Setting Proxy EasyNET

Kemaren baru aja ngeset proxy warnet easyNET. Dan berhubung gue termasuk orang yang malas menginstall dan mengkonfigurasi linux dari awal, maka gue terapin trik compress dan ekstrak linux. Sebenernya trik gue ini hanyalah salah satu cara dari kloning linux. Biasanya ada yang pake metode ghost atau ada juga yang pake metode dd.


Gue lebih cenderung pake cara compress dan ekstrak sebab cara itu yang sering banget gue pake :p. Gue sendiri belum pernah pake cara dd ataupun ghost karena gue belum sempet pelajari 🙂 dan mungkin (ini masih mungkin loh, sebab gue belon coba sendiri, koreksi atau kritiknya ditunggu) masih membutuhkan linux yang sudah terinstall di harddisk, sedangkan cara compress dan ekstrak yang gue terapin gak membutuhkan linux yang sudah terinstall, tapi hanya membutuhkan dua CD. Yang pertama itu CD hasil kompresi direktori linux yang meliputi direktori bin, sbin, home, dll dan CD kedua adalah CD installer linux yang support rescue atau minimal bisa menghadirkan shell (console prompt) dan juga build in perintah tar. Yang kemarin gue pake itu CD installer Slackware 10.0.

Yang bikin BT kemarin, waktu nginstall itu gue bikin kompresi file linux dalam format tar.bz2 dan ternyata CD installer slackware, fedora dan redhat 9.0 gak build in perintah bunzip2 (ketiganya dalam mode rescue). Shit, satu kesalahan kecil yang fatal. Akibatnya apa? ya gue gak bisa ekstrak linux yang terkompresi :(, kalo ekstrak aja gagal gimana gue mau ngelanjutin ke tahap selanjutnya? :(. Seharusnya gue bikin kompresinya pake tar.gz atau cukup tar aja karena kedua format kompresi ini sudah didukung secara built in sama CD rescue.

Akhirnya cara bar-bar gue pake deh :).

1. Gue cari pc laen yang ada windowsnya.
2. Gue donlot sevenzip
3. Gue ekstrak tar.bz2 pake sevenzip biar jadi kompresi tar.
4. Setelah semua jadi kompresi tar, gue burning semua kompresi itu ke CD pake Nero

Cara itu ternyata cukup manjur dan selanjutnya proses instalasinya gak berbeda jauh seperti yang gue tulis pada artikel sebelumnya.

Buat yang mau coba cara ini, anda diharuskan mengerti dulu struktur direktori, ownership dan permission di linux.

15 thoughts on “Setting Proxy EasyNET

  1. Sep, kakak emang jos, sampe dibela-belain begadang tuh sampai mukanya lucek dan parah wes (mungkin gambaran seorang Dudi yang lagi kwesel bisa dilihat disini. )
    Kok yang bagian burning softwarenya gak dicantumkan sih …. hehehe … PGL:Please Gitu Lohhh !!
    BTW, keep on rock kakak (maksud e ndlusup ndek rok e cewek :P)

  2. #2: iya nih, kalo ditempat temen gue ada linux pasti udah gue ekstrak pake linux, sebab untuk distro linux biasanya udah build in perintah bunzip2. Tapi berhubung disana cuman ada windows ya berarti gue pake windows :p

  3. #3: bukan biasanya, tapi emang udah pasti build in kok untuk bunzip2 :). Emang susah kalo kita pas ngerjain sesuatu ditempat/rumah temen tapi gak ada linuxnya :(, gue juga pernah ngalamin tuh. Susah emang kalo temen gak ‘gaul’ sama linux.

  4. #4: iya, bener anda, mungkin paling enak bawa livecd knoppix kali ya? atau bawa tas kecil yang isinya tool-tool rescue pc 🙂

  5. #3 : Menurut saya….(ah ga jadi komen) 😛

    *garuk-garuk kepala*
    *cari cd Fedora Core 3 + Mandrake 9*
    *cari kampak*

  6. Usul dikit dech….
    Klo bisa bikinin Lilo di depannya biar bisa booting CDRom langsung n dikasih script semacam Autoexec.bat sehingga lebih mudah mengoperasikannya. disertakan Fdisk nya juga boleh biar Pake CD itu udah bisa langsung bikin Proxy walau Hardisk yg mo di install masih kosong. Klo Knoppix bisa masa Dudi_Proxy ga bisa 🙂

  7. lha iku lak berarti aku bikin distro sendiri :-D,
    mending coba baca infolinux terbaru aja. udah ada lengkap tentang distro seperti yang kamu maksud path.

  8. Eh kk :d boleh deh di bagi ilmunya cara extract neh biar bisa tak coba2. kalo boleh kirim dunk ke email aku kk.

    selamat beraktivitas end sukses selalu:)

  9. Saya belum mengerti apa itu proxy ?, apa fungsi dan manfaat proxy ? bagaimana cara mensetting proxy pada server win 2003 ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam