indonesia??….(yang pasti bukan di rutan ato kapoltabes loh)..hwehehehe….klo ada kasih tau donk bro!!…

  2. legalize marijuana and free the non-violence drugs offender (p-nut 311)
    keep on rolling bro……..
    goes to the luntang-lantung boys.org
    viva gunja !!!

  3. ganja itu pisau 2 mata tinggal pilih mo dipakai untuk yang jelek ato setengah bagus.. klo di aceh.. ganja itu untuk bumbu dapur, jadi klo masak daging ato bebek gak empuk-empuk pakai biji nya dikit,, (gak perlu pakai presto-di aceh presto gak laku, hehehe..),disini sih dah biasa ama biji gituannn.. tinggal tambah dikit, masak cepat kelar, enak dan hemat bahan bakar…nah sekarang ini dah disalahgunakan..

  4. Ganja / chimenk / hassist / dll, menurut gw sama sekali ga menimbulkan kecanduan kok. Jujur, gw ex-pemake (1993-2005), dan gw ga pernah ngerasain nyandu. Kalo ada yach dipake kalo ngga ya udah, biasa aja. malah yang gw rasain, doi bantu gw konsen untuk mikir (mungkin kalo kebanyakan ya bego juga kali yach, tapi belum keburu bego kalo gw sih da tidur dulu). Dan saat gw berhenti make, yang gw pake buat berhenti cuma niat bulet.

  5. yah perjuangkan terus….
    bahaya juga tidak…
    mabuk juga tidak…
    gimana rokok ..nah gitu…
    kok ampe ngejilatin tembok,makan kertas segala…
    lucu kan perokok dihukum penjara…
    sudahlah…
    legalkan…
    gitting…….ahh biasa aja..

    dukung demi atjeh dan indonesia tercinta

  6. koruptor milyaran puluhan juta cuma setahun juga ngak…palimg banter 5 tahun kebawah ato
    paling bulanan dipenjara…
    pengguna ganja… tahunan dipenjara …

    TIDAK ADIL…….!!!!!!!!!!
    TIDAK ADIL……..!!!!!!!!!!!!

  7. ganja Is The bEST

    LEGALkAN saJA

    bTW _______yG COCOK BUAT tANAMAn NEGH

    PuPUK aPA

    ??????????????

  8. yess….legalkan aja dari pada susah2 nyari chimeng n harus ngumpet trus dari polisi, I LIKE CANNABIS 4 Ever

  9. kapan nih bro ganja di legalkan,klo menurut gw klo ganja legal semua utang indonesia sama imf ato apalah bisa dibayar lunas,karena kualitas ganja diindonesia no 1 didunia,jujur aja yah gw doyan ganja dari smp kelas 3 sampe sekarang gw udah gawe,sampe2 gw nge-rengek minta pindah sama kk gw kekanada krn ada klu cannabis yg free make ganja…mari kita sosialkan penggunaan ganja yg aman dan nyaman,belum pernah gw denger ada orang yg mati ato ribut gara2 ganja yg ada mah happy dan friendship…gw tunggu kiriman nih bro di elfa_sundari@yahoo.com

  10. setuju banget bro…..legalin aja….apa lagi kalo bisa jadi komoditi ekspor kan devisa buat negara……………legalkan ganja!..berantas abis koplo,sabu dan putaw..itu yg bener2 ngerusak bangsa………………..ganja = damai!

  11. gw stuju n gw dukungm men ama masa gw ada perkebunan ganja di indonesia….

    ntar klo dah produksi gw nglamar kerja yaaaa…

    gw minta di bagian
    “pengelintingannya”
    hehehehe….hohohohoh

    giiiiiiiitttttsss neeegghhh

  12. MARI SODARA DAN SODARIKU

    KITA LEGALKAN PERKEBUNAN GANJA DI INDONESIA

    MAJU TERUS PANTANG MUNDUR BRO……..

    dilinting lah sekarang….
    suges…
    suges…
    suges…

  13. gw sangat setuju bgd klo emank ganja dLEGALKAN supaya nntiiNya gw gmpnkk nyabut klo stock gw n bokin gw abis,,,he9x….
    9ak usah heran la9i klo diAceh sana bnyk pohon ganja yg tumbh dgn sndriny makin bnyk phon it dmusnahkan mkn bnyk phon it tumbh…
    jd percm aj usaha pemerintah untk memusnahkanny dgn cra membakar pohn trsbt coz bila dbakar nntiny biji2 phn gnja trsbt akn memech dan ia akan menanam dgn sendriny,,,,

  14. ganja ganja ganja ganja gun
    hare gini nyari ganja msh susah aja six
    dah bwat pak kapolsek legalion ganja aja deh
    mang anggota anda pd bersih smua?
    koreksi diri dulu dunn
    jgn asal tangkep
    sidang
    masuk bui deh
    pokonya w dukung legalizze .
    gggggggaaaaaaannnnnjjjjjjjjjjjaaaa

  15. gw ngedukung bngt klo di indonesia ganja diperbolehkan karena dengan ganja qt bs hahahahahahahaha,sejenak melupakan kesedihan qt…sekarang susah bngt nyari cimeng bete deh.dari pada pacaran yg ujung2nya ngehamilin anak orang gw lebih milih diem dikamar dengerin musik dan ng linting tentunta hahahahha.

  16. gw ngedukung bngt klo di indonesia ganja diperbolehkan karena dengan ganja qt bs hahahahahahahaha,sejenak melupakan masalah2 qt…dari pada minum alcohol yg bawaan nya pengen nonjok orang n’ pacaran yg ujung2nya ngehamilin anak orang gw lebih milih diem dikamar dengerin musik dan ng linting daon hijau yg penuh dngn rasa damai
    tentunya hahahahha.i like hashis

  17. dengan ganja lo semua pada nyantai lo pd ketawa2,,ganja bikin qt semua pada peace ga ada pertumpahan darah.pokonye gw ngedukung bngt ganja jd legal..ganjaaaaaaaa where u go?i mizz u so,

  18. di Indonesia, GANJA dilarang karena merupakan tanaman yang menguntungkan bagi bisnis MILITER(TNI/Polri) karena harganya MAHAL bro…trus kalo di legalkan, makaakan PT HM Sampurna & PT DJarum yang akan mempelopori bikin rokoknya dengan dosis tertentu…so pasti gitu LOH…bukan karena mabuknya. Kalo mabuk, lu minum aja air puti 1 drum…ditanggung mampus juga bisa…,lagipula Ganja adalah tanaman alami ciptaan Tuhan YME jd kenapa apriori tanpa sebab…saya yakin dibalik semua itu pasti ada guna dan hikmahnya.JAdi kesimpulannya, SAYA MENDUKUNG DI LEGALKANYA GANJA !!! SALAM PEMBEBASAN !!!

  19. Halah..pemerintah cm bsa menghubung-hubungkan ganja dgn politik.lo liat aja hukuman penjara bagi pemakai ganja..1 linting aja bsa kena hukuman 2th penjara,parahkan..tp klo etep yg benar2 ga ada maanfaat sama sekali dan mempunyai tingkat ketergantungan yg sangat2 tinggi n dpt membuat pemakainya melakukan keriminalitas ato mencuri dan hingga menyebabkan kematian paling hanya 1th..itu jg dgn brg bukti yg lumayan banyak.parahkan pemerintah indonesia..jujur gw sendiripun bingung sama pemerintah kita..karna hukuman putaw lebih rendah dibandingkan ganja mungkin abang kandung gw lebih milih pke putaw dri pd ganja yg akhirnya dia meninggal thn lalu.gw tau hukuman2 ganja,putaw,inex dll karna gw pernah dipenjara.yg pasti gw ikut perjuangkan terus untuk melegalkan ganja..so legalise it

  20. Klo ganja dilegalkan pasti kita ga akan mendengar anak2 sekolah tauran..kita jg ga akan denger lg adanya peperangan.gw salah satu mahluk tugan yg cinta akan damai,dan tumbuhan ganja yg ngajarin gw cinta akan damai..-make it legal

  21. klau ganja dilegalin ngga stuju rsa x blm siap negara kita, umpet2an udah kayak gini gampang x pa lg legal yg ada anak sd kls 1 jlan ma ngisep ganja, jangan dech mending sperti ini aja dulu, toh ngga susah kan cari ganja klau cuman di indonesia aja

  22. miras yang efeknya bikin rese,bawaan nya pengen ribut pengen making love dijual bebas..nah ganja yang efeknya penuh rasa damai,happy dan laper masih aja petak umpet ma polisi,nah klo kena berat banget hukuman nya walau punya satu linting.kapan ya ganja jadi legal dan miras jadi ilegal?

  23. GW BILANGIN AJA AMA LO SEMUA!!
    GAK BAIK NGEGANJA SENDIRI2!!
    BUAT APAAN??? KAYA ORANG GILA!! NANTI GILA BENERAN LAGI…
    kecuali lo ngeganja rame2 🙂
    naaaaa iniiiiii barrruuuu enaaaaakkkk…..
    peace bro!

  24. wahhhh, klo d’kmpung w bnyk bgt tuh ladang ganja,…ya jlas aceh gtu,jd klo w pngn ngeganja w tinggal k’aceh w babat2in ladang bis tuh w bwa deh k’jakarta,…lebih fress ganja w,ya jlas org pas pmeriksaan d’bndra w slipin d’slangkangan w jd’a lbih fress…;)

  25. lo kyk g tau org Indonesia aj.mreka mah pd munafik doang.jangankan liat ganja,liat org lain aja pikirannya udah pada negative smua.lagi pula kayaknya kebanyakan org Indonesia blum bisa nrima yang kayak ginian.alasan utamanya udah pasti karena penyalah gunaan ganja itu sendiri.kalo menurut gwa si pemakai itu nggak sepenuhnya bersalah dan mreka nggak seharusnya masuk sel.lagian pemakai Narkoba nggak mungkin bertambah banyak selagi nggak ada bandar Narkoba itu sendiri.jadi menurut gwa bandar Narkoba lah yang harus dihukum.selain itu kalo gwa sara ni ya.negri kita ini kan udah kaya,cuma kebanyakan masyarakatnya aja yang banyak menengah kebawah.kenapa nggak expor ganja aja ke Belanda !??kan itung-itung bisa masuk ke pendapatan negara(lagian kalo ide ini emang bener dijalanin,pasti duitnya dikorup ama pemerintah).
    terus terang,sebenernya kita masih terjajah ama pemerintah.

  26. gw ga pernah mabok kalo ngeganja, trus kalo di tempat gw kalo lagi nongkrong ada yg rese karna mabok minuman kasi aja 2 pukul, langsung ngorok dia, kaya peredam gitu ;))

    Ajak² kalo ke aceh …
    Ajak² kalo ngeganja

    salam buat penggemar semua

  27. saya sih dulu pemakai ganja.tapi sekarang ga lagi stelah ah sakit ketrgantugan ganja
    .stelah itu lah ak ga mau lgi makai yg nama nya ganja .
    tp semasa ak pemakai ganja rasa nya sih enak .kalau dah pakai ganja hati ku senang
    ah jangan di ceritain lah pengalaman yang buruk

  28. hehe….
    sapa bilang ganja itu selamanya membuat kita mabuk atau kekurangan daya berpikir…dan yang bilang ganja itu begitu apa dia sudah melakukan sebuah riset dengan dirinya sendiri ga…ato cuma asumsi aja karna kebetulan melihat artikel2 orang..
    bagiku ganja sebuah tanaman yang mempunyai nilai spritual yang tinggi,ganja dapat membuat kita rasional berpikir dalam memikirkan sesuatu hal yang akan kita perbuat karna ganja membuka cabang pikiran kita pada tingkat yang tinggi mempunyai arah pemikiran yang tidak sedikit sebab ganja bukan sebuah pengajaran yang kita dapat dalam dunia sekolah formal yang mesti menjawab setiap soal ujian sesuai dengan teori yang kita dapatkan ketika guru mangajarkan sebelum akhirnya kita mengikuti ujian tes kelayakan naik tingkat…
    soal di lokalisir tempat buat beganja…saya pikir itu dapat membantu kita mempelajari kegunaan dari ganja itu sendiri…palagi di tempat itu di sediakan ruangan untuk bermeditasi,bermusik,melukis dan semua yang berhubungan dengan seni budaya dan kretivitas…
    legalisasi terhadap ganja dapat terwujud apabila setiap person manusia yang ada di muka bumi indonesia ini sudah memahami secara menyeluruh tentang ganja serta manfaatnya…
    yang saya ga setuju apabila ganja sudah di legalkan adalah ketika ganja itu di komersialkan untuk kepentingan penguasa,tak terkecuali siapa pun itu…
    jangankan ganja,pendidikan aja mahal di negeri ini konon lagi ganja ketika sudah di legalkan bisa2 jadi kambing hitam yang dipersalahkan karena rakyat negara ini tidak mengalami kemajuan dalam pola pikir…
    saran saya kenalkan dahulu ganja secara detailnya kepada masyarakat umum lewat dunia pendidikan dan untuk persiapan kesana pemerintah harus memajukan terlebih dahulu pendidikan negeri kita ini…
    sudah saatnya SD,SMP gratis dan SMU serta sekolah tinggi biayanya murah…
    cukup exploitasi terhadap SDA…
    kini saatnya tingkatkan SDM…
    peace and love

  29. gini temen2 ceritannya:waktu itu gw kuliah tingkat 2,udah jd keseharian tiap pulang kuliah kita ngeganja bareng ma temen2,waktu itu ada 1 temen nama nya mara dia doyan banget ma ganja(sama ama gw)dia pake tuh ganja ampe matanya merah banget,kebetulan ganja kali itu barangnya bagus,singkat cerita..gw nganter dia balik kerumahnya di margahayu(bandung),pas nyampe rumahnya si mara ketemu ama ibu nya, eh tu ibunya nanya ama dia,
    ibu:’mara kenapa mata kamu merah banget?’
    si mara kaget gelagapan dan spontan ngejawab:
    mara:’siapa yang ngeganja??
    ibu nya malah tambah kaget
    ibu:’lho,yang bilang ngeganja siapa???
    si mara ga bisa ngomong!
    ttd.itulah salah 1 kisah lucu,dari sekian banyak kisah lucu..
    >>salam buat alumni IAI-LPKIA Bdg angk 92-95
    peace…

  30. i really miss my greeny…..
    it was a hars time to be what we really want to be with it,in these days…
    use it wise if u got any…
    don’t spend it all on one shot,
    as it really rare…
    as i am right now…hehehe..
    bye

  31. Just ‘Be-Good’ people..
    with smell of rasta.

    selama gak digunain untuk berbuat dosa..
    ya..sah-sah saja.

    selama yang saya rasa..
    kita damai dalam rasta..

    Just ‘Be-Good’ people..
    with smell of rasta.

  32. Baksssssss….dooooooooonks…..
    Brooo…Zaman udah semakin maju, indonesia harus bangkit. UNTUK ITU SAYA MENYATAKAN LEGALKAN GANJA UNTUK NEGERI KITA TERCINTA, NEGERI YANG CINTA DAMAI…TUHAN MENCIPTAKAN DAN MEMBERIKAN KARUNIA YANG BESAR BAGI NEGARA KITA YAITU TANAMAN GANJA…MARILAH SAUDARA-SAUDARA KITA SYUKURI ITU DAN JADIKAN ITU BAGIAN DARI NEGARA KITA. GANJA TIDAK MERUSAK JUSTRU MEMBAWA KETENANGAN.
    “SAYA MAKHLUK TUHAN YANG DICIPTAKAN UNTUK HIDUP DENGAN SELURUH CIPTAANYA…
    MENYATAKAN DENGAN INI LEGALKAN GANJA UNTUK KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERTANAH AIR, HAL-HAL YANG MENYANGKUT KONTRA/TIDAK SETUJU AKAN DI MUSNAHKAN DAN DISELENGGARAKAN DENGAN SESINGKAT-SINGKAT”
    Djakarta 08-08-08
    ATAS NAMA PARA GANJA MAN

  33. oke juga tuh, ya,, lagian juga dari pada mahhhal kanmendingan dilegalin biar ada ketengan diwaroeng akang “tempat wa nongkrong” biar ada bungkusannye juga kren ga,,,,,,,,, selinting seceng,,,,,, he..he…he,,,,,, atau ngga beli goceng lintingannye pake kertas polio!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ( berarti kalo cepeceng lintinganye pake spanduk dong )
    waduh gawat se-RT ngiter ituh mah……………….

  34. NGISEP DAH NGGA LAGI YA………
    TAPI DISUNTIKIN MASIH………

    “PERHATIAN WAT LO SMUA KALO NGEGANJA TUH DILARANG”
    MAU SENDIRI,RAME-RAME APA LAGIKALO BARANGYE KURANG,,MMMMMMMMMMMM CUMA BIKIN “KENTANG KURUS” ( KENA TANGGUNG KURANG TERUS )
    (tapi kalo ada bagi gw ya….he,,, he… he…..

    INGET NIH NOMER BUKAN NOMER PAKONG
    (cuma nyari temen)…..
    contact person :(021)99424079

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam