BNN Mengkaji Tentang Ganja

Tanggal 22 November 2006 saya sempat posting tulisan tentang kemungkinan dibukanya perkebunan ganja di Indonesia. Bahkan pada tanggal 20 Desember 2006 saya sempat posting lagi beberapa produk dengan bahan dasar ganja yaitu dodol dan kopi ganja.

Tulisan tersebut awalnya hanyalah diskusi santai antara saya dengan beberapa rekan di salah satu pojokan warung kopi. Ada beberapa alasan yang mendasari bahwa sangat dimungkinkan untuk dibukanya perkebunan ganja di Indonesia, khususnya di Aceh :




  1. Aceh sudah memiliki trade mark sebagai “ladang ganja” terbesar sekaligus pensuplai ganja terbanyak di Indonesia. Hal ini terjadi karena didukung oleh kondisi geografis yang berbukit dan juga tanah yang subur untuk tumbuhnya ganja. FYI, Pulau Aceh sebagai salah satu bagian dari Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam disinyalir penuh dengan kebun ganja ilegal yang dikelola oleh orang-orang pulau setempat (walaupun investornya kemungkinan bukan berasal dari pulau yang bersangkutan)
  2. Sudah sejak lama ganja digunakan sebagai bumbu masak di NAD, bahkan bisa dipastikan sebagian besar gulai kambing di NAD selalu menggunakan campuran ganja. Jadi jangan kaget jika anda makan gulai kambing di Aceh, kemudian merasakan masakan yang memang sedap πŸ˜€
  3. Selain sebagai bumbu masak, ganja juga terbukti bisa menjadi produk lain yang dibuat oleh masyarakat lokal. Yang sempat saya ketahui yaitu dodol dan kopi ganja.
  4. Di luar negeri penggunaan ganja ternyata dibedakan, yaitu terdiri dari penggunaan ganja untuk industri dan juga ganja untuk penggunaan terlarang. Ganja untuk pengunaan terlarang dikenal sebagai Cannabis, sedangkan untuk penggunaan industri dikenal dengan istilah Hemp. Sementara di Indonesia tidak mengenal perbedaan ini, seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997 disebutkan bahwa ganja termasuk sebagai narkotika.
  5. Salah satu sebab mengapa ganja menjadi tumbuhan terlarang adalah karena zat THC. Zat ini bisa mengakibatkan pengguna menjadi “mabuk” sesaat jika salah digunakan. Sebenarnya kadar zat THC yang ada dalam tumbuhan ganja dapat dikontrol kualitas dan kadarnya jika ganja dikelola dan dipantau dengan proses yang benar.

Hari ini, tanggal 31 Mei 2007 ada berita kalau BNN dan INIDA akan melakukan kajian untuk melegalkan ganja di Indonesia. Ada beberapa asumsi saya diatas yang mirip dengan yang sampaikan oleh BNN. Artinya diskusi santai saya dengan rekan-rekan KPLI Aceh sebenarnya sangat mungkin untuk direalisasikan :-D.

Yang jelas, jika memang rekomendasi INIDA dan BNN adalah memanfaatkan potensi ganja, maka langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah mengubah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997 agar membedakan antara ganja industri dan ganja yang masuk kategori narkotika.

Jadi. Mari kita lihat, rekomendasi apa yang akan dikeluarkan oleh BNN dan INIDA tentang potensi ganja di Indonesia.

153 thoughts on “BNN Mengkaji Tentang Ganja

  1. mengapa ganja penting untuk dilegalisasi?
    1. hanya membutuhkan 100 hari untuk tumbuh
    2. memperbaiki mutu tanah yang ditanaminya
    3. seratnya sangat baik untuk tekstil
    4. dijadikan bahan pembuat kertas
    5. serat terkuat yang pernah ditemukan,
    (dahulu digunakan sebagai tali ntuk
    mengikat kapal di dermaga).
    6. biji ganja mengandung 25% protein
    7. minyaknya mengandung fatty acids, omega 3,
    6, dan 9 yang baik
    8. sumber bahan bakar untuk mesin diesel
    9. obat-obatan
    10. menghasilkan uang bagi petani ganja
    11. memiliki perjalanan sejarah yang panjang, (insya allah bukunya akan segera terbit)

    AYO DONG kita sama-sama melegalisasi ganja! kita produktif menghasilkan tulisan2 yang dapat merubah cara pandang orang2 yang mempunyai wewenang untuk itu! atau tidak, kita aja yang melakukan terobosan!!!

  2. LEGALIZe….LEGALIZE…

    pada blom prnh ngrasain gulai kambing pke ganja sih..
    jd pada gak tw.
    klo dr bahan penyedap ROY**,MASA**,dll…
    yg ad PENGAWETnya..
    beeuhh..tinggal kmana2 tuh ma mknan yg ditaruh biji ganja.

    so..
    mari kita dukung klo GANJA itu adalah tanaman yang harus di LESTARIKAN..!

    thx..caw.

  3. Asiiikk.. akhirnya setelah sekian lama gw nemu “lobang” yang tersisa “in my peacefull village”..(tengkyu bang edeb) hihihi..
    Emang kambing itu keparat tengik.. mengacau suatu sistem yg berjalan secara alami!! haaah aya2 wae ah!!
    Baks duls lah soob!! biar ga tegang..

  4. dilarang aja perederanannya udah kayak apa sekaran ini, apalagi dilegalkan lebih banyak bikin kacaunya… nanti abis ganja minta dilegalin mariyuna, ekstasi, dll (tambah kacau aja deh)

  5. hidup pelegalan ganja.
    insyaAllah, ganja buat damai bangsa ini. dgn ganja, smua org ga da yg sedih. ketawa terusssssssssssss.
    hahahahahahahahaha……………
    pada setuju kn.???
    salam damai buat smua ny.

  6. pokoke gw dukung 100 % LEGALIZE GANJA…gw siap jd ”kelinci percobaan” BNN skalipun…dalammembuktikan bahwa pengguna ganja gak sepenuhnya kriminal, bagaimana mau menggali potensi besar di negara ini, yg selama ini dijadikan lahan basah oleh otorita yg berkepentingan, cobalah dialihkan dengan regulasi yang jelas melalui penelitian2 yg bisa didanai dan dilakukan oleh pemerintah..(toh klo berjalan lancar, hasil atau pajaknya dimasukkan ke kas begara…briliant bukan..? ) drpd ngumpet2, mendingan ada.. minimal lokalisasinya… tapi saran gw, mending di bikin semacam “SIM” untuk mengontrol pengguna yang bahkan mungkin sebelumny telah melalui sejumlah test kelayakan intelegensia , emosi , dll..untuk membuktikan apakah dy layak mengganja atau tidak,. Toh selama ini belum ada saya dengar langsung, ada pengguna ganja yang meninggal akibat dampak langsung penggunaan ganja, klau minuman ( dringan ) sih iya…sering malah…tonton aja acara kriminal di Tipi2..banyak yang mati konyol, karena miras..tetapi ganja…? mana buktiny..? saran berikutny buat pemerintah, melek dong bapak / ibu yang terhormat , yang mau peduli nasib anak bangsa, yang selama ini tertindas peraturan dan perundangan yang gak mutu…yang MATRE..komersil…janganlah kita mengikuti yang ada saja, tapi mari kita telaah bersama, bahkan aksesoris gelang, sepatu, tas , kalung, topi, baju, kaos kaki, celana, stiker, airbrush, dlll masih ada motif daun ‘ cimeng’ ny..kenapa harus takut..?
    SO WHAT..?

  7. lam knal bro.. baks mania….
    gw setuju ganja legal.. dari pada rokok mendingan ganja,,,
    harusnya pemerintah membuat ganja seperti rokok… ada larangannya di bungkus ganja..
    PERINGATAN PEMERINTAH
    ***** KE GEP/TANGKAP RESIKO SENDIRI *****
    ha..ha..ha.. ini baru bagusss….

  8. saya sbgai warga indonesia sangat setuju sekali klo GANJA dilegalin.Ganja tu salah satu omset terbesar indonesia klo bener2 dikelola.Banyak orang2 sukses juga gemar pake GANJA.Brati udah terbukti kan klo GANJA gak sepenuhnya merusak diri kita.Seharusnya Pemerintah Indonesia lebih membuka mata untuk aset2 seperti ini.Jangan bisanya cuma ngelarang tanpa dianalisa terlebih dahulu.
    Salam Damai boeat smua rastaman INDONESIA….

  9. Menurut saya pribadi ganja tidak berbahaya untuk di konsumsi sebagai bumbu masak ataupun di isap sebagai alat rekreasi, dibandingkan dalam keadaan sekarang banyak anak muda yang menggunakan lem,alkohol, atau obat serangga untuk dipergunakan sebagai media untuk mabuk2an dan itu jelas2 merusak kesehatan, sepengetahuan saya tidak pernah ada orang yang meninggal karena mengisap ganja secara berlebihan, saat ini banyak pengusaha masakan padang juga yang menggunakan sebagai bumbu masak, terbukti daun2 ganja bisa meminimalisir tingkat keasaman dari santan yang dipergunakan di tempat2 masakan padang itu dari sisi positifnya, sementara dari sisi negatifnya, karena ada larangan dari pemerintah sehingga harga ganja bisa melonjak sangat tinggi dan menjadi komoditas untuk para teroris ataupun gerakan pengacau keamanan untuk bisa menukarkan berton-ton ganja yang sudah dikemas sedekian rupa sebagai alat pertukaran dengan senjata2 perang yang justru bisa membahayakan keselamatan negara. demikian pendapat saya pribadi semoga bisa menjadi kajian untuk semua pihak.

  10. ahhh biarlah kek gini aja, ngumpet2 lebih asik… ya ngak???!!! kalo dilegalin bisa murah tuh ganja, anak kecil bisa bebas make yang ngak kenal cimeng jadi tau.. trus tenggleng di sekolahan… kata dunia “wah anak2 Indonesia pada tenggleng”, obat kek paramex emang keras tapi jarang disalahgunain
    terlalu beresiko Boss buat generasi penerus kita lebih baek menjaga kemungkinan daripada mengobati… biaya rumah sakit mahal

  11. KALAU MASYARAKAT (KITA) DI INDONESIA MEMANG BELUM SIAP, YA LEBIH BAGUS GANJA TIDAK USAH DILEGALKAN… KARENA SEMUA YANG TIDAK SIAP ITU CUMA BAKAL MENIMBULKAN MASALAH BARU LAGI… BIARLAH PENIKMAT-PENIKMAT GANJA TERSEBUT (TERUTAMA DI INDONESIA) TETAP BERMAIN “kucing-kucingan” DENGAN APARAT PENEGAK HUKUM SETEMPAT…

    SALAM HANGAT DARI SAYA – peace forever

  12. TAPI SAYA TETAP YAKIN KALAU GANJA ITU JUGA DAPAT BEREFEK “MENCERDASKAN SEBUAH BANGSA”, ANDA BOLEH PERCAYA BOLEH JUGA TIDAK…

    WARM REGARDS OF ME – peace

  13. MUNGKIN JUGA PERLU DILAKUKAN SURVEI TENTANG PANJANGNYA USIA ANTARA SESEORANG YANG AKTIF MENGGUNAKAN GANJA DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN… DAN JUGA SURVEI-SURVEI LAINNYA YANG MUNGKIN TEMAN-TEMAN SEKALIAN BISA MEMBERIKAN IDE SARAN MENGENAI SURVEI TERSEBUT…
    BERHENTILAH MENYUDUTKAN SESUATU CUMA KARENA ANDA TIDAK SETUJU KARENANYA, KARENA ANDA BUKANLAH “MANUSIA SETENGAH DEWA”… πŸ˜€

    WARM REGARDS of ME – peace

  14. KEBENARAN ITU CUMA MILIK TUHAN, GA ADA MANUSIA YANG BISA MENENTUKAN YANG SALAH DAN YANG BENAR, PERATURAN YANG BUAT SIAPA? MANUSIA JUGA KAN….NAH…..MARI BERPIKIR POSITIV, CONTOHNYA NYAMUK, PEMBUNUH GA? DARI JENIS YANG BIASA SAMPE YANG PALING BERBAHAYA, TAPI KENAPA EKSIS DI DUNIA? TRUS BERAPA BANYAK PABRIK OBAT NYAMUK YANG MENGHIDUPI UMAT MANUSIA?………SAUDARA2 TERCINTA, SAYA BERUSAHA UNTUK NETRAL MEMANDANG KASUS GANJA LEGAL INI, TIDAK PRO ATAUPUN KONTRA….DAN MENURUT SAYA, COMMENT2 YANG MENGANDUNG GELISAH, BENCI, DAN PENYAKIT HATI-PENYAKIT HATI YANG LAINNYA ADALAH PENDAPAT YANG SANGAT DANGKAL DAN PROVOKATIV….ITU SAJA, PEACE AND LOVE, JAYALAH BANGSA INI APAPUN WARNA KULIT, SUKU, RAS DAN AGAMANYA, KARENA MEMANG BEGITU ADANYA.

  15. Let’s do it…..
    cepet legalkan ajah ketimbang terlalu lama dikaji…kelamaan…..
    kasian anak2 muda yg otaknya kreatif harus sembunyi-sembunyi kalo pengen “cerdas”….

  16. =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))

    =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))

    =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))

    =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))

    =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))

  17. KUCING SEMUA…MAKAN TU GANJA…..TAI SEMUA….PADA GOBLOG ATAU NDAK PUNYA OTAK SEHHHHH
    HELOOOOO HARI GINI NGURUSIN GANJA…VEDEO SEKS..
    DASAR>>>KURANG KERJAAN…
    Coba bikin Prestasi aja pada…..

  18. Ganja ga bakal legal di indo…selama masih ada nilai-nilai agama disana…kita bukan belanda yang masyarakatnya mayoritas agnostic…kita Indonesia, negara beragama yang butuh GITING juga…agaggagagga
    BIAR WOLES BROOOO!!!!

  19. Kami udah lama curiga, kenapa ganja dilarang di indonesia bukan semata2 karena efeknya, tapi penelusuran kami mengarah pada keyakinan,ADA konspirasi antara orang2 (pejabat) tertentu yang tidak ingn mendapat saingan, memproduksi Ganja dan menjadi supplier ganja ke Luar negeri. Kasihan bangsa ini, Punya ganja bersekala besar ,tapi dilarang menikmati, malah dijual oleh organisasi terselubung yang mgkn saja mdpt Backingan instansi aparat tertentu. Ayo gan selidiki mendalam, ini permainan kakap Bung !!

  20. ganja.. banyak org hebat yg gw tau adalah seorang pemakai ganja.. so legalize it.. legalize cannabis…

  21. ganja di legal ditunggu…..
    gw setuju bgt ma yg ngobrol2 di atas kl ganja ito gax pernah rusuh,,,,
    kp alkhol bs legal ganja gax bs????
    padahal kan klo di tv bnyak brta kriminal org2 mling,tawuran,ngebcok, psti abis minum2 bkn abis ngebakung ,,,,,
    hahahahahahahahah
    minuman nto yg di ilegal !!!!
    gana di legal dong kan ganja gax buat org rusuh…..

  22. biarkan rakyat menentukan pilihannya mengenai ganja…yang mau nge-ganja silahkan…yang tidak mau nge-ganja ya silahkan juga tidak harus ada unsur paksaan, nah sekarang pemerintah hanya harus me-legal-kan ganja aja… so simple, makanya yang setuju ganja dilegalkan mari bergabung secara aktif dan support LGN (Lingkaran Ganja Nusantara) dalam upaya membentuk badan hukum untk memperjuangkan dihapuskan nya ganja dalam UU Narkotika…jangan hanya berkoar….perjuangan itu butuh biaya bung…

  23. tanaman ganja adalah makhluk hidup… mari kita sama-sama memperjuangkan hak asasi tanaman ganja untuk berkembang dan hidup, kalau manusia hak asasi dilanggar pasti akan berteriak, sedangkan ganja tidak bisa berteriak untuk memperjuangkan hak hidupnya, makanya bagi manusia yang mempunyai rasa kemanusiaan…ayo kita bantu ganja untuk tetap hidup layak di bumi ini

  24. GAM kenapa bisa punya senjata yg lebih canggih?, apa aja yg di sepakati?kalau cuma gas menurut gw yg bego ini,itu hanya persentase kecil nilai ekonomi dari apa yg ada di tanah NAD,tp rempah rempah (ganja) kualitas terbaik didunia ada di NAD jauh lebih besar nilainya, percaya boleh nggak kebangetan, NKRI bisa jd negara super power kalau pemerintahnya bisa manage semua hasil buminya terutama ganja,ganja sudah dimonopoli oleh penguasa yahudi dan antek2nya yg ga mau bangsa kita lebih maju pemikirannya dr mereka, bagi mereka cara yg pling jitu untuk mmbungkam suatu negara adalah……………………….., so…..bersatulah orang Indonesia…thinks fastest than light…..and know ya enemy

  25. Semua yang diciptakan oleh Allah SWT pasti ada sisi positipnya, Semua tergantung dari SDMnya masing2. Jangan selalu wacana tentang ganja di nilai negatif, karena banyak contoh disekitar saya berhasil karena ganja (catatan dikonsumsi tidak berlebih)semisal : Untuk obat susah tidur, obat utk asma, dan pola pikir jadi tdk anarkis. Banyak juga kasus2 kriminal di tv mengekspos tentang kasus ganja, akan tetapi kebanyakan bukan pemakai melainkan kurir atau pun bandar, dan itu pun tdk disertain dgn kasus kekerasan. Beda dgn kasus2 lain, sebagai contoh : sehabis acara miras pasti langsung tawuran dan menyebabkan anarkis, atau pun overdosis karena shabu2 atau pil koplo. Jarang ditemukan kasus overdosis karena ganja.
    Ingat! itu semua tergantung pada SDMnya masing2. Dan tampaknya pola SDM di Negara Indonesia masih blm bisa menerima sisi Positip dari Tanaman Ganja, So selama belum di legalkan dan kita masih menjadi warga negara Indonesia sepatutnya ya taat hukum lah……..

  26. Tuhan memberkati semua orang dengan niat baik, Alloh yang maha pencipta menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi umatnya, siapa yang mengatakan haram atas ciptaannya…? yang berkata ganja menyesatkan, merusak bangsa, berarti dia belum mencoba dengan niat yang baik, coba renungkan (tafakur) atas ciptaannya, alam yang elok, udara yang segar, capai yang hilang begitu saja, rasa sayang anda berlebih terhadap sesama, jauh dari pertengkaran,… Cobalah dengan niat yang baik sebelum menggunakan. GBU

  27. buat bagong dan yg tdk setuju dgn ganja,lo pd atas namain tuhan.lo ngerti apa sih tentang agama?fanatik kg puguh lagu lo pada.ganja itu tergantung yg pakenya bego..bini gw sakit asma tp sengaja gw beliin buat dia pake tp ternyata berhasil,dulu gw berobat kerumah sakit setiap hari sampe dokter sm suster cape kali tiap hari liat gw.duit sampe abis tiap hari tebus obat,bayar dokter,cek up.sembuh mah kaga bini gw.malah jadi ada efek samping dr obat2an yg tiap hari dikonsumsi.pas gw baca di forum ganja bs bikin sembuh lgsng gw coba beli 1 amp.buat coba dulu,tp bini gw bilang bener napas ga terlalu sesak,berjalan 3 bulan sekarang kg kambuh2 lagi.bener tu ganja top banget,tapi gw salahin jg polisi ko malah mau tangkep gw pas ketauan,itu kan untuk obat penyembuhan,gw sumpahin tu polisi sm bininya kena asma jg parah ky bini gw.biar dia tau cari obat apa yg ga langgar hukum biar dia tau jgn munafik.coba klo gw ditangkap kesalahan gw apa?coba lo yg pd atas namain agama lo jawab pertanyaan gw?klo dikembalikan yg terjadi sm bini lo,apa yg lo buat kl ternyata yg bs sembuhin asma itu ganja yg paling panten dibanding obat dokter.apa tetap lo ga ksh bini lo isep ganja biarin mati pelan2,mendingan yg mati lo aja bagong biar mati lo ketabrak kereta,anjing lo orang2 yg atas namain agama terlalu munafik,lo jg blm tentu bener bego dosa lo mungkin lbh bnyk dr gw.hahahahahahah mampus aja lo bagong mang tuhan mau belain lo yg tukang cr perhatian sm agama.

  28. Kenapa Ganja Dilarang? Mungkin banyak pejabat yang punya ladang ganja berhektar-hektar sehingga kalau dilegalkan mereka ketakutan harganya akan anjlok dan merugikan bisnis mereka

  29. saya pribadi setuju dengan komentar mas bagong. Semua yang diciptakan Allah pasti ada manfaatnya. Seperti yang mas dudi katakan ganja itu bisa digolongkan untuk industri. Jadi jelas ada manfaatnya. Allah juga nggak melarang untuk apa semua ciptaannya digunakan. Tapi Allah memberi pilihan kepada kita. Lebih banyak mana manfaatnya dari pada mudharatnya. Sebagai orang yang mengaku BERAKAL tentu kita bisa memilih…

  30. #142: setau saya itu hanya berlaku untuk pemakai dan pada saat penangkapan pertama. kalo untuk pengedar atau pengguna tapi tertangkap yang kedua dan seterusnya, maka masih tetap akan diproses hukum.

  31. Ganja ada sisi negatif dan Postif nya, sisi negatif dapat merusak otak dan positif nya bisa di jadikan obat penenang buat dunia medis

  32. Ladang Ganja Aceh termasuk ladang terbesar makanya bisa di manfaat kan sebagai devisa negara jika di Import dan di buat untuk obat penenang dan jangan di manfaat untuk yang salah bisa merusak generasi muda.

  33. yasudahlah BNN juga banyak yg ngedarin sama make juga, gausah munafik lah jadi orang. mati aja lah orang2 munafik!

  34. klo gw pikir sih ganja emg buat org jdi damai? itu bisa jadi sumber devisa negara,
    lumayan juga kan utang indonesia bisa lunas dari eksport daun ganja,,
    bagi orang2 yg menganggap ganja itu cuma buat mabok “anda salah bgt bung” faktanya ganja itu bikin damai, ktawa ktiwi, makan tidur..udin..

    Buat BNN ditunggu aja kapan terealisasikannya tentang legalisasi ganja..?

    ‘rastaman chant’
    JAH BLESS
    peace all

  35. selain dijadikan industri juga bisa di jadikan medical . hal ini yg sangat penting buat para masyarakat ekonominy menengah ke bawah, apalagi di negara kita ini mahal untuk sehat itu..

    klo bicaraa tentang ketergantungan , para masyarakat jga bisa merasakan dan menilai sendiri efej dr thc tersebut, dan tidak akan memaksa seseorang yang tidak kuat dengan efeck thc tersebut… ganja tidak menjadi patotokan seseorg utk hal; supaya bisa mengkonsumsi terus..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam