27 Juli 1996

Tadi sore saya sempat melihat berita diberbagai TV dan ternyata di Jakarta banyak aksi yang dilakukan oleh banyak orang untuk memperingati tragedi 27 Juli 1996. Peristiwa 27 Juli 1996 sebenarnya adalah penyerbuan Kantor DPP PDI di Jakarta dan ternyata meluas kerusuhan sosial di sebagian wilayah Jakarta. Pada saat itu 124 orang pendukung Megawati yang bertahan di dalam Gedung DPP PDI divonis hukuman penjara satu hingga empat bulan penjara.

Hingga saat ini tragedi 27 Juli tersebut selalu diperingati oleh berbagai kalangan, hal ini disebabkan masih banyak dalang ataupun provokatornya yang belum tertangkap. Bahkan Letjen Syarwan Hamid selaku Kepala Staf Sosial Politik ABRI pada saat itu menegaskan bahwa Peristiwa 27 Juli 1996 merupakan upaya sekelompok orang untuk menghidupkan kembali faham komunis di Indonesia. Upaya untuk menghidupkan kembali komunisme itu dilakukan dengan menggunakan konflik internal di tubuh Partai Demokrasi Indonesia sebagai “kuda troya”.

Wah…. saya gak ikut-ikutan deh untuk hal politik-politik beginian… politik taik kucing™ (kata GIE). Cuma heran aja tragedi seperti ini kok selalu diperingati setiap tahunnya, lalu sampai kapan demokrasi dan penegakan HAM akan berjalan dengan baik di Indonesia?

Wallahualam….

9 thoughts on “27 Juli 1996

  1. Semestinya diperingati seperti arti katanya adalah mengingatkan kepada semua orang,jika hal itu tidak terjadi yo embuh wes… (gara2 polisi EYD jadi mesti ati2 kalo nulis, kayaknya aman pake boso jowo ae)

  2. #2: maksudku itu karena masih banyak dalang atau provokator yang tertangkap dan tragedi ini masih diperingati tiap tahunnya bisa jadi akan terulang lagi. Makanya kalo menurutku tidak perlu di peringati kegiatan kayak begini setiap tahunnya.

    #3: polisi EYD itu bukan aku tapi ini

  3. maverick_shy [ CareNET ]: ntar kalo ada anak2 tutup aja ya cam nya
    plankplunknet2: sLh2 ngetik jg tanda2ny kshtn trgnggu Loch
    maverick_shy [ CareNET ]: ntar bisa berkoar koar mereka
    maverick_shy [ CareNET ]:
    plankplunknet2: InsyALLh kLo smpet
    maverick_shy [ CareNET ]: yeeee
    plankplunknet2: napa pi2ny dpegang
    plankplunknet2: Lg tumbuh bisuL y dsono?
    maverick_shy [ CareNET ]: gatel
    maverick_shy [ CareNET ]:
    maverick_shy [ CareNET ]: bukan bisul lagi .. tp tumor
    maverick_shy [ CareNET ]: tumor asmara

  4. apakah pelaku penyerangan DPP PDI berasal dari militer? apakah bumihangus Timtim dilakukan oleh militer… begitu banyak rahasia yang mengerucut pada satu hal…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam