fixed-widthfluid-width

Pertanyaan Cybercryme
Category: Umum

Ada wartawan nyasar tanya ke saya melalui email tentang cybercrime, gak tau tuh dapet info diri saya darimana :)), tapi menarik juga pertanyaannya yang ditujukan ke saya.

Sepertinya sang wartawan tertarik menuliskan cybercrime melihat dari kasus tertangkapnya dua orang Mahasiswa di Semarang yang melakukan carding.

Ini dia pertanyaannya:

  1. Bagaimana perkembangan terakhir cybercrime di Indonesia menurut Anda?
  2. Modus-modus operandi cybercrime apa saja yang baru dan apa saja yang masih terus berlangsung?
  3. Apa saja kerugian yang dihadapi dan berapa besar nilainya?
  4. Apa saja bentuk praktek bisnis dunia berbasis internet yang terancam tidak bisa diikuti Indonesia karena tingkat dybercrime di Indonesia tergolong tinggi? Mohon dijabarkan baik untuk sisi konsumen maupun untuk sisi korporasi?
  5. Menurut Anda apakah tingginya tingkat cybercrime di Indonesia bisa menurun dan apa saja solusi terbaiknya?

Bagi saya pertanyaannya berat banget disaat saya lagi sibuk sama kerjaan :)), jadi gak sempet mikir panjang untuk jawabannya. =)). Bagi saya, sepertinya jawaban saya yang paling logis itu ada di pertanyaan nomor 5 dengan jawaban kurang lebih seperti ini :

Cybercrime akan semakin sebanding dengan keamanan yang diterapkan. Semakin tinggi tingkat keamanan, semakin tinggi orang lain mencoba menerobos sistem tersebut. Ini hukum cyber versi saya :)), tapi pada kenyataannya memang seperti itu, sama hal sepertinya virus dan anti virus, versi anti virus terbaru pasti akan selalu dibarengi dengan virus terbaru.

Jadi menurut pandangan saya, cybercrime tidak akan pernah menurun (karena yang namanya penjahat/kriminal itu ada dimana-mana dan tidak bisa dilarang), namun dengan menerapkan keamanan dan sistem yang bagus, maka cybercrime ini akan menurun dengan sendirinya.

Solusi konkrit: ya mau gak mau harus mengamankan servernya masing-masing dung dan tentu saja pelatihan ataupun mengikuti informasi terus tentang keamanan komputer. Jadi perang sang administrator untuk memantau dan mengawasi serpernya menjadi sangat vital.

BTW, kalo melihat tulisan tentang cybercrime yang tertulis di wikipedia sepertinya cybercrime itu tidak selamanya identik dengan carding kok ;)

June 28, 2005 @ 12:41 am

61 Comments

#1 Comment by ARIEL :
On December 6, 2007 12:06 pm Internet Explorer 6.0 Windows XP

YANG MAU GABUNG SAMA INDO HECKER COMMUNITY …OK-OK AJA. DENGAN CATATAN:
1.ILMU2X CUMABUAT ISENG2 DOANG
2.NO CYBERCRIME

YANG GAK SE7 KE LAUT AJA

BY:IHC
“HECKER JANGAN SONGONG”

#2 Comment by umar :
On December 13, 2007 8:54 pm Mozilla Firefox 1.5.0.12 Windows XP

Emang untuk jadi hecker awalnya harus ngerakit GNU-ya and bahasa pemrograman hecker apa sih? C++ ya

#3 Comment by learned man :
On December 27, 2007 9:59 am Mozilla Firefox 2.0.0.5 Windows XP

gue mau gabung donk#51 IHC.gimana caranya please????????

#4 Comment by dede :
On January 19, 2008 4:45 am Internet Explorer 6.0 Windows XP

bedanyaa kejahatan di dunia maya ma dii duniaa nyataaa:

kalo di duniaa maya orang pengin banget belajar jahat kaya hecker pengintauu prifasii orang laiin
tappii kaloo penjahat di duniaa nyata pada mikir duaa kalii hehhe

#5 Comment by fidah :
On March 27, 2008 2:08 pm Mozilla Firefox 2.0.0.6 Windows XP

gimana caranya bisa jadi hecker yang handal

#6 Comment by rusti :
On April 7, 2008 4:17 pm Mozilla Firefox 2.0.0.11 Windows XP

wew!!!
pada haus hacker ne semuanya!!!
siapa yang hacker sejati disini….???
unjuk gigi sok

#7 Comment by kapten Cp stp :
On June 14, 2008 1:50 pm Internet Explorer 7.0 Windows Vista

woyyyy……gw pngen jad hecker…..gw pngen jd murid kaka master hacker…..!!!!!!

#8 Comment by Akbar Wibowo :
On October 28, 2008 1:20 pm Mozilla Firefox 3.0.3 Windows XP

Gue Pengen nanya ni kak…….
Gimana Caranya jadi hacker sih kak……..n program apa saja yang harus di pelajari……….
tolong bantu saya ya kakak……………..
soalnya ini cita-cita saya dari kecil kak………..

#9 Comment by susilo :
On January 20, 2009 10:51 pm Mozilla Firefox 3.0.5 Windows XP

are u hacker??
i’m serious..bisa ngeheck situs universitas dan rubah nilai ga?? or bobolin soal ujian gw,gw berani bayar mahal!! email:jok_jok30@yahoo.com

#10 Comment by Adhe :
On April 24, 2009 7:21 am Internet Explorer 6.0 Windows 2000

Bang aq nk pengen jd ck abang ne, cm aq ne pengen yg mdah be, jangan nk saro nian gek tendang palak kau men ngrusak pnnyo aq. Pagas donti niku. Kampang nikuna

#11 Comment by jejen :
On September 5, 2009 7:08 pm Mozilla Firefox 3.0.13 Windows XP

ah pusing pusing

Post a Comment


*Required


*Required


Optional

Comments:

This is not spam

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). Line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. RSS feed for comments on this post. . Thanks.