fixed-widthfluid-width

Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Category: Informasi

8-10 tahun yang lalu ketika saya masih aktif di Impala Unibraw, tanggal 5 Juni adalah hari yang padat dengan kegiatan, karena pada tanggal tersebut bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) Pada saat itu kegiatan yang paling menyita tenaga adalah kegiatan melarang semua kendaraan bermotor masuk ke lingkungan kampus Universitas Brawijaya. Sehingga pada tanggal 5 Juni dapat dipastikan kampus Universitas Brawijaya bersih dari polusi asap kendaraan bermotor ataupun polusi suara yang ditimbulkan oleh kendaraan.

Kegiatan diatas telah berlangsung selama bertahun-tahun, namun sepertinya entah kenapa beberapa tahun belakangan kegiatan itu sudah tidak dilaksanakan lagi oleh Impala Unibraw di lingkungan Universitas Brawijaya :(, padahal kegiatan ini dulunya sempat dipublikasikan oleh Kompas ataupun detik.com

Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang pertama kali dicetuskan pada tahun 1972 sebenarnya merupakan rangkaian kegiatan lingkungan dari dua tahun sebelumnya ketika seorang senator Amerika Serikat Gaylord Nelson menyaksikan betapa kotor dan cemarnya bumi oleh ulah manusia, maka ia mengambil prakarsa bersama dengan LSM untuk mencurahkan satu hari bagi usaha penyelamatan bumi dari kerusakan. Pada tanggal 22 April 1970 Gaylord Nelson memproklamasikan Hari Bumi (Earth Day), sehingga tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Bumi (Earth Day). Di Indonesia sendiri peringatan Hari Bumi tidak begitu banyak diketahui oleh masyarakat bila dibandingkan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni.

Secara prinsip tidak ada perbedaan antara Hari Bumi dan Hari Lingkungan, hanya saja sejarahnya yang berbeda. Hari Bumi diprakarsai oleh masyarakat dan diperingati terutama oleh LSM maupun organisasi yang berorientasi kepada pelestarian lingkungan hidup, sedangkan Hari Lingkungan didasarkan dari Konferensi PBB mengenai Lingkungan hidup yang diselenggarakan pada tanggal 5 Juni 1972 di Stockholm, sehingga tanggal konferensi tersebut ditetapkan sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Indonesia juga ikut terlibat dalam konferensi tersebut dengan hadirnya Prof. Emil Salim yang pada saat itu menjabat sebagai Kepala Bappenas.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia bersifat lebih resmi dan diperingati oleh masyarakat dan pemerintah di seluruh dunia. Tujuan kedua peringatan hari tersebut adalah sama yaitu untuk menggugah kepedulian manusia dan masyarakat pada lingkungan hidup yang cenderung semakin rusak.

Di Indonesia sendiri Perayaan HLHS pada tahun 2005 bertema GREEN CITIES, PLAN FOR THE PLANET! (JADIKAN BUMI BERSIH DAN HIJAU!), bahkan pekan lingkungan perayaan ini dapat disimak di situs Kementerian Lingkungan Hidup.

Jadi… adakah kontribusi anda hari ini untuk lingkungan di sekitar anda?

Selamat HLHS!

June 5, 2005 @ 1:05 pm

33 Comments

#1 Comment by Pangeran Cinta :
On June 5, 2005 1:27 pm Mozilla Firefox 1.0.4 Windows XP

Selamat HLHS juga deh kakak …

Btw .. tuh gudang belakang Kantor mbok ya dibersihkan biar gak keliatan serem dan angker .. :-ss

#2 Comment by komeng :
On June 5, 2005 2:34 pm Internet Explorer 6.0 Windows 98

iya neh kangen juga ma hari gak boleh naek kendaraan di kampus. Sayangnya kadang aku ngelanggar masih tetep ngerokok :))

#3 Pingback by lepas? no borderline :
On June 5, 2005 9:38 pm WordPress 1.5

[…] m)), nah (nah.. trus) itu tadi karena barusan nge-blogwalking yang dapatnya dari postingan Dudi, yang aksi bersih-bersih lingkungan dilakukan oleh Anak-anak Kompas USU […]

#4 Comment by loper :
On June 6, 2005 12:12 am Opera 8.0 Windows XP

sama kek valentine ya?? trus paling sekarang udah pada males ngelarang² soalnya yang tukang larang pada males jalan ….. =)) mending naik motor gitu kali .. ngueeeeeeeeeng … :p

#5 Comment by ambar :
On June 6, 2005 8:41 am Mozilla Firefox 1.0.4 Mac OS X Mach

selamat hari lingkungan hidup juga. Ngga bisa berbuat apa2 hanya sekedar meningkatkan awareness buat generasi muda. salam

#6 Comment by yonky :
On June 7, 2005 12:15 pm Mozilla Firefox 1.0.4 Windows XP

kemaren prasaan permalinknya error ya :)

#7 Comment by sa :
On June 9, 2005 2:49 am Mozilla Firefox 1.0.4 Windows XP

selamat HLHS juga.

hai dudi, met kenal. met gabung dg blogfam ya. account membernya sdh diaktifkan. ditunggu perkenalannya di ruang perkenalan.

#8 Comment by sa :
On June 9, 2005 3:01 am Mozilla Firefox 1.0.4 Windows XP

selamat HLHS juga.

hai dudi, met kenal. met gabung dg blogfam ya. account membernya sdh diaktifkan. ditunggu perkenalannya di ruang perkenalan.

dudi, berat banget ya… servernya. sampe berkali2 refresh. lambreta pisan mikirnya. :D

#9 Comment by dudi :
On June 9, 2005 1:35 pm Mozilla Firefox 1.0.4 Windows XP

#6: iya sempet error, gak tau neh kenapa kok bisa ilang .htaccessnya, jgn-jgn dimasukin sama hacker draon :)).

#7, 8: iya baru aja daftar, tapi saya jarang ol, palingan cuman pas sempet aja, ntar deh kalo koneksi udah agak enakan baru ke blogfam. thanks ya sa.

#10 Comment by Keceng :
On June 11, 2005 11:33 am Mozilla Firefox 1.0.4 Windows XP

=)) akhir nya daftar juga di blogfam mas :D mau hunting cewe2 ato ibu2 muda nih kayak wandi =)) semoga sukses ya !!<:-p

#11 Comment by aka arie :
On June 28, 2005 7:49 am Internet Explorer 6.0 Windows 2000

:)green day,green our heart..jagalah lingkungan ini,karena lingkungan juga yang akan ngejaga kamau

#12 Comment by dudi :
On September 17, 2005 8:02 am Mozilla Firefox 1.0.6 Windows XP

BTW, masih ada juga Hari Air kan? tapi SWGTL ah =))

#13 Pingback by #!/Dudi/Gurnadi » Hari Besar Lingkungan Hidup :
On January 14, 2006 9:20 am WordPress 2.0

[…] 5 Juni Hari Lingkungan Hidup Sedunia (Environment Day) […]

#14 Comment by angan :
On February 25, 2006 11:33 am Internet Explorer 6.0 Windows XP

hiiii… tgl 21 maret ato 22 april yak hari lingkungan tu….

#15 Comment by maxell :
On April 23, 2006 12:50 am Internet Explorer 6.0 Windows XP

kapan hari ngebloG seduniyah yaa…
emang, ada gak sihh..
humm

#16 Comment by sulaiman :
On April 25, 2006 12:56 pm Internet Explorer 5.0 Windows 98

hari bumi sedunia ternyata orang yang perduli bumi aja yang merayakannya. bagi yang tidak juga merayakannya dengan mengerok hasil bumi

#17 Comment by no comment :
On June 5, 2006 1:23 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

:):d:))=));):p:(:((x(#-o#-o8-|:-l:o:-\:-<:-?:-s

#18 Comment by nansya :
On June 28, 2006 3:19 pm Internet Explorer 6.0 Windows 2000

ape la korang cakap bahasa endon nie.aku x paham lar..#-o=))..try to improve your web site….it is too orange and it hurt my eyes..MALAYSIA ROCKS!!!!!!:d

#19 Comment by nansya :
On June 28, 2006 3:21 pm Internet Explorer 6.0 Windows 2000

web site endon re always boring…=))

#20 Comment by nansya :
On June 28, 2006 3:26 pm Internet Explorer 6.0 Windows 2000

EArTh DaY EaRtH DaY EaRtH DaY EaRtH Day EaRtH DaY EaRtH DaY EaRtH DaY EaRtH DaY EaRtH DaY EaRtH DaY EaRtH DaY EaRtH DaY EaRtH DaY EaRtH DaY EaRtH DaY EaRtH DaY :d:d:d:d:d:d:d:d:d

#21 Comment by yanto sukarya :
On July 14, 2006 3:03 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

dudi konsen di divisi apa?

aku anak Kompas-USU

#22 Comment by Aloq09 :
On November 15, 2006 1:06 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

Gimana masa depan lingkungan hidup kita nih..ko semakin hari semakin banyak aje..masalah…

#23 Comment by Aloq09 :
On November 15, 2006 1:17 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

:))Hai gimana kabarnya lingkungan indonesia..ko makin para aje…

#24 Comment by WuLaN :
On January 27, 2007 3:16 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

aKu aDaLaH sE-oRg PeLaJaR SMU.Kartini 1. aKu PeDuLi sM yG nMnYa LINGKUNGAN HIDUP :)GmN yAwH sKrG LiNgKuNgAn SKiTaR jd KoToR & BrAnTaKaN??? Kn Jd gAk iNdAh tRuZ GaK NyAmAn… :( cB MaSyArAkAt jKt pAdA TeRtIb & tErAtUr :-? Kn jD eNaK DeWh… =)) Yaa KaAaNnN?!? :p

#25 Comment by WuLaN :
On January 27, 2007 3:19 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

HeYyY…LiNgKuNgAn aPa KaBaRmU??? :))

#26 Comment by cols :
On April 27, 2007 1:44 am Mozilla Firefox 1.5.0.1 Windows XP

ada yg punya ide kira2 sapa ya yg jadi enviro hero kita

#27 Comment by ayoE :
On May 4, 2007 9:41 am Internet Explorer 6.0 Windows XP

kapan yach Mapala MAHESA bisa bwt kegiatan yang bertemakan hari lingkungan hidup itu!!

#28 Comment by pungo :
On May 17, 2007 10:15 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

peduli amat ama hari lingkungan hidup..
setau gw hari tuh cm ada 7 macam…
senen, selasa , rebo, khamis , jomat , sabtu, minggu…..
ha5

#29 Comment by kram otak :
On June 3, 2007 2:07 pm Mozilla Firefox 1.5.0.6 Windows XP

prihatin juga ngelihat hutan kita yang begitu rusak akan kah besok anak cucu kita bisa melihat nya

#30 Comment by shilva :
On June 4, 2008 8:08 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

kapan pemkot kab.kolaka adakan kegiatan bersih kota dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia…. kapan dan kapan ???????
(liat kotamu penuh dengan sampah…..)

#31 Comment by ibalQ :
On October 11, 2008 3:00 pm Mozilla Firefox 3.0.1 Windows XP

SsaAdarrlah heyY manusia!!!
bumi seKaRat TaauuUU

#32 Comment by syamill :
On June 6, 2009 4:21 pm Internet Explorer 7.0 Windows Vista

yahhhhhhhhhh………….
saatnya untuk menjaga bumi unutk tetap hijau…………

#33 Comment by Titin Istikanah :
On June 5, 2010 9:56 am Mozilla Firefox 3.6.3 Windows XP

Hijau kan lingkungan anda mulai dr hal yg terkecil……..

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.