fixed-widthfluid-width

Dimana Data Blok IP IIX ?
Category: Linux

Disela-sela kesibukan, saya baru saja menyelesaikan instalasi warnet plankplunk agar terkoneksi ke internet. Warnet yang dikelola oleh Haryadi ini menggunakan dua koneksi yaitu ISP lokal Lintasarta dan juga menggunakan koneksi VSAT melalui Artha Mas Cipta yang backbone-nya berada di Hongkong.

Seperti biasa tidak ada kesulitan yang berarti waktu proses instalasi ataupun konfigurasi dasar untuk service-service linux yang akan dijalankan di warnet ini, namun permasalahan justru timbul ketika akan melakukan routing ke IIX ataupun game-game online yang terkoneksi ke internet. Permasalah itu timbul disebabkan oleh dua hal. Yang pertama saya tidak memiliki daftar blok ip yang berada di IIX dan yang kedua saya baru mengerti setelah diberitahu beberapa rekan bahwa game-game online di IIX tidak mengijinkan koneksi dari ip luar negeri, waduh berarti saya harus setting routing untuk ip IIX dan juga non IIX.

Yang mengherankan setelah mencari melalui google dengan kata kunci daftar blok ip iix, justru saya tidak bisa mendapatkan informasi blok ip sesuai dengan yang saya harapkan. Hanya dua situs yang bisa memberikan informasi saya tentang keberadaan blok-blok ip yang berada di IIX yaitu situs Steven Haryanto dan yang kedua adalah pada salah satu link di situs apjii. Sebenarnya informasi blok ip yang ada di situs Steven Haryanto sangat bagus karena di lengkapi dengan menu untuk menggenerate script routing ataupun acl squid, hanya saja data blok ip yang ditampilkan adalah data tahun 2003. Dalam situsnya Steven menyatakan bahwa data tersebut diupdate terakhir kali 14 Oktober 2003. Sementara data blok ip yang berada di situs APJII tidak menjelaskan kapan terakhir kali di perbaharui, sehingga saya tidak tahu apakah data tersebut valid ataupun tidak. Dari hasil trial and error yang saya lakukan ternyata beberapa blok ip tersebut masih berlaku. Sementara ini saya ambil blok ip dari situs tersebut secara manual dan saya masukkan dalam routing di server secara manual.

Rencananya jika memang data blok ip IIX dari situs apjii tersebut valid, maka saya tinggal bikin script kecil untuk mengambil secara bulanan dan langsung dimasukkan dalam routing. Hehehehe, ide ini sempet saya coba bersama Dheche waktu lagi ngoprek berdua di UPPTI dan berjalan walau belum 100% :)).

Saya pikir setelah mendapatkan blok ip IIX permasalah routing sudah terselesaikan, namun ternyata daftar blok ip yang saya dapatkan belum termasuk data-data ip game online. Duh… melas amat sih… akhirnya terpaksa manual mengecek satu-persatu ip masing-masing game online dan ditambahkan ke dalam daftar yang saya punya.

Lha terus dimana seh kalo mau dapetin blok ip dan ip game-game online iix yang terbaru? atau ada yang mau share? ;)

July 7, 2005 @ 10:53 am

51 Comments

#1 Comment by dudi :
On July 17, 2008 10:36 pm Mozilla Firefox 3.0 Fedora Linux

hallo ahmad, salam kenal juga :). makasih ya udah berkunjung.

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.