Smiley dan Internet Slang

Tulisan ini saya kutip beberapa dari posting Wandi di milis airputih namun kali ini saya sertakan tag dan acronym untuk memperjelas dan memahami sejarah smiley di Internet. Selain itu saya tambahkan pula dengan tulisan tentang singkatan-singkatan yang selama ini ada di internet

😛 🙂 😉 =))

Entah apa yang terjadi jika Scott Fahlman tidak menemukan “smiley” 20 silam, mungkin dunia teks di internet hanya jadi tulisan-tulisan yang tak berperasaan.

Smiley” yang lalu dikenal juga sebagai “emoticon” adalah kombinasi dari tanda baca yang digunakan dalam pesan-pesan berupa teks baik berupa e-mail, chatting maupun BBS. “Smiley” menjadi “bumbu” dalam percakapan-percakapan informal dalam dunia teks di jagad maya agar percakapan lebih menyenangkan dan tidak kaku.

Michael Jones, peneliti dari Microsoft dan juga staff dari Universitas Carnegie Mellonhave berhasil menemukan asal-muasal “Smiley” setelah selama enam bulan bergelut dengan yang dinamakannya “computing archaeology.”

Penggunaan pertama karakter 🙂 ialah pada 19 September 1982 oleh Scott E. Fahlman dalam forum BBS. Scott E. Fahlman tertawa ketika dikabari hal ini, dia tidak menyangka bahwa dirinya masuk ke dalam serpihan-serpihan sejarah internet. Scott E. Fahlman mengatakan bahwa pada saat itu Michael Jones juga baru saja lulus.

Michael Jones menemukan “backup” dari data periode 1981-1983, dan menemukan asal muasal “Smiley“. Sekarang “Smiley” sudah semakin berkembang, tiap negara, bahkan tiap komunitas menciptakan memiliki “Smiley” tersendiri dan unik.

Anda bisa melihat serpihan sejarah “smiley” di http://research.microsoft.com/~mbj/Smiley/Joke_Thread.html

Munculnya smiley di internet juga dibarengi dengan beberapa singkatan (Internet Slang)yang selama ini beredar di internet seperti misalnya CMIIW, AFAIK, FYI dan masih banyak lagi yang lain.

Pada era BBS diperlukan sebuah bahasa yang singkat, padat, jelas dan mudah dimengerti oleh banyak orang. Hal ini dilakukan mengingat pada saat itu bandwidth masih belum sebesar seperti sekarang ini, sehingga kata-kata yang panjang di ringkas menjadi singkatan-singkatan sehingga akan mempercepat proses pengiriman ataupun penerimaan tulisan tersebut di lawan bicara.

Sepertinya jauh sebelum internet ada, hal ini sudah diterapkan pada kalangan amatir radio dengan kode morsenya ataupun dengan salam 73nya. Ternyata angka 73 sendiri merupakan arti harfiah dari Best Regards (salam hangat). Gabungan angka 7 dan angka 3 membentuk huruf B yang merupakan permulaan dari kata-kata “Best Regards”.

73 dari Malang™ 😉

16 thoughts on “Smiley dan Internet Slang

  1. Saya rasa khusus untuk dunia Blog Indonesia, perlu dirumuskan smiley baru “Hi Roy” yang melambangkan ke-(go)blog-an, katarsis, norak, plintat-plintut, hypocrit, haus popularitas+sensasi 😀

  2. Firman Pribadi :: Diary

  3. J.a.i.m's Diary

  4. uhmmm…di dunia net, smileys itu peranannya penting juga, khususnya di dunia chat, buat kasih tau temen chat kalo kita tuh bener2 lagi ketawa, dll dsb.

    I used to have smileys or emoticons on my weblog long time ago, but then i removed it till now i dont use emoticons on my weblog anymore because i find it kinda … childish (ops sorry, it’s just me who think like that) atau, kalau lagi serious, gak ketauan seriusnya, jadi komentarpun main-main (menurut aku ajah loh!) dan, alasan lain kenapa gak make emoticons itu bikin loadingnya lebih leleth, karena connection kan harus loading semua emoticons juga…

  5. #7: cha, AFAIK smileys itu dulunya kan bukan berupa icon/images. Nah, pada perkembangannya smileys ini menjadi smileys icon (seperti pada messenger).

    Kayaknya smileys icon dibuat untuk memudahkan orang agar memahami susunan huruf/karakter tersebut Kalo bukan berupa images, maka tidak semua orang akan memahami susunan huruf tersebut.

    Konsekuensi konversi susunan huruf/karakter tersebut menjadi images pada blog otomatis mengakibatkan ukuran file yang didownload memang menjadi lebih besar.

  6. eh maksudnya… dulu waktu ada baca majalah gadis dikasih tau sejarah sama nama2 smileys nya

    Dudi cowo sih gak baca gadis :”>

    tapi bener, smileys gitu peranannya penting bgt di net, spy tau expressi orang gimana 😀 *barusan nyadar skarang gituh*

  7. #11: bwahahahahaha….seleblog? 😮
    seleblog dudi…..:))
    bwahahahahhahaha……*mules*

    =))=))=)):))

  8. thanks za atas sejarahnya, ne ‘smiley’ juga aq gunakan untuk buat tugas prosedur rancangan alat tes.
    tugas fakultas pkikologi, mata kuliah Psikologi faal, dari Universitas Semarang. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam