Perkebunan Ganja, Mungkinkah?

Ganja!Gambar disamping ini gue ambil dari blog Awenx. Tau gak ini pohon apa? kalo buat Mamad, mungkin pohon ini udah gak aneh lagi kali ya :-D. Ya ini pohon ganja yang tumbuh dibelakang salah satu kontrakan rumah di Banda Aceh. Jangan salah, pohon ini gak ditanam oleh siapapun, tapi tumbuh dengan sendirinya. Banda Aceh itu subur bro!

Waktu diskusi ringan diwarung kopi dengan beberapa rekan KPLI Aceh gue dapat penjelasan yang cukup memuaskan. Ternyata ganja itu bervariasi penggunaannya di Aceh. Bisa digunakan sebagai bumbu sayur, bumbu gule kambing, campuran kopi, rokok atau bahkan dijadikan dodol! Gue sendiri gak pernah pake ganja, karena sejak SMA gue udah komit untuk gak mau pake lagi. :p


Nah, dari diskusi ringan waktu itu sempat juga tercetus ide gila. Kenapa gak bikin perkebunan ganja aja di Aceh yang direstui oleh Pemda setempat dan dikontrol penanamannya? memungkinkan atau enggak sih? tentunya harus ada studi terlebih dahulu untuk membuktikan keabsahan ide gila ini dong 😀

Berangkat dari diskusi gila itu kemudian gue iseng-iseng searching di google dan mendapatkan bahwa dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997 disebutkan bahwa ganja termasuk sebagai narkotika.

narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan

Sementara yang dimaksud dengan narkotika dalam Undang-Undang tersebut terdiri dari tiga golongan yaitu golongan opiat (heroin, morfin, madat dan lain-lain), golongan kanabis (ganja, hashish) dan golongan koka (kokain, crack).

Apakah benar ganja itu narkotika seperti penjabaran diatas? Terus terang hal ini membuat gue penasaran untuk mencari beberapa referensi di internet.

Setelah gue coba cari referensi, ternyata ganja itu tidak sepenuhnya narkotika kok.

Salah satu sebab ganja digolongkan sebagai narkotika adalah karena ganja mengandung zat yang memabukkan yaitu zat Tetra Hydro Cannabinol (THC). Zat ini bisa bikin para penggunanya jadi ‘mabuk’ alias mengalami rasa senang yang luar biasa tanpa sesuatu sebab. Sementara status ganja itu haram atau halal dari sudut pandang agama Islam sendiri masih diragukan dan diserahkan sepenuhnya kepada penggunanya.

Dari situs Anti.or.id disebutkan bahwa ganja masih digolongkan lagi berdasarkan kekuatannya dengan nama yang bervariasi yaitu hemp, chasra, bhang, dagga, dinsemilla, ganja, cimeng.

Justru yang menarik gue baca ada di Wikipedia. Ternyata ganja itu juga dibedakan penggunaannya di luar negeri. Kalo untuk penggunaan terlarang, maka ganja ini disebut dengan Cannabis, sedangkan kalo untuk industri disebut dengan Hemp. Walaupun tidak dapat dipungkiri kalo keduanya berasal dari spesies yang sama.

Gue juga lakukan pencarian ke berbagai web tentang cannabis dan hemp, dan kemudian gue nyasar ke Hemp Nation. Hemp Nation adalah salah satu situs yang menerangkan ganja untuk keperluan industri. Ternyata yang membedakan Hemp dan Cannabis adalah pada kadar THC yang dimiliki. Hemp memiliki kadar THC lebih rendah daripada Cannabis.

Dari berbagai referensi itu gue bisa menyimpulkan bahwa ide gila untuk bikin kebun ganja di Aceh itu sebenernya bisa aja dilakukan. Tentunya harus merevisi undang-undang yang sudah ada agar bisa membedakan mana ganja industri dan mana ganja narkotika. Tergantung pemerintah kita berani gak melakukannya? :-D.


Pernah gak kebayang kalo suatu saat dari ganja itu bisa dihasilkan cat, deterjen, kertas, tekstil dan masih banyak lagi. Hehehe, Mbah Bino pernah bilang ke gue, kalo sampe ada kebun ganja di Indonesia bisa-bisa gini:

  1. Ngecat rumah pake cat dasar dari ganja. Setelah kering cat-nya, kemudian catnya dijilatin sama para pemabok udah gitu pada giting!
  2. Dijadiin kertas. Pemabok beli kertas, terus itu kertas disobek-sobek, kemudian dimakan dan akhirnya giting!
  3. Dijadiin deterjen. Habis cuci-cuci baju terus airnya disimpen, udah gitu diminum dan akhirnya giting!

Kalo kita cuman liat dari sisi negatifnya aja tentu bener apa kata Mbah Bino.

Bukan, gue bukan bermaksud menghina Mbah Bino, tapi apa yang Mbah Bino sampaikan itu sangat mungkin terjadi di Indonesia. Lah, lem Aica Aibon aja bisa dibuat untuk mabuk :(. Masa iya kita cuman bisa liat dari sisi negatifnya aja. Padahal masih banyak sisi positif lain dari ganja yang bisa di eksplorasi 😉

So, buat Awenx, Gimbal dan Alex. Jadi kapan KPLI Aceh bikin kebun ganja? =))

Update:
S P, salah satu pembaca blog mengirimkan FAQ tentang Hemp dan Cannabis. FAQ ini bisa membuka mata kita bahwa Cannabis itu tidaklah sama dengan Hemp. Sementara definisi ganja di Indonesia lebih cenderung ke arti harfiah dari Cannabis, sedangkan Hemp cenderung terlupakan.

170 thoughts on “Perkebunan Ganja, Mungkinkah?

  1. gw ska ma ganja,cz ganja bsa buat gw trbang ke dunia hayal!!!!!!tpi klw pk ganja sendri gx enk rasanya bro,enknya rame2?TOLONGLAH PAK POLISI LEGALIN DIKIT GANJA,kmi g kan bkin onar n kmi g kan minum2an keras/ingat y klw dapt ganja bgi2 donk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. bole jual sama saya???
    beruntung kalian mudah dapat ganja berbanding kami di malaysia, harga mahal 1kg RM1800. kalau ramadan n shawal harga cecah rm2500 – rm3000, kalau rupiah sedah jadik berapa???.. uuuuuuuuu…. sekarang dimalaysia ganja putus sama sekali. dude, nama saya pun dude juga. kalau ada berita baik, kasi tahu sama saya ya.. asalamualaikum..

  3. ganja di ciptakan untuk di nikmati bukan untuk di larang sesuatu ciptaan tuhan pasti baik karna tuhan tidddak pernah ssaalah membuat sesuaatu.

    tuhan ciptakaan ganjaa knp HAARUS MANUSIA MELAARAANG NYA

  4. saya stuju memang tuhan gak bkalan salah dengan ciptanya,klo di manggul banyak yang makek tapi gak ditangkap,klo mw jalan2 aj ke manggul oce………………………………..

  5. hmmmm… kita Demo bersama ajah kenapa Ciptaan Tuhan yang begitu banyak manfaat nya Mannusia melarang nya, hehhee gw yakin banget pasti banyak dahh yanga mau demo klo dikumpuliinnn seluruh Indo mmmmm 2M orang Ganja sudah merakyat sehhhmmmm

  6. gw belum pernah denger orang gara2x ngeganja bunuh orang , nodong , mencuri trus mati overdosis gara2x ngeganja kebanyakan , belum pernah tuch denger yang kayak gitu….

    setuju gua kalo kita buat Perkebunan Ganja…

    K.W Satu Gethooo… ganja kitaaa

    kita lihat sisi positifnya… bos.. mungkin bisa ngapus hutang2x luar negri tuch yang udah pada numpuk…

    kalo negara dagang ganja keluar…
    ke negara yang udah ngelegalinnya…!!!

  7. emang gampang sii nanem ganja…. gw aja dalam waktu 5 hari tumbuh….

    gw masi inget tuh tingginya 2 BLN 1,5 meter!!!!!

    itu dulu…. 5 tahun yang lalu…

    tapi skr gw takut…. dah banyak temen gua yang ketangkep!!!!

  8. jman SMA gw dulu…gw sering bnget make barang bgnian,rsanya gmna ya…..hmmmmm yg pasti enak,santai…ga da tkanan.
    gw msh bngung ….. kbnyakan orang blang ganja itu bsa bikin kcanduan…. tp bg gw to ga bner….
    ya walau pun bgtu….. gw bsa ngerti sie,cz ga smua orang berpndpat n mnerima to smua….
    apaun to….. peace for all
    sebarkan asap perdamaian….!!!!

  9. cara menanam dengan dijadikan model bonsai kaya di pilem “how high” itu gimana yak? ada yang tau? kasihhh tauuu dooonngg…

  10. setelah berumur 1 bln dan daun 5 mulai melebar, Pangkas pucuknya setiap subuh dalam jangka tenggang waktu dua minggu…

  11. ganja itu aset.kenapa harus di basmi.di kedokteran aj di butuhkan kok.di jerman bwat bahan bikin assesories mobil n motor.karna bahannya terbuat dari serat yang sangat kuat.DEVISA NEGARA BROO.JANGAN DI SIA SIAKAN.FOSITIF TINKING.PERGUNAKN DENGAN BIJAK.JANGAN JADI NEGARA YANG BODOH DAN DI BODOHI NEGARA LAIN…..

  12. yang diharamkan itu “rum” atau minuman mengandung alkohol. jelas dalam al-quran. ganja?? berlebihan?? anda memakai gaun pengantin pun berarti berlebihan dong?? makanya… LEGALIZE IT…

  13. Ganja bukan narkotik!!!!
    tumbuh alami dari pohon yg diciptakan oleh tuhan!!!!

    tapi di purwokero susah ni… ada link ga??
    cara mesen dodol ganjs gmana sih??

    info donk ke 08996609355
    pleeease….

  14. ganja bukan narkotik!!!
    itu herbal,tumbuh alami dari pohon yg diciptakan tuhan!!!!

    tapi di purwokerto dimana ya??
    kirim2 laaah…. 08996609355

  15. adilkah seorang penghisap ganja di masukan dalam penjara selama 5 tahun??? dan sebelum dimasukan dia harus menjalani proses hukum, di mana proses hukum di negara kita ini masih sangat kacau. mereka disiksa seperti kriminal, mereka diperas uangnya. apakah ini adil bagi seorang penghisap ganja??? apa yang dihasilkan dari seorang penghisap ganja, apakah dia berbuat sesuatu yang kriminal sehingga merugika orang lain. bandingkan dengan para penjahat koruptor, apakah mereka disiksa dalam proses hukumnya, apakah mereka diperas? (kalau pun di peras ga jadi masalah buat mereka karena duit hasil korupsi itu yang dijadikan modal untuk menjalani proses hukum). aparatur negara lebih memilih mengincar para penghisap ganja, dibandingkan mengurusi para koruptor, karena para koruptor adalah bos-bos mereka. dan akhirnya mereka mengincar para penghisap, karena mereka pikir mereka akan dengan mudah naik jabatan, dan tentunya anak buahnya dapat kebagian duit dari hasil pemerasan yang dilakukan aparat. negara ini tidak percaya pada POLISI, sehingga dibentuk lah KPK yang khusus menangani para koruptor (apakah KPK akan bertahan lama?). negara ini memang masih sangat perlu mengkaji lagi tentang pelegalan tumbuhan ganja. kemana isu yang kemaren di lontarkan oleh BNN, tentang pelegalan ganja??? apakah itu cuma suatu pengaliahan isu saja? BNN tau ganja ini baik untuk umat manusia, karena mereka meneliti sekaligus merasakan apa yang dihasilkan dari tumbuhan GANJA, tapi mereka masih saja menjilati lubang pantat penguasa, dan menjadi budak penguasa. sehingga hal positif yang ada di dalam tumbuhan ini hilang dengan begitu saja. you now?

    http://legalisecannabis.blog.friendster.com/

    http://herb-cannabis.blogspot.com/

    di sini banyak cerita tentang taneman ini. dan disini juga ada efek yang timbul dari dilarangnya tanaman ini untuk berkembang biak di bumi. klo anda ingin, melihat tanaman ini dapat menghasilkan sesuatu yang psitif bagi umat manusia. maka bergabunglah bersama kami. dan kami membutuhkan tanggapan anda tentang pelegalan GANJA di indonesia. kami berterima kasih untuk perhatian anda semua terhadap tumbuhan ini.

    -RasT-

    TUHAN memberkati semua mahluk yang telah diciptakannya

  16. gw pemadat daun ganja, gak kena satu hari kpala gw kya mo pecah,,,,, gw kpengen bgt berhenti, tapi gak bisa,,, memang setelah kena ganja gw tenang, gw asik, dan bkin gw stress… tapi bkin gw kurus
    tmen2 tolong cari solusinya gimna caranya biar berhenti skian lm gw kenal ganja sejak gw duduk di kelass 2 smp sampai gw berumur 23 tahun smpe skarang… di mana pun gw mo ganja selalu ada buat gw, bahkan kamar gw penuh dengan batang ganja,, yg gw pajang sbagai penghiasan ruangan. batang ganja gw kmpulin sejak gw berumur 13 tahun..

  17. di rumah gw… gw dijulukin pecandu nomor 1..
    tapi gw gak suka di bilang kya gitu,
    pdahal gw kpengen bgt berhenti tapi susah bgt, gw pernah coba gak make slama 3 hari, tapi badan gw pada sakit, smua otot dan urat gw terasa linu dan dingin,,,, klo dipikir2 memang enak si, tapi gimna ya. ganja racun buat anak muda, gw saranin sm lo smua jngan skali2 lo coba yg nmanya ganja, itu bkin lo sesat, tapi memang enak,, gw aj sekarang nyesel bgt knapa ganja gak hilang di hadapan gw…
    gw knal ganja dari kecil smenjak ganja seharga 5000 seempel itu juga bisa jadi 4 lin… klo skarang mahal mungkin harganya bisa 25000 mungkin jadi 5.. lebih baik jngan lo coba, lebih baik lo tabungin uangnya, gw gak bisa hidup tanpa ganja….

  18. dulu gue pernah dibikin gokil gara gara ganja padahal gue ngerasa gue si ga gitu cuma orang2 yang ga seneng liat gue ng haw aje yang bilang gue gokil,kalo emang gue gokil alhamdulillah sampe sekarang gue punya kehidupan yang layak,keluarga yang sakinah,sampe sekarang gue teteup setia ama ganja gue nyimeng mulai kelas 1 smp sampe sekarang umur gw 30 thn,dan gw ga setuju klo ganja di legalin nanti sensasi nya jadi beda bro..nati jadi sama ama ngeroko lagi…huh gw pake ganja tapi gw ga ngerokok hehehe…gue cuma berharap ganja ga akan pernah ilang dari muka bumi ini thats all ,sisanya terserah lu pada mau nafsisrkan apa. enak kali ya ujan2 gini di bakar se lin aja …hmmmmm ssps sssp sspp

  19. Hai semua pemuda pemudi Indonesia..ganja itu diindonesia termasuk narkotika gol 1..berat hukumannya,jadi jangan coba coba yg belum pernah pakai…klo saya sudah menggunakan lebih dari 20 tahun dan saya gunakan rutin..tidak ada permasalahan dengan saya..selama saya memakai dari uang pribadi saya atau bareng dengan teman dan bukan ngerampok untuk beli ganja sih fine fine aja..ganja juga ada tingkatannya..ada yang bagus dan ada juga kwalitas tidak bagus..tergantung musim tanam serta lokasi tanam..belum pernah saya dengar orang over dosis sampe mati karena ganja..putaw banyak yg mati..sabu banyak yang paranoid..dan jarang orang berkelahi karena efek ganja,beda dengan narkoba lainnya dan alkohol..dan saya dapat melakukan aktivitas walaupun setelah memakai ganja..saran saya..jangan ikuti saya..klo memang sudah menahun seperti saya..pakailah ditempat pribadi anda..jgn ditempat umum..belilah sesuai kebutuhan..dan damai selalu buat anda semua …PEACE..

  20. dulu gw seorang pemabuk,badan gw kurus hampir tiap malam gw minum..udah itu gw selalu bikin keramaian ribut lah malak orang gw jadi banyak musuh tapi pas gw nyoba ganja sampe sekarang badan gw jadi gemuk(gak gemuk2 amat si,ideal gt)dan duniaku jadi damai..^^

  21. Euforia…
    ada ganjes yg karakternya bikin kreatif lho, Salah satu jenis ganja yang dianggap membantu kreatifitas adalah hasil silangan modern “Cannabis indica” yang berasal dari India dengan “Cannabis sativa” dari Barat, jenis Marijuana silangan inilah yang merupakan tipe yang tumbuh di Indonesia.
    from wikipedia..

  22. Gw Setuju ganja dilegalkan, namun penggunaanya tidak di tempat umum…
    dan dikonsumsi secara bertanggung jawab…

    karena gw setuju ama pemabuk kalo ALKOHOL itu bikin rusuh sedangkan ganja itu bikin damai dan membahagiakan…

    apalagi untuk pemuda-pemudi indonesia yang banyak depresi daripada bunuh diri ato pake drugs lain yang merusak. kan lebih baik SMOKE ganja* 🙂
    *(BUKAN AJAKAN HANYA PERBANDINGAN)

  23. saya setuju, daripada make bahan2 kimia..
    yanga alami aja deh , toh ganja ga sebahaya jenis narkoba yg lain. legalize it

  24. teliti dong..ganja obat buat penyakit yang sampai saat ini belum ada obatny…percaya deh..ciptaan YANG KUASA itu , nggak ada yang buruk..pasti BERGUNA buat manusia dan seluruh sinergisme nya

  25. wakakaka…….
    keren2,,,

    hmm…. kan kalo di legalin kaga ngerugiin, malah nguntungin..
    Indonesia bisa2 senyum molo, wakakak

    denger2 si gusdur udah mulai nanem di blakang humnya. doi kan pemake dari kecil (makanya matanya begetoh)
    wakakaka

    LEGALIZE IT……….!!!!!

  26. wah gw mah setuju banget tu om..

    janja di legalkan..

    hahahaha..

    gw jadi bisa makek dengan bebas..

    g perlu beli. nanem ndiri aja bisa..

    so..gw pagi sarapan ganja.siang nyemil ganja.malem mimpi ganja..

    duhhh seru banget tu..

  27. ganja /???? apa ya yang menarik dari ganja,,kayaknya gak ada dech. mending nyayur daun singkong dari pada nyayur daun ganja,,heheheh gak nyambung,,jaka sembung sambar gledek, gak nyambung jek,,makan ikan pake trasi,cukup sekian terimakasih…

  28. KLO AQ PRESIDEN DI RI TENTUNYA AQ LEGAL TUH GANJA, N YANG JELAS AQ SUNNAHIN PEMAKAIAN GANJA TUK NURUNIN TINGKAT KRIMINALITAS, BIAR PD KTAWA-KTIWI SMUA ANAK PERTIWI INI………. RASTAMAN LIVE UP.

  29. kalo menurut gw kenapa ga karna kasian dong orang yang ga nakal di suruh bayar pajak sedangkan yang nakal nggak….N kan sayang kalo di brantas soalnya pasti membuang dana untuk mencarinya ganja yang mau di brantas,,,,ohya pasti tuhan memberikan indonesia kebon ganja pasti bermaksud bae,,,cuma SDM negara ini aja yg geblek….pokoknya gw setuju bgt kalo ganja di manfaakan bukan untuk mabok doang,,,apa lagi untuk memajukan perekonomian negara ini,,,,tapi janggan di korup ya

  30. kebun ganja? untuk basis industri? penambahan devisa negara?
    SETUJUUUU……..!!!!!
    untuk mewujudkan legalisasi ganja di Indonesia neh… perlu peran serta penikmat ganjez, baik beginer atau pro.
    salah satu cara yang mnurut aku paling jitu adalah ciptain dulu produk olahan ganja yang punya nilai manfaat dan nilai ekonomis, sehingga untuk langkah awal mungkin sbatas penggunaan di sektor industri.
    lalu, selaku pengganjez yang kreatip nehh…kita bisa adopt ilmu kedokteran di Spanish yang menggunakan ganjez bwat terapi medis…nah lo…lama klamaan bikin aja rokok ganja dengan kandungan 50-75% yach…itung-itung kayak pabrik rokok yang saat ini udah merebak bro….
    gimana? ada yang mau join ngga?

  31. Gue sendiri gak pernah pake ganja, karena sejak SMA gue udah komit untuk gak mau pake lagi.

    kata2 prtamanya gak pernah pake tapi ke2nya ada kata pake lagi.

    -kalau mau memaksimalkan dan memajukan serta mengangkat negara kita kayanya harus deh karena kualitas jengree kita lebih bagus dari pada colombia.

    – tolong di kabari kalau projectnya sudah jalan$$ saya mau melamar jadi penjaga kebun$$$$
    —waaakkkkkkkk—–

  32. pemerintah RI.. harusnya bisa lebih bijak lagi dalam masalah ganja… kenapa aceh g dibuat sebagai suatu kawasan legal dalam menggunakan GAnja….. peace……

  33. klo jd bagian yg nguji kelayakan tu ganja ok apa ngga.gw pasti ngedukung dg sepenuh hatiiiiiiii………:p

  34. Bakzzz truzzz
    biar fun..
    i love bakzz
    Indonesia hukum y smpe kpn jg ky gtu2 aj,gk kn berkmbang..
    LEGAL in donx…

  35. aku pernah pakai dari 1995-2002 dan berhenti karena suatu sebab..tapi ada hal yang realita banget..begini ceritanya..pada saat aku SMU dan aku sama temen2 di waktu istirahat kedua pada ngisepin tuh ganja..dan setelah itu ada ulangan(test)pelajaran KIMIA yang sangat ditakuti ma cowok2..anehnya ada temenku yang paling bodoh sedunia bisa mendapatkan nilai 8 koma….dan aku sendiri dapet nilai 8 pas..nah akhirnya kita coba di pelajaran matematika di keesokan harinya..dan mendapatkan nilai 8 juga…akhirnya sebelum ulangan kita selalu memakai ganja terlebih dahulu…ternyata ganja juga bisa membuka konsentrasi berpikir kita…namun sayang..saat mau ujian kelulusan SMU 2001..ganja udah sangat susah didapatkan…dan harus kucing2an ma SILOP…kalo maslah Legal…harus ada alasannya yang kuat kali ya…dan Indonesia yang dilarang aja dilanggar apalagi yang gak dilarang..???gimana ya…mmmmm..tapi hukuman buat yang ketangkep gara2 satu linting jangan tahunan ong…temenku sukurnya kena 9 bulan…nah yang korupsi tuh..harusnya seumur hidup supaya yang lainnya gak ikut2an korupsi….

  36. trus yang mana yang benar…? yang penting tidak ganggu…! paling mati semua orang akan mati yang salah apa…? ganjanya apa orangnya…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam