Sabang Yang Eksotis

Jaguar

Gambar diatas adalah logo mobil jaguar yang gw lihat di Kota Sabang pada tanggal 18 – 20 Mei 2006. Hehehehe, ini dia dibawah lengkapnya:

Jaguar

Jaguar

Jaguar

Jangan pernah membayangkan kalo mobil mewah di Sabang itu dijual di sebuah showroom yang besar. Justru sebaliknya, mobil-mobil itu hanya diletakkan seadanya di bawah pohon kelapa atau ruang terbuka seperti lapangan. Jadi setiap harinya mobil-mobil mewah itu terkena panas dan hujan. Coba aja liat seperti gambar di bawah ini :

Showroom

Salah satu imbas dari Sabang sebagai pelabuhan bebas di Indonesia adalah bebasnya mobil-mobil luar negeri beredar di kepulauan ini. Jadi jangan heran jika melihat mobil-mobil mewah mulai dari jaguar, ferari, BMW atau Ford beredar di kepulauan ini. Sebagian memang ada yang beredar di Banda Aceh, bahkan ada gosip miring kalo mobil-mobil mewah pejabat yang berada di Jakarta sebagian besar diambil dari Sabang dengan diangkut menggunakan pesawat Hercules ;). Gimana nggak? harganya miring banget, cuma 1/2 (bahkan bisa 1/4) dari harga di pasaran Indonesia (belum termasuk pajak). Masalah ngangkut ke Jakarta gampang aja, kan udah ada pangkalan TNI AU disini. Hercules juga sering mangkal kok 😀

Km 0, Snorkling dan Sunset di Sabang

Sabang juga memiliki berbagai wisata khususnya yang berkaitan dengan laut. Snorkling di Geumpang Gapang adalah salah satu pariwisata di Sabang yang memiliki nilai jual tinggi, hanya saja sepertinya kurang terpublikasi dengan luas. Selain snorkling masih ada Km 0, yaitu titik Km 0 Negara Indonesia. Hehehe, enggak… gw belum sampe kedua tempat diatas, gw baru sampe di Kota Sabang aja. Walaupun hanya Kota Sabang, tapi tetep aja Sabang eksotis bagi gw. Bayangkan, dari ketinggian tertentu gw bisa ngelihat laut terbuka atau sebuah teluk dengan kapal-kapal besarnya dan tentu saja ditemani angin kencang.

Sebagai salah satu kepulauan yang terletak di ujung barat Indonesia, dijamin kita bakal puas kalo ngelihat sunset dari sini. Pantainya yang bersih dan sunset di Sabang menurut gw memiliki nilai jual tinggi.

Sabang Pantai
Melihat Sunset dari tepi pantai

Sabang Hill
Melihat Sunset dari Hotel Sabang Hill

Menurut gw Sabang layak jadi Kota buat pensiun atau untuk bulan madu ;)). Kekurangannya cuman satu. Panas! gak kayak Malang yang dingin 😀

Ah, capek gw nulisnya. Mending liat aja sendiri foto-foto dibawah ini : 😀

Sabang Atas
Pemandangan Kota Sabang ke arah Teluk

Sabang Atas
Pemandangan Kota Sabang ke arah Teluk

Sabang Atas
Pemandangan Kota Sabang ke arah Teluk

Sabang Dermaga
Warung Kopi Yang mengarah ke laut

Balohan
Pelabuhan Balohan, tempat turun kalo naik Kapal dari Ulee Lhee Banda Aceh

Baruna
Kapal Cepat Baruna Banda Aceh – Sabang

Gps
Koordinat Kota Sabang, searah dengan kamera pemandangan lepas ke teluk

Feny-Draon
Kapal nelayan, mengingatkan gw sama Draon 🙂

ps: Semua gambar di ambil menggunakan Ipaq 6515, jadi mohon dipersorry kalo agak burem.

55 thoughts on “Sabang Yang Eksotis

  1. Pataka WebLOG

  2. Bayangkan, dari ketinggian tertentu gw bisa ngelihat laut terbuka atau sebuah teluk dengan kapal-kapal besarnya dan tentu saja ditemani angin kencang.

    Setelah gw bayangin kayaknya asik, tapi kenapa cuma ditemani ama angin, emang gak enak ya kalo jauh-jauhan ?
    Jadi kapan nih? udah dibarengin agustus aja, biar sekalian jalan

    ps. pesen gw, udah gak usah nungguin tjokro, langkahin aja…hehehehehe

  3. foto burem? ok .. nope!
    sabang? syiip.. keren, emang eksotis.
    nah tp masalahe … ehehehe
    gimana caranya membuktikan kalo junet bener2 kesana? xixixiixx ;))
    lha gnok ambu2ne junet kiy … :-“

  4. DUD, sampean CAPEK Nulisnya? sini capek bacanya =)) tapi makasih infonya, bulan depan kalau jadi ambil Jaguar aq tak kontak kamu dulu aja 😀

  5. “Menurut gw Sabang layak jadi Kota buat pensiun atau untuk bulan madu”

    lha ini toh yang kemaren lo pikirin selama bersemedi ria…. 😕
    naaa apa lagi yang buat bingung, calon udah….nyali udah…trusss?? mo tunggu apalagi #-o

  6. Assalamu`alaikum ya ahlal kubur … salam sejahtera buat kalian semua. yo opo kabare kak? eh ada mas indra juga toh :d kemaren smsnya tak bales kok gak ada balesan balik? kk no hpnya masih tetep pa dah brubah? kpn mbalek nang ngalam kak? ojok berbuat sing ngga² loh ya ndek aceh ngkok iso dihukum cambuk =)) :p. sekedar info mariki aku pisan arep dipindah tugas di sby hehehe … btw, gak tuku jaguar pisan ta kak?. salam …

    note: mas indra masih inget ma dd feni ta? :-\:-?

  7. Hai….
    Met kenal nih
    Saya juga br ke sabang memang benar keren & keindahan kotanya…rasanya mo kesana lg nih

  8. wah…gak nyangka ya di sabang banyak banget mobil kayak gitu…

    btw, kok keliatannya kotanya aman2 aja ya?bukannya kena dampak tsunami juga ya?:-\

  9. Horas ini Medan Bung:)gw sih blm prnh ke Sabang tp Yayank gw sering bgt crita ttg Sabang n’ dy jg srg kasi liat gw Foto2 sabang coz dy asli ank sabang, di medan dy cm nge_kost, kalo dgr crtanya sih keqna mank btl pa yg dibilang mas Dudi “Sabang is Exotic n’ Beautiful place on West Indonesia” siip lah bwt Sabang n’ salut bwt 4JJ I SWT yg dah bwt alam ini sgt indah:)::ntar deh kalo gw jadi ma tuch cewek otomatis kan gw go to Sabang bwt ngelamar tuh anak;)cihui……………n the last Honey moon deh:p:d=))

  10. dud, lu blom ke km “0” ? brarti lu blom ke Sbg :p. Ada yg mo ke Sbg lg ? hubungi aku. Foto ttg Sbg ama aku banyak.

  11. mas ente tgl dmana?kalo ksabang singgah aja krmh gw ya gw anak sabang asli kok ;)ntarkalo tulis tntang sabang jgn pedas2 ya :-l ntar gw bs tersinggung ni x(

  12. emang bener sih kota sabang enak, 2minggu yang lalu gw k sono.ada tugas gitu.jadi penasaran. soal mobil di sana murah2 bentul abis;).tp kalo ada duit gw mesen atu dong:d.salam ni buat anak sabang ifan dekat kotanya.kl ada yang kenal salamin ok;)

  13. yaaa.. bikin kangen aja, gua baru juni kemaren pulang tengok adek gua nikah, sekarang pengen pulang…:((

  14. Gw orang Aceh klo nggak percaya liat blog gw 😀 tapi Aceh gw di perbatasan dengan Medan. Di tambah lagi sejak tamat SD gw udah ke luar Aceh.

    So gw belum pernah ke Sabang. Pengen sekali kesana :((

  15. Memang bukan sedikityang cerita kalau Kota Sabang ini indah – suatu hari bisa nengok berkunjung kesana…

    Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari afrika barat 🙂

    Ohya, Warung yang lama ini kembali di buka, setelah lama di tinggal mudik kampung. Kalau longgar silahkan mampir.

  16. blom pernah ksana siy.. tp gara2 liat foto warung kopi ngadep kelaut,ya cukup bisa ngebantu ngebayangin klo gw lagi ada disitu…

  17. oya aku tinggal dan kerja di sabang, sekarang mobilnya tambah banyak..so buruan datang..aku aja betah disana, jadi malas pulang ke banda aceh. kalo butuh bantuan just call me aja. I’ll help you all. Aku tunggu.

  18. Bwt lo anak indonesia. jgn pernah belagak sok hebat. mentang dah naek mobil yg gak semewah di sabang. sok keren lo. khusus nye bwt lo anak heacker kontol kw. aku aja yg pernah naek mobil jaguar aja gak pernah sombong. asal lo tw ferari pernah gw naiki jd jgn lo gaya lo. ok ok di atas langit—- ada lg langit———

  19. Hallo dud salam kenal
    Kita punya rencana mau kesabang kasih outbound training disalah satu perusahaan disana selama 20 hari kalo boleh tau, kira kira ada banyak hotel/losmen yang murah/sedang gak ya?
    Gimana dengan biaya hidup kira kira kalo sekali makan rata-rata berapa ya? trus masalah sewa mobil/kendaraan repot gak ya? kita bener-bener buta tentang sabang kalo mleset perhitungan ntar malah tekor.
    Tapi kalaupun tekor sepertinya kota yang exotic dikunjungi, bayangin aja oKm tinggal cari proyek di merauke udah dr ujung ke ujung Indonesia
    Ok thanks informasinya

    Oya butuh 1 orang cewek untuk kesekretariatan ada yang minat?

    Regards

    Aji

  20. nah… udah lihatkan keindahan kota sabang… maka’a, buruan ke sabang… karena kamu ga’ bakalan nyesel deh. akan ada banyak kejutan lain yang akan kamu temui. dijamin asyiiiikkk….

  21. terimakasih semua nya??? aku orang sabang lho..?seneng rasa nya banyak orang yang pengen tau sabang itu gmn?? klo mau ksbang mampir aja kerumah ku?
    di belakang rumah ku turun dikit trus ada pantai dech…??asik kan??
    mah_des_ja@yahoo.com

  22. #37: kalo untuk yang pagi hari antara jam 9-10 pagi (banda aceh – sabang). untuk yang sore sekitar jam 4 (sabang – banda aceh). Satu hari cuman 2 trip itu aja mas :). semoga membantu.

  23. akhirnya sampe juga kekota dimana masa kecil gw berlalu..tak banyak yang berubah dari sabang..pohon2 asem yang besar menjulang masih menaungi kota dengan ruang publik yang tersebar dimana-mana..kota yang masih bebas dari polusi dan kemacetan ..hidup sabang

  24. Mas klo kesabang lagi mampir rumah ku ya,,itu
    rencananya mas agus mau ada proyek kesabang kapan nya,, maren aku nawarin kos di rumah ku. tp kayak nya mending dia cari kos deket kerjaan nya aja ya biar gak terlalu ribet….oh iya aku kemaren ke kantor kok ketemu mas dudi ya,,cuma cikung ma rudy..sibuk di atas ya..sukses lah mari bangun sabang dan aceh.

  25. Dudi
    saya senang membaca kisah kamu dan tentang sabang.
    saya putra asli Kota sabang, tempat tinggalku dekat dengan Gapang.
    aku sangat kagum, banyak yang menampilkan keindahan sabang.
    terima kasih
    sukses selalu buat kamu.

  26. numpang nanya…abang2, kakak2, adik2..ada gak yah yang sekolah di SD 2 Sabang tahun 1979 – 1985??

  27. salam kenal semuanya, banyak juga yang seneng ama kota Sabang, ngemeng – negemeng aq lahir n besar di Sabang, meneurut kalian biar Sabang tambah maju di apain ya???????????????

  28. duuuh… aku jadi kangeeeeen buanget sama sabang. aku asli dari sabang. sayangnya, sejak SMP aku pindah ke Bandung. kapan2 kita bareng-bareng pulang ke sabang yuuuk………….

  29. menurut gw sabang itu adalah omset acet yg terbesar. kenapa dari jakarta tidak di kasih izin untuk parawisata international…..?

  30. aq asli anak sabang… sabang emang pulau yang banyak mnyimpan misteri:mau itu cerita,kenyataan, legenda,pantai nya juga indah,wah….poko nya seru banget dech…poko nya kalo tman2 pengen nanyak apa aja tentang sabang dngan qu,insya allah pasti aq critain. sdikit bnyak nya aq tau tntang sbang.ga kalah dech dngan bali kalo sbang bnar2 di kelola dngan baik.bukti nya ja bnyak turis yg dtang kmari… SABANG….santai banget gito lo… SABANG I LOVE U FORREVER……………………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam