Asal Mula Kata TELEMATIKA

Orang Indonesia ternyata memang sering sekali mengadopsi bahasa. Salah satu contohnya adalah kata “TELEMATIKA” yang seringkali diidentikkan dengan dunia internet di Indonesia. Dari hasil pencarian makna telematika ternyata Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.

…Untuk mengerti makna TELEMATIKA yang menurut pak Moedjiono yang merupakan konvergensi dari
Tele=”Telekomunikasi”,
ma=”Multimedia” dan
tika=”Informatika”
kita perlu perhatikan perbedaan antara BIDANG ILMU.

Sementara dari hasil membaca Pengantar Telematika pada Mata Kuliah Hukum Telematika Universitas Indonesia tertulis sebagai berikut :

Dalam perkembangannya istilah Media dalam TELEMATIKA berkembang menjadi wacana MULTIMEDIA. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah Multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambiguitas jika istilah TELEMATIKA dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika. Secara garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), TELEMATIKA, MULTIMEDIA, maupun Information and Communication Technologies (ICT) mungkin tidak jauh berbeda maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.

Jika membaca dari kedua tulisan diatas saya bisa menyimpulkan bahwa sampai saat ini kepanjangan Telematika masih rancu antara “Telekomunikasi dan Informatika” ataukah “Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika”. Saya sendiri dalam percakapan sehari-hari saya lebih sering menggunakan kata “IT” daripada Telematika ataupun ICT. Ataukah memang sudah seharusnya kita menggunakan kata Telematika untuk menggantikan kata IT ataupun ICT? Namun rasanya, kok terlalu dipaksakan ya, jika kita sendiri masih belum mengerti makna sesungguhnya.

Nah pertanyaannya sekarang, siapakah yang mencetuskan pertama kali kata-kata telematika di Indonesia? Orang ini harus bertanggung jawab untuk menjelaskan alasan dulunya di adopsi. Ini pertanyaan besar buat saya 🙂

30 thoughts on “Asal Mula Kata TELEMATIKA

  1. Sependek pengetahuan saya, “telematika” memang gabungan “telekomunikasi” dan “informatika”. Mengapa jadi rancu dan bahan untuk bingung? 😉 Tentang pemberian arti seperti akronim khas Indonesia, ya sila saja buat dia, jangan dipaksakan untuk publik sampai berhasil dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Ini kalau mau ditanggapi serius.

    “Informatika” sendiri ada yang menyebut sebagai “teknologi informasi”, ada lagi “ilmu komputer”.

    Arsip milis Telematika tidak dapat diakses oleh publik, jadi percuma dijadikan taut di atas.

  2. Om Pie Kabare..? Betah a Nang Aceh..? ndak iso Nelok Tengtop hi…
    Aceh “Serambi Ganja”, Salah Iku Yen Serambi Ka’bah,:))

  3. weh, di aceh menekuni bidang bahasa indonesia ya om?
    bagus-bagus, ada kemajuan.

    tapi, ya IT tetap TI; ICT tetap ICT; dan Telematics tetap Telematika. gak enak kalau dicampur aduk, toh bukan gado-gado dan gak dosa gitu loh =))

  4. #1: aku tambahin informasi (harus login) biar yang ngeklik tau kalo arsip itu harus login dulu sebagai member milis telematika.

    #4: aku setuju, jadi lebih baik kita gunakan bahasa yang sudah biasa kita gunakan 😀

  5. Kalau aku tetap mengartikan dari gabungan TELEmkomunikasi dan inforMATIKA lebih enak dan simple.
    please Dud, jangan buat aku berpikir lagi 🙁

  6. aku baru tahu kenapa Divisi KOMLEK (Komunikasi Elektronik) diganti namanya dengan Divisi TELEMATIKA pada tubuh POLRI

  7. di bukunya WHO “Informatics and telematics in health”, pada bagian glossary telematics =”rational use of computerised information processing and telecommunications use for the transfer of programs and data between computers”. Memang membedakannya pada aspek aplikasi untuk standalone atau untuk jaringan.
    Tapi aku juga lebih sreg dengan ICT apalagi kalo ada yg tiba-tiba ngajak salaman sambil bilang I, CT Nurhaliza and U? 🙂

  8. ” aLLLaaaah gak usah dipikirin! negara lagi kacau, malah ribet soal TELEMATIKA! TELEMATIKA itu, artinya:
    TEsar
    LEbih
    MAnis
    keTImbang
    KAlian semua!!!
    HAHAHAHAHAHAHAHAH…….!!!!!

  9. TELEMATIKA itu setahu saya singkatan dari :
    TELE = TELEKOMUNIKASI
    MATIKA = MATEMATIKA
    Jadi …..
    Sebuah perangkat untuk telekomunikasi yang disertai unsur-unsur Matematika seperti Angka 0-9
    Contoh Perangkatnya misal : Telephon, Handphone
    Jadi Telematika adalah Suatu Perangkat Telephon yang disertai Angka-angka. He…he…he….

  10. gua malah lebih pusing dr pada kalian, soalnye gue mau ujian Telematika pdhal aku nggak ngerti apa itu Telematika…

  11. Kalau telemtika sudah menjadi satu ilmu tersendiri, apa sih ruang lingkup telematika?

  12. Telematika….????
    sebuah kata yang perlu diselidiki, mencari arti dan maknanya??? Tujuannya?? Makin penasaran nich…

  13. TELEMATIKA tuh singkatan dari:
    TELE : TELEpati; dan
    MATIKA: mateMATIKA.

    Jadi, TELEMATIKA berarti pemindahan simbol² (termasuk operasi, hukum, dsb.) matematika dari satu objek ke objek lain.

    Hehehehehe…. guyon, jangan dianggap serius 😀

  14. sy adlah murid smk..

    ada slah satu mata ujian telematika, tapi itu smua mencakup keseluruhan, mulai dari pengenalan awal kom sampai ke dunia internet dan so yang mecakup semua so..

    apakah bisa disimpulkan kalo telematika itu keseluran dari komunikasi dalam komputer atau gimana????

    tolong penerangannya ya?????!!!!!??…

    🙂

  15. telematika artinya telekomunikasi dan informatika itu lebih gampang dari pada yang lainnya yang penting isinya apa. sebaiknya semua orang belajar telematika agar tidak keting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam